Twitter

Tuesday, May 22, 2012

Sepakbola Online | Berita Sepakbola

Sepakbola Online | Berita Sepakbola


Hasil IPL: Persema Malang vs Persijap Jepara 2-1

Posted: 21 May 2012 04:42 PM PDT

Persema Malang

Indonesian Premier League (IPL) Senin 21 Mei 2012 antara Persema Malang Vs Persijap Jepara, akhirnya dimenangkan oleh tuan rumah dengan skor 2-1. Sempat tertinggal lebih dulu, Persema mampu mengembalikan keadaan dan mengamankan 3 poin di kandang.

Bermain di kandang sendiri, Persema langsung berinisiatif menyerang di awal babak pertama. Namun mereka malah dikejutkan lewat gol Persijap yang dicetak I Made Wirahadi di menit ke 14.

Memanfaatkan serangan balik, Nurul Huda memberikan umpan kepada I Made untuk mencetak gol. Skor 0-1 tuan rumah tertinggal.

Tidak mau malu di depan pendukungnya, Persema lebih gencar melakukan serangan. Alhasil tuan rumah mampu memperkecil ketertinggalan melalui gol yang dicetak Ngon Mamoun melalui tendangan bebas di menit 24.

Sebenarnya kedua tim sama-sama silih berganti melakukan serang di pertengahan babak pertama, sayangnya tidak ada satu peluangpun yang mampu dikonversikan menjadi gol.

Di babak kedua, Persijap terlihat lebih mendominasi jalan pertandingan di menit-menit awal. Di menit 58, Banaken hampir saja membuat tim tamu unggul jika tandukannya tidak melambung di atas mistar gawang.

Dengan memanfaatkan keunggulan karena salah satu pemain Persijap diusir wasit, Persema akhirnya mampu unggul di menit ke 84.

Emile Mbamba mampu memanfaatkan sepak pojok dengan tandukannya, sekaligus membuat Persema berhasil mengamankan 3 poin hingga peluit akhir dibunyikan wasit.

Dengan hasil ini, membuat Persema Malang mendapatkan tambahan 3 poin di klasemen sementara IPL.

IPL: Persiraja Ogah Laga Melawan PSM Makassar Diundur

Posted: 21 May 2012 04:39 PM PDT

Persiraja Banda Aceh

Permohonan PSM Makassar yang ingin agar laga melawan Persiraja Banda Aceh dimundurkan ternyata tidak disetujui oleh calon lawannya di kompetisi Indonesia Premier League (IPL) itu. Pasalnya, skuad Laskar Rencong sudah berada di Makassar sejak Minggu (20/5) kemarin.

Sebelumnya, PSM Makassar meminta kepada PSSI agar pertandingan menghadapi Persiraja Banda Aceh ditunda karena banyak pemain pilar tim Juku Eja yang harus memperkuat Timnas Indonesia dalam laga persahabatan melawan Inter Milan.

Namun, kubu Persiraja Banda Aceh menyatakan menolak wacana pengunduran pertandingan yang akan digelar di Stadion Andi Mattalatta pada Sabtu (26/5) mendatang. Skuad Laskar Rencong yang telah tiba  di Makassar menegaskan sudah siap tempur menghadapi tim tuan rumah.

"Kami mengikuti apa keputusan PSSI. Tapi, PSSI juga harus melihat kondisi kami. Persiraja sudah ada di Makassar dan siap untuk bertanding sesuai jadwal," tandas Manajer Operasional Persiraja Banda Aceh, Riza Iskandar, di Makassar, Senin (21/5) sore.

PSM Makassar sendiri sempat mengancam akan mogok main apabila permintaan mereka tidak dipenuhi oleh PSSI. Di pihak lain, Persiraja Banda Aceh mempersilakan apabila PSM Makassar ingin mogok bertanding karena itu justru akan menguntungkan tim asal Serambi Mekah tersebut.

"Jika PSM Makassar ingin mogok, silakan saja. Berarti kami menang WO, kan kami beruntung karena bisa irit tenaga," ujar Riza Iskandar.

PSSI Djohar Arifin Husin Diragukan oleh FIFA dan AFC?

Posted: 21 May 2012 04:35 PM PDT

PSSI FIFA

FIFA dan AFC disebut-sebut mulai meragukan posisi PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Pengprov PSSI Jawa Barat, Tony Aprilani, yang mengklaim, FIFA dan AFC sudah tahu bahwa Djohar Arifin Husin sudah kehilangan kepercayaan dari anggota PSSI.

"FIFA dan AFC sudah tahu kalau Djohar Arifin Husin sudah kehilangan kepercayaan dari para anggotanya sendiri," sebut Tony Aprilani saat membuka kompetisi Piala Suratin 2012 di Jawa Barat, seperti dikutip dari Antara, Selasa (22/5).

Tony Aprilani juga yakin bahwa FIFA dan AFC mengakui keabsahan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI versi KPSI yang kemudian menghasilkan kepengurusan PSSI tandingan di bawah pimpinan La Nyalla Mattalitti.

"Dokumen yang dari hasil KLB sangat lengkap, dan mereka (AFC) mengakui kalau yang hadir di KLB adalah mereka yang dulu memilih Djohar Arifin Husin dalam kongres di Solo. Para anggota (PSSI) itu juga yang telah memilih Ketua Umum PSSI yang baru (La Nyalla Mattalitti, Ketua Umum PSSI Tandingan," tandas Tony Aprilani.

Menurut Tony Aprilani yang juga menjabat sebagai anggota Komite Eksekutif PSSI tandingan, FIFA menaruh perhatian terhadap adanya dua kongres PSSI, yaitu PSSI versi Djohar Arifin Husin dan PSSI versi KPSI.

"Ini yang dipertanyakan oleh FIFA, kenapa sampai terjadi ada dua kongres. Ini artinya, mereka telah melihat adanya persoalan dalam organisasi PSSI dan mereka tak hanya melihat adanya dualisme kompetisi," paparnya.

Berdasarkan hal tersebut, Tony Aprilani cukup optimis FIFA dan AFC akan menawarkan sejumlah opsi untuk mengakhiri kisruh PSSI, termasuk dengan mengakui keberadaan PSSI tandingan hasil KLB versi KPSI.

