Twitter

Monday, May 7, 2012

Manado Today

Manado Today


Akupunktur dan Hipnotis Dapat Bantu Hentikan Kebiasaan Merokok

Posted: 07 May 2012 01:22 AM PDT

berhenti merokok

Akupunktur dan Hipnotis merupakan cara alternatif untuk menghentikan kebiasaan merokok

Akupunktur dan hipnotis telah dipromosikan sebagai cara bebas obat-obatan untuk membantu perokok menghentikan kebiasaan mereka, dan telah ada beberapa bukti bahwa kedua cara ini bekerja, menurut sebuah review penelitian yang meinjau 14 studi internasional.

Para peneliti, yang temuan mereka muncul di American Journal of Medicine, mengatakan bahwa masih banyak pertanyaan, termasuk seberapa efektif terapi alternatif tersebut bekerja, dan bagaimana ukuran terapi ini melawan metode konvensional untuk berhenti merokok.

Namun kedua alternatif ini adalah sebagai pilihan bagi perokok yang bertekad untuk menghentikan kebiasaan burk mereka, kata tim peneliti yang dipimpin oleh Mehdi Tahiri dari Universitas McGill di Montreal, Kanada.

Secara umum, perokok yang ingin berhenti pertama kali harus mencoba pendekatan standar, yang meliputi terapi pengganti nikotin, obat-obatan dan konseling perilaku, tutur Tahiri.

“Tetapi beberapa orang tidak tertarik pada terapi obat-obatan. Lalu aku pikir kita harus merekomendasikan (akupunktur dan hipnotis) sebagai pilihan.” jelasnya sambil menambahkan bahwa dalam banyak kasus terapi standar tidak berhasil.

Para peneliti menemukan beberapa studi menunjukkan perokok yang menjalani terapi akupunktur lebih dari tiga kali, lebih mungkin untuk bebas dari tembakau enam bulan sampai satu tahun kemudian.

Demikian pula di empat percobaan hipnotis, perokok memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dengan terapi tersebut, dibandingkan dengan orang lain yang mendapat bantuan minimal.

Tapi ada beberapa peringatan menurut para peneliti. Tingkat keberhasilan dari kedua metode ini tidak konsisten dalam semua tes yang dilakukan, meskipun tren pengobatan alternatif ini telah meluas.

Sebuah studi pada 2008 silam yang menjalankan beberapa sesi akupunktur laser pada 258 perokok, ditemukan bahwa 55 persen yang sudah menerima pengobatan menghentikan kebiasaan merokok mereka dalam enam bulan, dibandingkan dengan empat persen perokok yang tidak diberi terapi tersebut.

Tapi sebuah penelitian tahun 2007 dari Taiwan meneliti akupunktur jarum di sekitar telinga, daerah yang biasanya ditargetkan untuk menghentikan kebiasaan merokok, melaporkan tingkat keberhasilan yang lebih rendah.

Hanya sembilan persen dari mereka yang diberi terapi akupunktur telah berhenti dari kebiasaan merokok setelah enam bulan, dibandingkan dengan enam persen yang berhenti merokok tanpa pengobatan tersebut.

Situasi yang sama juga terjadi di seluruh percobaan hipnotis. Dimana dua penelitian menunjukkan dampak yang signifikan: 20 sampai 45 persen pasien hipnotis bebas rokok enam bulan sampai satu tahun kemudian. Dan dua percobaan lainnya menunjukkan efek yang lebih kecil.

Meskipun demikian, Tahiri mengatakan, ada “tren” manfaat di semua penelitian akupunktur dan hipnosis.

“Yang pasti, masih ada pertanyaan tentang berapa banyak sesi akupunktur atau hipnosis yang mungkin diperlukan, atau teknik-teknik khusus.” tambahnya.

Polisi Rusia Tahan Ratusan Orang Demonstran

Posted: 06 May 2012 11:47 PM PDT

protes di rusia

Polisi anti huru-hara Rusia membubarkan para demonstran oposisi di pusat kota Moskow. (AP Photo/Sergey Ponomarev)

Sebuah demonstrasi oleh sedikitnya 20.000 orang pada malam pelantikan Vladimir Putin sebagai presiden Rusia berubah menjadi pertempuran dengan polisi pada Minggu (06/05), setelah beberapa demonstran mencoba memisahkan diri dari tempat yang disetujui dan bergerak menuju Kremlin.

