Twitter

Thursday, March 8, 2012

Sepakbola Online | Berita Sepakbola

Sepakbola Online | Berita Sepakbola


Barcelona Enggan Bertemu AC Milan

Posted: 07 Mar 2012 10:09 PM PST


Pelatih Barcelona, Pep Guardiola, kembali bersikap misterius menyangkut masa depannya di Camp Nou jelang kontraknya habis akhir musim nanti.


Usai Barca membantai Bayer Leverkusen 7-1 pada ajang Liga Champions, Rabu 7 Maret 2012, Guardiola tetap tertutup soal masa depannya, meski kabarnya tengah diminati klub Liga Primer Inggris, Chelsea.


"Hari Minggu adalah saat Barcelona memainkan laga berikut," ujar Guardiola pada Sky Germany. "Kita lihat apa yang akan terjadi di masa depan."


"Saya tidak akan mengatakan pada siapapun apa yang akan saya lakukan," imbuh sang entrenador.


Beralih ke siapa calon lawan yang ingin ia hadapi pada babak delapan besar Liga Champions, Guardiola mengatakan tidak berminat untuk kembali menghadapi AC Milan, setelah pertemuan mereka di fase grup.


"Kami tahu masih ada dua babak lagi sebelum mencapai final," jawab Pep.


"Benfica adalah klub yang penuh sejarah, dan Milan adalah tim yang paling tidak ingin saya hadapi," ungkap pelatih berusia 44 tahun itu.


"Saya juga ingin mengucapkan selamat pada APOEL. Langkah mereka mengatakan banyak soal sepakbola, mereka melakukan sesuatu dengan sangat baik untuk sebuah negara kecil. Siapa saja bisa mengalahkan siapa jika bermain bagus," tutup Guardiola.


Dengan kemenangan besar di Camp Nou, Barcelona melenggang ke fase berikutnya dengan agregat mutlak 10-2. Sedangkan APOEL berhasil mengandaskan wakil Prancis, Lyon, lewat adu penalti. (eh)

Guardiola: Messi Tampil Istimewa

Posted: 07 Mar 2012 10:04 PM PST


Pelatih Pep Guardiola akhirnya tersenyum lebar setelah Barcelona lolos ke perempat final Liga Champions dengan agregat menyakinkan. El Barca lolos setelah menyingkirkan Bayer Laverkusen pada leg kedua dengan skor 7-1. Dengan demikian, Barca lolos dengan agregat 10-2.


Selain gembira dengan lolosnya Barca, Pep juga memuji setinggi langit penampilan Lionel Messi. Pemain asal Argentina itu mencetak lima gol pada leg kedua di Camp Nou dini hari tadi.


"Malam ini kami menyaksikan salah satu penampilan (Lionel) yang paling istimewa. Saya menonton laga ini serasa mendapatkan hadiah," kata Pep seperti dilansir dari Soccerway.


Dengan torehan luar biasa itu, Messi telah mencetak sejarah baru sebagai pemain pertama yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan sejak format baru Liga Champions diperkenalkan tahun 1991-93. "Sekarang dia layak untuk dihormati karena dia melakukan sesuatu yang luar biasa," ujar Pep.


"Tidak mudah untuk mencetak lima gol dalam satu pertandingan. Dan, saya yakin jika dia ingin Messi bisa mencetak enam gol," imbuhnya.


Pep berharap, setelah timnya lolos ke perempat final bisa juga melaju ke babak selanjutnya. Sebab, langkah El Barca akan semakin berat karena tim-tim yang lolos ke perempat final adalah tim yang terbaik.


"Kami telah mencapai perempat final selama lima tahun terakhir. Ini benar-benar kompetisi paling indah. Kami harus berterima kasih kepada semua pemain dan staf di klub," terang dia. (eh)

VIDEO: Lima Gol Spektakuler Messi

Posted: 07 Mar 2012 10:01 PM PST

 

Penampilan cemerlang Lionel Messi pada leg kedua menghadapi Bayer Leverkusen telah membawa Barcelona melaju ke babak perempat final Liga Champions. Pemain asal Argentina itu menyumbang lima gol.