PSSI Belum Kucurkan Dana Timnas Futsal Untuk Piala Asia 2012

Posted: 21 May 2012 09:23 AM PDT

Timnas Futsal

Menjelang tampil di Piala Asia 2012 yang akan dihelat mulai 25 Mei 2012 di Dubai, Timnas Futsal Indonesia ternyata belum mendapat kucuran dana dari PSSI. Padahal, Denny Handoyo dan kawan-kawan membawa nama bangsa. Dana yang diperlukan oleh Timnas Futsal Indonesia untuk keperluan Piala Asia 2012 adalah sekitar 900 juta rupiah.

Ketua Badan Futsal Nasional (BFN), Yerico Umbas, menyesalkan belum adanya perhatian dari PSSI untuk Timnas Futsal Indonesia yang selama ini terkesan dinomorduakan. Saat tampil di Piala AFF 2012 di Thailand beberapa waktu lalu, Timnas Futsal Indonesia juga diabaikan oleh PSSI. Di ajang itu, Timnas Futsal Indonesia meraih juara ketiga.

"Selayaknya BFN dan PSSI mendukung penuh futsal apalagi membawa nama bangsa. Intinya, futsal belum dilirik. Masih dinomorduakan," keluh Yerico Umbas di Jakarta saat jumpa pers pelepasan Timnas Futsal Indonesia, Senin (21/5).

Timnas Futsal Indonesia sendiri punya catatan bagus di level internasional. Di Asia saja, Indonesia menempati peringkat 10 besar. Ironisnya, PSSI sepertinya tidak begitu memperhatikan kebutuhan Timnas Futsal Indonesia, demikian juga dengan pemerintah.

"Padahal prestasinya bagus. Di Asia peringkat ke-9. Masak dari PSSI tidak dapat bantuan, padahal ini untuk kepentingan bangsa. Menpora saja hanya memberikan tiket," ujar Yerico Umbas.

Sejauh ini, Timnas Futsal Indonesia baru memperoleh bantuan dana dari sponsor untuk berangkat ke Piala Asia 2012. Oleh karena itu, Yerico Umbas akan tetap mendesak PSSI untuk mengucurkan dana bagi Timnas Futsal Indonesia.

"Saya akan dorong kepada Sekjen PSSI untuk memberikan dana, kalaupun telat bisa dikirimkan kepada mereka saat di Dubai nanti. Mudah-mudahan PSSI tidak lupa," harapnya.

Incoming search terms:

Liga Champion dalam Angka

Posted: 21 May 2012 09:17 AM PDT

Final Liga Champions 2

Liga Champions musim 2011-12 sudah berakhir. Sekian banyak momen bergulir sepanjang musim. Mulai dari terdepaknya Manchester City dan United di babak penyisihan grup, gagalnya duo raksasa Spanyol di semifinal, dan puncaknya keberhasilan Chelsea menjadi juara baru kompetisi paling bergengsi antar klub Eropa ini. UEFA baru saja merilis catatan Liga Champions dalam angka.

APOEL

1 - angka ini begitu penting bagi APOEL. Ya, mereka menjadi klub Liga Siprus pertama yang berhasil menembus babak delapan besar. Kejutan sudah diawali ketika APOEL sukses menjadi runner-up grup G yang terdiri dari klub-klub yang lebih terkenal, seperti Zenit St. Petersburg, Porto, dan Shakhtar Donetsk. Ketika menapaki 16 besar pun, APOEL masih dianggap minor dibandingkan sang lawan, Olympique Lyon. Namun, semangat pantang menyerah, sukses membawa juara Siprus menang adu penalti; dan baru tersingkir oleh Real Madrid dengan agregat 8-2.

Chelsea 1

4 - Angka empat adalah angka unik sekaligus angka sial bagi kota Munich. Dalam empat kesempatan ketika kota ini dipilih, selalu ada juara baru di Liga Champions. Hal ini dimulai dari Nottingham Forest (musim 1978-79) yang menaklukkan Malmo (Swedia) di Olympiastadion. Berikutnya ada Olympique Marseille yang menaklukkan AC Milan 1-0 pada musim 1992-93 di stadion yang sama. Selang empat tahun giliran Borussia Dortmund yang memanfaatkan kesukaan Olympiastadion mencari juara baru ketika menumbangkan Juventus 3-1. Kini, lokasi diubah ke Fusball Arena dan Bayern tumbang di kandang sendiri.

Lionel Messi 5

5 – Lionel Messimencetak lima gol dalam satu pertandingan ketika Barcelona melawan Leverkusen di leg kedua babak 16 besar. King Leo bergabung dengan 10 pemain lain yang mencetak 5 gol dalam satu pertandingan, ketika ajangini masih bernama European Cup. Nama terakhir sebelum Messi yang mampu mengoyak gawang lawan 5 kali dalam satu laga adalah Soren Lerby (Ajax) saat klubnya menumpas Omonia 10-0 di ronde kedua Liga Champions musim 1979-80.

Final Liga Champions

6 - Duel Bayern Muenchen vs Chelsea di partai final musim ini adalah duel keenam tim Jerman vs Inggris di puncak kompetisi antar klub Eropa. Klub Inggris menunjukkan superioritasnya dengan mengoleksi 5 kemenangan.

Bafetimbi Gomis

7- Jumlah menit yang dibutuhkan Bafetimbi Gomis untuk mencetak hattrick ke gawang Dinamo Zagreb di babak penyisihan grup. Gomis sendiri mencetak 4 gol dalam laga tersebut. Interval waktu ini adalah yang tercepat; memecahkan rekor Mike Newell.

Jonas

10 - tepatnya detik 10.48. Inilah yang dibutuhkan Jonas (Valencia) untuk mencetak gol ke gawang Bayer Leverkusen dalam kemenangan 3-1 klubnya. Rekor ini adalah rekor gol tercepat kedua dalam sejarah Liga Champions.

(UEFA)

Incoming search terms:

Liga Inggris: Didier Drogba Tinggalkan Chelsea?

Posted: 21 May 2012 09:04 AM PDT

Didier Drogba

Mampu mengantar Chelsea menjuarai Liga Champions untuk pertama kalinya tak lantas membuat Didier Drogba memilih untuk memperpanjang kontrak dan bertahan di Stamford Bridge. Sebaliknya, striker Pantai Gading tersebut digosipkan bersiap meningglkan hingar bingar Liga Inggris dan menuju ke Liga China.

Drogba memang telah lama dikaitkan dengan salah satu klub China, Shanghai Shenhua. Apalagi, disana ada tandemnya semasa bermain di The Blues, yakni Nicolas Anelka.

