Twitter

Thursday, August 9, 2012

Manado Today

Manado Today


Centralia, Kota yang Terbakar Selama Setengah Abad

Posted: 09 Aug 2012 03:35 AM PDT

Kota Centralia terbakar selama 50 tahun

Kota Centralia telah terbakar sejak 50 tahun yang lalu

Setengah abad yang lalu, kebakaran di kota Centralia di Pennsylvania menyebar kebawah tanah dan membakar tambang batubara yang ditinggalkan. Dan sejak saat itu apinya terus membara dibawah kota.

Kekhawatiran tentang gas beracun yang berbahaya serta tanah amblas membuat pihak berwenang mengevakuasi lebih dari 1.000 orang dari kota tersebut pada tahun 1980.

Sekitar 500 bangunan dihancurkan sebagai bagian dari skema relokasi pemerintah federal yang bernilai multi-juta dolar.

Pada tahun 2002 kode pos untuk Centralia dicabut. Dan sekarang pemerintah negara bagian sedang mengambil tindakan untuk merelokasi para penghuni kota yang tersisa.

Department of Community and Economic Development Pennsylvania menolak permintaan wawancara atas masalah ini. Namun pemerintah bersikeras bahwa api yang masih membara dibawah kota ini masih memiliki potensi membuka jalur baru untuk gas mematikan mencapai bagian lain dari kota tersebut.

Namun beberapa warga Centralia yang memilih untuk bertahan menolak untuk meninggalkan kota tersebut, mengklaim bahwa mereka tinggal di bagian kota yang tidak terancam oleh kebakaran itu.

Mereka menolak tindakan pemerintah untuk merebut rumah mereka dengan menggunakan kekuatan hukum pengambilalihan secara paksa. Namun, argumen itu ditolak melalui putusan pengadilan bulan Juli lalu.

Pasangan Gay Menikah di Semua Negara Bagian AS yang Ijinkan Pernikahan Sejenis

Posted: 09 Aug 2012 03:04 AM PDT

pasangan gay Stephen Mosher dan Pat Dwyer

Stephen Mosher dan Pat Dwyer pada hari pernikahan mereka di Washington DC

Setelah 24 tahun bersama, Pat Dwyer dan Stephen Mosher memutuskan untuk menikah. Saat itu di tahun 2010, pernikahan sesama jenis belum legal di New York di mana mereka tinggal, sehingga keduanya memutuskan untuk terbang ke negara-negara bagian yang memungkinkan mereka untuk menikah secara sah dan menikah di setiap negara tersebut.

Dari Vermont ke New Hampshire, Iowa, Massachusetts, California dan Washington DC, pasangan ini melaksanakan upacara pernikahan mereka yang semuanya diabadikan sebagai bagian dalam film dokumenter berjudul Married & Counting.

Film dokumenter yang dinarasikan oleh George Takei, akan tayang perdana 11 Agustus di Festival Film Internasional di Rhode Island.

“Untuk setiap pasangan gay yang menikah dalam sejarah kami ini membuat suatu pernyataan, ada sesuatu yang menggembirakan tentang itu,” kata Vince dari New Hampshire wedding dalam film tersebut.

“Mereka mengatakan kepada dunia bahwa kebahagiaan Kami bukanlah ancaman bagi anda, tapi Kami ada dan harus anda diperhatikan.” tambahnya.

Ide untuk film ini muncul ketika Stephan dan Pat, yang bertemu di kampus di Texas pada tahun 1985, mulai berpikir tentang bagaimana mereka akan merayakan hubungan mereka. Tapi tidak seperti pasangan normal, mereka tidak bisa menikah pada setiap negara bagian AS, sehingga mereka memutuskan untuk menikah di setiap negara bagian yang mengijinkan pernikahan sejenis.

Manusia Pertama di Bulan Jalani Operasi Jantung

Posted: 08 Aug 2012 08:53 PM PDT

Neil Armstrong reuters

Neil Armstrong (Reuters/Molly Riley)

Neil Armstrong, mantan astronot Amerika Serikat (AS), yang juga merupakan manusia pertama yang mendaratkan kakinya di bulan, menjalani operasi bypass jantung pada Selasa (07/08).

Pria yang genap berusia 82 tahun pada hari Minggu (05/08), menjalani operasi karena empat arteri koronernya tersumbat.

Dalam sebuah pernyataan, Administrator NASA Charles Bolden berharap “pahlawan sejati Amerika” ini dapat pulih dengan segera.

“Semangat kepeloporan Neil pasti akan membantunya melewati masa sulit ini,” kata Bolden.

