Twitter

Monday, January 2, 2012

Kiat Mencegah Balita Keracunan



Hindari meletakkan obat-obatan secara sembarangan di rumah jika Anda memiliki anak balita. Data di Amerika Serikat menunjukkan setiap tahunnya 1 dari 150 anak berusia dua tahun dilarikan ke unit gawat darurat karena minum obat tanpa pengawasan.
“Meninggalkan obat di tempat yang mudah dicapai balita sangatlah berbahaya, namun hal ini sering tidak disadari para orangtua,” kata Dr.Dan Budnitz, direktur program keamanan obat dari Center for Disease Control and Prevention (CDC), AS.
Untuk mencegah kemungkinan balita mengalami keracuna obat karena mengonsumsi obat sendiri, ikuti beberapa tip dari CDC berikut ini:
  • Simpan obat-obatan di tempat yang sulit dijangkau atau dilihat anak-anak.
  • Seperti halnya obat, suplemen vitamin juga berbahaya. Bahkan vitamin dan obat bebas yang biasa dikonsumsi anak bisa berakibat fatal jika banyak tertelan.
  • Bersikaplah disiplin dalam menutup tempat obat. Pastikan semua sudah tertutup rapat sehingga lebih sulit untuk dibuka anak-anak.
  • Ajari anak tentang bahaya obat dan hindari memberikan permen saat membujuk anak untuk minum obat karena hal itu bisa membingungkan anak.
  • Bila rumah Anda sering didatangi tamu atau kerabat yang meningap, ingatkan mereka juga untuk menyimpan obat-obatan pribadi di tempat yang sulit dijangkau anak.

Sumber : Indonews.org

0 comments:

Post a Comment