Dalam laga itu, Barca menang dengan skor telak 7-1. Lima gol dicetak oleh Messi dan dua gol dicetak oleh Cristian Tello. Dengan demikian, Barca lolos dengan agregat 10-2.


Menjamu Leverkusen di Camp Nou, Rabu 7 Maret 2012, Barca sudah berhasil unggul 2-0 di akhir babak pertama lewat gol yang diborong Messi. Striker Argentina ini membuka keunggulan di menit 26.


Messi kembali menjadi momok bagi tim tamu. Ia berhasil mencetak gol kedua di menit 42. Messi berhasil menari di kotak penalti Leverkusen sebelum melakukan sepakan terukur kaki kirinya. Bola menghujam deras ke gawang Leverkusen.


Di babak kedua, Barcelona tampil menggila. Pasukan Pep Guardiola ini tak mengendurkan serangan dan justru tampil agresif. Hujan gol pun mewarnai duel tak seimbang ini. Messi menjadi bintang setelah sukses menambah tiga gol di babak kedua.


Messi mencetak hattrick di menit 49 sekaligus membawa Barca memimpin 3-0. Gol tercipta setelah Messi mampu memanfaatkan umpan lambung Cesc Fabregas lewat sebuah sepakan lop guna melewati hadangan kiper Leno.


Cristian Tello yang masuk menggantikan Andres Iniesta berhasil memperbesar keunggulan Barca di menit 55. Lagi-lagi Fabregas memberikan assists matang untuk gol keempat Barca di pertandingan ini.


Selang tiga menit, Messi kembali menjadi mimpi buruk bagi gawang Leverkusen setelah sukses mencetak gol keempat. Barca sementara unggul 5-0. Pada menit 62 Tello kembali mencetak gol kedua sekaligus membuat Barca unggul 6-0.


Messi akhirnya mencetak gol kelimanya di pertandingani itu pada menit 85. Umpan satu dua dengan gelandang Seydou Keita, Messi langsung melepaskan sepakan kaki kiri yang gagal dihadang kiper Leno.


Torehan lima gol ini mencatatkan nama Messi sebagai pemain pertama yang mencetak lima gol di ajang Liga Champions. Leverkusen sempat mencetak gol hiburan di masa injury time lewat gol Karim Bellarabi. Barca akhirnya suseks menekuk Leverkusens 7-1.

Keluyuran Malam, Balotelli Didenda Mancini

Posted: 07 Mar 2012 09:56 PM PST


Sikap bengal Mario Balotelli kembali mendapat hukuman dari klubnya, Manchester City. Balotelli harus membayar denda setelah pulang pagi sebelum The Citizens bersua Bolton Wanderers, Sabtu 3 Maret 2012.


Hukuman denda yang dijatuhkan pada Balotelli ini disampaikan langsung oleh sang manajer Roberto Mancini. Dilansir yahoosport, Kamis 8 Maret 2012, Balotelli didenda sebesar gaji yang diterimanya dalam sepekan atau sekira 120 ribu pounds atau Rp 1,7 Miliar.


Menurut Mancini, denda ini dijatuhkan agar Balotelli bersikap profesional. Meskipun di pertandingan lawan Bolton, striker yang baru terbuang dari timnas Italia ini berhasil mencetak stu gol saat The Citizens menekuk Bolton 2-0.


"Saya sudah berbicara dengan Balotelli dan saya memberinya denda satu pekan gaji karena tindakan indisiplinernya," kata Mancini. Sang manajer juga menambahkan jika Balotelli telah menerima hukuman itu.


Balotelli memang dikenal sebagai salah satu pemain yang kerap bikin ulah. Alasan itu pula yang membuat pelatih timnas Italia, Cesare Prandelli mencoretnya dari timnas Italia saat bersua Amerika Serikat dalam laga persahabatan, Kamis 1 Maret 2012 lalu.

