Twitter

Tuesday, October 23, 2012

Sepakbola Online | Berita Sepakbola

Sepakbola Online | Berita Sepakbola


Persib di ISL Musim Depan, Menanti Hasil Perombakan!

Posted: 22 Oct 2012 08:07 AM PDT

Persib Latihan

Setelah kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2011/2012 usai, manajemen Persib Bandung langsung melakukan perombakan massal di skuatnya. Baik di jajaran pelatih maupun susunan pemain mengalami pergantian yang cukup frontal. Hanya finish di posisi ke-8 tampaknya membuat manajemen tim Maung Bandung merasa perlu berbenah. Nah, di ISL musim depan, hasil dari perombakan tersebut patut dinanti. Sejauh manakah Persib bisa melangkah?

Posisi Robby Darwis sebagai pelatih yang hanya menjabat selama setengah musim langsung tergusur dengan kedatangan Jajang Nurjaman, yang sebelumnya menjadi asisten pelatih Rahmad Darmawan di Pelita Jaya.

Yang lebih mengejutkan, manajemen Persib mendepak sejumlah pemain andalan dan pemain senior, baik legiun asing maupun punggawa lokal. Dari 5 pesepakbola impor yang dimiliki, Persib hanya mempertahankan Abanda Herman. Sedangkan Robbie Gaspar, Miljan Radovic, Marcio Souza, dan Noh Alam Shah alias Along tidak diperpanjang lagi kontraknya.

Sebagai pengganti duet maut Marcio Souza dan Along, manajemen tim Maung Bandung lantas mendatangkan pasangan Kamerun-Jepang, yakni Herman Dzumafo Epandi dan Kenji Adachihara. Di lini tengah, Mbida Messi pun diboyong untuk mengemban tugas yang ditinggalkan oleh Miljan Radovic.

Untuk pemain lokal, perombakan massal juga terjadi. Sederet pemain berpengalaman seperti Aliyudin, M. Nasuha, M. Ilham, Jendry Pitoy, hingga Zulkifli Syukur pun menjadi tumbal revolusi. Bahkan, dua aset muda Persib, yakni Budiawan dan Wildansyah, juga tak luput dari pendepakan.

Setelah itu, barisan pemain pengganti pun berdatangan ke Bandung. Di posisi kiper, Persib mendapatkan I Made Wirawan. Di belakang, Aang Suparman diboyong dari Persibo Bojonegoro, tim jawara Piala Indonesia PSSI musim lalu.

Sederet pemain level nasional pun hadir, sebut saja Firman Utina, M. Ridwan, Asri Akbar, hingga Supardi. Mereka ini akan dipadukan dengan pemain lama yang masih dipertahankan seperti Maman Abdurrahman, Atep, Tony Sucipto, Hariono, Airlangga Sucipto, dan lainnya.

Menarik menantikan hasil perombakan massal Persib mengingat para pecinta tim Maung Bandung sudah haus akan prestasi. Telah sekian lama tim Pangeran Biru gagal memberikan yang terbaik bagi pendukungnya. Nah, sejauh manakah langkah Persib di ISL musim depan? Berikan prediksi dan dukunganmu!

Real Madrid: Formasi Bek Darurat Akan Dipertahankan di Liga Champion

Posted: 22 Oct 2012 07:43 AM PDT

Real Madrid Formasi Bek Darurat Akan Dipertahankan di Liga Champion

Meski memakai formasi pertahanan darurat, Real Madrid tetap mampu tak terbobol dalam pertandingan terakhir mereka kala melawan Celta Vigo yang berakhir dengan skor 2-0. Kuartet Sergio Ramos-Raphael Varane-Pepe-Michael Essien, kemungkinan akan tetap dipertahankan dalam duel Liga Champions melawan Borussia Dortmund pertengahan pekan ini. Mampukah mereka tetap menjaga gawang Iker Casillas agar tetap tak perawan?

Badai cedera tengah menghempas Real Madrid. Tak tanggung-tanggung, tiga full back mereka cedera dalam waktu yang relatif panjang: Marcelo, Fabio Coentrao, dan Alvaro Arbeloa. Dalam kondisi semacam ini, Jose Mourinho tetap sukses memasang formasi darurat. Sergio Ramos digeser ke kanan, dan Michael Essien menjadi bek kiri. Faktanya, gawang Madrid aman dari gol saat menjamu Celta Vigo (2-0).

