Twitter

Sunday, May 13, 2012

Manado Today

Manado Today


Negosiator Perdamaian Afghanistan Tewas Ditembak

Posted: 13 May 2012 04:59 AM PDT

Arsala Rahmani of Afghanistan

Arsala Rahmani

Seorang perunding perdamaian Senior Afghanistan telah ditembak mati di Kabul, kata para pejabat setempat.

Arsala Rahmani adalah seorang mantan menteri Taliban dan mantan anggota kunci Dewan Perdamaian Afghanistan, yang memimpin upaya Afghanistan untuk menegosiasikan kesepakatan damai dengan Taliban.

Para wartawan mengatakan kematiannya adalah pukulan besar bagi Presiden Hamid Karzai karena Rahmani adalah tokoh kunci dalam menjangkau panglima Taliban.

Tahun lalu kepala dewan perdamaian Burhannudin Rabbani juga tewas dalam serangan bunuh diri. Dimana Rabbani tewas oleh bom yang tersembunyi dalam sorban dari seorang penyerang bunuh diri yang menyamar sebagai utusan perdamaian Taliban pada September lalu. Dan anaknya, Salahuddin Rabbani, ditunjuk untuk menggantikannya pada bulan lalu.

Polisi mengatakan bahwa Rahmani ditembak mati pada Minggu (13/05) pagi oleh penembak tak dikenal ketika dalam perjalanan ke kantornya di barat Kabul, dalam sebuah serangan yang terencana.

Sejumlah pria bersenjata mengendarai Toyota Corolla putih menembakkan sebuah peluru dengan menggunakan peredam, menurut laporan Sarwary Bilal, wartawan BBC di Kabul.

“Rahmani ditembak di jantungnya dan tewas seketika. Keponakan-nya, yang juga sopirnya, bahkan tidak menyadari dia telah ditembak,” kata kepala polisi Kabul, Jenderal Ayub Salangi BBC.

Namun pihak Taliban telah membantah terlibat dalam pembunuhan Rahmani ini.

Sebuah pernyataan Isaf mengecam pembunuhan itu dan memberikan penghormatan kepada Rahmani: “Keputusannya untuk membantu membuat cerah masa depan Afghanistan berfungsi sebagai inspirasi bagi kita semua dan kontribusinya akan dikenang”.

Dia adalah sosok penting dalam rencana Presiden Karzai untuk menjangkau para pemimpin Taliban, meskipun tidak jelas berapa banyak pemimpin senior yang berhasiul ia jangkau.

Selain itu, Rahmani bertanggung jawab atas komite dalam dewan perdamaian yang mempertimbangkan pembebasan tahanan Taliban dari Bagram dan penjara Afghanistan lainnya.

Ia menjabat sebagai menteri pendidikan dalam pemerintahan Taliban yang memerintah Afghanistan selama lima tahun sampai AS melengserkan kekuasaan mereka pada 2001.

Namun ia telah aktif secara politik jauh sebelum lahirnya gerakan Taliban, dan memegang jabatan politik di pemerintahan Afghanistan pada tahun 1990-an.

Dan adalah salah satu dari beberapa mantan pejabat Taliban yang dihapus dari daftar hitam PBB Juli lalu, sebagai sinyal dukungan untuk upaya perdamaian di Afghanistan.

Meskipun Taliban membantah sanksi pembunuhan tahun lalu terhadap Rabbani, mereka melihat pemerintah Karzai yang didukung pihak Barat tidak sah.

Dalai Lama Ungkapkan Rencana Cina Untuk Membunuhnya

Posted: 13 May 2012 03:14 AM PDT

Pemimpin spritual Tibet

Dalai Lama mengungkapkan rencana agen-agen Cina yang ingin membunuhnya dengan menggunakan racun

Dalai Lama telah mengungkapkan ketakutannya setelah diperingatkan bahwa agen-agen China telah membuat komplotan untuk membunuhnya.