Namun, Chelsea belum tentu akan melepas striker yang didatangkan di awal masa kepemimpinan Roman Abramovich tersebut. Kedua kubu diperkirakan masih akan berunding, apakah Drogba bertahan atau hengkang.

"Kami mencintai Didier. Ia adalah pemain hebat di tim ini. Namun kami juga harus memikirkan apa yang terbaik baginya dan bagi klub," ujar chief executive Chelsea, Ron Gourlay.

Jika ternyata Drogba jadi meninggalkan Chelsea, maka ia telah menutup karier emasnya dengan gemilang. Tendangan terakhirnya berbuah trofi Liga Champions di Allianz Arena. Sebuah trofi yang telah lama diidamkan oleh Abramovich.

Penalti Drogba, Muenchen vs Chelsea

Sementara itu, dalam waktu dekat ini Chelsea juga akan segera memastikan nasib sang caretaker, Roberto Di Matteo. Menangani Chelsea sejak 4 Maret 2012, Di Matteo mampu mempersembahkan trofi FA Cup dan Liga Champions bagi Chelsea.

Desakan untuk mempermanenkan status Di Matteo menjadi manajer Chelsea juga datang dari para pemain. Hal itulah yang agaknya akan menjadi pertimbangan manajemen Chelsea.

"Roberto telah melakukan tugasnya dengan sangat baik. Kami mendengar bahwa beberapa pemain menginginkan ia untuk menjadi manajer tim," lanjut Gourlay.

Incoming search terms:

ISL: Sriwijaya FC vs Persiwa Wamena 3-2

Posted: 21 May 2012 06:22 AM PDT

Sriwijaya FC

Pertandingan Indonesia Super League (ISL) Senin 21 Mei 2012 antara Sriwijaya FC Vs Persiwa Wamena, akhirnya dimenangkan tuan rumah dengan skor 3-2. Dengan tambahan 3 poin ini, semakin mengkokohkan Laskar Wong Kito di puncak klasemen sementara ISL.

Babak pertama berjalan 9 menit, Gumbs yang terlepas dari kawalan pemain belakang Persiwa coba melepaskan tendangan. Hanya saja bola masih melambung di atas mistar gawang.

Ternyata keunggulan tuan rumah baru datang di menit ke 30. Memanfaatkan tendangan pojok, Nova Arianto menyundul bola yang merobek jala Persiwa Wamena. Sriwijaya 1, Persiwa 0.

Unggul 1 gol membuat tuan rumah di atas angin. Hilton Moreira memperlebar kedudukan setelah memanfaatkan kesalahan koordinasi pemain belakang Persiwa. Bola liar berhasil dikonversi Hilton menjadi gol, sekaligus membuat skor 2-0 untuk Sriwijaya FC di paruh pertama.

Di awal babak kedua, Sriwijaya FC masih mendominasi jalannya pertandingan. Alhasil Laskar Wong Kito memperlebar kedudukan menjadi 3-0 lewat gol yang dicetak Supardi. Tendangan keras Supardi dari luar kotak pinalti, tidak mampu dihalau barisan belakang Persiwa. 3-0 Sriwijaya memimpin.

Tertinggal 3 gol, tim tamu berusaha bangkit. Puncaknya tandukan Shibakoya Yuichi yang memanfaatkan tendangan sudut di menit 59, berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3.

Perlawanan Persiwa kembali membuahkan hasil di menit 78. Erik Weeks Lewis yang melakukan sepakan terukur dari luar kotak pinalti, meluncur deras ke gawang Ferry Rotinsulu. Skor 3-2 Persiwa memperkecil keadaan.

Hanya saja hingga peluit panjang dibunyikan wasit, tidak ada lagi gol yang terjadi di Jakabaring. Dengan hasil ini membuat Sriwijaya FC kokoh di puncak klasemen dan Persiwa tetap berada di posisi semula.

Susunan Pemain

Sriwijaya FC: Ferry Rotinsulu, Mahyadi Panggabean, Nova Arianto, Jaime Coyne, Supardi Nasir, Lim Jung Sik, Ahmad Jufrianto, Hilton Moreira, Firman Utina (Risky Novriansyah 86′), M. Ridwan (Siswanto 76′), Keith Kayamba Gumbs.

Persiwa Wamena: Galih Firmansyah. OK John, Shibakoya Yuichi, Firly Apriansyah, Isak Konon, Imanuel Padwa, Hari Novian Chaniago, Richardo Merani, Jaelani Areysibi, Erick Weeks Lewis, Boakay Eddy Foday.

Incoming search terms:

Barcelona: Javier Mascherano Tampil 46 Kali Sebagai Bek Tengah

Posted: 21 May 2012 06:17 AM PDT

Javier Mascherano

Musim ini Javier Mascherano benar-benar menikmati kehidupannya di Barcelona. Ia sudah bermain 51 kali, dan 46 di antaranya sebagai bek tengah, posisi baru yang uniknya kerap dijalankannya dengan baik.

Ketika Javier Mascherano didatangkan ke Camp Nou pada musim panas 2010 dengan banderol 19 juta Euro, banyak yang menyangka ia akan bersaing dengan Sergio Busquets sebagai gelandang bertahan. Namun, Pep Guardiola menemukan posisi baru bagi pemain Argentina: bek tengah.

Ketika Eric Abidal, Carles Puyol, hingga Gerard Pique harus bergantian di zona cedera, Pep meletakkan Mascherano sebagai pengganti ketiga bek ini. Sebuah perjudian yang terbukti cukup berhasil.

Kita mengetahui Josep Guardiola mengandalkan dua formasi, pertama 4-3-3 dan yang kedua, 3-4-3. Mascherano tak canggung beradaptasi sebagai pemain belakang dalam formasi ini.

Formasi 4-3-3 digunakan Pep dalam 42 pertandingan. Mascherano menempati posisi bek tengah kanan dalam 10 pertandingan, sementara 18 pertandingan lain ia bertukar posisi ke bek tengah kiri.

Sementara, hingga saat ini, formasi 3-4-3 dipakai Pep dalam 21 laga. Dengan tiga bek sejajar ini, Mascherano menempati posisi bek kiri 3 kali, bek kanan 4 kali, dan yang paling mantap, berada di tengah atau di posisi 'sumbu' 11 kali.