Voeller: Messi Telah Samai Pele & Maradona

Posted: 07 Mar 2012 09:51 PM PST

 


Lionel Messi memang fenomenal. Pemain 24 tahun ini terus menuai prestasi. Teranyar, dia sukses mencatatkan rekor sebagai pemain pertama yang mencetak 5 gol dalam satu pertandingan di Champions League.


Rekor tersebut dicatatnya saat Barca menggulung Bayer Leverkusen 7-1 di Camp Nou, Rabu 7 Maret 2012 atau Kamis 2012. Pujian langsung datang dari direktur olahraga Leverkusen, Rudi Voeller.

"Ini bukan hanya mengenai lima golnya hari ini. Dia telah menunjukkan hal ini bertahun-tahun. Sekarang dia telah menyamai level Pele dan Maradona," kata Voeller pada SAT.1.

"Kadang-kadang, Anda perlu berdiri di atas kaki Messi untuk menahannya dalam pertandingan," sambungnya.

Voeller juga kehabisan kata-kata dengan penampilan Barca yang sanggup menaklukkan timnya dengan skor telak. Barca lolos ke perempat final dengan agregat 10-2.

"Barca membuat kami tak berdaya di babak kedua. Mereka bertahan dengan baik dan memiliki pendekatan yang tepat," beber Voeller.

"Mereka bisa saja tertinggal 10 poin dari Real Madrid di La Liga, namun mereka adalah tim terbaik di dunia saat ini," tambahnya.

Incoming search terms:

Indomanutd: MU Harus Kalahkan Bilbao 2-0

Posted: 07 Mar 2012 09:47 PM PST

Pemain Manchester United, Wayne Rooney dan Rio Ferdinand (REUTERS/Eddie Keogh)

Manchester United akan mendapatkan ujian berat di babak 16 besar Liga Europa. MU akan melakoni ujian pertama dengan menjamu Athletic Bilbao pada leg 1 di Old Trafford, Kamis 8 Maret 2012 (Jumat dini hari WIB).


Tentu saja, bukan perkara mudah bagi MU menghadapi tim asal Spanyol itu. Apalagi, secara rekor pertemuan, kedua tim hanya tercatat dua kali bertemu di pentas Eropa.


Kali terakhir mereka bertemu pada 1957 di babak perempat final ajang European Cup yang sekarang beranama Liga Champions. Pada leg 1, Bilbao mampu mengalahkan MU dengan skor 5-3. MU lolos ke semifinal setelah pada leg 2 yang digelar di Old Trafford menang telak 3-0.


Meski pernah punya catatan bagus bermain di kandang sendiri, hal itu bukan jaminan MU mampu mengulang hasil 55 tahun lalu itu. Bilbao wajib diwaspadai oleh pasukan The Red Devils.


"Yang pertama harus waspada. Apalagi, mereka jarang bertemu. Tentu saja ini sangat sulit. Setidaknya dalam laga kandang MU bisa menang 2-0," harap moderator indomanutd.org, Indra Eka Permana kepada VIVAbola, Kamis 8 Maret 2012.


Dengan demikian, pada leg 2 yang akan digelar pada 15 Maret nanti di kandang Bilbao, MU datang tanpa tekanan. Apalagi, sejarah mencatat MU pernah kalah di kandang Bilbao dengan skor 3-5.


"MU tidak boleh lengah nanti. Makanya setidaknya harus bisa menang dua gol di kandang sendiri," kata Indra.


Sebelumnya, MU lolos ke putaran 16 besar setelah pada babak 32 besar sukses menyingkirkan Ajax Amsterdam dengan agregat 3-2. Sedangkan Bilbao lolos karena menang gol tandang atas Lokomotiv Moscow setelah agregat kedua tim sama 2-2. (one)

Conte: Ajaib Jika Juventus Scudetto

Posted: 07 Mar 2012 09:42 PM PST


Langkah Juventus untuk menyamakan poin dengan AC Milan gagal setelah hanya mampu bermain imbang 1-1 menghadapi Bologna dalam lanjutan Serie A dini hari tadi. Hasil imbang itu membuat Juventus hanya mengoleksi 52 poin dan masih menempati posisi dua di papan klasemen.