Dalam wawancara eksklusif dengan Sunday Telegraph, pemenang hadiah Nobel Perdamaian berusia 76 tahun tersebut, mengungkapkan bahwa ia telah menerima laporan dari Tibet, yang memperingatkan agen China telah melatih wanita Tibet untuk misi meracuninya dengan menyamar sebagai umat yang meminta berkah darinya.

Pemimpin Buddha Tibet ini mengatakan bahwa ia hidup dalam penjagaan keamanan yang tinggi di kuil istananya di Dharamsala, di kaki bukit Himalaya, atas saran para pejabat keamanan India.

Meskipun menjadi salah satu pemimpin yang paling banyak dipuja di dunia spiritual, namun Dalai Lama memiliki musuh di Cina dan di antara beberapa sekte Buddhis.

Para pembantunya tidak mampu untuk mengkonfirmasi laporan tersebut, tapi mereka menyarankan keamanan yang tinggi untuk menjaganya.

“Kami menerima beberapa jenis informasi dari Tibet. Beberapa agen China melatih sejumlah orang Tibet, khususnya wanita. Dengan menggunakan racun di rambut, dan syal beracun saat mereka mencari berkat dari saya, dan menyentuh tanganku.” jelas Dalai Lama.

Hubungan antara China dan pemerintah Tibet yang berada di pengasingan di India sangatlah buruk dan kecurigaan keduanya sangat tinggi setelah lebih dari 30 aksi bakar diri pada tahun lalu oleh orang Tibet, yang dilakukan sebagai protes atas langkah Cina yang meminggirkan bahasa dan budaya mereka.

Meskipun hubungan yang dingin dengan Beijing, Dalai Lama mengatakan ia yakin Cina akan mengubah sikap garis keras dan melaksanakan reformasi demokratis untuk melindungi pertumbuhan ekonominya.

Pesan Pembunuhan Saudara Laki-laki Hugo Chavez Disembunyikan Dalam TTS

Posted: 13 May 2012 12:32 AM PDT

Hugo Chavez

Pesan pembunuhan untuk saudara laki-laki Hugo Chavez ditemukan dalam sebuah teka-teki silang di sebuah surat kabar

Seorang penulis teka-teki silang (TTS) telah dituduh menyembunyikan pesan berkode untuk membunuh saudara laki-laki dari Presiden Venezuela Hugo Chavez dalam sebuah teka-teki surat kabar.

Agen intelijen Venezuela mewawancarai Neptali Segovia setelah cendekiawan televisi pemerintah mengatakan teka-tekinya mengungkapkan pesan rahasia untuk membunuh Adan, saudara laki-laki Chavez.

Ini adalah kisah politik terbaru yang muncul dari negara Amerika Selatan tersebut, yang tahun yang ini akan menjalani pemilihan umum.

“Ini semacam pesan yang banyak digunakan dalam Perang Dunia II, “kata cendekiawan Perez Pirela awal pekan ini, dalam kecaman dramatis terhadap koran Ultimas Noticias dalam siaran langsung televisi.

Jawaban untuk teka-teki diterbitkan pada hari Rabu (09/05) itu termasuk ‘Adan’, ‘asesinen’ (yang berarti ‘membunuh’) dan ‘rafaga’ (yang dapat berarti ledakan, tembakan, atau embusan angin).

Pirela, mengatakan bahwa matematikawan, psikolog dan lain-lain telah mempelajari teka-teki silang berbahasa Spanyol tersebut dan menyimpulkan itu adalah sebuah kode dari plot pembunuhan.

Ultimas Noticias mengatakan enam petugas dari dinas intelijen Venezuela mengunjungi kantor redaksi surat kabar itu pada hari Kamis (10/05) untuk meminta informasi tentang Segovia.

Dia kemudian pergi secara sukarela ke markas dinas intelijen untuk memberikan pernyataan, tambahnya.

Tuduhan ini menyoroti lingkungan berbahaya di Venezuela, di mana Chavez telah menuduh para pemimpin oposisi merencanakan kekerasan menjelang pemilihan presiden bulan Oktober depan.