Dengan stok pemain bertahan yang terbatas, bukan tidak mungkin The Special One akan memasang formasi serupa saat melawan Borussia Dortmund. Tim yang menurut Mou satu tipe dengan Real Madrid. Untuk Ramos, tidak ada masalah kala ia berada di sektor kanan. Toh ia juga pernah menjalani peran yang sama sepanjang karier.

Di bek tengah, duet Pepe-Raphael Varane, cukup menjanjikan. Meskipun lini depan Celta Vigo dalam pertandingan terakhir tak terlalu mengancam, setidaknya ini adalah pilihan yang tepat.

Yang paling kontroversial tentu posisi Michael Essien di bek kiri. Ia mendapatkan pujian dari Aitor Karanka, asisten manajer Madrid. Essien sepanjang laga melawan Celta, terbukti kokoh di belakang, dan sukses membantu serangan.

Ada satu momen ketika kedudukan masih 1-0, umpan silang terukur Essien, ditanduk Cristiano Ronaldo. Ketidakberuntungan semata yang membuat peluang emas ini gagal berbuah gol. Pada titik lain, menjelang akhir laga, ketika Celta tak puas dengan skor, Essien terlihat kedodoran. Namun, pengalamannya masih memungkinkan untuk membuat pemain Ghana dipilih sebagai starter di Liga Champions. Kalaupun Mourinho ingin beralih, sudah ada Nacho yang melambaikan tangan siap sedia.

Percobaan pertama dari formasi bek darurat, terbukti sukses. Perjuangan kedua, melawan Dortmund yang memiliki Marco Reus, telah menanti. Apakah Real Madrid akan tetap tak berbobol dengan formasi daruratnya? Atau kali ini Dortmund siap mengancam?


Incoming search terms:

Persib Masih Bermasalah di Lini Depan!

Posted: 22 Oct 2012 07:39 AM PDT

Persib Latihan Lagi

Persib tampaknya harus segera membenahi lini depannya yang dinilai masih bermasalah. Di beberapa laga ujicoba yang telah dilakoni, barisan serang Persib Bandung masih belum menunjukkan ketajaman dan produktivitas seperti yang diinginkan. Padahal, para penyerang yang menghuni skuat tim Maung Bandung saat ini adalah para striker yang cukup berkelas di kancah sepakbola nasional.

Nama-nama seperti Herman Dzumafo Epandi, Kenji Adachihara, atau Airlangga Sutjipto tentunya sudah dikenal. Herman Dzumafo Epandi, legiun asing asal Kamerun, diboyong ke Bandung sesaat setelah kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim lalu berakhir.

Jejak rekam bomber jangkung ini pun cukup meyakinkan. Saat masih membela PSPS Pekanbaru, Herman Dzumafo Epandi menjadi bomber andalan yang mampu melesakkan 55 gol dari 111 penampilan. Setelah hijrah ke Arema ISL pun torehan gol striker berusia 32 tahun ini masih cukup baik, yakni 6 gol dari 17 laga.

Sama seperti Herman Dzumafo Epandi, Kenji Adachihara pun belum lama didatangkan oleh manajemen Persib. Pertamakali bermain di Indonesia untuk Bontang FC, aksi penyerang lincah asal Jepang ini sudah menyita perhatian. Kenji Adachihara sukses mencetak 30 gol dari 30 penampilan.

Musim 2011/2012, pemain berusia 27 tahun ini membela Persiba Balikpapan dan mampu menorehkan 13 gol. Catatan emas Kenji Adachihara sebenarnya sudah terekam sejak ia masih berkompetisi di negaranya. Bahkan, ketika memperkuat tim Viancone Fukushima pada 2007, ia mampu menceploskan 25 gol dalam 14 laga!

Sedangkan Airlangga Sutjipto adalah striker senior Persib yang masih dipertahankan. Musim lalu, pemain berusia 26 tahun ini memang lebih kerap menghuni bangku cadangan karena kalah bersaing dengan para penyerang Persib waktu itu, yakni Noh Alam Shah (Along), Marcio Souza, dan Aliyudin.