Padahal Juventus mempunyai kans besar untuk menyamakan poin jika saja mampu memperoleh hasil sempurna, tiga poin. Sebab, Juventus sebelumnya hanya selisih tiga poin dengan Milan yang saat ini memuncaki klasemen dengan 54 poin.


"Sayang sekali kami tidak bisa menang meskipun telah melakukan upaya yang terbaik. Para pemain memang tidak menyukai hasil imbang ini," kata Conte seperti dilansir dari Football Italia.


"Setelah Bologna mencetak gol, mereka bertahan dan melakukan serangan balik dengan memasang tiga pemain di depan, dan itu sangat berbahaya," imbuhnya.


Namun, hasil imbang ini tidak diratapi oleh pelatih Juventus, Antonio Conte. Ia menegaskan, Bianconeri tetap tidak kehilangan momentum karena laga Serie A masih panjang.


"Saya tidak berpikir kami akan jauh dari puncak klasemen, tidak sama sekali. Saya tidak berpikir itu benar, kami tidak kehilangan momentum setelah hasil laga ini," tegas dia.


Justru, menurut Conte, ada banyak pelajaran dalam laga ini. Ia menilai permainan Bologna memang sedang dalam performa terbaiknya. Meski Juventus mendapatkan tekanan, tapi anak asuhnya mampu mengatasinya dengan baik.


"Jika kami berhasil memenangkan Scudetto, itu akan menjadi sebuah keajaiban yang akan membuat kami sangat senang." tutur Conte. (eh)

Mancini Inginkan van Persie

Posted: 07 Mar 2012 09:37 PM PST

 

Manajer Manchester City Roberto Mancini menegaskan jika dirinya sangat menginginkan penyerang Arsenal Robin van Persie untuk bergabung dengan The Citizens di musim depan.


Banyak pihak yang meyakini jika pernyataan Mancini itu hanya ingin "menganggu" penandantanganan kontrak baru van Persie. Seperti yang diketahui, manajer Arsenal, Arsene Wenger sudah siap  menawari kontrak baru senilai £150 ribu atau sekitar Rp2 miliar seperti yang diminta sang kapten.


Menurut Mancini, kehadiran RvP bisa menambah daya gedor pasukan "Manchester Biru" itu. Di musim ini, ManCity sudah mempunyai empat striker termasuk Sergio Aguero dan Mario Balotelli.


"Robin adalah salah satu penyerang terbaik di ranah Eropa. Kami tertarik pada semua pemain kelas dunia. Menurut saya ini normal saja, saya yakin semua tim elit Eropa menginginkan RvP," ujar Mancini seperti dikutip Mirror Football.


Selain ManCity, klub Spanyol Real Madrid dan Barcelona juga dikabarkan menginginkan penyerang tim nasional Belanda itu.


Sebelumnya, banyak skuad Meriam London yang "dibajak" oleh Mancini. Salah satunya adalah Samir Nasri dan Kolo Toure yang sempat digadang-gadangkan akan menjadi legenda baru Arsenal.


Ini yang membyat Wenger marah dan berjanji tidak akan melepas pemainnya lagi ke ManCity. Tapi Mancini membela dengan mengatakan kepindahan Nasri dan Toure adalah keinginan mereka sendiri.


"Jika ada pemain yang ingin pindah dari klub mereka, kami pasti tertarik. Begitu juga dengan kasus dua pemain itu."


Meski begitu, Mancini tetap yakin jika van Persie akan menandatangani kontrak dan bertahan di Emirates Stadium.