Javier Mascherano 2

Total, mantan pemain Liverpool bermain 51 kali untuk Barcelona atau setara dengan 4403 menit. Dari jumlah ini, hanya 5 pertandingan saja Mascherano benar-benar menempati posisi sesungguhnya, gelandang bertahan. Artinya, hampir 4000 menit dilewatkan Mascherano untuk tidak hanya merampas bola, menghentikan gelandang lawan, atau memutus aliran bola: tetapi sebagai poros pertahanan.

Keadaan spesial Javier Mascherano ini, menjadi acuan Barcelona menjelang final Copa del Rey akhir pekan ini. Saat ini, tidak ada pilihan lain bagi El Barca selain memboyong Piala Raja yang belum bermukim lagi ke lemari dalam tiga tahun terakhir.

Sementara, peluang bermain Carles Puyol dan Eric Abidal untuk tampil begitu tipis, dan Gerard Pique diprediksikan belum cukup mampu muncul 90 menit, pilihan jenderal lini belakang akan diberikan kepada pemain Argentina.

(SPORT)

Al Nakbah International Tournament: Jelang Semifinal, Pemain Timnas Indonesia Keluhkan Cuaca

Posted: 21 May 2012 06:14 AM PDT

Timnas Indonesia

Kini pemain Indonesia mulai mengeluhkan tidak menentunya kondisi cuaca di Ramalah Palestina. Hal tersebut didapat berdasarkan keterangan manager timnas Indonesia, Ramadhan Pohan. Rencananya besok Selasa (22/2/12), timnas Indonesia PSSI akan berhadapan dengan tuan rumah Palestina dalam laga semifinal turnamen Al Nakbah.

"Iklim di Timur Tengah juga tidak mudah, pemain cepat merasa lelah. Belum lagi dingin yang menusuk, apalagi kalau petang atau main malam," ujar Ramadhan Pohan dalam pesan singkat Senin (21/5/2012).

Di pertandingan tersebut kemungkinan besar Indonesia masih belum bisa memainkan 2 bintang andalannya, Okto dan Pahabol karena masalah visa yang belum terselesaikan.

"Okto-Pahabol, itulah. Menurut LO Palestina, masih diminta tunggu, sebab pihak Israel masih belum keluarkan izin. Belum ada kata "iya" atau bahkan "tidak" dari pihak Israel," kata manager timnas Ramadhan Pohan.

Selain Okto dan Pahabol, kiper utama timnas Wahyu Tri Nugroho juga masih dirawat intensif setelah menjalani operasi.

Wahyu mengalami patah tulang kepala setelah berbenturan dengan striker Kurdistan saat pertandingan terkahir di penyisihan grup.

Penyebab patahnya tulang kepala penjaga gawang asal Persiba Bantul ini karena hantaman sepatu salah satu pemain Kurdistan. Kapten timnas, Samsul AM mengungkapkan hal tersebut.

"Waktu antisipasi bola crossing, Wahyu ditabrak sama striker Kurdistan. Kepala Wahyu terkena cocoran sepatu lawan," ungkap Samsul.

Kini Wahyu masih menjalani perawatan intensif pasca operasi. Fisioterapis timnas, Matias Ibo juga mengungkapkan bahwa proses operasi berjalan dengan lancar dan posisi tulang yang patah sudah dikembalikan.

Liga Inggris: Manchester City Tawari Roberto Mancini Kontrak Baru

Posted: 21 May 2012 06:11 AM PDT

Roberto Mancini

Sukses mengantar Manchester City meraih gelar juara Liga Inggris yang terakhir kali disabet 44 tahun silam, membuat manajer Roberto Mancini mendapatkan hadiah berupa tawaran perpanjangan kontrak. Kabarnya, kontrak yang ditawarkan senilai 15 juta pounds untuk masa tiga tahun.

Awalnya, Mancini memang sudah dijanjikan mendapat perpanjangan kontrak musim panas ini. Dan hal tersebut semakin terwujud ketika Mancini bersama asistennya, David Platt, terbang ke Abu Dhabi untuk bertemu sang chairman, Khaldoon Al Mubarak.

Namun kabarnya, belum terjadi deal dari pertemuan tersebut. Pihak Manchester City sendiri ingin agar Mancini segera membuat keputusan sebelum ia berlibur bersama keluarganya akhir pekan ini.

Dengan gaji 5 juta pounds per tahun, tentu akan membuat pundi-pundi uang Mancini semakin banyak. Sebagai tambahan info, gaji Mancini saat ini "hanyalah" 3,5 juta pounds per tahun.

Meski meningkat cukup signifikan, Mancini masih belum bisa melampaui gaji Arsene Wenger di Arsenal yang mencapai 6 juta pounds per tahun. Kabar baiknya, Mancini sukses mengalahkan Sir Alex Ferguson jika ia sepakat dengan jumlah 5 juta pounds per tahun tersebut.

Bagaimana, Mancio?

Incoming search terms:

Top Skor Sementara ISL 2012 Minggu Ini

Posted: 21 May 2012 06:07 AM PDT

Keith Kayamba Gumbs

Keith Kayamba Gumbs tak lagi sendirian di puncak top skor ISL minggu ini. Mario Costas (Persela) menyamai catatan golnya. Selebihnya, dari 10 pencetak gol ISL musim ini, pemain asing (dan naturalisasi) masih begitu mendominasi. Satu-satunya pemain lokal Indonesia adalah Bambang Pamungkas dengan 14 gol.

Mario Alejandro Costas. Pria inilah yang begitu berjasa membantu Persela menjadi salah satu kuda hitam ISL musim ini. Terakhir, dua golnya memang tak mampu membawa klub Lamongan menang di kandang PSMS. Namun, di balik kekalahan 4-3 atas tuan rumah, Mario Costas kini tercatat mencetak 17 gol, sama dengan Keith Kayamba Gumbs.

Di bawah kedua pemain ini, ada nama superstar Malaysia, Safee Sali. Penyerang Pelita Jaya sudah mengemas 16 gol. Bomber yang pulang ke Persipura Jayapura, Alberto 'Beto' Goncalvez. Beto yang mencetak gol penalti dalam laga melawan PSPS untuk kemenangan Mutiara Hitam 2-1, sukses membukukan gol yang sama.

Rekan duet Keith Kayamba, Hilton Moreira, berada di deretan berikutnya dengan 15 gol. Mantan pemain Persib membuat Sriwijaya FC menjadi klub dengan duet tersubur sejauh ini di ISL. 32 gol yang disarangkan duet maut ini setara dengan 62,74% gol Laskar Wong Kito.

