Twitter

Wednesday, March 28, 2012

Manado Today

Manado Today


Hidangan Pedas Kunci Kesehatan Jantung

Posted: 28 Mar 2012 06:45 AM PDT

cabai pedas

Makanan pedas ternyata membantu kesehatan jantung (dailymail)

Ini adalah kabar baik bagi para penggemar kari dan makanan pedas lainnya. Sebab, berdasarkan penelitian, makanan pedas bisa menjadi kunci untuk kesehatan jantung.
Para peneliti menemukan bahwa senyawa yang memberikan rasa pedas pada cabe dapat menurunkan tekanan darah tinggi, serta mengurangi tingkat kolesterol dalam darah.
Mereka mengatakan cabe memiliki potensi besar dalam melindungi terhadap penyakit jantung, yang merupakan pembunuh nomor satu pada negara-negara maju.
Penelitian dari Universitas Hong Kong, memfokuskan pada keluarga zat yang dikenal sebagai ‘Capsaicinoids’, yaitu bagian yang memberikan rasa pedas pada cabai.
“Penelitian kami telah memperkuat dan memperluas pengetahuan tentang bagaimana zat dalam cabai bekerja dalam meningkatkan kesehatan jantung.” tutur penulis studi, Dr Zhen-Yu Chen.
“Kami sekarang memiliki potret yang lebih jelas dan lebih rinci efek terdalam mereka, tentang gen dan mekanisme lain yang mempengaruhi kolesterol dan kesehatan pembuluh darah. Ini merupakan salah satu penelitian pertama yang memberikan informasi tersebut.” tambahnya.
Dalam studi tersebut, para peneliti memberikan diet tinggi kolesterol pada dua kelompok hamster, sebelum memberikan satu kelompok hamster makanan dengan Capsaicinoids dan kelompok kontrol lainnya tanpa Capsaicinoids, dan kemudian menganalisis dampaknya.
Mereka menemukan zat pedas menurunkan kadar kolesterol buruk dengan mengurangi akumulasi kolesterol dalam tubuh. Selain itu, zat pedas juga memblokir aksi dari gen yang membuat arteri mengkerut, dan membatasi aliran darah ke jantung dan organ lainnya. Dengan menghalangi itu, otot-otot rileks dan melebar sehingga darah lebih leluasa mengalir.
“Kami menyimpulkan bahwa Capsaicinoids yang bermanfaat dalam meningkatkan berbagai faktor yang berhubungan dengan jantung dan kesehatan pembuluh darah,” kata Dr Chen.
“Tapi kita pasti tidak menyarankan orang mulai memakan cabai secara berlebihan. Diet yang baik adalah masalah keseimbangan. Cabe mungkin menjadi suplemen yang bagus untuk orang yang menyukai rasa pedasnya.” tandasnya.

Lumba-lumba Ternyata Punya ‘Gangster’

Posted: 28 Mar 2012 05:17 AM PDT

lumba lumba botol

Hanya manusia dan Lumba-lumba Botol dari Shark Bay yang mempunyai beberapa level dalam kelompok sosial

Para peneliti menemukan bahwa lumba-lumba botol jantan mengatur sebuah aliansi yang mirip dengan geng untuk menjaga para betina dari ancaman kelompok lain, dan seringkali aliansi ini berpindah sisi.
Sebuah tim ilmuwan yang mempelajari lumba-lumba di Shark Bay, Australia Barat, mengatakan bahwa hewan itu berkeliaran ratusan kilometer persegi, dan sering menghadapi kelompok lumba-lumba lainnya.
Para peneliti mengamati lumba-lumba ada selama periode lima tahun, merekam gerakan mereka dan melaporkan temuan itu dalam Jurnal Royal Society Proceedings B.
Dr Richard Connor, seorang peneliti dari AS yang mengambil bagian dalam studi ini, awalnya memulai studinya terhadap lumba-lumba di Shark Bay pada awal tahun 1980.
Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa mamalia laut yang sangat cerdas ini hidup dalam sebuah “komunitas terbuka”.
Fakta bahwa lumba-lumba bepergian dalam kelompok mereka dan sering menghadapi kelompok asing, banyak mengungkapkan tentang kecerdasan mereka, karena ketika satu kelompok bertemu dengan yang lain, hewan itu harus memutuskan bagaimana untuk merespon.
Lumba-lumba di Shark Bay menangani hal ini dengan mengorganisir diri menjadi tiga jenis aliansi.
Yang pertama adalah pasangan atau trio yang bekerja sama untuk menangkap kawanan betina subur.
Sedangkan aliansi kedua, hewan ini membentuk “tim” dari antara empat sampai 14 jantan yang menyerang kelompok lain untuk mengambil betina mereka, atau untuk mempertahankan kelompok dari serangan.
Pada tingkat ketiga, lumba-lumba memiliki “hubungan persahabatan” antara tim-tim besar, mereka bergabung untuk membentuk tentara lumba-lumba yang lebih besar, bekerja sama untuk membela betina mereka terhadap kelompok agresif lainnya.
Dr Connor menjelaskan kepada BBC Nature bahwa hewan perlu mempunyai tingkat kepandaian yang tinggi untuk membentuk tipe komunitas seperti ini, di mana mereka sering menjumpai hewan asing lain dan harus mencari tahu apakah mereka adalah ancaman atau sekutu.