Sementara itu, sesama astronot Apollo 11, Buzz Aldrin, dalam akun twitternya menulis bahwa ia berharap Armstrong dapat pulih dengan cepat karena mereka telah sepakat untuk merayakan peringatan 50 tahun Apollo pada 2019.

Sebagai pemimpin misi Apollo 11, Armstrong menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di Bulan pada tanggal 20 Juli 1969.

Eugene Cernan, orang terakhir yang berjalan di bulan, mengatakan kepada NBC News bahwa istri Neil, yaitu Carol Armstrong, mengatakan bahwa suaminya saat ini berada dalam semangat tinggi untuk kembali pulih usai operasi.

Akibat Kecerobohan Pekerja, Tembok Besar Cina Berkurang 30 Meter

Posted: 08 Aug 2012 07:59 PM PDT

Tembok Besar Cina runtuh

kecerobohan para pekerja ditunding sebagai penyebab runtuhnya Tembok sepanjang 30 meter ini

Tembok Besar Cina panjangnya kini berkurang, setelah lebih dari 30 meter tembok bangunan bersejarah itu yang berada di Zhangjiakou, provinsi Hebei, Cina utara, runtuh pada Senin (06/08).

Kecerobohan para pekerja yang melakukan penggalian di kaki dinding bangunan yang merupakan salah satu keajaiban dunia ini, ditunding sebagai biang bencana ini.

Penduduk setempat juga mengatakan bahwa hujan deras baru-baru ini serta perbaikan jalan utama didepan tembok besar ini, mungkin merupakan faktor yang menyebabkan 30 meter tembok tersebut runtuh pada Senin dini hari.

“Sedang dilakukan penyelidikan atas penyebab runtuhnya tembok ini. Beberapa hal mungkin telah berkontribusi, termasuk pekerjaan bangunan.” tutur seorang pejabat kota.

Ia juga menambahkan bahwa rencana pembangunan ulang tembok yang runtuh itu sedang berlangsung.

Aslinya, Tembok Besar Cina dibangun pada abad ketujuh, tetapi tembok di bagian Zhangjiakou dibangun sekitar 500 tahun lebih awal, yakni pada tahun 1484 selama Dinasti Ming.

Bayi Lahir Normal Miliki IQ Lebih Tinggi

Posted: 08 Aug 2012 05:48 PM PDT

Bayi yang lahir secara alami mungkin memiliki IQ lebih tinggi daripada yang lahir dari operasi caesar, klaim para ilmuwan dalam penelitian terbaru mereka.

Menurut para ilmuwan, ketika wanita melahirkan secara alami tingkat protein UCP2-nya lebih tinggi, yaitu sebuah protein khusus dalam otak bayi yang membantu meningkatkan tingkat kecerdasan saat mereka berkembang.

baby boy sleeping

Studi : Bayi yang lahir normal mempunyai IQ lebih tinggi dari yang lahir melalui operasi Caesar

Para ilmuwan di Yale University di Amerika Serikat mengatakan peningkatan protein UCP2 pada bayi yang dilahirkan secara alami akan membantu perkembangan memori jangka pendek dan panjang mereka, sebuah komponen kunci dari IQ manusia saat mereka tumbuh dewasa.

Ilmuwan membuat penemuan ini setelah mempelajari wilayah hippocampus pada otak tikus yang lahir secara alami dan dengan yang lahir melalui operasi caesar.

Tikus yang dilahirkan melalui operasi caesar ditemukan memiliki tingkat UCP2 yang lebih rendah, dan sebagai hasilnya tikus ini mengalami ‘gangguan perilaku dewasa’.

Temuan ini muncul pada saat banyak kontroversi yang mengelilingi operasi caesar.

Kritik mengatakan bahwa operasi caesar dapat meningkatkan risiko perdarahan internal dan dapat menyebabkan timbulnya masalah dengan kesuburan di kemudian hari.

Dikutip dari dailymail, mereka berpikir bahwa para ibu-ibu selebritis seperti Victoria Beckham dan Zoe Ball, patut dipersalahkan dengan banyaknya wanita yang lebih memilih melakukan operasi caesar.

Penulis studi, Dr Tamas Horvat yang temuan dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE mengatakan bahwa hasil ini menunjukkan peran krusial UCP2 dalam pertumbuhan sirkuit otak yang tepat serta perilaku terkait.

“Kami menemukan bahwa kelahiran alami memicu UCP2 dalam neuron yang terletak di wilayah hippocampus dari otak.” tuturnya.

“Namun, ini berkurang pada otak tikus yang lahir melalui bedah Caesar. Melumpuhkan gen UCP2 atau secara kimia menghambat fungsi UCP2,” tambahnya.

0 comments:

Post a Comment