Twitter

Sunday, May 20, 2012

Manado Today

Manado Today


Empat Perwira Tinggi Militer Meksiko Diduga Terlibat Kartel Narkotika

Posted: 20 May 2012 06:06 AM PDT

perang narkoba meksiko

Tentara Meksiko telah memainkan peran kunci dalam perang Presiden Calderon dengan kartel narkoba yang dimulai enam tahun yang lalu

Empat orang perwira tinggi militer Meksiko telah ditangkap karena diduga terkait dengan kartel narkoba.

BBC menulis bahwa departemen pertahanan Meksiko mengumumkan Letnan Kolonel Silvio Hernandez Soto telah ditahan untuk ditanyai.

Tiga orang jenderal, termasuk mantan deputi menteri pertahanan, telah ditangkap sejak Selasa (15/05) sebagai bagian dari investigasi yang sedang berlangsung.

Mereka dituduh terlibat dengan kartel Beltran Leyva, sebuah organisasi yang menyelundupkan kokain, heroin dan obat terlarang lainnya ke Amerika Serikat, tuduhan yang dibantah para jenderal tersebut.

Setelah pensiun dari tentara pada tahun 2002, Kol Hernandez Soto menjadi komandan polisi senior di negara bagian Sinaloa, Meksiko.

Departemen pertahanan mengatakan penyelidikan terhadap dirinya dan tiga jenderal itu didasarkan pada kasus di tahun 2009 lalu.

Jenderal Tomas Angeles Dauahara dan jenderal Roberto Dawe Gonzalez juga ditanyai mengenai kasus ini.

Seorang hakim telah menempatkan mereka dalam tahanan rumah selama 40 hari, sementara penyelidikan berlangsung dan jaksa mempersiapkan kasus mereka.

Sementara itu, jenderal ketiga yakni Ricardo Escorcia Vargas, ditahan pada hari Kamis (17/05).

Sejak Presiden Felipe Calderon melancarkan perang terhadap narkoba enam tahun lalu, Kekerasan narkoba telah menewaskan lebih dari 50.000 orang di Meksiko.

Ke-tiga jenderal yang ditahan ini semuanya menduduki pos strategis dalam upaya anti-narkoba Meksiko.

Jenderal Angeles menjadi asisten menteri pertahanan dari 2006 hingga 2008, ketika ia pensiun, keputusan yang mengejutkan para pengamat di Meksiko.

Jenderal Dawe adalah komandan sebuah divisi tentara di wilayah Colima, rute perdagangan penting narkoba. Sementara Jendral Escorcia bertugas di negara bagian Morelos, pusat komando dari kartel Beltran Leyva.

Gempa 6.0 SR Hantam Utara Italia, Tiga Orang Tewas

Posted: 20 May 2012 04:03 AM PDT

Balai Kota di Sant Agostino

Balai Kota di Sant Agostino dekat Ferrara terlihat rusak setelah gempa bumi (Reuters/Giorgio Benvenuti)

Sebuah gempa kuat mengguncang Italia utara awal pada hari Minggu (20/05), menewaskan sedikitnya tiga orang dan menyebabkan kerusakan serius pada sejumlah warisan budaya di wilayah itu.

Gempa berkekuatan 6,0 Skala Richter (SR) itu terjadi pada pukul (02:04 GMT) ketika kebanyakan orang sementara tidur, dan menyebabkan ribuan orang berlarian turun ke jalanan dengan panik.

Gempa yang terkuat menghantam Italia dalam tiga tahun terakhir ini, Episentrumnya berada di dataran dekat Modena di wilayah Emilia-Romagna, dan gempa dirasakan sampai ke daerah Lombardy dan Veneto.

Satu orang yang diyakini adalah warga negara Maroko yang bekerja pada shift malam di pabrik poliester, meninggal ketika ia dihantam oleh puing-puing yang jatuh.

Dua pria yang juga bekerja pada shift malam, tewas ketika bagian baja dari sebuah pabrik keramik modern runtuh di kota Sant ‘Agostino.

“Dia tidak seharusnya berada disana. Dia mengubah shiftnya dengan seorang teman yang ingin pergi ke pantai,” kata ibu dari salah satu korban pada televisi pemerintah.

Seorang wanita diyakini sebagai warga Jerman dilaporkan telah meninggal setelah menderita serangan jantung karena gempa, dan beberapa lusin orang menderita luka ringan.

Para tim penyelamat saat ini sedang memeriksa laporan bahwa ditakutkan beebrapa orang terkubur di bawah puing-puing bangunan, dan bersiap-siap untuk membangun kamp darurat bagi orang yang tempat tinggalnya rusak atau hancur akibat gempa.