Persija

Penyerang Pelita Jaya lain, Greg Nwokolo tak mau ketinggalan. Ia membobol gawang lawan 14 kali. Berdampingan dengan Greg, ada pahlawan Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir. Siapa lagi kalau bukan Bambang Pamungkas. Penyerang Persija yang penuh kharisma sudah mencetak 14 gol.

Herman Dzumafo yang menikmati paruh musim kedua di bumi Malang, resmi membkukan 13 gol. Ia unggul satu gol dari Osas Marvelous (PSMS), Eddie Foday Boakay (Persiwa), dan Gaston Castano (Persegres Gresik United). Khusus Gaston Castano, klub Gresik begitu beruntung mendapatkannya. Tercatat 42,85% gol mereka berasal dari penyerang maut asal Argentina ini.

10 Top Skor ISL musim ini

17     Keith Kayamba Gumbs (Sriwijaya FC)17     Mario Costas (Persela)16     Safee Sali (Pelita Jaya)16     Alberto Goncalvez (Persipura)15     Hilton Moreira (Sriwijaya FC)14     Greg Nwokolo (Pelita Jaya)14     Bambang Pamungkas (Persija)13     Herman Dzumafo (PSPS/Arema)12     Gaston Castano (Persegres)12     Foday Boakay Eddie (Persiwa)

Incoming search terms:

IPL: Prediksi Persema Malang vs Persijap Jepara

Posted: 21 May 2012 06:03 AM PDT

Persema Malang

Indonesian Premier League (IPL) Senin 21 Mei 2012 akan mempertemukan tuan rumah Persema Malang Vs Persijap Jepara. Jika tidak ada perubahan, sedianya pertandingan ini akan disiarkan secara langsung oleh Global TV mulai pukul 19.00 WIB.

Kalah dipertandingan terakhir saat menghadapi Semen Padang, membuat para pemain Persema lebih fokus menghadapi Persijap malam nanti.

Belum terbayarnya sisa gaji dan bonus pemain dalam tiga bulan terakhir, memang menjadi kendala tersendiri bagi pelatih Persema Malang Slave Radovski.

Kepergian Kim Kurniawan dan Irfan Bachdim untuk membela timnas di turnamen Al Nakbah, membuat Emile Mbamba, Reza Mustofa, M Kamri, serta Ngon Mamoun harus bekerja ekstra guna menembus pertahan Persijap.

Sementara itu Persijap yang baru saja mengalami pergantian pelatih dan krisis finansial, siap untuk meladeni Persema Malang di Gajayana.

Dengan memanfaatkan motivasi tuan rumah yang sedang menurun akibat faktor non teknis, Persijap akan mencuri poin minimal memaksakan hasil imbang di akhir laga.

Head To Head Persema vs Persijap

18 Des 2011 Persijap Jepara 1 – 1 Persema IPL28 Mar 2010 Persema 3 – 1 Persijap Jepara ISL16 Des 2009 Persijap Jepara 3 – 1 Persema ISL

Pertandingan terakhir Persema Malang

14 Mei 2012 Persema 2 – 3 Semen Padang IPL9 Mei 2012 Persema 1 – 1 Persibo Bojonegoro PI6 Mei 2012 Persibo Bojonegoro 0 – 1 Persema IPL22 Apr 2012 Persema 2 – 1 Persebaya IPL 1 IPL26 Mar 2012 Persema 1 – 1 Arema Indonesia IPL

Pertandingan terakhir Persijap Jepara

5 Mei 2012 Persija IPL 6 -  1 Persijap Jepara IPL29 Apr 2012 Persijap Jepara 0 – 1 Persibo Bojonegoro IPL21 Apr 2012 Persiba Bantul 2 – 1 Persijap Jepara IPL18 Apr 2012 Persijap Jepara 0 – 1 Persik PI

Prediksi susunan pemain

Persema Malang: Sukasto Efendi (gk), Kasan Soleh, Deniss Romanovs, Leonard Tupamahu, Firman Basuki (belakang), Bima Sakti, Dio Permana, Reza Mustofa, Ngon Mamoun, M Kamri (tengah), Emile Mbamba (depan).Persijap Jepara: M. Yasir (gk), Kasiadi, Banaken Basoken, Anam Syahruf, Nurul Huda (belakang), Danan Puspito, Kim Sang Duk, Jose Sebastian, Noorhadi (tengah), Julio Lopez, Yahya Sosomar (depan).

Prediksi hasil akhir

Persema Malang menang 40 %Persijap Jepara menang 35 %Hasil imbang 25 %

Incoming search terms:

Andik Vermansyah Belum Tentu Jadi Kapten Timnas U-23

Posted: 21 May 2012 06:00 AM PDT

Andik Vermansyah

Andik Vermasnyah belum tentu menjabat sebagai kapten skuad Timnas Indonesia U-23 dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 tahun 2013 mendatang. Pelatih Aji Santoso tidak bisa menjamin hal itu meskipun ia mengakui kedekatannya dengan Andik Vermansyah.

"Belum tentu Andik (Vermansyah) kaptennya (Timnas Indonesia U-23)," ujar Aji Santoso di Surabaya seperti dikutip dari BolaNet, Senin (21/5).

Menurut mantan pemain sekaligus pelatih Persebaya Surabaya ini, faktor kedekatan tidak cukup menjadi pertimbangannya untuk memilih seorang pemain menjadi kapten tim. Kualitas dan skill sang pemain juga menjadi pertimbangan utama bagi Aji Santoso sebelum menentukan pemimpin di lapangan.

Andik Vermansyah memang pernah menjadi kapten Timnas Indonesia U-21 saat berlaga di Turnamen Hassanal Bolkiah di Brunei Darussalam beberapa bulan silam.

Aji Santoso juga dikenal dekat dengan pemain lincah berusia 21 tahun itu karena sama-sama berasal dari Persebaya Surabaya. Selain itu, Aji Santoso pernah pula melatih Andik Vermansyah di tim PON Jawa Timur.

Namun, sekali lagi Aji Santoso tidak memberikan jaminan apakah Andik Vermansyah akan menjadi kapten Timnas Indonesia U-23 atau tidak.

"Sekali lagi, saya memang dekat dengan dia (Andik Vermansyah), tapi pemilihan pemain yang saya lakukan bukan karena faktor kedekatan saja," terang Aji Santoso yang dulu pernah menjabat sebagai kapten Timnas Indonesia ini.