Incoming search terms:

Blanc: Tak Ada Kontak dari Inter Milan

Posted: 07 Mar 2012 09:33 PM PST

 

Berita Inter Milan kini tengah mendekati Laurent Blanc akhirnya sampai ke telinga sang agen pelatih timnas Prancis itu. Agen Blanc merespon dengan mengatakan tak ada kontak dari kubu Nerazzurri.


Blanc kabarnya telah disiapkan presiden Inter Milan, Massimo Moratti sebagai pengganti Claudio Ranieri di musim depan. Blanc sendiri merupakan mantan pemain Inter dan hingga saat ini masih dicintai suporter La Beneamata.


"Tidak ada kontak dari Inter Milan," kata sang agen, Jean-Pierre Bernès kepada Radio Monte Carlo.


"Blanc dapat membuat beberapa pilihan karena dia sendiri yang dapat mengontrol masa depannya. Semua presiden klub tahu dia akan lowong setelah Euro 2012 dan menyisakan beberapa kemungkinan," lanjut Bernes.


Selain Blanc, Inter juga dikaitkan dengan nama Andre Villas-Boas yang baru saja dipecat sebagai manajer Chelsea. Mencuat pula nama mantan pelatih timnas Inggris, Fabio Capello dan Quique Sanchez Flores yang kini menukangi klub Dubai, Al Ahli.

Messi Cetak 5 Gol, Kata Rooney sampai Gullit

Posted: 07 Mar 2012 09:30 PM PST


 Pemain Barcelona, Lionel Messi mencatat sejarah baru sebagai pemain pertama yang mencetak 5 gol di ajang Liga Champions. Rekor fenomenalnya itu pun mendapat pujian dari Direktur Olahraga Leverkusen, Rudi Voeller. Menurut Voeller, Kemampuan Messi telah menyamai level Pele dan legenda Argentina, Maradona.


Tidak hanya Voeller yang memuji penampilan pemain kelahiran Rosario, Argentina tersebut. Beberapa pesepakbola Premier League dan legenda Premier League juga ikut memuji Messi lewat jejaring sosial Twitter.


Dari Wayne Rooney hingga Ruud Gullit buka mulut soal penampilan fenomenal pemain yang baru berusia 24 tahun itu.


Berikut sejumlah reaksi itu:


Wayne Rooney (Manchester United)
"Luar biasa Messi. Menurut saya, dia salah satu pemain terbaik dunia"


Jack Wilshere (Arsenal)
"Sangat menyenangkan bisa melihatnya bermain."


Michael Owen (Manchester United)
"Tidak cukup tua untuk melihat talenta-telenta muda. Tapi saya tidak percaya jika ada orang yang bisa memainkan sepakbola sama seperti Messi."


Steven Piennar (Everton)
"Barcelona bukanlah tim dari dunia ini. Messi adalah pemain terbaik dunia."

Nicklas Bendtner (Sunderland)

"Messi, terlalu luar biasa untuk menjadi nyata."

Rio Ferdinand (Manchester United)

"Messi sepertinya tidak tertarik di pertandingan ini!"


Tidak hanya mereka, beberapa mantan manajer seperti Graeme Souness, Ruud Gullit, Terry Venables juga menyatakan jika Messi adalah pemain terbaik dunia yang pernah ada.


Sedangkan legenda tim nasional Inggris, Gary Lineker menyatakan jika permainan Messi sangat luar biasa dan tidak familiar seperti kebanyakan pemain muda lainnya.


"Saya bermain bersama tim hebat seperti Liverpool di era 70' dan 80' yang menguasai Eropa. Tapi saya katakan kepada Anda jika Barcelona pasti bisa dengan mudah mengalahkan kami," tulis legenda Liverpool, Terry McDermott. (eh)

Incoming search terms:

10 Pemain Juventus Ditahan Imbang Bologna

Posted: 07 Mar 2012 04:27 PM PST

Marco Di Vaio jebol gawang Gianluigi Buffon (yahoosport)

Juventus harus kembali menuai hasil kurang memuaskan saat tandang ke markas Bologna, Stadion Renato Della'Ara, Kamis 8 Maret 2012. Juventus hanya mampu membawa sebiji poin usai ditahan imbang tuan rumah 1-1.


