Twitter

Wednesday, August 29, 2012

Manado Today

Manado Today


Tembang dari Will.i.am Disiarkan oleh NASA Curiosity dari Mars

Posted: 29 Aug 2012 02:25 AM PDT

NASA Curiosity Rover

Lagu 'Reach For The Stars' milik Will.i.am disiarkan dari Mars oleh NASA Curiosity Rover

Sebuah lagu dari musisi Amerika Serikat (AS), Will.i.am, telah menjadi musik pertama yang disiarkan dari luar angkasa oleh NASA Curiosity rover.

Tembang berjudul ‘Reach For The Stars’ dimainkan oleh NASA Curiosity rover sebagai bagian dari acara pendidikan, sebuah kolaborasi antara NASA dan rapper grup Black Eyed Peas tersebut dengan yayasan i.am.angel.

Namun karena Curiosity rover tidak dilengkapi dengan speaker, maka lagu itu tidak bisa dimainkan di planet Mars dan hanya disiarkan kembali ke Bumi.

Diketahui, yayasan Will.i.am tersebut bertujuan untuk menyediakan sumber daya digital di ruang kelas di seluruh Amerika Serikat.

Sedangkan NASA Curiosity Rover, adalah sebuah kendaraan ruang angkasa seberat satu ton yang mendarat di Mars pada tanggal 6 Agustus lalu, dalam sebuah misi selama dua tahun untuk mencari bukti-bukti adanya kehidupan di planet merah tersebut.

Ilmuwan : 2050 Populasi Dunia Jadi Vegetarian

Posted: 28 Aug 2012 10:49 PM PDT

Vegetarian plate

Para ahli memprediksi bahwa 40 tahun kedepan populasi dunia akan menjadi Vegetarian

Sekelompok ilmuwan air terkemuka dari seluruh dunia percaya bahwa penduduk dunia akan beralih ke pola makan vegetarian pada tahun 2050, disebabkan oleh kekurangan pangan.

Sampai saat ini, kebanyakan orang mendapatkan 20 persen protein mereka dari produk dan makanan yang berbasis dari hewan. Namun, para ilmuwan memperingatkan pada tahun 2050 nanti, jumlah konsumsi ini mungkin akan turun ke angka 5 persen karena harus memberi makan tambahan dua miliar orang pada 40 tahun depan.

Dilansir Huffingtonpost, sebuah infografik yang diilustrasikan oleh program pengiriman bahan pangan ‘Door To Door Organics’, menemukan bahwa orang Amerika makan setidaknya 12 ons daging per hari, hampir 50 persen lebih dari jumlah yang direkomendasikan setiap hari.

Memproduksi daging tidak hanya membutuhkan ruang dan sumber daya untuk memelihara hewan, tapi juga membutuhkan banyak air untuk bercocok tanam. Bahkan, sebuah penelitian pada tahun 2011 menemukan bahwa makan daging bisa menggandakan pasokan pangan dunia.

“Tidak akan ada air yang cukup tersedia di lahan pertanian saat ini untuk menghasilkan makanan bagi penduduk yang diperkirakan akan menyentuh angka 9 miliar pada 2050, jika kita mengikuti tren saat ini dan perubahan terhadap diet yang umum di negara-negara Barat,” tulis Malik Falkenmark dan rekan-rekannya di Stockholm International Water Institute dalam laporan mereka.

Studi : Konsumsi Kopi Kurangi Resiko Terkena Kanker Usus

Posted: 28 Aug 2012 10:03 PM PDT

Konsumsi Kopi baik untuk kesehatan

Konsumsi Kopi dapat mengurangi risiko kanker usus

Minum beberapa cangkir kopi setiap hari secara signifikan dapat mengurangi risiko kanker usus, hal ini ditunjukkan dalam sebuah penelitian terbaru.

Relawan yang menenggak empat cangkir kopi dalam sehari mengalami penurunan resiko kanker usus sekitar 15 persen.

Tetapi bagi mereka yang mengkonsumsi enam cangkir kopi atau lebih, prosentasenya naik sampai 40 persen lebih kecil kemungkinannya menjadi korban penyakit tersebut.

Namun hal ini tidak terjadi bagi para pecinta teh, karena para ilmuwan tidak melihat adanya penurunan resiko pada para relawan yang meminum teh.

Kanker usus mempunyai tingkat kematian yang tinggi yaitu sekitar 16.000 orang setiap tahunnya, ini disebabkan banyak korban yang mengabaikan tanda-tanda peringatan dini dan hanya mencari bantuan medis setelah kanker telah masuk stadium lanjut.

Selain itu diet tinggi daging merah dan lemak, serta kurangnya olahraga, diperkirakan menjadi salah satu faktor resiko utama penyebab penyakit ini.

Dikutip dari dailymail, para peneliti di US National Cancer Institute di Rockville, Maryland, mempelajari hampir 490.000 pria dan wanita yang mengambil bagian dalam studi diet dan kesehatan dari pertengahan tahun 90-an dan seterusnya.

