Twitter

Wednesday, October 31, 2012

Sepakbola Online | Berita Sepakbola

Sepakbola Online | Berita Sepakbola


PSSI Anggap Surat KPSI Ke SBY Sebagai Pelipur Lara

Posted: 30 Oct 2012 10:46 PM PDT

PSSI menganggap upaya KPSI yang berkirim surat ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hanyalah sebagai pelipur lara. Menurut Wakil Sekjen PSSI Tondo Widodo, presiden diyakini tak akan terpancing apalagi sampai intervensi ke dalam PSSI.

"Upaya KPSI berkirim surat ke Presiden SBY hanya pelipur lara saja. Sebab, surat itu tidak akan direspons. SBY tak mungkin ikut campur ke internal PSSI. Beliau paham bahwa risiko intervensi ini, sepak bola kita bisa disanksi FIFA" ungkap Tondo Widodo, Senin (29/10/12).

Tondo juga menambahkan bahwa langkah La Nyalla Mattalitti Cs yang berniat ingin bertemu presiden SBY agar menampung aspirasi KPSI, dianggap terlalu berlebihan.

Pasalnya Presiden SBY sebagai penjelmaan dari pemerintah tidak akan mencampuri persoalan sepak bola secara mendetail.

"Saya yakin keluhan mereka tidak akan diterima. Apa urgensinya sampai SBY sampai harus mengurus masalah ini" tambah Tondo.

Di tempat lain Tigor Shalomboboy yang menjabat sebagai Sekjen KPSI, menyatakan bahwa surat yang dikirim ke presiden SBY hanyalah sebatas pemberitahuan. Tigor pun menjelaskan bahwa pihaknya tidak berharap, jika surat tersebut kelak harus dibalas SBY.

"Hanya sebatas informasi saja. Kami hanya ingin menyampaikan laporan konflik sepak bola Indonesia, termasuk timnas. Mulainya dari mana, sehingga bisa pecah seperti sekarang. Itu saja!" ujar Tigor seperti yang dilansir Suara Merdeka.

Jose Mourinho Pelatih Terbaik Dunia 2012?

Posted: 30 Oct 2012 10:42 PM PDT

jose_mourinho

Kebanyakan di antara kita mungkin terlalu berfokus pada siapa peraih Ballon d'Or 2012. Apakah Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, atau sosok lain. Hingga, sedikit mengesampingkan pengumuman 10 calon peraih gelar pelatih terbaik dunia 2012. Jose Mourinho, pelatih Real Madrid, ada dalam daftar tersebut. Demikian pula halnya dengan Vicente Del Bosque dan Roberto Di Matteo.

10 kandidat Pelatih Terbaik Dunia tahun ini sudah diumumkan. Jose Mourinho, pelatih yang sukses membawa Real Madrid menjuarai Liga Spanyol musim 2011-2012, ada dalam daftar tersebut. Musim lalu, prestasi The Special One memang luar biasa. Ia berhasil membawa Los Blancos meraih 100 angka —tertinggi dalam sejarah La Liga—. Plus, mencetak 121 gol, yang lagi-lagi merupakan rekor di Liga Spanyol. Sebuah jaminan penting bahwa Mou layak diunggulkan untuk mendapatkan gelar yang terbaik di antara jajaran pelatih kaliber dunia.

Selain Mourinho, ada nama Roberto Di Matteo. Ia mungkin muncul secara tak terduga. Menghilangnya Andre Villas-Boas membuat mantan gelandang Chelsea menjadi manajer The Blues. Memahami karakter The Blues, Di Matteo kemudian sukses memberikan gelar juara Liga Champions pertama untuk Chelsea sepanjang sejarah.

Vicente Del Bosque juga layak disodorkan menjadi yang terdepan. Ia sukses membawa Spanyol mempertahankan gelar juara Eropa setelah menjuarai Euro 2012. Del Bosque juga menunjukkan kepada banyak orang bahwa 'bermain tanpa  penyerang murni' tak berpengaruh apa pun. Timnas Spanyol pun dianggap salah satu tim nasional terbaik sepanjang sejarah.