Namun, pamor Airlangga Sutjipto sebenarnya cukup mentereng. Buktinya, penyerang kelahiran Jakarta yang pernah bermain untuk Deltras Sidoarjo ini pernah menjadi andalan Timnas Indonesia U-20 dan Timnas Indonesia U-23 yang berlaga di SEA Games XXIV di Thailand.

Nah, dengan trio striker berpengalaman, ditambah seorang penyerang muda, yakni Sigit Hermawan, penampilan lini depan Persib ternyata dinilai masih kurang greget. Pelatih Jajang Nurjaman pun harus segera menemukan jalan keluar atas masalah ini sebelum ISL 2012/2013 bergulir.

Nama Sergio van Dijk mungkin bisa menjadi solusi karena penyerang kelahiran Belanda berdarah pribumi ini dikabarkan tengah merapat ke Persib setelah kontraknya dengan klub Australia, Adelaide United, akan segera berakhir.

Timnas Indonesia Bersatu, Mitra Kukar Setuju, Tapi…

Posted: 22 Oct 2012 07:36 AM PDT

Timnas Indonesia Bambang Pamungkas ISL

Wacana penyatuan Timnas Indonesia kembali mendapat dukungan. Kali ini Mitra Kukar, klub peserta Indonesia Super League (ISL) asal Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, yang menyatakan setuju bila timnas disatukan dan tidak ada lagi dualisme. Namun, Mitra Kukar mengajukan syarat. Apakah itu?

Seperti halnya klub-klub ISL lainnya, Mitra Kukar meminta agar penyatuan Timnas Indonesia dilakukan lewat mediasi Joint Committee (JC) atau Komite Gabungan seperti yang telah dirumuskan dalam rapat kedua JC di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 20 September 2012 silam.

Salah satu hasil rapat tersebut menyatakan bahwa Timnas Indonesia memang berada di bawah pengelolaan PSSI, namun JC tetap harus dilibatkan dalam harmonisasi penyatuan timnas, antara Timnas Indonesia bentukan PSSI asuhan Nil Maizar dan Timnas Indonesia versi KPSI yang ditukangi Alfred Riedl.

Direktur Operasional Mitra Kukar, Suwanto, menegaskan, penyatuan timnas harus berdasarkan mekanisme yang diamanatkan oleh AFC, yakni melalui peran JC sebagai pihak yang telah ditunjuk untuk menciptakan harmonisasi di antara dua timnas.

Apabila PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin tetap ngotot dan tidak mau bekerjasama dengan JC untuk menyatukan timnas, Suwanto mengatakan Mitra Kukar tetap tidak akan melepas pemainnya ke Timnas Indonesia PSSI.

"(Penyatuan timnas) itu harus berdasarkan keputusan JC, karena JC yang mendapat mandat dari AFC. Tapi kalau keputusan itu cuma dari PSSI, kami akan menolak. Sebaliknya, kalau keputusan itu dari JC, kami mendukung," tandas Suwanto, Minggu (21/10/2012).

Saat ini, ada tiga pemain Mitra Kukar yang bergabung dengan Timnas Indonesia versi KPSI, yakni Hamka Hamzah, Ahmad Bustomi, dan Zulham Zamrun. Demi penyatuan timnas, Suwanto bahkan rela apabila ketiga pemainnya itu tidak termasuk pemain yang diinginkan PSSI untuk membela Timnas Indonesia di ajang AFF Cup 2012. Namun, sekali lagi, JC harus dilibatkan.

"Mitra (Kukar) akan menerima kalau pemain kita ada yang dipulangkan (dari timnas). Tapi keputusan itu harus dari JC," ujar Suwanto.

"Manajemen (Mitra Kukar) akan menerima dan siap menarik tiga pemain kita itu, kalau memang ada keputusan dari JC yang akan menggabungkan antara pemain ISL dan IPL," pungkasnya.