Sikat Gigi Dua Kali Sehari Menjaga Jantung Tetap Sehat

Posted: 27 Mar 2012 11:35 PM PDT

menyikat gigi

Sikat gigi dua kali sehari dapat melindungi kesehatan jantung anda

Para ilmuwan menemukan bahwa gagal menyikat gigi dengan benar, dapat menyebabkan masalah jantung yang fatal.
Ini disebabkan karena bakteri yang berkeliaran di mulut dapat menyebabkan pembekuan darah yang dapat memicu infeksi endokarditis langka dan dapat membahayakan jiwa.
Para peneliti menjelaskan bagaimana streptococcus gordonii, dapat memasuki aliran darah melalui gusi berdarah pada konferensi Society for General Microbiology.
Setelah dalam darah, bakteri dapat memicu darah untuk membeku. Bersembunyi di dalam gumpalan darah, bakteri tersebut terlindung dari sistem kekebalan tubuh dan antibiotik.
Jika gumpalan tumbuh pada katup jantung, mereka dapat menyebabkan infeksi endokarditis, yaitu ketika katup menjadi terinfeksi menyebabkan kerusakan serius dan fatal.
Para ilmuwan dari Bristol University dan Royal College of Surgeons di Dublin memberitahu konferensi bahwa mereka berharap untuk mengembangkan obat baru guna mencegah pembekuan darah dan infeksi endokarditis.
Sebuah studi pada tahun 2010 menemukan bahwa kebersihan mulut yang buruk ini terkait dengan peningkatan risiko kondisi jantung lainnya seperti serangan jantung atau stroke.
Profesor Damien Walmsley, dari British Dental Association, mengatakan: “Temuan berkontribusi terhadap pemahaman kita tentang hubungan antara penyakit gusi dan penyakit jantung. Hal ini juga menggarisbawahi pentingnya menyikat gigi dua kali sehari.”

Antioksidan Popcorn Ternyata Lebih Tinggi dari Buah dan Sayuran

Posted: 27 Mar 2012 08:12 AM PDT

eating popcorn

Level polifenol pada popcorn ternyata lebih tinggi dari buah dan sayuran

Popcorn polos telah dipuji sebagai makanan diet yang bagus karena kandungan kalorinya yang rendah. Namun sekarang sekelompok ilmuwan mengklaim bahwa kandungan antioksidan dalam Popcorn, mungkin melebihi buah dan sayuran.
Antioksidan yang dikenal sebagai polifenol, memiliki manfaat kesehatan yang besar, karena mereka membantu melawan molekul berbahaya yang merusak sel tubuh kita.
Para peneliti menemukan bahwa Popcorn memiliki tingkat konsentrasi antioksidan yang tinggi, karena hanya terdiri dari empat persen air.
Satu porsi popcorn mengandung 300mg antioksidan, dan jumlah itu hampir dua kali lipat dari kandungan buah per porsi, yaitu hanya 160mg.
Mereka juga menemukan bahwa bagian renyah dari popcorn memiliki tingkat konsentrasi tertinggi dari antioksidan dan serat.
Para ilmuwan dari University of Scranton di Pennsylvania, meluncurkan penemuan mereka pada pertemuan American Chemical Society di San Diego.
Peneliti Joe Vinson memperingatkan bahwa orang jangan melupakan bahwa Popcorn tidak mengandung vitamin dan nutrisi penting seperti yang ditemukan pada buah dan sayuran. Meskipun ia menambahkan popcorn memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

0 comments:

Post a Comment