Selain tiga nama ini, ada pula nama-nama lain yang familiar di telinga. Sebutkanlah Joachim Loew yang terus melakukan regenerasi di timnas Jerman. Atau Roberto Mancini yang berhasil memberikan gelar juara Liga Inggris pertama bagi Manchester City setelah sekian puluh tahun.

Berikut 10 nominator pelatih terbaik dunia:

José Mourinho (Real Madrid)Vicente del Bosque (Timnas Spanyol)Roberto di Matteo (Chelsea)Alex Ferguson (Manchester United)Pep Guardiola (Barcelona)Jupp Heynckes (Bayern Múnich)Jürgen Klopp (Borussia Dortmund)Joachim Löw (Jerman)Roberto Mancini (Manchester City)Cesare Prandelli (Italia)

Siapa yang akan memperoleh penghargaan sebagai yang terbaik tahun ini? Pengumumannya masih akan berlangsung pada 7 Januari 2013 di Zurich, Swiss. Namun, tak salah jika Anda mencantumkan jago Anda di kolom komentar. Apakah Jose Mourinho yang berhak mendapatkannya? Atau ini saatnya Vicente Del Bosque dianugerahi gelar pelatih terbaik 2012?


Incoming search terms:

Manchester City Ditinggal Micah Richards Hingga Februari 2013

Posted: 30 Oct 2012 10:37 PM PDT

Malang betul nasib bek kanan Manchester City satu ini. Micah Richards yang baru sembuh dari cedera pasca gelaran Olimpiade London 2012, kini harus absen membela klubnya hingga Februari 2013. Laga melawan Swansea City akhir pekan kemarin membawanya kembali ke meja operasi.

Kemenangan kandang 1-0 melawan Swansea harus dibayar mahal oleh Manchester City. Salah satu bek muda mereka, Micah Richards terpaksa ditandu keluar setelah terjadi masalah di bagian lutut kanannya. Vonis dari tim medis pun turun. Di mana ia tidak bisa merasakan atmosfer Liga Inggris sebagai pemain hingga akhir Februari 2013.

Lewat situs resmi klub, RIchards pun angkat bicara perihal kabar sedih ini:

"Hal positif adalah, cedera itu sudah ditangani dengan baik, sehingga lututku akan menjadi membaik seperti lutut baru."

"Aku harus menggunakan penguat di lutut dan harus memakai penyangga. Aku tak bisa melakukan apa pun dalam empat sampai enam minggu ke depan. Mungkin, aku harus istirahat dalam 12 sampai 16 pekan sebelum bisa tampil kembali."

"Dalam pertandingan itu, aku langsung tahu bahwa itu cedera serius. Lututku seolah terkunci dan tak bisa kuluruskan."

"Aku pikir cedera itu tak bisa disembuhkan. Aku berpikir positif saja. Cedera adalah bagian dari pekerjaan. Aku akan bekerja sekeras mungkin agar bisa kembali bermain secepatnya. Aku juga berterima kasih kepada suporter yang telah menyampaikan doa dan dukungannya."

Dengan demikian Richards akan melewatkan beberapa laga Big Match, di antara ketika City bertemu Tottenham Hotspur dalam pekan kesebelas Premier League 2012/2013 (10/11/12).

Lionel Messi Atau Cristiano Ronaldo Peraih Ballon d’Or 2012?

Posted: 30 Oct 2012 10:32 PM PDT

Lionel Messi Atau Cristiano Ronaldo Peraih Ballon d'Or 2012?

Daftar 23 nominator peraih Ballon d'Or 2012 sudah diumumkan. Persaingan Lionel Messi (Barcelona) dan Cristiano Ronaldo (Real Madrid) untuk dilabeli pemain terbaik dunia tahun ini pun kembali terbuka. Nama mereka menjadi yang utama dalam daftar tersebut. Para pemain Barcelona dan Real Madrid sendiri mendominasi nominator Ballon d'Or dengan masuknya nama enam pemain Madrid dan lima punggawa Barca.