Reuters juga melaporkan bahwa terjadi sejumlah kerusakan serius pada bangunan-bangunan bersejarah dan gereja di provinsi Modena.

Salah satu bangunan bersejarah yang rusak parah adalah Benteng Estes dari abad ke-14 di kota San Felipe Sul Pan, dekat pusat gempa.

Ada kekhawatiran bahwa salah satu menara dari benteng abad pertengahan yang terkenal sebagai daya tarik terbesar kota itu bisa runtuh kapan saja. Gereja utama di kota itu juga dilaporkan mengalami kerusakan parah.

Gempa juga mengguncang kota-kota besar Bologna, Modena, Ferrara, Rovigo, Verona dan Mantua. Namun, tidak ada kerusakan serius yang dilaporkan.

Survei Geologi AS mengatakan, gempa tersebut berpusat 22 mil (35 km) utara-barat laut dari Bologna pada kedalaman 6,3 mil (10 km).

Pudarnya Harry Potter Sebabkan Ratusan Burung Hantu Peliharaan Terlantar

Posted: 20 May 2012 02:50 AM PDT

Daniel Radcliffe

Daniel Radcliffe pemeran Harry Potter memegang burung hantu peliharaannya

Mulai memudarnya trend Harry Potter ternyata membuat ratusan burung hantu peliharaan ditelantarkan di Inggris. Dan dikhawatirkan lebih banyak lagi secara ilegal dilepaskan ke alam liar dan terancam mati kelaparan

Ratusan burung hantu peliharaan itu ditinggalkan di seluruh Inggris, setelah sebelumnya dibeli sebagai hewan peliharaan oleh para penggemar Harry Potter.

Tempat-tempat perlindungan hewan saat ini dipenuhi dengan burung-burung tersebut, setelah tren Harry Potter memudar usai rilis film terakhirnya pada tahun lalu.

Tahun-tahun sebelumnya, ada lonjakan besar permintaan untuk burung hantu sebagai hewan peliharaan dari fans Harry Potter yang jatuh cinta dengan Hedwig, burung lucu pendamping penyihir cilik itu.

Tapi burung yang dapat hidup selama 20 tahun itu memerlukan banyak perawatan, dan banyak pemilik menjadi muak karena harus berulang kali membersihkan garasi dan gudang dari kotoran dan bulu mereka.

Pam Toothill, dari Owlcentre di Corwen, North Wales, mengatakan: “Sebelum filmnya berakhir aku mengurus enam ekor burung hantu, sekarang aku punya 100 ekor. Ini semua karena Harry Potter.”

“Orang-orang melihat burung hantu milik Harry dalam film, dan berpikir mereka terlihat lucu. Sekarang mereka bosan dan muak dengan semua pekerjaan untuk merawat burung hantu.”

“Mereka cukup mahal dalam biaya perawatan. Idealnya Anda membutuhkan kandang burung setinggi 20 kaki (6 meter), dan bahwa biaya sekitar 900 pound (Rp 13,3 juta). Aku tahu itu bukan kesalahan JK Rowling, tetapi orang tidak berpikir masak-masak sebelum mereka membeli burung hantu sebagai peliharaan,” jelasnya.

Burung hantu membutuhkan ruang yang cukup untuk dapat mengepakkan sayap mereka lima kali sebelum kembali bertengger, ini untuk mencegah mereka terkena infeksi dada.

Adalah hal yang legal untuk memelihara burung hantu dan orang tidak memerlukan lisensi untuk itu. Tapi siapa pun yang tertangkap melepaskan seekor burung hantu peliharaan akan menghadapi hukuman enam bulan penjara atau denda 5.000 pound (Rp 74,1 juta).

Pemilik Kim Olson mengatakan: “Ketika orang melihat Harry Potter, banyak dari mereka yang ingin memelihara burung hantu. Mereka menyimpan burung-burung ini di gudang atau garasi dan sekarang mereka sudah bosan dan mereka menyerahkan mereka ke kita.” tutur Kim Olson, Pemilik Sanctuary Wildlife Care Centre di Ulgham, dekat Morpeth, Northumberland yang dikutip oleh Mirror.

“Melepaskan burung hantu ke alam liar adalah tindakan yang ilegal, karena mereka akan mengambil alih wilayah burung hantu liar asli, tapi jelas banyak orang yang mengabaikannya.” tutur Olson.