Mereka menganalisis pola makan dan kebiasaan minum dan membandingkan tingkat kanker usus antara peminum kopi dan non-peminum.

Hasilnya yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition terbaru, menunjukkan penurunan kecil tapi signifikan dalam risiko tumor pada mereka yang mengkonsumsi kopi empat hingga lima cangkir sehari. Namun manfaat terbesar terlihat ketika konsumsi diatas setengah lusin cangkir sehari, dengan resiko jatuh hampir 40 persen untuk beberapa jenis tumor.

Prancis Buka Penyelidikan Pembunuhan Terhadap Kematian Arafat

Posted: 28 Aug 2012 09:27 PM PDT

Palestinian leader Yasser Arafat

Pemimpin Palestina Yasser Arafat (Kiri) duduk di pesawat saat menuju ke Prancis untuk perawatan medis pada 29 Oktober 2004 ( REUTERS/Hussein Hussein/Handout/Files)

Sebuah pengadilan Prancis telah membuka penyelidikan pembunuhan atas kematian pemimpin Palestina Yasser Arafat pada delapan tahun lalu, jaksa mengatakan hal ini pada hari Selasa (28/08), menyusul klaim oleh janda Arafat bahwa ia mungkin telah diracuni.

Arafat meninggal di sebuah rumah sakit militer di Paris pada bulan November 2004, sebulan setelah diterbangkan dari markasnya di Ramallah karena menderita sakit parah.

Seperti yang dilansir Reuters, Saeb Erekat, negosiator utama untuk Otoritas Palestina, menyambut baik penyelidikan ini. Namun, ia mengatakan Liga Arab juga akan menghubungi PBB untuk melakukan penyelidikan internasional atas kematian Arafat.

Kecurigaan telah lama menyelimuti kematian Arafat setelah dokter Prancis yang merawatnya di hari-hari terakhirnya mengatakan mereka tidak bisa menentukan penyebab kematian sang pemimpin Palestina itu.

Banyak negara Arab menduga bahwa Israel berada di balik kematiannya, dan kasus ini kembali menjadi berita utama bulan lalu, ketika sebuah lembaga Swiss mengatakan telah menemukan elemen radioaktif polonium-210 tingkat tinggi pada pakaian Arafat yang diberikan oleh jandanya, Suha.

Substansi yang ditemukan itu diketahui telah membunuh mantan mata-mata Rusia, Alexander Litvinenko di London pada tahun 2006 silam.

Suha meminta sebuah pengadilan di Paris, Nanterre untuk membuka penyelidikan terhadap kemungkinan pembunuhan suaminya itu, menyusul pernyataan yang dipublikasikan oleh saluran TV Al Jazeera yang berbasis di Qatar.

Namun, Institut de Radiophysique di Lausanne mengatakan bahwa gejala yang dijelaskan dalam laporan medis Arafat tidak konsisten dengan polonium-210, dan tidak dapat digunakan untuk menarik kesimpulan apakah ia telah diracuni sebelumnya.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Israel, Yigal Palmor mengatakan, dia berharap penyelidikan di Perancis ini akan mengungkap lebih lanjut tentang kematian Arafat.

“Ini tidak berhubungan dengan kita. Keluhan diajukan oleh Suha Arafat terhadap pihak kepolisian Prancis tidak menujuk kepada Israel atau orang tertentu,” katanya.

“Jika sistem peradilan Perancis telah memutuskan untuk membuka penyelidikan terhadap kematian Arafat, kami berharap itu akan menjelaskan masalah ini.” tambahnya.

Seorang hakim investigasi, yang belum dipublikasikan namanya, akan memimpin penyelidikan di Prancis. Menurut sebuah sumber hukum di Paris, kemungkinan ia akan menjadi menjadikan hal ini sebagai pembunuhan berencana.

Diketahui, Arafat memburuk pada Oktober 2004 dan jatuh pingsan. Ajudan Arafat mengatakan bahwa ia menderita influenza, tetapi tampak lemah dan kurus. Arafat kemudian diterbangkan ke Prancis di mana ia jatuh koma dan meninggal pada tanggal 11 November di tahun yang sama.

Seorang pengacara yang mewakili Suha Arafat mengatakan kepada radio Europe 1 bahwa dalam hal yurisdiksi pengadilan Perancis dibenarkan untuk menyelidiki kasus ini, karena Arafat meninggal di negara tersebut.

“Tes-tes yang dilakukan di Swiss menunjukkan bahwa Arafat, kemungkinan besar meninggal karena keracunan. Hipotesis ini harus dibuktikan, dan jika itu terjadi, maka ini adalah sebuah pembunuhan berencana.” kata pengacara, Marc Bonnant.

Otoritas Palestina berencana untuk menggali tubuh Arafat dari makam di Ramallah untuk diautopsi, dan Tunisia telah menyerukan pertemuan tingkat menteri Liga Arab untuk membahas kematiannya.

0 comments:

Post a Comment