Persaingan Barcelona dan Real Madrid untuk menjadi yang terbaik di Spanyol dan Eropa, merembet juga ke dalam perebutan siapa yang akan menggenggam Ballon d'Or. Enam punggawa Real Madrid ada dalam daftar. Selain Iker Casillas dan Cristiano Ronaldo yang difavoritkan, ada pula Sergio Ramos, Xabi Alonso, Mesut Ozil, dan Karim Benzema. Sang rival, Barcelona, 'hanya' mencantumkan lima pemain: Gerard Pique, Sergio Busquets, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, dan Lionel Messi.

Yang unik, adalah nasib yang menimpa Chelsea dan Bayern Munchen. Kedua klub sukses mencapai final Liga Champions musim 2011-12. Namun, masing-masing hanya mendapatkan satu nama dalam daftar nominator Ballon d'Or. Munchen memiliki Manuel Neuer. Sementara itu, Chelsea mempunyai Didier Drogba, meski kini sang pemain sudah menjalani petualangan baru di Liga China.

Juara Premier League musim lalu, Manchester City, 'diwakili' oleh tiga pemain. Selain Sergio Aguero, ada gelandang enerjik Yaya Toure dan penyerang Mario Balotelli. Tetangga sebelah The Citizens, 'mencantumkan' dua penyerang: Wayne Rooney dan Robin Van Persie.

Tak kalah menarik adalah perwakilan klub Spanyol di luar Real Madrid dan Barcelona. Superioritas kedua klub tampak demikian terasa. Karena, cuma ada Atletico Madrid yang bisa mencantumkan satu nama pemain. Siapa lagi kalau bukan Radamel Falcao yang gol-golnya membawa Rojiblancos menjuarai Europa League dan Piala Super Eropa.

Berikut ini daftar 23 nominator peraih Ballon d'Or 2012:

Agüero (Manchester City)Balotelli (Manchester City)Benzema (Real Madrid)Buffon (Juventus)Busquets (Barcelona)Casillas (Real Madrid)Drogba (Shanghai Shenhua)Falcao (Atlético Madrid)Ibrahimovic (Milan, PSG)Iniesta (FC Barcelona)MMessi (Barcelona)Neuer (Bayern Munich)Neymar (Santos)Özil (Real Madrid)Piqué (Barcelona)Pirlo (Juventus)Ramos (Real Madrid)Cristiano Ronaldo (Real Madrid)Rooney (Manchester United)Touré (Manchester City)Van Persie (Arsenal, Manchester United)Xabi Alonso (Real Madrid)Xavi (Barcelona).

Meski ada sekian nama yang masuk, termasuk Andres Iniesta yang menjadi peraih gelar Pemain Terbaik Eropa 2012, bukan tidak mungkin, persaingan akan mengerucut kembali pada Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Kedua penyerang ini begitu konsisten mencetak gol untuk klub masing-masing, dan seperti tak lelah untuk mencipta rekor demi rekor baru. Akankah Ballon d'Or jatuh pada salah satu di antara King Leo atau CR7? Atau ada 'kejutan' dalam pemilihan pemain terbaik dunia tahun ini?

Wojciech Szczesny Siap Turun Saat Arsenal Kontra Man. United

Posted: 30 Oct 2012 10:28 PM PDT

Szczesny-Tyton

Wojciech Szczesny tidak lama lagi akan menempati posisi lamanya sebagai kiper utama Arsenal. Comeback yang istimewa, di mana Szczesny dijadwalkan bermain saat Arsenal melawat ke markas Manchester United akhir pekan nanti.