Ini menjadi hattrick hasil imbang yang dituai Juventus di pentas Serie A setelah sebelumnya juga ditahan imbang Chievo dan AC Milan. Tambahan satu poin ini juga menggagalkan ambisi Si Nyonya Tua menyamai torehan poin Milan yang memimpin klasemen Serie A. Juve kini mengoleksi 52 poin atau tertinggal dua poin dari Milan.


Tandang ke Stadion Renato Della'Ara, Kamis 8 Maret 2012, Juventus langsung tampil agresif sejak menit-menit awal. Namun Juventus justru harus kecolongan dengan gol striker veteran, Marco Di Vaio di menit 17.


Berawal dari umpan terobosan dari Gaston Ramirez, Marco Di Vaio berhasil mengecoh kiper Gianluigo Buffon sebelum akhirnya melepaskan tembakan keras dengan kaki kanannya. 1-0 Juventus tertinggal.


Juventus mencoba bangkit. Serangan demi serangan dibangun Andrea Pirlo dan kawan-kawan. Namun permainan disiplin dari pemain Bologna terbilang cukup efektif menggagalkan peluang-peluang dari Marco Borriello dan Mirko Vucinic. Hasilnya, hingga turun minum, skor tak berubah.


Di babak kedua, Juventus tak mengendurkan serangan. Namun lagi-lagi tuan rumah mampu mengancam lebih dulu. Beruntung, tembakan Ramirez di menit 48 masih melebar di atas mistar gawang Buffon.


Harapan Juventus kembali terbuka setelah Mirko Vucinic mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit 57. Vucinic berhasil memperdayai kiper Jean Gillet setelah memanfaatkan umpan terobosan dari Andrea Pirlo. Gol ini semakin melecut semangat Si Nyonya Tua.


Namun sayang momentum kebangkitan Juventus harus terganjal dengan dikartu merahnya Leonardo Bonucci di menit 80. Kontan tampil dengan 10 pemain daya gedor Juventus semakin berkurang. Hasilnya, hingga pertandingan usai skor sama kuat 1-1 ini tak berubah


Susunan Pemain
Bologna:
Jean Francois Gillet, Daniele Portanova, Mikael Antonsson, Andrea Raggi, Gaby Mudingayi, Diego Pérez, Matteo Rubin, György Garics (Kone, 66), Marco Di Vaio, Alessandro Diamanti (Pulzetti, 66'), Gaston Ramirez


Juventus: Gianluigi Buffon, Leonardo Bonucci, Martín Cáceres, Paolo De Ceglie, Stephan Lichtsteiner, Andrea Pirlo, Claudio Marchisio, Arturo Vidal, Mirko Vucinic (Giaccherini, 79'), Marco Borriello (Quagliarella, 79') , Simone Pepe

Incoming search terms:

Babak I, Messi 2 Kali Jebol Gawang Leverkusen

Posted: 07 Mar 2012 04:22 PM PST

Lionel Messi (kanan) (REUTERS/Albert Gea)

Lionel Messi berhasil memborong gol saat Barcelona mengungguli Bayer Leverkusen 2-0 hingga turun minum. Pada leg pertama babak 16 besar Champions League, Barca menang 3-1.


Bertanding di Camp Nou, Kamis 8 Maret 2012, seperti biasa Barcelona selalu tampil dominan dalam penguasaan bola. Namun, Messi dan kawan-kawan sempat dibuat frustasi dengan pertahanan berlapis Leverkusen.


Barca baru bisa membuka keunggulan di menit 26. Berawal dari sebuah serangan balik, bola sapuan Gerard Pique berhasil digapai Messi yang lolos dari jebakan off side. Merangsek ke kotak penalti, Messi berhasil memperdayai kiper Leverkusen, Bernd Leno. 1-0 untuk keunggulan Barca.