Persib Bandung Ditantang Semen Padang

Posted: 22 Oct 2012 07:32 AM PDT

Persib Ditantang Semen Padang

Setelah sukses menaklukkan Persibangga Purbalingga 1-0 dalam pertandingan uji coba akhir pekan ini, satu lawan yang lebih maut tengah menanti Persib Bandung. Semen Padang, juara IPL musim lalu, telah memberikan penawaran untuk beranding dengan klub berjuluk Maung Bandung tersebut.

Akhir pekan lalu, Persib Bandung akhirnya bisa menuntaskan rasa penasaran setelah menekuk Persibangga, klub yang musim lalu bermain di Divisi Satu PSSI, dengan skor tipis 1-0. Maman Abdurrahman menjadi pencetak gol tunggal dalam laga tersebut di menit 89. Pasca menghadapi klub Purbalingga, lawan yang lebih berat menanti Maung Bandung. Semen Padang telah menyodorkan 'tantanngan berduel' di Padang.

Duel Semen Padang vs Persib ini, kemungkinan akan digelar pada tanggal 9 atau 10 November 2012. Hal ini dituturkan oleh Umuh Muchtar, manajer Persib.

"Mereka (Semen Padang) menghubungi saya, dan meminta uji tanding di Padang sekitar tanggal 9 atau 10 November nanti."

Persib sendiri menyambut baik rencana bertanding tersebut. Namun, Maung Bandung belum bisa memastikan akan berlaga atau tidak, karena masih menunggu surat undangan resmi dari Kabau Sirah.

"Kami belum berikan jawaban kepastiannya. Karena surat untuk undangan uji coba secara resmi belum kami terima," kata Umuh seperti dikutip Pikiran Rakyat.

Umuh Muchtar sendiri mengaku Persib membutuhkan laga uji coba dengan Semen Padang, klub yang level kompetisinya lebih tinggi daripada lawan-lawan Persib selama pemanasan menjelang kompetisi ISL mendatang.

Persib: Atep Merasa Tim Lebih Disiplin & Kompak

Posted: 22 Oct 2012 07:28 AM PDT

Pemain tengah Persib Bandung, Atep coba menanggapi suasana tim akhir-akhir ini. Mantan pemain Persija Jakarta itu beranggapan bahwa suasana kebersamaan dan kekompakan antar pemain sudah lebih baik, ketimbang beberapa waktu yang lalu.

"Saya merasakan suasana baru di tim saat ini lebih kompak dan disiplin. Sekarang tak ada toleransi bagi pemain yang terlambat latihan. Kami juga diwajibkan selalu makan bersama dan memakai pakaian seragam" ungkap Atep.

Atep juga memuji kehadiran pelatih baru Maung Bandung, Djadjang Nurdjaman. Menurutnya, Djajang telah membawa perubahan positif untuk tim.

Selain memberikan sentuhan baru dari sisi teknik, mantan asisten pelatih Pelita Jaya itu juga dinilai tegas dalam menerapkan disiplin dan terus berusaha mendorong tumbuhnya kebersamaan dalam tim.

Selama TC di Ciamis, Atep mengungkapkan pelatih Djadjang benar-benar tegas dalam menerapkan kedisiplinan.

Hasilnya para pemain Persib Bandung semakin kompak dan disiplin, baik di dalam maupun di luar lapangan.

"Saya harap ke depan kerja sama tim dan kekompakan pemain semakin baik. Dengan persiapan lebih panjang dan kebersamaan antara pelatih, pemain dan ofisial terjalin dengan baik, saya optimistis musim depan akan lebih baik" tegas Atep.

Saat ini Persib terus melakukan pembenahan tim guna menghadapi kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2013, yang rencananya akan digulirkan pada 5 Januari 2013 mendatang.

Pertandingan uji coba atau pun rencananya mengikuti turnamen nasional, akan dilakukan Persib sebagai strategi membentuk kekompakan dan kedisiplinan tim.