Petugas kepolisan yang bersenjatakan pentungan dan helm menagkapi para demonstran dan kemudian mengangkut mereka kedalam kendaraan polisi, menyeret beberapa demonstran pada rambut dan leher, yang mengakibatkan beberapa demonstran terluka, termasuk seorang yang terlihat meneteskan darah dari kepalanya.

Tiga pemimpin gerakan oposisi yakni Sergei Udaltsov, Alexei Navalny dan Boris Nemtsov , termasuk diantara para demonstran yang ditangkap.

Foxnews menulis bahwa lebih dari 400 orang demonstran ditangkap, dan kepala badan investigasi Rusia mengatakan sedang mempertimbangkan pengajuan tuntutan pidana karena  menghasut kerusuhan terhadap beberapa dari anatara mereka. Polisi melaporkan bahwa 12 anggotanya terluka dalam aksi tersebut.

Protes pada hari Minggu tersebut mungkin mencerminkan rasa marah pengunjuk rasa karena Putin dengan mudah terpilih sebagai presiden baru Rusia.

Demonstrasi pada Minggu itu dimulai dengan damai, dimana para pengunjuk rasa berbaris di jalan dekat Kremlin. Ada yang mendorong kereta bayi dan ada pula yang membawa anak-anak mereka di pundak.

Beberapa demonstran bertujuan untuk menambah tekanan dengan mencoba memisahkan diri dan menuju ke Kremlin.

Ketika barisan polisi anti huru hara memblokir akses mereka ke jembatan yang mengarah ke Kremlin, para pengunjuk rasa membentuk rantai manusia dan meneriakkan “Ini kota kami” dan “Putin adalah pencuri.” Beberapa demonstran melemparkan batu ke polisi.

Setelah sekitar satu jam kemudian, polisi mulai mendorong mundur para pengunjuk rasa dan menahan sebagian dari para demonstran.

Polisi kemudian menahan para demonstran yang berunjuk rasa damai di alun-alun. Dua dari para pemimpin oposisi diseret saat berbicara kepada orang banyak, dan pemimpin oposisi yang ketiga ditangkap sebelum ia bisa naik ke panggung.

Lokasi demonstrasi penuh dengan pecahan kaca dan bercak darah. Namun juru bicara Putin, Dmitry Peskov, membela tindakan polisi tersebut.

Sebelum demonstrasi berubah menjadi kekerasan, beberapa demonstran mengakui bahwa kemenangan Putin pada pemilu Maret silam merupakan pukulan terhadap moral.

“Memang benar bahwa beberapa telah kecewa,” kata Yuri Baranov (46), spesialis teknologi informasi. Tapi “hal yang paling penting adalah bahwa orang telah terbangun dari hal itu.”

Pemberontak Culik Wartawan Prancis di Kolombia

Posted: 06 May 2012 11:15 PM PDT

Seorang anggota kelompok gerilya Kolombia mengatakan dalam sebuah video yang dirilis pada hari Minggu (06/05) bahwa mereka saat ini menawan seorang jurnalis asal Prancis, dan menganggapnya sebagai seorang tawanan perang.

“Wartawan Perancis Romeo Langlois, ditangkap dalam pertempuran dan mengenakan seragam militer, sekarang ada di tangan kita,” kata sang gerilyawan, yang mengidentifikasikan dirinya sebagai wakil dari Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia, atau FARC. “Dia adalah seorang tawanan perang.” tambahnya.

Video tersebut diposting di YouTube dan direkam oleh sepasang wartawan lepas, menurut Bloomberg News.

Pengakuan atas penangkapan Langlois terjadi meskipun FARC berjanji tahun ini untuk mengakhiri praktek lama kelompok tersebut yang melakukan penculikan untuk tebusan, dan bulan lalu melepaskan 10 tentara dan polisi yang telah ditahan selama 14 tahun.

Wakil FARC, yang mengidentifikasi dirinya sebagai seorang komandan skuadron, mengatakan bahwa Langlois terluka di satu lengannya, dan telah menerima perawatan medis.