Sementara itu, JK Rowling, penulis Harry Potter menghimbau kepada para penggemar untuk tidak mengikuti pahlawan mereka dengan memelihara burung hantu.

“Jika ada yang telah dipengaruhi oleh buku-buku saya dan berpikir burung hantu akan lebih bahagia tertutup dalam sangkar kecil dan disimpan di rumah, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengatakan bahwa, ‘anda salah’,” tuturnya..

Florence, Hiu Vegetarian Pertama di Dunia

Posted: 19 May 2012 11:56 PM PDT

 vegetarian shark

Florence, seekor hiu perawat yang dipercaya sebagai hiu vegetarian pertama di dunia

Seekor hiu di Birmingham National Sea Life Center telah mengejutkan para perawatnya dengan menjadi hiu vegetarian pertama di dunia.

Florence, seekor hiu perawat (nurse shark) berukuran enam kaki (1,8 meter), memulai hidupnya sebagai seekor ikan pemakan daging, tetapi setelah menjalani operasi pada tahun 2009 untuk mencabut kail yang menyangkut di rahangnya, Florence tiba-tiba berhenti memakan mangsa normalnya dan memilih memaka sayuran seperti seledri dan mentimun.

Bahkan, para perawatnya terpaksa menggunakan taktik licik untuk menambahkan protein ke dalam makanan Florence, diantaranya dengan menyembunyikan potongan ikan kedalam seledri, dan melubangi mentimun kesukaannya.

Graham Burrows, kurator di Birmingham National Sea Life Center berkata: “Kami harus menyembunyikan potongan ikan di dalam batang seledri, ketimun dan daun selada untuk dimakannya.”

“Dan ikan itu harus tersembunyi dengan baik, karena jika dia menyadari itu maka ia akan menolak makan dan menunggu untuk opsi vegetarian.” tambahnya.

Mulut Florence dipenuhi dengan gigi tajam yang dirancang untuk menghancurkan ikan dan krustasea. Namun saat ini ia menggunakan giginya untuk menggigit brokoli, kubis serta sayuran apapun yang bisa ia curi dari sesama penghuni tangki yaitu, Molokai, seekor penyu hijau.

Menurut Graham, saat pertama kali tiba dari Florida, Florence menolak untuk makan. Setelah dilakukan scan USG barulah diketahui bahwa ada sebuah kail yang tertancap jauh didalam mulutnya.

Florence kemudian menjalani operasi untuk mencabut kail tersebut dari dalam mulutnya.

‘Kail itu jelas telah ada selama bertahun-tahun dan sudah sangat berkarat, sehingga membuatnya begitu sakit. Dia kemudian diberikan antibiotik dan pulih dengan cepat.” jelas Graham.

Namun setelah dioperasi, Florence ternyata berhenti memakan mangsa normalnya, dan memilih menjadi vegetarian.

Zuckerberg Nikahi Tunangnya Dalam Upacara Rahasia

Posted: 19 May 2012 10:49 PM PDT

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg resmi menikahi tunangannya Priscilla Chan (dailymail)

Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg memperbarui statusnya menjadi ‘menikah’ pada hari Sabtu (19/05) sore.

Zuckerberg dan tunangannya Priscilla Chan (27) mengikat janji sehidup semati dalam sebuah upacara kecil di rumahnya di Palo Alto, California. Dan pasangan itu mengumumkan pernikahan mereka dengan cara yang mengejutkan, yaitu dengan mempostingnya di Facebook.

Pernikahan Zuckerberg ini berlangsung sehari setelah IPO (Initial Public Offering) Facebook, yang menjadi salah satu penawaran saham yang paling diantisipasi dalam sejarah Wall Street pada Jumat (18/05), yang membuat jejaring sosial trerbesar di dunia tersebut bernilai US$ 104 milliar.

Setidaknya, kurang lebih 100 orang tamu hadir dalam upacara pernikahan yang diadakan secara diam-diam di halaman belakang rumah Zuckerberg.

Dikutip dari Dailymail, para undangan mengira mereka akan merayakan kelulusan dari Priscilla Chan, dan baru diberitahu jika mereka sebenarnya akan menghadiri upacara pernikahan keduanya saat tiba di lokasi.

Diketahui, Priscilla Chan lulus dari sekolah kedokteran di University of California, San Fransisco, pada Senin (14/05), hari yang sama dimana Zuckerberg merayakan ulang tahunnya yang ke-28.

Kedua pasangan ini bertemu di Harvard, dan telah bersama selama lebih dari sembilan tahun.