Lionel Messi Sang Raja Statistik

Posted: 22 Oct 2012 07:23 AM PDT

Lionel Messi Sang Raja Statistik

Hattrick Lionel Messi membawa Barcelona menghantam tuan rumah Deportivo La Coruna dalam sebuah pertandingan 'gila' yang berakhir dengan skor 4-5 pada Minggu, 21 Oktober 2012. Kini, King Leo menjadi satu-satunya pemain Barcelona yang terbanyak menciptakan tiga gol (atau lebih dalam sebuah pertandingan) dalam sejarah klub. Ia juga tinggal mencetak lima gol lagi untuk melampaui catatan spektakuler Pele (75 gol dalam setahun). Dan yang terkini, 3 gol Messi membawanya kembali memuncaki top skor sementara Liga Spanyol, unggul dari Cristiano Ronaldo dan Radamel Falcao yang sama-sama mencetak 8 gol.

Ketika seorang raja mendatangi sebuah wilayah kekuasaan, daerah tersebut akan binasa. Kalimat terkenal tersebut berlaku untuk King Leo. Ya, kehadirannya di dunia sepakbola, membuat semua orang berdecak kagum karena rekor demi rekor terus dilewati Lionel Messi. Catatan para legenda dunia seperti Diego Maradona dan Pele, tinggal menunggu waktu saja untuk dipecahkan oleh sang mesiah.

Hattricknya saat Barcelona membekap Deportivo La Coruna (4-5) membawa Messi melampaui rekor yang dibuatnya sendiri. Pada 2010 lalu, dalam setahun King Leo mencetak 58 gol. Kini, kala Desember masih jauh, koleksi gol Messi sudah menembus angka 59.

Sementara catatan golnya di timnas Argentina mendekati Diego Maradona (31-33) sang messiah juga semakin mendekati capaian yang dibuat Pele. Pria yang berjuluk 'O Rei' (Sang Raja) tinggal menunggu waktu catatannya, mencetak 75 gol dalam setahun (1959), dilewati Raja Lain. Ya, Messi tinggal mencetak 5 gol lagi untuk menaklukkan rekor Pele karena sekarang koleksinya sudah 71 gol.

Selain itu, Messi tercatat menjadi pemain Barcelona pertama yang mampu mencetak tiga gol (atau lebih) dalam sebuah pertandingan, lebih dari 15 kali di liga. Sebelumnya, King Leo berbagi rekor dengan Cesar Rodriguez (14 kali tiga gol atau lebih dalam sebuah laga).

Kemudian, nyaris dipastikan, tahun ini King Leo akan melampaui Cesar Rodriguez sebagai top skor klub di ajang liga. Messi memang mencatatkan diri sebagai yang terbanyak memborong gol untuk Barcelona sepanjang masa, di semua kompetisi dengan 268 gol.

Namun, untuk Liga Spanyol, ia masih kalah dengan Cesar Rodriguez yang mengemas 192 gol, sedang King Leo 180. Membobol gawang lawan 12 kali dalam sisa musim, adalah hal yang 'terlalu mudah' untuk Messi jika kita melihat ketajamannya dalam lima tahun terakhir.

Hanya ada satu kata untuk Lionel Messi sang raja statistik, 'Amessing!'


Incoming search terms:

Mantan Bomber Persib Juara Batik Cup 2012

Posted: 22 Oct 2012 07:19 AM PDT

Marcio Souza

Mantan pemain Persib Bandung Marcio Souza, sukses mengantarkan timnya menjuarai Batik Cup 2012 setelah mengalahkan Persis Solo dengan skor 2-0 di final. Dalam dua pertandingan yang dilakoninya, Marcio sukses membangkitkan lini depan Persiba Bantul.

Pada pertandingan pertama, pemain asal Brasil itu sukses melesatkan 1 gol ke gawang All Star DU melalui titik putih. Persiba pun maju ke final dengan kemenangan 2-1.

Di partai final, Marcio cukup berperan dalam menggalang lini depan Persiba Bantul. Bahkan satu gol Persiba di babak kedua, lahir berkat serangan yang disusun Marcio Souza.

Marcio tak menampik keinginannya untuk membela Persiba Bantul yang berkiprah di kompetisi Indonesian Premier League (IPL) musim 2012/2013.

"Kesepakatan dengan manajemen klub sudah mencapai 90 persen. Bermain di klub mana saja, saya berprinsip akan memberikan yang terbaik. Saya siap dan akan mengeluarkan seluruh tenaga supaya dapat meraih gelar juara bersama Persiba" tegas Marcio.