Langlois adalah seorang wartawan freelance yang bekerja untuk saluran televisi Perancis, menemani militer dan polisi Kolombia pada tanggal 28 April lalu pada misi anti obat bius ketika mereka terlibat baku tembak dengan para pemberontak FARC. FARC dianggap sebagai kelompok teroris oleh Kolombia dan Amerika Serikat, dan salah satu pedagang obat bius besar.

Empat tentara Kolombia dan polisi tewas dalam pertempuran itu. Pihak berwenang Prancis mengatakan bahwa Langlois telah diculik, meskipun tidak jelas di mana dia ditahan.

Pekan lalu, Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos mengatakan FARC harus membebaskannya.

Seorang jenderal Angkatan Udara Kolombia mengatkan kepada AFP bahwa orang yang muncul di video itu dikenal sebagai anggota kelompok gerilya.

The Avengers Cetak Sejarah Box Office

Posted: 06 May 2012 10:38 PM PDT

rekor box office

The Avanger berhasil memecahkan rekor Box Office dengan pendapatan 1,847,767,500,000 trilliun rupiah

The Avengers, berhasil mencetak sejarah di box office dengan menghancurkan rekor pendapatan domestik di Amerika Serikat (AS) dengan debut 200.3 juta dolar atau 1,8 trilliun rupiah.

Capaian ini jauh melewati rekor sebelumnya yang dipegang seri final Harry Potter yakni The Deathly Hallows part 2 , yang hanya mampu meraup 169.2 juta dolar (Rp 1,5 trilliun) dalam debutnya pada akhir tahun lalu.

The Avengers menambahkan 151.5 juta dolar (hampir Rp 1,4 trilliun) di luar negeri selama akhir pekan, membawa total keuntungannya menjadi 441.5 juta dolar (Rp 4,07 trilliun) sejak ditayangkan secara internasional seminggu sebelumnya.

Yang membuat film ini meraup 641.8 juta dolar di seluruh dunia hampir seminggu setengah setelah penayangan perdananya, adalah karena tokoh-tokoh superhero dari Marvel seperti Iron Man, Thor dan Captain America.

“Jujur saja, saya kehabisan kata-kata. Setiap kali kita melihat, angkanya hanya menadi semakin besar dari yang awalnya kami harapkan, ” tutur Dave Hollis, kepala distribusi Disney.

Film ini disutradarai oleh Joss Whedon (Buffy the Vampire Slayer), dan The Avengers menampilkan Robert Downey Jr sebagai Iron Man, Chris Evans sebagai Kapten Amerika, Chris Hemsworth sebagai Thor, Mark Ruffalo sebagai Hulk, Scarlett Johansson sebagai Black Widow, Jeremy Renner sebagai Hawkeye dan Samuel L. Jackson sebagai Nick Fury.

Samantha Shannon, ‘The Next’ JK Rowling?

Posted: 06 May 2012 09:20 PM PDT

The Bone Season

Samantha Shannon (dailymail)

Seorang mahasiswa tingkat akhir Oxford mengikuti jejak penulis buku laris JK Rowling, setelah berhasil membuat kesepakatan terhadap enam buah bukunya dengan penerbit novel Harry Potter.

Samantha Shannon (20), telah menandatangani kontrak dengan penerbit Bloomsbury untuk merilis novelnya, The Bone Season, dan dua buah sekuelnya.

Namun dia ternyata tidak berencana untuk berhenti sampai disitu saja. Sama seperti yang dilakukan Rowling dengan seri Harry Potter-nya yang terkenal, Shannon telah memetakan seluruh petualangan yang nantinya akan tersebar di tujuh buah buku.

Bloomsbury, yang akan mengumumkan kesepakatan itu pada akhir pekan ini, akan senang jika novel milik Shannon ini dapat mengulang sukses seperti JK Rowling, Dimana seri Harry Potter miliknya telah terjual lebih dari 400 juta kopi di seluruh dunia.

Shannon berusia 15 tahun ketika mulai mencoba menulis novel pertamanya, dimana ia bekerja di dalam kamar tidurnya hingga 15 jam sehari.

Dia mengatakan bahwa rincian bukunya itu tersimpan di kepalanya dan tertulis dalam notebook miliknya.