Messi kembali menjadi momok bagi tim tamu. Striker lincah Argentina ini berhasil mencetak gol kedua di menit 42. Messi berhasil menari di kotak penalti Leverkusen sebelum melakukan sepakan terukur kaki kirinya. Bola menghujam deras ke gawang Leverkusen. Keunggulan 2-0 ini akhirnya bertahan hingga turun minum.

Susunan pemain
Barcelona:
Victor Valdés, Javier Mascherano, Gerard Piqué, Adriano, Dani Alves, Sergio Busquets, Andrés Iniesta, Xavi, Cesc Fábregas, Lionel Messi, Pedro

Leverkusen:
Bernd Leno, Ömer Toprak, Daniel Schwaab, Michal Kadlec, Gonzalo Castro, Simon Rolfes, Stefan Reinartz, Lars Bender, Renato Augusto, Eren Derdiyok, Stefan Kießling

Babak I, Marco Di Vaio Jebol Gawang Juventus

Posted: 07 Mar 2012 04:17 PM PST

Striker Juventus, Marco Borriello (REUTERS/Giorgio Perottino)

Juventus untuk sementara tertinggal 1-0 dari tuan rumah Bologna dalam lanjutan Serie A. Gol semata wayang Bologna di babak pertama dicetak striker andalannya, Marco Di Vaio.


Tandang ke Stadion Renato Della'Ara, Kamis 8 Maret 2012, Juventus punya ambisi besar untuk menyalip AC Milan di puncak klasemen. Permainan agresif langsung diperagakan pasukan Antonio Conte.


Sayangnya, Juventus harus kecolongan di menit 17. Berawal dari umpan terobosan dari Gaston Ramirez, Marco Di Vaio berhasil mengecoh kiper Gianluigo Buffon sebelum akhirnya melepaskan tembakan keras dengan kaki kanannya. 1-0 Juventus tertinggal.


Juventus mencoba bangkit. Serangan demi serangan dibangun Andrea Pirlo dan kawan-kawan. Namun permainan disiplin dari pemain Bologna terbilang cukup efektif menggagalkan peluang-peluang dari Marco Borriello dan Mirko Vucinic. Hasilnya, hingga turun minum, skor tak berubah.


Susunan Pemain
Bologna:
Jean Francois Gillet, Daniele Portanova, Mikael Antonsson, Andrea Raggi, Gaby Mudingayi, Diego Pérez, Matteo Rubin, György Garics, Marco Di Vaio, Alessandro Diamanti, Gaston Ramirez

Juventus:
Gianluigi Buffon, Leonardo Bonucci, Martín Cáceres, Paolo De Ceglie, Stephan Lichtsteiner, Andrea Pirlo, Claudio Marchisio, Arturo Vidal, Mirko Vucinic, Marco Borriello, Simone Pepe

5 Gol Messi, Rekor Baru Champions League

Posted: 07 Mar 2012 04:13 PM PST

5 Gol Messi, Rekor Baru Champions LeagueSebelumnya Messi sempat mencetak 4 gol saat melawan Arsenal di Champions League 2009-10.Kamis, 8 Maret 2012, 06:22 WIB VIVAbola – Torehan 5 gol Lionel Messi ke gawang Bayer Leverkusen, Rabu 7 Maret 2012 atau Kamis dini hari WIB mencatatkan rekor tersendiri.

Pemain internasional Argentina ini tercatat sebagai pemain pertama yang mencetak 5 gol dalam satu pertandingan Champions League.

Lima gol dari Lionel Messi ditambah 2 gol Cristian Tello membuat Barca menang telak 7-1 di Camp Nou. Alzugrana pun melenggang ke babak perempat final dengan agregat 10-2.

Sebelumnya Messi sempat mencetak 4 gol saat melawan Arsenal di Champions League 2009-10. Saat itu ia menyamai rekor Alfredo Di Stefano, Ferenc Puskas dan Marco van Basten yang mencetak 4 gol dalam satu pertandingan di Champions League.