Setelah absen selama enam minggu, kabar bahagia menghinggapi kiper utama Arsenal, Szczesny. Cedera yang dialami Szczesny memang cukup dramatis. Di mana ia yang sempat sembuh akhirnya harus kembali menjalani masa perawatan lantaran ada sedikit masalah di bagian pergelangan kaki.

Sabtu 3 November 2012 nanti, menjadi akhir pekan yang istimewa. Ia kembali akan merasakan atmosfer Liga Inggris setelah melakoni penampilan terkhir pada 15 September saat Arsenal mengalahkan Southampton dengan skor telak 6-1.

Laporan dari Goal.com, Senin (29/10/12) menyebutkan, Szczesny bahkan bisa saja turun lebih dini. Yakni saat The Gunners bertemu Reading di laga Piala Liga Capital One atau yang dulu disebut Carling Cup.

Dengan pulihnya Szczesny, secara otomatis Vito Mannone harus merelakan posisi starting line up yang ia huni sejak cederanya Szczesny dan Lukasz Fabianski.

Sebagai catatan, Vito Mannone sebenarnya tampil tidak terlalu buruk. Kiper muda Italia itu kebobolan 11 gol dari sepuluh pertandingan yang ia jalani. Namun di luar catatan gemilangnya itu, Mannone masih menyisakan celah. Ia yang dalam radar incaran Napoli sering melakukan blunder yang merugikan Arsenal. Terakhir ia melakukan kesalahan saat Arsenal kalah dari Norwich City sembilan hari lalu.

Lionel Messi Atau Cristiano Ronaldo Peraih Ballon d’Or 2012?

Posted: 30 Oct 2012 10:25 PM PDT

Lionel Messi Atau Cristiano Ronaldo Peraih Ballon d'Or 2012?

Daftar 23 nominator peraih Ballon d'Or 2012 sudah diumumkan. Persaingan Lionel Messi (Barcelona) dan Cristiano Ronaldo (Real Madrid) untuk dilabeli pemain terbaik dunia tahun ini pun kembali terbuka. Nama mereka menjadi yang utama dalam daftar tersebut. Para pemain Barcelona dan Real Madrid sendiri mendominasi nominator Ballon d'Or dengan masuknya nama enam pemain Madrid dan lima punggawa Barca.

Persaingan Barcelona dan Real Madrid untuk menjadi yang terbaik di Spanyol dan Eropa, merembet juga ke dalam perebutan siapa yang akan menggenggam Ballon d'Or. Enam punggawa Real Madrid ada dalam daftar. Selain Iker Casillas dan Cristiano Ronaldo yang difavoritkan, ada pula Sergio Ramos, Xabi Alonso, Mesut Ozil, dan Karim Benzema. Sang rival, Barcelona, 'hanya' mencantumkan lima pemain: Gerard Pique, Sergio Busquets, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, dan Lionel Messi.

Yang unik, adalah nasib yang menimpa Chelsea dan Bayern Munchen. Kedua klub sukses mencapai final Liga Champions musim 2011-12. Namun, masing-masing hanya mendapatkan satu nama dalam daftar nominator Ballon d'Or. Munchen memiliki Manuel Neuer. Sementara itu, Chelsea mempunyai Didier Drogba, meski kini sang pemain sudah menjalani petualangan baru di Liga China.

Juara Premier League musim lalu, Manchester City, 'diwakili' oleh tiga pemain. Selain Sergio Aguero, ada gelandang enerjik Yaya Toure dan penyerang Mario Balotelli. Tetangga sebelah The Citizens, 'mencantumkan' dua penyerang: Wayne Rooney dan Robin Van Persie.

Tak kalah menarik adalah perwakilan klub Spanyol di luar Real Madrid dan Barcelona. Superioritas kedua klub tampak demikian terasa. Karena, cuma ada Atletico Madrid yang bisa mencantumkan satu nama pemain. Siapa lagi kalau bukan Radamel Falcao yang gol-golnya membawa Rojiblancos menjuarai Europa League dan Piala Super Eropa.