"Kualitas dan kemampuan jadi pertimbangan saya. Apalagi untuk kapten," lanjutnya menegaskan.

Incoming search terms:

Big Ben, Menara Eiffel, dan Colosseum Hancur oleh Euro 2012

Posted: 21 May 2012 05:56 AM PDT

Euro 2012

Menara Eiffel di Paris, Colosseum di Roma, dan Big Ben di London akan hancur berkeping oleh Euro 2012.

Sehebat apa Euro 2012? Menurut now.com, salah satu media China, ia akan melebihi Perang Dunia II dan barangkali melebihi aksi-aksi ajaib para tokoh Captain Tsubasa. Setidaknya demikianlah yang digambarkan dalam iklan berdurasi 3 menit.

Pada bagian awal video iklan ini, kita akan melihat kehancuran demi kehancuran yang melanda Eropa. Colosseum di Roma tampak mengepul, Menara Eiffel bengkok, dan Big Ben seperti ingin meniru kemiringan Menara Pisa. Namun, itu belum cukup.

Euro 2012 (1)

Masih ada sederetan aksi para pemain yang mengenakan kostum berlogo Euro 2012 yang bertarung di lapangan. Kubu biru dan hitam. Lebih dahsyat daripada Captain Tsubasa, tandukan seorang pemain layaknya tembakan tank yang mampu meledakkan jam di Big Ben.

Dan, lebih canggih daripada tendangan pemain dalam manga Jepang mana pun, bola yang ditembak bisa menyala dan meledak pula.

Euro 2012 (2)

Tak kalah ampuh, para pemain sepakbola berubah dalam sekejap, bertarung dengan para tentara yang masuk ke lapangan. Kita juga masih bisa melihat lapangan terbelah oleh gempa berkat kesaktian Hacken Lee si nomor 10 dalam laga ini.

Sayangnya, kehebohan Euro 2012 ala media China ini tak cukup mampu menarik perhatian dari dunia Eropa yang berbeda kultur. Mereka menganggap iklan ini lebih menonjolkan kekerasan alih-alih perdamaian dan persahabatan yang diusung dalam sebuah pertandingan sepakbola.

Barangkali, para komentator yang berpikiran negatif ini lupa dengan aksi-aksi brutal dan super ajaib di film Shaolin Soccer, yang bertahun lalu, mampu mengocok perut banyak orang.

Persib: Jendry Pitoy Dan Seluruh Pemain Siap Tempur

Posted: 21 May 2012 05:52 AM PDT

Jendry Pitoy

Kemasukan 2 gol saat menghadapi Pelita Jaya dipertandingan terakhir, membuat Jendry Pitoy waspada. Alhasil Jendry Pitoy dan seluruh pungawa Persib Bandung terus mempersiapkan diri sebelum menghadapi PSPS Pekanbaru di Stadion Kuantan Singing Sport Center.

"Sepakbola kan nggak ada yang tahu. Kemarin saja di kandang bisa kemasukan 2 gol tapi nanti di Pekanbaru saya akan bermain semaksimal mungkin" ungkap mantan penjaga gawang Persipura itu kepada situs resmi klub.

Jendry juga mengatakan bahwa seluruh punggawa Pangeran Biru sudah siap tempur. Kemenangan 2 laga kandang, menjadi pelecut semangat  untuk melakoni pertandingan melawan PSPS Pekanbaru.

 "Secara mental agak naik, karena dua kemenangan di kandang menjadi motivasi untuk ke depan," ujar Jandry Pitoy.

Absennya Noh Alam Shah akibat akumulasi kartu kuning, membuka peluang para striker Persib yang selama ini hanya duduk di bangku cadangan untuk tampil.

Salah satunya adalah Sigit Hermawan. Kesempatan  pemain asal klub Saint Prima ini terbuka lebar setelah namanya masuk dalam daftar pemain yang diboyong ke Pekanbaru.

"Saya berharap diberi kesempatan main, bukan sekedar menjadi pemain pelengkap. Saya ingin merasakan tampil dalam laga tandang. Pengalaman ini akan sangat berarti bagi saya," ujar Sigit Hermawan.

Selain Sigit Hermawan, pada daftar 20 nama pemain Persib yang dibawa ke Pekanbaru terdapat juga nama Rian Permana. Pelatih Robby Darwis mengatakan bahwa Rian dan Sigit dibawa karena dinilai paling siap. Bahkan tak menutup kemungkinan jika kedua pemain itu akan dimainkan saat menghadapi PSPS.

"Kedua pemain muda ini bukan sekedar pelengkap. Mereka kami masukan dalam skuad yang dibawa ke Pekanbaru, karena memang dibutuhkan oleh tim," tutur Robby Darwis.

ISL: Prediksi Sriwijaya FC Vs Persiwa Wamena

Posted: 21 May 2012 05:49 AM PDT

Sriwijaya FC

Pertandingan Indonesia Super League (ISL) Senin 21 Mei 2012 akan mempertemukan 2 tim papan atas klasemen sementara, Sriwijaya FC Vs Persiwa Wamena. Jika tidak ada perubahan, sedianya pertandingan ini akan disiarkan secara langsung oleh ANTV mulai pukul 15.30 WIB.

Pertandingan kali ini, Sriwijaya FC tidak akan diperkuat Ponaryo Astaman yang masih berkelut dengan cidera yang menerpa.

Namun Firman Utina yang kondisinya sudah membaik, tinggal menunggu lampu hijau dari pelatih untuk dimainkan. Jamie Coyne pun siap untuk dimainkan, setelah terbebas dari hukuman akumulasi kartu di pertandingan sebelumnya.

Sementara itu Persiwa yang tidak akan diperkuat Pieter Romaropen akibat akumulasi kartu, optimistis mampu mencuri angka di Jakabaring.

Kemenangan atas Persija Jakarta 4-1 dan PSPS 3-0, menjadi pelecut semangat anak-anak Papua ini untuk tampil habis-habisan di pertandingan sore nanti.

