Twitter

Sunday, January 29, 2012

Wayjar' Blog

Wayjar' Blog


5 Mobile Plugins untuk WordPress

Posted: 29 Jan 2012 06:07 AM PST


Pesatnya kemajuan teknologi mobile, sekarang hari ini hampir semua ponsel dilengkapi dengan kemampuan surfing internet. Hal tersebut, menjadikan semakin banyak orang yang mengakses situs melalui ponsel mereka setiap hari. Hal ini menjadikan para webmaster untuk dapat menyesuaikan situs yang mereka kelola bagi para pengunjung mobile.

Berikut  ini 5 plugin mobile untuk WordPress yang dapat digunakan untuk  membuat situs Web menjadi mobile friendly.

1. WordPress Mobile Edition

Dikembangkan oleh Crowd Favorite, plugin dengan clean user interface yang dirancang untuk perangkat selular. Ketika seseorang mengunjungi situs kita dari browser ponsel, secara otomatis mendeteksi dan me-load browser versi mobile dari situs kita. Kita dapat mengedit daftar browser mobile pada halaman pengaturan. Plugin ini memungkinkan tema tertentu untuk di-load pada browser atau perangkat mobile yang spesifik misalnya iPhone, Windows Mobile, Opera Mini dan web browser mobile lainnya.

2. WordPressMobile.mobi

Salah satu plugin mobile WordPress yang paling populer, dengan ribuan download. WordPress Plugin ini membuat blog kita lebih mobile friendly, mengurangi waktu load pada browser mobile dan mengkonfigurasi halaman dengan benar.

3. WordPress Mobile Pack

WordPress plugin untuk browser mobile ini telah mendapat pengakuan mobile, adaptasi perangkat dan widget ready. Dengan pengakuan fitur perangkat mobile dan adaptasi, maka secara otomatis penyesuaian ukuran gambar, pemecahan artikel atau posting ke beberapa halaman sehingga halaman web kita terlihat baik-baik saja pada browser ponsel. Ia memiliki panel admin mobile sehingga admin dari situs dapat dengan mudah dalam pengelolaannya. Widget iklan Handphone memungkinkan iklan mobile atau mobile Adsense untuk ditampilkan pada versi mobile dari halaman web.

4. MobilePress

Kita dapat mengatur plugin untuk menampilkan tema khusus untuk model perangkat tertentu atau browser mobile seperti iPhone, Opera Mini, dll. Plugin ini juga memungkinkan para pengembang theme WordPress untuk mengembangkan theme mereka sendiri untuk blog WordPress mobile.

5. Mobile Admin

WordPress Plugin ini memungkinkan kita untuk mengakses admin user interface pada perangkat mobile dengan cara yang user friendly. Plugin ini terutama dikembangkan untuk browser pada iPhone dan perangkat iPod Touch dan mendukung sebagian besar browser mobile lainnya. Handphone Admin mendukung sebagian besar fitur dasar admin WordPress seperti mengedit posting dengan fitur auto-save, tagging, moderasi komentar, dan banyak lagi.

Ada yang Baru di Super Website SmashingMagazine – “WordPress Section”

Posted: 29 Jan 2012 12:38 AM PST


wordpress smashingmagazine damnjournal 300x193 Ada yang Baru di Super Website SmashingMagazine – Pada Kesempatan aya coba sharing lagi satu info yang bermanfaat bagi Anda yang sering bercumbu dengan WordPress dari salah satu dari sekian banyak website bagus sebagai referensi untuk desain, programming dan belajar apa saja mengenai world wide web. Dengan update rate yang cukup tinggi, yang hampir tiap 3 hari ada informasi dan berita menarik seputar topik di atas, menjadikan website  ini sebagai salah satu website yang harus ditengok bagi Anda yang memerlukan inspirasi desain, website maupun bagi Anda yang menginginkan kontes-kontes untuk diikuti.

Smashing WordPress is an extended section of Smashing Magazine which has been created to provide you with more articles on coding WordPress-based sites. It is curated by Jeff Starr and will be updated frequently. You can subscribe to the WordPress RSS feed to keep updated about the new posts.

Tanggal 19 September 2011 kemarin, Smashing Magazine mengumumkan dibuatnya bagian yang lebih spesifik dari tantangan dan informasi yang mereka bahas, yaitu yang mereka sebut WordPress Section yang dibuat karena diskusi mengenai WordPress dan segala macam tentangnya menjadi lebih serius dan kian hangat. WordPress Section dari SmashingMagazine bisa Anda kunjungi pada alamat berikut: wp.smashingmagazine.com

Satu artikel pendek yang saya harap bisa membantu menambah sumber referensi Anda untuk lebih mendalami Content Management System kecintaan kita, yaitu WordPress. | Sumber

Tips Membuat Betah Pengunjung Blog

Posted: 28 Jan 2012 11:59 PM PST


blogging tips 280x300 Tips Membuat Betah Pengunjung BlogBlog, layaknya sebuah media cetak (koran dan majalah) yang memuat berbagai informasi dan dibaca oleh pelanggan (pengunjung) nya pastilah memiliki beberapa sebab yang membuat pengunjung betah atau tidak berlama-lama di blog kita. Tentu saja hal tersebut berpengaruh pada popularitas dan daya saing blog atau koran karena jika pelanggan betah berlama-lama mampir di blog kita, artinya ada sesuatu yang mereka suka dari blog atau majalah tersebut, untuk itu saya punya beberapa tips untuk paling tidak membuat pengunjung blog Anda lebih betah untuk membaca artikel di blog Anda, berikut tipsnya:

1. Usahakan page load halaman blog Anda cepat – Ya, kadang faktor waktu yang membatasi pengunjung blog untuk membaca dan mencari informasi lebih banyak dari blog kita, maka dari itu semakin cepat halaman blog kita di akses, akan semakin betah pengunjung untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain. Supaya page load halaman blog menjadi lebih cepat, kurangi konten-konten blog yang tidak terlalu berguna dan memperberat kerja server Anda. Selain itu, jika Anda yakin akan target domisili pengunjung blog Anda (dari Indonesia misalnya), gunakan file hosting IIX yang dapat diakses lebih cepat dari Indonesia namun tentu saja Anda perlu merogoh kocek lebih dalam karena biasanya harga hosting server IIX sedikit lebih mahal.

Untuk pengguna WordPress, Anda bisa menggunakan Plugin W3 Total Chache untuk mempercepat load halaman blog Anda.

2. Jangan terlalu banyak iklan – Ya! Tentu saja, iklan-iklan yang ditampilkan pada blog tidak masalah jika masih dalam porsi yang pas dan tidak menganggu "keindahan" blog Anda. Terlalu banyak iklan, selain berpengaruh pada page load blog Anda, juga akan berpengaruh pada psikologi pengunjung blog Anda karena akan menimbulkan image yang tidak baik terhadap blog Anda, jadi usahakan untuk tidak menempatkan terlalu banyak iklan dalam blog Anda khususnya jika blog Anda masih cukup baru (seperti blog saya ini).

3. Tata letak yang sederhana dan jelas – Pengunjung Anda membutuhkan informasi yang jelas dan tidak berbelit-belit, baik dalam artikel maupun navigasi untuk berpindah posting dan halaman di dalam blog Anda.

Tiga tips di atas adalah tips secara umum untuk membuat betah pengunjung blog Anda yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini, nantikan tips lain yang mungkin berguna untuk Anda yang ingin memulai belajar nge-blog seperti saya. Semoga bermanfaat, salam!

0 comments:

Post a Comment