Sebuah sumber di pernikahan mengatakan bahwa Zuckerberg sendiri yang merancang cincin ‘ruby’ untuk pernikahannya.

Tamae Watanabe Jadi Wanita Tertua yang Mendaki Gunung Everest

Posted: 19 May 2012 08:24 PM PDT

oldest woman to climb everest

Tamae Watanabe (73), menjadi wanita tertua yang mencapai puncak Everest, memecahkan rekornya sendiri

Seorang pensiunan berusia 73 tahun menjadi wanita tertua yang berhasil menkklukna puncak mendaki Gunung Everest, mengalahkan rekornya sendiri.

Tamae Watanabe, dari Jepang, mencapai puncak Everest yang menjulang setinggi 8.850 meter dari sisi utara gunung itu di Tibet, Sabtu (19/05) bersama empat anggota tim lainnya.

Sebelumnya, satu dekade yang lalu ia menjadi wanita tertua yang mencapai puncak guniung tertinggi di dunia tersebut pada usia 63 tahun, namun ia berhasil memecahkan rekor yang dibuatnya sendiri itu..

Ang Tshering dari China Tibet Mountaineering Association di Nepal mengatakan bahwa semua anggota tim berada dalam kondisi baik. dan sekearang mereka sedang dalam perjalanan kembali ke kaki gunung.

Watanabe dan timnya meninggalkan kamp terakhir yang terletak di ketinggian 8.300 meter pada Jumat (18/05) malam, dan mendaki sepanjang malam sebelum mencapai puncak gunung tersebut.

Kondisi cuaca lebih menantang tahun ini, mendorong beberapa ekspedisi untuk membatalkan rencana mereka untuk mencoba mencapai puncak Everest.

Mei dianggap sebagai bulan terbaik untuk mendaki Everest, ketika para pendaki mendapatkan sekitar dua kali cuaca baik untuk mendaki puncak gunung tersebut.

Orang tertua yang mendaki puncak Everest adalah Min Bahadur Sherchan asal Nepal, yang mencapai puncaknya pada tahun 2008 pada usia 76 tahun.

Studi : Diet Ternyata Aman Bagi Wanita Hamil

Posted: 19 May 2012 07:51 AM PDT

pregnant woman

Menurut studi, diet ternyata aman bagi wanita hamil

Diet pada masa kehamilan ternyata aman bagi wanita, dan tidak membawa risiko bagi bayi, menurut saran sebuah penelitian.

Analisis dari British Medical Journal, melihat temuan dari 44 studi sebelumnya yang melibatkan lebih dari 7.000 wanita.

BBC menulis bahwa tim yang berbasis di London mengatakan bahwa diet sehat, mencegah kenaikan berat badan berlebih dan mengurangi risiko komplikasi. Namun pedoman saat ini tidak menganjurkan diet atau pemantauan berat badan pada wanita hamil.

Sebelumnya, saran dari National Institute for Health and Clinical Excellence (NICE), yang diterbitkan pada tahun 2010 lalu, mengatakan: “Melakukan diet selama masa kehamilan tidak dianjurkan karena dapat membahayakan kesehatan anak yang belum lahir.”

Namun wanita disarankan untuk mencapai berat badan yang sehat sebelum mengandung.

Di Eropa dan Amerika Serikat, antara 20% dan 40% wanita memiliki berat badan lebih dari yang direkomendasikan selama kehamilan.

Dan berat badan yang tinggi ini terkait dengan komplikasi seperti pre-eklampsia, diabetes dan tekanan darah tinggi.

Review yang didanai oleh National Institute of Health Research (NIHR), dibandingkan diet, latihan atau kombinasi dari keduanya.

Saran diet didasarkan pada pembatasan asupan kalori, memiliki diet seimbang dan makan makanan seperti biji-bijian, buah-buahan dan sayuran.

Para peneliti kemudian melihat berapa berat badan yang diperoleh seorang wanita selama masa kehamilan mereka, dan apakah ada komplikasi selama masa tersebut.

Walaupun masing-masing pendekatan mengurangi berat badan wanita, namun diet memiliki efek terbesar dengan rata-rata penurunan hampir 4kg.

Dengan berolahraga, penurunan rata-rata berat badan hanya 0.7kg. Kombinasi diet dan olahraga menyebabkan penurunan rata-rata 1kg.

Wanita yang mengikuti diet kalori, secara signifikan mengurangi resiko mengembangkan komplikasi, namun para peneliti mengatakan temuan tersebut masih perlu diulang dalam penelitian yang lebih besar.

0 comments:

Post a Comment