Berikut ini daftar 23 nominator peraih Ballon d'Or 2012:

Agüero (Manchester City)Balotelli (Manchester City)Benzema (Real Madrid)Buffon (Juventus)Busquets (Barcelona)Casillas (Real Madrid)Drogba (Shanghai Shenhua)Falcao (Atlético Madrid)Ibrahimovic (Milan, PSG)Iniesta (FC Barcelona)MMessi (Barcelona)Neuer (Bayern Munich)Neymar (Santos)Özil (Real Madrid)Piqué (Barcelona)Pirlo (Juventus)Ramos (Real Madrid)Cristiano Ronaldo (Real Madrid)Rooney (Manchester United)Touré (Manchester City)Van Persie (Arsenal, Manchester United)Xabi Alonso (Real Madrid)Xavi (Barcelona).

Meski ada sekian nama yang masuk, termasuk Andres Iniesta yang menjadi peraih gelar Pemain Terbaik Eropa 2012, bukan tidak mungkin, persaingan akan mengerucut kembali pada Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Kedua penyerang ini begitu konsisten mencetak gol untuk klub masing-masing, dan seperti tak lelah untuk mencipta rekor demi rekor baru. Akankah Ballon d'Or jatuh pada salah satu di antara King Leo atau CR7? Atau ada 'kejutan' dalam pemilihan pemain terbaik dunia tahun ini?

Swindon Town vs Aston Villa 2-3: Hasil Capital One Cup 2012

Posted: 30 Oct 2012 10:20 PM PDT

Swindon 2-3 Aston Villa

Christian Benteke kembali menjadi pahlawan The Villans dalam lanjutan Capital One Cup 2012 antara Swindon Town vs Aston Villa, Rabu (31/10/2012) dini hari WIB, dengan skor 2-3. Villa sempat unggul 0-2 sebelum disamakan menjadi 2-2. Dan Benteke muncul menjadi pahlawan di menit akhir laga untuk menjadikan hasil 2-3 bagi tim tamu.

Manajer Paul Lambert tetap menurunkan skuad terbaik Villa demi meraih kemenangan di pertandingan Aston Villa vs Swindon ini. Duet Benteke-Gabriel Agbonlahor kembali dimainkan sejak awal, seperti saat mereka ditahan imbang Norwich City 1-1 akhir pekan lalu.

Peluang pertama bagi Villa hadir di menit 12 kala tendangan Barry Bannan masih menyamping ke kiri gawang Swindon yang dikawal Wesley Foderingham.

Gol 1 Benteke

Gol pertama hadir kala pertandingan berjalan setengah jam. Berawal dari situasi sepak pojok, bola umpan Stephen Ireland ditanduk Christian Benteke dan tak mampu dibendung oleh Foderingham.

Ireland kembali menjadi kreator gol kedua Villa sembilan menit berselang. Kali ini umpannya mampu dimaksimalkan oleh Gabriel Agbonlahor. Babak pertama berakhir dengan skor 0-2.

Gol Agbonlahor

Di babak kedua, Swindon coba bermain keluar menyerang demi memperkecil keadaan. Usaha Gary Roberts di menit 55 masih belum membuahkan hasil berkat kegemilangan Shay Given.

Menit 64, Roberts kembali mengancam gawang Villa. Kali ini tendangan kaki kirinya gagal dibendung oleh Given, namun masih bisa`digagalkan oleh tiang gawang.

Masuknya Miles Storey terbukti membawa angin segar bagi Swindon. Pemain muda itu mampu menipiskan skor di menit 78 via umpan Andrew Williams dari sisi kanan pertahanan Villa.

Gol Storey

Tak butuh waktu lama bagi seorang Miles Storey untuk mencetak gol keduanya di pertandingan ini. Tiga menit setelah gol pertamanya, ia kembali sukses memanfaatkan umpan Williams untuk mengubah kedudukan menjadi 2-2.