Bagi Marcio, bermain di kompetisi ISL maupun IPL tidaklah jauh berbeda. Alhasil dirinya mengaku tidak terdapat kendala jika harus membela klub IPL.

Sebelumnya PT Liga Indonesia (PT LI) mengeluarkan kebijakan yang berisi larangan bagi Marcio Souza untuk berkiprah di ISL. Hal tersebut merupakan buntut atas perilakunya yang kerap tidak sportif di lapangan.

CEO PT LI, Joko Driyono juga menyebutkan jika Marcio Souza adalah salah satu pemain yang memiliki jejak rekam buruk di lapangan.

Namun Joko beralasan jika kebijakan PT LI tersebut bukan untuk mematikan karir Marcio, melainkan untuk mengingatkan supaya pemain bersangkutan dapat menyadari dan segera memperbaiki kesalahannya.

Barcelona: Musim 2012-2013 Adalah Musim Terbaik Sekaligus Terburuk

Posted: 22 Oct 2012 07:16 AM PDT

Barcelona - Musim Terbaik Sekaligus Terburuk

Awal musim 2012-2013 ini, Barcelona berada dalam dua kutub berbeda sekaligus. Di satu sisi, keberhasilan mereka mengantongi 22 poin –7 kemenangan dari 8 pertandingan—- adalah salah satu start terbaik sepanjang sejarah klub. Namun, di sisi sebaliknya, keroposnya lini belakang Barca menjadi nilai minus yang mungkin bisa mengancam sang runner-up Liga Spanyol musim lalu.

Siapa yang bisa mengalahkan Barcelona? Pertanyaan ini belum terjawab hingga pekan kedelapan Liga Spanyol. Dari delapan lawan yang telah dihadapi, cuma Real Madrid yang bisa memetik satu angka dengan mereka. Selebihnya, tujuh musuh dimusnahkan. Termasuk Deportivo La Coruna yang dibekap 4-5 meski Barca cuma bermain dengan 10 pemain di babak kedua.

Barcelona - Musim Terbaik Sekaligus Terburuk (2)

Tujuh kemenangan dalam delapan pertandingan ini, membawa catatan tersendiri bagi pelatih Tito Vilanova. Ia sukses menyetarai rekor yang dibuat oleh Diaz Novoa, pelatih Sporting Gijon sebagai pelatih Primera Division dengan debut tersukses dalam delapan laga awal Liga Spanyol.

Diaz Novoa melakukannya pada musim 1979-80. Kala itu, ia yang sukses menangani Deportivo Gijon (Sporting Gijon B) sukses membawa Sporting meraih 7 kemenangan dan 1 seri di delapan laga awal. Sayang, catatan ini terhenti di pekan kesembilan kala Gijon dihantam Real Zaragoza 1-4.

Dan, Tito juga sukses menyetarai capaian Pep Guardiola pada musim 2009-10. Bahkan mungkin, bisa menyalipnya. Pada musim tersebut, Pep gagal meraih angka penuh di pekan sembilan setelah Barca bermain imbang 1-1 dengan Osasuna. Hasilnya, Barcelona mengoleksi 7 kemenangan dan 2 laga imbang.

Barcelona Musim terbaik terburuk

Di satu sisi, kemenangan demi kemenangan terus diraih Barcelona musim ini. Membuat mereka memulai salah satu start terbaik sepanjang masa. Namun, di sisi lain, pertahanan mereka mudah bocor.

Cederanya para bek tengah, menjadi kendala tersendiri bagi Barca. Duo gelandang bertahan, Alex Song-Javier Mascherano, pun diplot sebagai bek tengah. Sementara, Dani Alves tak lagi sekokoh dulu di bek kanan. Plus, mudah cedera. Untunglah, ada Martin Montoya yang musim ini kemungkinan akan merampas posisi starter dari sang bek Brazil.