Dailymail menulis bahwa karakter utama dalam petualangan futuristik Shannon mengisahkan tentang perjalanan Paige, seorang cenayang berusia 19 tahun, yang melarikan diri dari dunia kriminal.

Mengambil setting pada tahun di 2059, The Bone Season terinspirasi oleh ketertarikan sang penulis muda ini pada novel milik Margaret Atwood, yakni ‘The Handmaid’s Tale’ dan ‘Anthony Burgess’s A Clockwork Orange’, yang keduanya memiliki rezim represif sebagai latar belakangnya.

Shannon bermaksud menggunakan keuntungan atas kesepakatan dari bukunya untuk melunasi biaya sekolahnya.

Tapi dia mengatakan bahwa The Bone Season tidak pernah selesai ditulis jika ibunya Amanda, seorang mantan resepsionis klub kesehatan, tidak menghalanginya.

Ibunya khawatir terhadap kondisi Shannon karena ia menghabiskan terlalu banyak waktunya di dalam ruangan saat mencoba menulis novel pertamanya, Aurora, saat Shannon masih duduk di bangku sekolah.

“Mama selalu khawatir aku terjebak di kamar tidur, menulis dan menjadi terlalu lelah sehingga tidak dapat keluar,” kata Shannon kepada Sunday Times.

Setelah menyelesaikan Aurora, yang juga merupakan novel fantasi, pada tahun 2010 Shannon mengirimkannya kepada 10 agen dan semuanya menolak untuk menerbitkan novel tersebut.

Tapi dia bertekad untuk mencoba lagi dan mulai menulis The Bone Season, dan melakukan sebagian besar pekerjaan didalam kamarnya di St Anne, Oxford.

Shannon, yang tinggal di Ruislip, barat laut London, mengatakan bahwa ia merahasiakan proyek novelnya itu.

Dalam penuturannya, Shannon mengatakan bahwa ia mendapat inspirasi untuk plot saat bekerja selama satu bulan di daerah Seven Dials dari Covent Garden, di mana tujuh jalanan di pusat kota London bertemu.

‘Saya tertarik dengan jumlah tujuh, dan ini adalah sebagian alasan mengapa akan ada tujuh buku dalam seri novel saya, “tambahnya.

Editor kepala dari Bloomsbury, Alexandra Pringle membaca buku tersebut dan membelinya dengan segera.

The Bone Season akan diterbitkan pada bulan September 2013, tak lama setelah Shannon merayakan kelulusannya.

Sembilan Orang Tewas Dalam Kebakaran Sebuah Karaoke di Korsel

Posted: 06 May 2012 08:28 AM PDT

kebakaran di korsel

Korban yang tewas diyakini karena menghirup asap beracun

Sebuah kebakaran di bar karaoke di kota Busan, Korea Selatan, telah menyebabkan sedikitnya sembilan orang tewas, menurut keterangan polisi setempat.

Berdasarkan keterangan dari media-media lokal, korban yang tewas dalam kebakaran tersebut tiga orang diantaranya adalah warga negara Sri Lanka.

Selain menewaskan sembilan orang, kebakaran yang terjadi pada Sabtu (05/05) malam tersebut, juga melukai 25 orang lainnya.

Saksi melaporkan bahwa ia mendengar ledakan keras sebelum asap memenuhi bar.

Saat ini, penyebab kebakaran maut tersebut masih dalam penyelidikan pihak kepolisian setempat.

“Petugas pemadam kebakaran percaya api mungkin disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik,” kata seorang juru bicara polisi kepada AFP.

Pelanggan di bar tidak dapat menemukan jalan keluar karena asap, dan semua korban meninggal karena menghirup gas beracun, jelas polisi kepada kantor berita Yonhap.

Salah satu yang terluka dilaporkan berada dalam kondisi serius, tapi tidak ada korban yang lain diyakini mengalami kondisi yang dapat mengancam jiwa mereka.

Sekitar 20 unit mobil pemadam kebakaran dan 100 petugas berjuang memadamkan api dan berhasil memadamkannya sekitar pukul 22:00 waktu setempat, menurut laporan Yonhap.

0 comments:

Post a Comment