Skuad Villa coba kembali mengatur tempo permainan. Fabian Delph mendapat bola hasil tendangannya masih melebar ke sisi kanan di menit 87.

Gol kemenangan Aston Villa hadir di menit 90. Sebuah umpan dari Eric Lichaj dimanfaatkan dengan sempurna oleh Christian Benteke untuk mencetak gol ketiganya dalam dua pertandingan terakhir Villa. The Villans pun pulang ke Birmingham dengan membawa senyuman.

Data Pertandingan:

Swindon 2-3 Aston Villa (Storey 78', 81' / Benteke 30', 90', Agbonlahor 39')

Persib: Indra Thohir Puji Efektivitas Serangan Sektor Kanan

Posted: 30 Oct 2012 10:15 PM PDT

Indra Thohir

Ada catatan menarik saat Persib Bandung mengalahkan persatuan sepak bola UPI dengan skor 13-1, pada pertandingan uji coba di Stadion Siliwangi beberapa hari yang lalu. Ketika itu servis yang diberikan para pemain gelandang terutama sektor kanan kepada lini depan, berjalan lebih baik ketimbang pertandingan uji coba sebelumnya.

Indra Thohir yang menjabat sebagai Penasehat Teknik, juga memberikan pujian bagi perubahan progres yang dilakukan para pemain sektor kanan tersebut.

Ia pun berharap agar kemajuan dari sektor kanan, dapat ditiru pemain yang mengisi sisi kiri seperti Atep, Tony Sucipto, atau pun Jajang Sukmara.

"Mudah-mudahan perubahan nyata juga dari sebelah kiri. Kita berharap, sebelah kiri sama baiknya dengan sebelah kanan" harap Indra Thohir.

Meski Indra Thohir mengakui cukup sulit membangun sebuah tim yang solid, namun dirinya optimistis dengan materi pemain yang ada saat ini Persib dapat menunjukan peningkatan yang lebih baik dibandingan musim lalu.

Oleh karena itu, Indra berharap agar tim pelatih tetap melakukan pembenahan pada sektor kanan yang  dinilainya masih memiliki sedikit kelemahan.

"Kekuatan tim tampak ada perubahan cukup baik. Terutama di sektor kanan. Kita tinggal buat lagi dalam latihan tim, agar semakin matang. Masih butuh proses" ungkap pelatih yang sukses membawa Maung Bandung juara Ligina I 1994/1995 ini.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Persib baru saja memenangi pertandingan uji coba dengan skor 13-1 atas tim UPI.

Dalam pertandingan itu pola serangan Persib sudah lebih baik. Selain konsolidasi antar lini yang mengalami kemajuan, hal itu juga sangat dipengaruhi oleh hadirnya lima pemain tim nasional Indonesia.

Pada pertandingan tersebut, Herman Dzumafo menciptakan double hat trick. Empat gol di antaranya dilakukan pada babak pertama dan dua gol tambahan tercipta pada 45 menit kedua.

Sementara itu penyerang Persib lainnya, Airlangga Sucipto yang masuk menggantikan Mbida Messi pada babak kedua juga mampu melesakan tiga gol.


Incoming search terms:

AC Milan Siap Dijual dengan Harga 500 Juta Euro

Posted: 30 Oct 2012 10:10 PM PDT

AC Milan siap dilempar ke pengusaha lain dengan harga 500 Juta Euro. Nama Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani pun merapat sebagai calon pemilik baru klub asal kota Milan ini.

Goal.com memberikan laporan yang cukup menarik. AC Milan yang sedang dalam dua krisis: finansial dan buruknya performa, semakin dekat dengan seorang pengarean dari Qatar.

Di antara banyaknya pelamar yang ingin membeli klubnya, Silvio Berlusconi lebih mempunyai kecenderungan terhadap Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani. Lewat berita ini, Berlusconi sekaligus ingin berkata kepada fans bahwa masa kejayaannya dengan AC Milan telah usai. Saatnya I Rossoneri memperoleh pinangan baru dari jutawan lain.

Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani

AC Milan mengindikasikan buruknya keuangan lewat penjualan Zlatan Ibrahimovic dan Thiago Silva. Di luar itu, Berlusconi juga terpaksa melepas pemain-pemain veterannya seperti Alessandro Nesta, Gennaro Gattuso dan Clarence Seedorf untuk menutup pembengkakan alokasi gaji pemain.

Perombakan klub itu langsung terjawab lewat buruknya performa AC Milan di Liga Italia. Berlusconi pun insaf, ia ingin hengkang dari kepengurusan AC Milan dan berharap klubnya memperoleh sentuhan finansial baru.

Mendung kelabu semakin menggelayuti AC Milan, pasca hukuman 12 bulan penjara yang dijatuhkan pada Berlusconi akibat skandal pajak.

Siapa yang akan mengeluarkan 500 juta Euro untuk menempati posisi tertinggi di AC Milan? Tidak ada lain kecuali Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani sebagai kandidat terkuat.


Incoming search terms:

PSSI Sebut Bambang Pamungkas Segera Gabung Timnas

Posted: 30 Oct 2012 10:07 PM PDT

Bambang Pamungkas Timnas

PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin merasa cukup yakin bahwa Bambang Pamungkas alias Bepe akan segera bergabung dengan Timnas Indonesia asuhan Nil Maizar yang bakal berlaga di gelaran AFF Cup 2012 di Thailand dan Malaysia pada akhir November 2012 mendatang. Hal itu diungkapkan oleh Penanggungjawab Timnas Indonesia PSSI, Bernhard Limbong.

"Bambang Pamungkas, Insya Allah ya bergabung (ke Timnas Indonesia PSSI)," tutur Bernhard Limbong saat ditanya apakah kapten tim Garuda itu akan merapat ke pihaknya.

Meskipun Bernhard Limbong cukup yakin Bambang Pamungkas bakal bergabung dengan skuat asuhan Nil Maizar, namun kabar ini sebenarnya belum dapat dipastikan kebenarannya karena belum adanya konfirmasi dari pihak Bepe.

Pasalnya, Bambang Pamungkas pernah menegaskan bahwa dirinya tidak akan memihak salah satu kubu, apakah Timnas Indonesia PSSI asuhan Nil Maizar atau Timnas Indonesia KPSI yang ditukangi Alfred Riedl.

Dengan kata lain bomber Persija Jakarta yang masih memegang rekor sebagai top skor timnas sepanjang masa ini akan vakum dari skuat Merah-Putih selama belum adanya rekonsiliasi antara dua kubu yang sedang bertikai.

Bambang Pamungkas sendiri dipanggil oleh kedua kubu timnas. Meskipun sudah tidak muda lagi untuk ukuran pesepakbola, namun keberadaan Bepe di timnas ternyata masih sangat sentral. Selain masih produktif, kehadiran Bambang Pamungkas diperlukan sebagai pemimpin di lapangan seperti yang selama ini diperankannya, baik di Persija maupun di timnas.

Selain Bambang Pamungkas, PSSI juga memanggil beberapa pemain lainnya dari kompetisi Indonesia Super League (ISL), yaitu Ahmad Bustomi dan Hamkah Hamzah (Mitra Kukar), serta I Made Wirawan dan Firman Utina (Persib Bandung). Namun, hingga kini belum diperoleh kepastian apakah mereka akan diizinkan oleh klubnya masing-masing.

Apabila para pemain ISL itu tidak bergabung ke Timnas Indonesia PSSI, Bernhard Limbong menyatakan tidak masalah dan siap bertarung di AFF Cup 2012 dengan memaksimalkan skuat yang ada.

"Tapi kalau mereka tidak gabung tidak masalah. Pemain yang ada juga sudah cukup solid dan bagus. Tinggal memoles sedikit lagi," tukas Bernhard Limbong.

0 comments:

Post a Comment