Head to Head Sriwijaya FC Vs Persiwa Wamena

24 Jan 2012 (ISL) Persiwa Wamena 1 – 0 Sriwijaya FC20 Mar 2011 (ISL) Sriwijaya FC 2 – 1 Persiwa Wamena02 Feb 2011 (ISL) Persiwa Wamena 2 – 0 Sriwijaya FC02 Mei 2010 (ISL) Sriwijaya FC 4 – 1 Persiwa Wamena29 Nov 2009 (ISL) Persiwa Wamena 3 – 0 Sriwijaya FC

5 Pertandingan Terakhir Sriwijaya

17 May 2012  Persiram 1 – 2 Sriwijaya14 May 2012  Persidafon 2 – 2 Sriwijaya06 May 2012  Sriwijaya 3 – 1 PSAP Sigli28 Apr 2012  Sriwijaya 2 – 0  PSMS22 Apr 2012  Mitra Kukar 0 – 1 Sriwijaya

5 Pertandingan Terakhir Persiwa

16 May 2012  Persiwa 4 – 1 Persija13 May 2012  Persiwa 3 – 0 PSPS09 May 2012  Pelita Jaya 2 – 1 Persiwa05 May 2012  Persib 3 – 0 Persiwa24 Apr 2012  Persiwa 0 – 1 Persipura

Prediksi pemain

Sriwijaya FC: Ferry Rotinsulu, Supardi, Thiery Gatuesi, Nova Arianto, Mahyadi Pangabean, Lim Jun Sik, Firman Utina, Ahmad Jufrianto, M Ridwan, Kayamba, Hilton Moirera.Persiwa Wamena: Syaifuddin, Isak Konon Wombon, Yesava Desnam, Ricardo Merani, Yuichi, Kughegbe, Erick Weeks, Hari Novian Chaniago, Jealaniu Arey, Foday Boakay, Yopen Wandikbo.

Prediksi hasil akhir

Sriwijaya menang 50 %Persiwa menang 40 %Hasil imbang 10 %

Incoming search terms:

Trauma jerez Rossi vs Stoner

Posted: 21 May 2012 08:34 AM PDT

Stoner berpikir insiden Jerez terulang

 

stoner,rossi,lemans

stoner berselebrasi dengna Rossi

 INDONEWS – Berapa kali semenjak Rossi pindah ke Ducati dan bertempur jarak dekat dengan sang juara dunia Casey Stoner, hanya dua kali saat di jerez musim lalu dan balap kemarin di Lemans.

Dimana saat Di Jerez Stoner terdorong oleh Rossi hingga masuk ke Gravel dan tidak bisa melanjutkan balap, sedangkan Rossi masih bisa melanjutkan balap waktu itu.

"Ketika saya mendengar suara Ducati di belakang saya, saya berpikir tentang hal ini," Casey mengakui sambil tersenyum.

"Saya melihat dia tidak mencoba dan segera menyalip saya, jadi saya tahu bahwa dia sedang berpikir tentang hal itu juga," lanjutnya.

Tapi bukan itu alasan ia kalah dari The Doctor pada pertempuran kali ini.

Pertempuran Rossi vs Stoner di Lemans

"Memang, pertempuran ditakdirkan untuk berlangsung hingga lap akhir. Kami bertukar posisi lebih dari sekali, dan itu adalah pertempuran yang bagus. Saya tahu bahwa kecepatannya lebih baik, jadi saya memaksakan sesuatu pada rem untuk menjaga dia di belakang saya. Setelah ia melewati saya, saya tidak bisa merespon."

"Saya menyadari ada masalah selama warm-up. Terlalu lama untuk memanaskan ban. Dani dan saya sama-sama memiliki masalah yang sama di lap pembuka. Jadi saya lebih suka mempertahankan kecepatan saya, tapi Rossi, Dovizioso dan Crutchlow menekan saya dari belakang," lanjut Casey.

"Saat hujan intensif, situasi mulai membaik. Saya bahkan mencoba untuk menangkap Lorenzo, tapi kemudian hujan berhenti. Dengan track sedikit kering, ban mengalami overheating, dan saya bahkan memiliki beberapa momen menakutkan."

Dengan hanya mampu finish ketiga, Stoner bukan hanya kalah dari Rossi tetapi hasil ini juga mempengaruhi posisinya di kelasemen sementara. Jorge Lorenzo yang memenangkan lomba kini balik memimpin dengan keunggulan 8 poin. Tetapi hal ini tidak membuat rider asal Australia itu kecewa.

"Saya melakukan semua yang saya bisa hari ini, dan pada akhirnya itu adalah hasil yang baik."

Dan sejauh ini, pertempuran side by side dengan Valentino belum cukup untuk membuatnya berubah pikiran tentang rencana pensiun di akhir musim 2012 ini.

"Saya minta maaf kalau tentang hal itu," katanya singkat.

 

 

 

 

Stoner Sempat Khawatir Insiden Jerez Terulang

Lorenzo : Balapan jadi tambah lama

Posted: 21 May 2012 08:22 AM PDT

Taktik Lorenzo di Le mans berhasil

 

lorenzo,stoner,rossi

jorge lorenzo

 INDONEWS – Balapan kemarin mungkin menjadi balapan terseru selama 5 seri terakhir yang telah digelar, yang menjadi sorotan kemarin bukanlah Jorge Lorenzo yang menjadi juara di Le mans , melainkan rivalitas antara valentino Rossi dan Casey Stoner.

Walaupun gagal menyuguhkan tontonan yang menarik bagi para penonton Lorenzo akhirnya mampu menghadapi licinya trek Le mans dengan akal cerdiknya.

"Sangat sulit untuk menjaga konsentrasi hari ini, dalam kering itu rumit tapi dalam basah itu bahkan lebih," tutur Lorenzo.

Start dari baris kedua, Jorge berhasil menerobos ke depan dan memimpin sejak lap pertama. Sementara para pembalap di belakangnya sibuk bertarung, ia cukup berkonsentrasi agar tidak mengalami kecelakaan.

Trek Licin membuat Lorenzo serasa melambat

"Balapan terasa lebih lama dan Anda perlu mengingat di mana sudut-sudut yang licin di setiap lap. Jika Anda lupa Anda dapat crash dengan sangat mudah. Saya memulai balapan dengan determinasi untuk berada di posisi pertama dari awal dan berhasil menjaga konsentrasi saya bahkan ketika Casey menangkap saya."

"Akan lebih mudah untuk mendorong sedikit lebih dan membuat kesalahan pada saat itu tapi saya menunggu beberapa lap untuk melihat apa yang terjadi, kemudian membuka celah lagi untuk memenangkan race yang fantastis ini."

Secara tidak langsung, rider Spanyol itu juga diuntungkan oleh keberhasilan Rossi menaklukkan Stoner karena itu berarti ia memperlebar selisih poinnya di kelasemen. Kini The Mallorca unggul 8 poin dari casey.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim saya yang bekerja sangat keras dalam kondisi sulit untuk membuat satu set up yang bekerja untuk saya."