Neptali Segovia beriskeras bahwa dia tidak bersalah, dengan mengatakan di surat kabar: “Saya yang pertama ingin menjelaskan ini. Tidak ada yang aku sembunyikan karena pekerjaan yang saya telah lakukan selama 17 tahun terakhir hanya memiliki niat budaya dan pendidikan, serta transparan.”

“Saya diperlakukan dengan hormat. Mereka menulis pernyataan saya. Kemudian mereka membawa saya pulang. ” tuturnya.

‘Scopolamine’ Narkoba Paling Berbahaya di Dunia

Posted: 12 May 2012 09:16 PM PDT

Borrachero tree

Scopolamine dibuat dari pohon Borrachero ini (foto)

Sebuah obat bius yang dapat membuat seseorang menjadi zombie dan dapat menghapus ingatannya saat ini sedang beredar di jalanan Kolombia.

Obat ini disebut skopolamin, namun dalam bahasa sehari-hari dikenal sebagai ‘Devil Breath’ atau ‘Nafas Setan’, dan berasal dari suatu jenis pohon yang umum ke Amerika Selatan.

Ada begitu banyak cerita mengerikan seputar obat ini, dan menjadi legenda di perkotaan, beberapa kisah menceritakan bagaimana orang diperkosa, dipaksa mengosongkan rekening bank mereka, dan bahkan dipaksa menyerahkan organ akibat obat ini.

Ryan Duffy bepergian ke Kolombia untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat tersebut. Dalam dua segmen, ia mengungkapkan budaya yang mengejutkan dari dunia narkoba Kolombia, mewawancarai orang-orang yang menangani narkoba tersebut dan mereka yang telah menjadi korban obat itu.

Demencia Black, seorang pengedar narkoba di ibu kota Kolombia, Bogota, mengatakan obat ini sangat menakutkan.

Dia mengatakan bahwa Skopolamin dapat ditiup kepada seorang pejalan kaki, dan dalam beberapa menit, orang itu sudah berada di bawah pengaruh obat, sebab skopolamin tidak berbau dan berasa.

“Anda dapat membimbing mereka kemana pun Anda inginkan. Seperti mereka masih anak-anak.” katanya.

Black mengatakan bahwa satu gram Skopolamin mirip dengan satu gram kokain, tetapi kemudian menyebut obat tersbeut ‘lebih buruk dari anthrax, dan dapat mematikan dalam dosis tinggi.

Obat tersebut, katanya, mengubah orang menjadi zombie dan memblok ingatan korban. Jadi, bahkan setelah obat habis, korban tidak memiliki ingatan tentang apa yang terjadi.

Salah satu korban mengatakan bahwa seorang pria mendekatinya di jalan memintanya untuk menunjukkan arah. Karena jaraknya dekat, ia membantu pria itu ke tujuan, dan mereka minum jus bersama-sama.

Dia membawa orang itu ke rumahnya dan membantunya mengumpulkan semua barang-barangnya, termasuk uang tabungan serta kamera pacarnya.

“Menyakitkan untuk kehilangan uang, tapi aku sebenarnya cukup beruntung.” tutur wanita tersebut.

Menurut British Journal of Clinical Pharmacology, obat yang juga dikenal sebagai hyoscine, menyebabkan tingkat kehilangan memori yang sama dengan diazepam.

Pada zaman dulu, obat itu diberikan kepada gundik pemimpin Kolombia yang mati, dimana mereka disuruh masuk kuburan tuan mereka dan dikubur hidup-hidup.

Di zaman modern, CIA menggunakan obat sebagai bagian dari interogasi saat Perang Dingin, dengan harapan menggunakannya seperti serum kebenaran. Namun, susunan kimiawi obat tersebut juga menyebabkan halusinasi yang kuat.

Pohon yang digunakan dalam pembuatan obat ini secara umum dapat ditemukan di Kolombia, dan disebut pohon ‘borrachero’, atau diterjemahkan sebagai ‘pohon yang membuat anda mabuk’.

0 comments:

Post a Comment