Twitter

Monday, May 28, 2012

Manado Today

Manado Today


Gadis Perawan Afsel Diculik dan Dipaksa Menikah Dengan Pria Pengidap HIV

Posted: 28 May 2012 06:13 AM PDT

gadis-gadis afrika

Gadis perawan di Afrika Selatan diculik dan dipakasa menikahi pria tua yang positif mengidap HIV

Gadis-gadis perawan muda di Afrika Selatan (Afsel) ‘diculik’ dan dipaksa untuk menikahi laki-laki tua yang positif HIV, hanya karena sebuah mitos bahwa berhubungan seks dengan perawan akan menyembuhkan mereka dari penyakit mematikan tersebut.

Sebuah penyelidikan di pedesaan bagian timur Afrika Selatan mengungkapkan bagaimana anak-anak gadis berumur 12, dari kaum Xhosa, dipaksa untuk melakukan pernikahan dini.

CNN menemukan bagaimana tradisi Ukuthwala, diterjemahkan sebagai ‘menjemput’ atau ‘mengambil’, digunakan sebagai alasan untuk membenarkan penculikan ini.

Dikatakan bahwa dalam banyak kasus, ‘penculikan’ yang menyetujui justru dari orang tua gadis dengan imbalan uang tunai.

Namun, sebuah kampanye untuk mendidik penduduk setempat atas tindakan ilegal mereka dikabarkan mulai menuai hasil positif, menurut rincian dokumenter saluran Ukuthwala.

Timothy, seorang pria yang mereka wawancarai, mengatakan bahwa tidak ada kesadaran warga tentang apa yang sedang mereka lakukan.

“Kami mohon maaf untuk itu, kami tidak tahu kami melanggar hukum.” tuturnya.

Salah seorang petugas lapangan World Aids Campaign, Nombasa Gxuluwe, yang lahir dan dibesarkan di daerah tersebut, mendedikasikan dirinya untuk mencoba mengakhiri tradisi sesat ini.

Dia mengatakan kepada CNN: “Ada mitos jika anda berhubungan intim dengan seorang gadis muda yang masih perawan dan anda adalah seorang pengidap HIV positif, maka penyakit itu dapat disembuhkan. Itu sebabnya mereka berfokus pada gadis-gadis muda.”

Tapi dia mengatakan bahwa pria-pria tersebut sering menjadi duda karena HIV, karena tindakan mereka tersebut hanya menginfeksi pengantin baru mereka.

Dalam film dokumenter tersebut yang dibuat oleh WAC, seorang gadis dari desa Lusikisiki menceritakan kisahnya.

Dia berkata: “Para wanita dari sebelah menelepon saya dan bertanya apakah saya ingin menikah. Aku bilang tidak. Dia mengatakan jika saya menolak mereka akan membawa saya secara paksa dan memukuli saya.

“Malam berikutnya wanita itu datang ke rumah saya dan membawa saya ke sungai. Ada tujuh orang yang menunggu di sana. Mereka kemudian membawa saya pergi bersama mereka ke rumah di mana orang itu tinggal. Aku tidak percaya ini terjadi padaku. Bahwa saya akan menikah.”

“Ada orang tua di ruangan itu dan dia mengatakan kepada saya, bahwa ia akan membayar aku dengan ternak, dan suka atau tidak suka, aku sekarang telah menjadi isterinya.” tuturnya.

Tapi film dokumenter ini juga mengungkapkan bahwa masih ada harapan bagi beberapa korban, dengan dibukanya sebuah perlindungan sehingga mereka dapat kembali ke masyarakat.

Tetapi itu bukan transisi yang mudah, karena banyak yang dijauhi oleh keluarga dan teman-teman mereka setelah kejadian tersebut.

Nombasa mengatakan bahwa kampanye tersebut tampaknya mulai bekerja, dan bahwa 11 pria dalam satu tahun terakhir telah didakwa dengan penculikan dan melakukan hubungan seks dengan gadis dibawah usia.

0 comments:

Post a Comment