 

 

 

 

 

Lorenzo: "Balapan Terasa Lebih Lama"

Hamilton Optimis Hadapi GP Monaco

Posted: 21 May 2012 06:52 AM PDT

Hamilton Optimis Hadapi GP Monaco

Hamilton Optimis Hadapi GP Monaco (Foto: Getty)

WOKING – Walau selalu gagal GP Monaco selama tiga musim terakhir, Hamilton masih antusias menyambut GP Monaco. Apalagi baginya, seri keenam ini merupakan satu dari dua seri yang dianggap menarik baginya.

Hamilton meyakini bahwa tidak ada balapan yang lebih baik untuk menjadi yang pertama selain GP Monaco yang diselenggarakan di jalanan Monte Carlo ini.

Klasemen Saat Ini

Meski Hamilton belum pernah sekalipun memenangi balapan musim ini, tetapi Hamilton mampu bertengger di peringkat ketiga klasemen pembalap sementara, kurang delapan poin dari pemuncak klasemen Sebastian Vettel dan Fernando Alonso yang sana-sama mengoleksi 61 poin.

Selain di seri Silvestone, Hamilton selalu ingin tampil baik di Monaco. Demi memuluskan langkahnya untuk terus mendesak pucuk pimpinan klasemen, Hamilton sedang tak berkenan untuk membiarkan adanya blunder apapun saat sesi lomba, 27 Mei mendatang.

GP Monaco, Favorit Hamilton

Di GP Monaco ini, Hamilton ingin memanfaatkan salah satu trek favoritnya untuk mendapuk poin maksimal untuk menggeser keduanya.

"Monaco adalah sirkuit yang amat spesial. Selain Silverstone, di Monako-lah tempat di mana saya ingin tampil baik. Tak ada ruang untuk kesalahan, tapi jika nantinya tensi lomba meninggi, tentunya saya akan kian antusias," ujar Hamilton kepada Daily Mail, Sabtu (19/5/2012).

"Penting juga bagi saya tak kehilangan semangat untuk menang. Saya butuh mencetak banyak poin dan mengulang konsistensi (di tiga seri awal) untuk terus bersaing di kompetisi musim ini," lanjut Hamiton yang merupakan juara dunia tahun 2008 itu.

"Saya ingin mencetak banyak poin di tiap seri, apalagi saya sekarang hanya berjarak delapan poin dari pimpinan klasemen. Statistik seperti ini membuat saya bergairah dan tak sabar untuk memastikan upaya saya bisa terbayar dengan layak," tambah Hamilton.

"Meski begitu, saya sebelumnya memang tak membawa hasil yang memuaskan dan tak ada tempat yang lebih baik untuk bangkit dari GP Monaco nanti," tutup Hamilton.

Mengenai GP Monaco

Mengenai racenya sendiri, GP Monaco ini mengambil jalanan Monte Carlo sebagai sirkuitnya. Oleh karena itu, dibutuhkan teknik yang tinggi dari pembalap untuk tetap berada pada jalurnya dan tidak menabrak pembatas.

“Meskipun Monaco mengharuskan mobil berjalan dengan kecepatan yang rendah dibandingkan sirkuit lainnya, namun tetap saja terasa cepat. Hal ini dikarenakan akselerasi yang begitu sering dan dinding yang begitu dekat; tidak ada ruang untuk kesalahan.” kata Hamilton

“Tetapi,” tambahnya” sirkuit ini tetap saja membuatku terkesan”tutup Hamilton.

Hamilton Optimis Hadapi GP Monaco

Massa: Saya Masih Mendapat Dukungan Penuh Dari Ferrari

Posted: 21 May 2012 06:49 AM PDT

Felipe Massa: Ferrari Masih Mendukung Saya

Massa: Ferrari Masih Mendukung Saya (Foto: Getty)

MARANELLO - Pembalap Ferrari asal Brasil, Felipe Massa menegaskan dirinya masih mendapat dukungan penuh dari timnya dalam F1GP musim 2012/2013 ini. Hal ini tentu untuk membantah rumor dirinya kehilangan dukungan dari timnya.

Rumor yang merebak menyebutkan bahwa keberadaan Massa di tim pabrikan asal Italia ini tinggal menunggu waktu saja. Dirinya memang belum meraih podium utama di musim ini dan terjerembab di posisi 16 klasemen sementara pembalap F1 dengan dua poin.

"Ya tepat sekali, saya merasa seluruh tim mendukung saya. Betul bahwa mereka tidak gembira dengan hasil yang didapat, begitu juga saya," ungkap Massa seperti dilansir PlanetF1, Minggu (20/5/2012).

"Kami semua ingin keluar dari hasil buruk ini dan kembali ke situasi normal," imbuhnya.

Massa juga yakin dirinya bisa memperbaiki performanya yang buruk di musim ini dan kembali ke jalur persaingan juara. Untuk itu dirinya butuh bantuan tim, dan Massa yakin timnya pasti akan membantu.

"Masih mungkin untuk kembali meraih hasil bagus dan jelas itu yang saya inginkan dan saya tahu tim akan membantu saya meraih itu," imbuhnya.

Massa dan Alonso

Dia menambahkan bahwa mobil baru Ferrari, F2012 adalah mobil yang “sangat tidak mudah untuk dikendarai” dan mengagumi Fernando Alonso yang mampu mengendalikan “kuda liar” ini dengan baik.

“Saat ini kondisi Alonso sangat baik, bahkan nyaris sempurna” kata Massa.

Sebagai informasi, Fernando Alonso mampu bersaing dengan Vettel di posisi teratas klasemen pembalap dengan 61 poin.

Kecelakaan di GP Hongaria

Massa sudah lama tidak mencicipi podium pertama. Hal ini terjadi setelah kecelakaan di GP Hongaria musim 2009 lalu. Massa mendapat luka parah di bagian kepala dan hampir kehilangan matanya. Semenjak itu, performa pembalap Brazil ini jatuh dibandingkan sebelumnya. Publik mengira karena hal inilah Massa tidak mampu bersaing di papan atas klasemen pembalap.

“Meskipun itu benar, saya masih bisa membalap dengan baik dan mungkin salah satu pembalap terbaik yang ada di lintasan.”tutupnya.

Massa: Saya Masih Mendapat Dukungan Penuh Dari Ferrari

0 comments:

Post a Comment