Twitter

Wednesday, June 20, 2012

blog.anugrahpratama.com - Berita produk IT terbaru

blog.anugrahpratama.com - Berita produk IT terbaru


Panduan Membeli Projector

Posted: 20 Jun 2012 06:48 AM PDT

Panduan Membeli Projecotor

Setelah membaca panduan memilih projector, Anda sudah lebih paham tetang projector, perbedaan LCD dan DLP, ANSI Lumen, contras ratio, dll. Sekarang saatnya menentukan projector mana yang akan Anda beli. Panduan membeli projector ini akan membantu Anda mengambil keputusan dalam membeli projector

Begitu banyak merk yang ada di pasaran, tiap-tiap merek punya berbagai macam type proyektor. Panduan membeli projector memberikan gambaran yang lebih jelas hal-hal apa saja yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli proyektor.

Hal-hal ini bisa Anda jadikan panduan untuk membeli projector:

1. Bagaimana pemakaiannya atau penggunaanya
Projector untuk presentasi bisnis berbeda dengan projector untuk home cinema. Projector untuk nonton bareng di café berbeda dengan projector mobile yang mudah dibawa kemana-mana. Intinya, beda penggunaan, beda pula jenis proyektornya. Jadi langkah pertama, tentukan dahulu bagaimana penggunaan projector tersebut, apa tujuan Anda membeli projector?

Berikut ini beberapa macam penggunaan proyektor dan spesifikasi yang diperlukan:

a. Projector untuk bisnis / sekolah / universitas
Untuk presentasi di kantor, Anda memerlukan proyektor dengan kekuatan cahaya minimal 2500 ANSI Lumen. Jika Anda tetap memerlukan cahaya pada saat presentasi berlangsung, maka diperlukan projector yang lebih terang dengan kekuatan cahaya yang lebih besar, yaitu minimal 3000 ANSI Lumen. Jadi jika Anda bisa mengurangi cahaya di ruangan saat presentasi, Anda tidak perlu membeli proyektor dengan ANSI Lumen tinggi yang jelas lebih mahal.
Jenis data yang akan dipresentasikan mempengaruhi resolusi yang akan Anda butuhkan. Jika banyak data berupa Spreadsheet (contoh: microsoft excel, dll), beli projector dengan resolusi XGA (1024×768).
Pertimbangkan membeli Wireless Projector, proyektor tanpa kabel, yang terhubung ke komputer secara wireless, untuk memudahkan instalasi dan penggunaan.

b. Projector untuk Home Cinema / Home theater
Projector untuk Home Theatre memerlukan resolusi yang tinggi, agar gambar yang dihasilkan benar-benar sempurna. Untuk projector home theater pilih projector dengan resolusi WXGA (1280 x 800), 720p (1280 x 720), 1080p (1920 x 1080) atau 4k (4096 x 2160) makin tinggi resolusinya, gambar yang dihasilkan makin bagus. Resolusi tinggi akan menghasilkan gambar yang tajam untuk film Blu-Ray, Xbox360, PS3, Sky HD. Di masa yang akan datang akan makin banyak game console atau  player film yang membutuhkan projector dengan resolusi tinggi.
Agar lebih jelas mengenai resolusi projector untuk home theather, lihat tabel dibawah ini:

ResolusiPixels (Width x Height) Jumlah Pixel TotalKeterangan
Standard TV525 x 400 210,000
480p854 x 480409,92095% lebih banyak dari TV biasa
Standard DVD720 x 576414,720jumlah pixel 12% lebih banyak dari 480p
720p1280 x 720921,600jumlah pixel 122% lebih banyak dari standar DVD
1080p1920 x 10802,073,600jumlah pixel 125% lebih banyak dari 720p
4K4096 x 21608,847,360jumlah pixel 326% lebih banyak dari 1080p. Saat ini masih sangat sedikit informasi mengenai resolusi ini (Juni 2012)

Kekuatan cahaya yang diperlukan sekitar 1000 – 2000 ANSI Lumen saja. Untuk merasakan pengalaman seperti di bioskop, Anda perlu ruangan yang redup atau tanpa cahaya sama sekali. Jadi tidak perlu projector dengan ANSI yang tinggi.
Untuk connector, Anda perlu membeli projector yang sudah dilengkapi dengan port HDMI untuk mendapatkan kualitas gambar yang maksimal. Jangan gunakan projector wireless, karena transfer data yang ter-delay akan membuat video Anda terputus-putus.

c. Projector untuk Tempat Ibadah (Gereja, Masjid, dll)
Untuk tempat ibadah pilihlah projector dengan ANSI Lumen yang besar, makin besar ruang ibadahnya, makin besar pula tingkat kekuatan cahaya yang diperlukan. Untuk tempat ibadah yang dapat menampung ribuan orang, diperlukan minimal 5000 ANSI Lumen.
Karena keterbatasan ANSI Lumen projector saat ini, jika diperlukan ANSI Lumen yang besar, bisa didapatkan dengan menggabungkan dua projector atau lebih. Instalasi semacam ini disebut juga 'stacking'.

d. Projector untuk Café / Pub
Untuk Café / Pub dengan asap rokok dan debu, gunakan projector dengan teknologi DLP. Karena projector dengan teknologi DLP memiliki optic yang lebih tertutup, sehingga memudahkan perawatan. Sedangkan projector dengan teknologi LCD akan membutuhkan perbersihan secara berkala.

2. Garansi

Berbagai macam merek yang beredar di pasaran saat ini menawarkan berbagai macam bentuk garansi. Anda perlu jeli memperhatikan garansi yang ditawarkan oleh vendor yang bersangkutan. Secara umum, ada 2 hal yang perlu digaransi oleh pabrik:

a. garansi lampu
Ada vendor yang menawarkan garansi dalam jangka waktu tertentu, 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun dari tanggal pembelian. Ada juga yang menawarkan dari segi jumlah jam pemakaian, biasanya 500jam. Ada juga yang menggabungkan keduanya. Misalkan garansi lampu selama satu tahun atau 500 jam, mana yang tercapai tercapai lebih dahulu.

b. garansi spare part
Garansi spare part juga perlu diperhatikan, karena ada spare part yang sifatnya sensitif terhadap perubahan tegangan listrik, ada juga komponen yang sensitif terhadap debu. Tanyakan dengan jelas berapa lama garansi sparepart-nya. Tanyakan juga mengenai perlakuan jika ada kerusakan selama masa garansi, apakah unit / komponennya akan diservice / diperbaiki atau di-replace / diganti baru.
Lokasi service center terdekat, ketersediaan suku cadang, biaya service dan sebagainya juga bisa menjadi pertimbangan tambahan.
Vendor yang memberikan garansi paling lama, tentu akan menjadi pertimbangan kita.

Demikian artikel Panduan Membeli Projector ini, mudah-mudahan bisa membantu Anda untuk mengambil keputusan dalam membeli projector.

Dari artikel Panduan Membeli Projector diatas apakah masih ada pertanyaan yang ingin Anda tanyakan?

Silahkan masukan comment Anda dibawah ini.

Apakah Anda sudah dapat memutuskan projector mana yang akan Anda beli? Hubungi: Anugrahpratama.com

Incoming search terms:

daftar harga pendingin laptop juni 2012

The post Panduan Membeli Projector appeared first on blog.anugrahpratama.com.

0 comments:

Post a Comment