Kedodorannya lini belakang Barca tak bisa ditutupi. Dalam 8 pertandingan, mereka sudah terbobol 11 kali. Terburuk dalam 10 tahun. Terakhir kali Barca mengalami hal ini, adalah pada masa-masa mencekam, musim 2002-03. Kala itu, Barca dikenal sebagai tim produktif, yang sangat mudah ditembus. Dalam delapan pekan pertama musim 2002-03, Barca memperoleh 11 angka dan terbobol 11 gol pula.

Belum lagi fakta, bahwa 4 gol yang dilesakkan Deportivo La Coruna kemarin, adalah rekor kebobolan terbesar mereka sejak musim 2008/2009. Ketika itu, Atletico sukses menundukkan Barca 4-3. Catatan ini sudah bertahan dalam 218 pertandingan terakhir sebelum laga di Riazor.

Di satu sisi haus kemenangan dan di sisi lain demikian rapuh. Maka, bolehlah kita sebut, sejauh ini musim 2012-2013 adalah musim terbaik sekaligus 'terburuk' Barca.

QPR vs Everton 1-1: Hasil Liga Inggris

Posted: 22 Oct 2012 07:13 AM PDT

QPR 1-1 Everton

Pertandingan penutup Liga Inggris pekan kedelapan antara QPR vs Everton di Loftus Road, Minggu (21/10/2012) akhirnya berakhir dengan skor 1-1. Hasil ini memaksa QPR untuk betah berada di posisi juru kunci hanya dengan jumlah tiga poin.

Tak butuh waktu lama bagi tuan rumah QPR untuk menceploskan gol pertama mereka. Melalui sebuah skema serangan balik cepat, David Hoilett sukses menjebol gawang Tim Howard. Bola sempat mengenai kaki Leighton Baines sehingga berbelok arah dan membuat Howard mati kutu.

Gol Hoilett

Everton pun langsung coba keluar menyerang. Beberapa peluang mereka ciptakan via Steven Pieanaar dan Kevin Mirallas, namun bisa diblok pertahanan QPR.

Tuan rumah berkesempatan memperbesar keunggulan di menit 22. Kiriman bola matang dari Esteban Granero mampu disambut oleh kepala Ryan Nelsen. Sayang arah bola masih melambung diatas gawang Howard.

Everton akhirnya mampu menyamakan skor di menit 33. Berawal dari tendangan bebas Pienaar, bola ditanduk Sylvain Distin yang berdiri bebas. Bola sebenarnya tepat mengarah ke Julio Cesar. Namun kiper Brazil itu gagal mengamankan bola dengan sempurna dan masuk ke gawangnya.

Distin

Semenit berselang, Everton nyaris balik unggul. Sepak pojok Baines disambut sundulan Phil Jagielka yang berdiri tak terkawal. Namun sialnya, bola masih menerpa mistar gawang QPR.

Di babak kedua, Everton yang unggul materi pemain coba bermain lebih menekan. Beberapa peluang mereka dapat yang masih belum bisa membuahkan gol kedua.

Petaka bagi Everton lahir di menit 62. Steven Pienaar harus pergi meninggalkan lapangan setelah menerima kartu kuning kedua di pertandingan ini saat ia didakwa melanggar Jose Bosingwa. Kerugian besar bagi Everton karena kemungkinan mereka akan tanpa Pienaar di Merseyside Derby lawan Liverpool pekan depan.

Moyes-Pienaar

Bermain dengan 10 orang tak membuat Everton main bertahan. Mereka masih sempat mencetak peluang di menit 65 kala sundulan Kevin Mirallas menyamping dari gawang Cesar.

Lima menit kemudian, Jagielka kembali membuang sebuah peluang. Menerima bola dari Distin, sundulan Jagielka masih bisa diamankan oleh pertahanan QPR.

Masuknya Djibril Cisse terbukti membuat serangan QPR lebih tajam. Beberapa kali mereka mampu membuat Howard merasa tak tenang menjaga gawangnya. Untung semua peluang itu tak berbuah gol.

QPR mampu menciptakan beberapa peluang sebelum laga bubar. Namun tetap saja tak ada lagi gol yang tercipta dan memaksa mereka lebih bersabar untuk mendapatkan kemenangan perdana musim ini.

Data Pertandingan:

QPR 1-1 Everton (Hoilett 2' / Julio Cesar 33'-og)

0 comments:

Post a Comment