Musim ini Messi telah mencetak 12 gol di kompetisi Eropa, menyamai rekor gol Ruud van Nistelrooy menyamai rekor Ruud van Nistelrooy pada 2002-03 sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu edisi Champions League.

Lima gol bersejarah Messi saat melawan Leverkusen dicetak pada menit 25, 42, 49, 58, dan 84.

function suzuki_banner(act) {if (act == 'close') {$("#ads_regularsuzuki").show();$("#ads_expandsuzuki").hide();} else {$("#ads_regularsuzuki").hide();$("#ads_expandsuzuki").show();}}Loading Klasemen...

Defoe 2 Gol, Tottenham Depak Stevenage

Posted: 07 Mar 2012 04:10 PM PST

Para pemain Tottenham rayakan gol ke gawang Stevenage (REUTERS/Eddie Keogh)Tottenham Hotspur sukses melaju ke babak perempat final Piala FA. Hasil tersebut dipastikan setelah Spurs membungkam klub League One (Divisi III), Stevenage 3-1 dalam partai replay babak kelima, Rabu 7 Maret 2012 atau Kamis dini hari WIB.

Bermain di White Hart Lane, Spurs sempat dikejutkan oleh gol Joel Byrom pada menit keempat. Byrom sukses membawa Stevenage unggul lewat gol melalui titik penalti.

Spurs menyamakan kedudukan menit 26. Jermain Defoe mengecoh barisan pertahanan Stevenage dan sukses memperdaya kiper Chris Day.

Emmanuel Adebayor membawa Spurs berbalik unggul pada menit 55. Adebayor membobol gawang Stevenage melalui titik putih.

Jermain  Defoe kembali mencetak gol pada menit 75. Kali ini dia sukses memanfaatkan umpan Gareth Bale sebelum menjebol gawang tim tamu.

Skor 3-1 untuk keunggulan Spurs bertahan hingga laga usai. Di babak perempat final, Spurs akan menghadapi sesama wakil Premier League, Bolton Wanderers di White Hart Lane.

Starter                                                                               

Tottenham Hotspur: Cudicini, Nelsen, Dawson, Kaboul, Rose, Lennon, Parker, Kranjcar, Bale, Van der Vaart, Defoe.

Stevenage: Day, Henry, Ashton, Roberts, Laird, Wilson, Byrom, Bostwick, Charles, Beardsley, Shroot. Subs: Julian, Edwards, Long, Reid, Myrie-Williams, May, Winn.

Incoming search terms:

Deco: Barcelona Takkan Sama Tanpa Messi

Posted: 07 Mar 2012 04:05 PM PST

  Mantan gelandang Barcelona, Deco berpendapat Barca tak akan sama tanpa Lionel Messi. Menurutnya, permainan Barca tergantung pada pemain internasional Argentina itu.

Akhir pekan lalu, Blaugrana harus tampil tanpa Messi yang terkena akumulasi kartu. Barca pun akhirnya harus susah payah meraih kemenangan 3-1 atas Sporting Gijon.

"Leo sedang melangkah untuk menjadi salah satu pemain terbaik di dunia. Sudah lama sejak saya melihat pemain seperti dia," ujar Deco pada Marca.

"Dia membuat perbedaan dan dia membuat Barcelona jauh lebih hebat dibandingkan biasanya. Barcelona memiliki tim yang hebat namun tanpa Leo tak akan sama," sambungnya.

Deco sempat bermain bersama Messi saat memperkuat Barca dari 2004 hingga 2008. Dia juga sempat berlaga bersama Cristiano Ronaldo di timnas Portugal. Namun, saat ditanya siapa yang terhebat di antara keduanya, Deco kesulitan menjawab.

"Ketika Cristiano bermain bersama saya di tim nasional, dia masih muda. Begitu pun Messi, saat itu masih muda," kata Deco.

"Sulit untuk berkata siapa yang terbaik namun mereka ada dua pemain terbaik di dunia saat ini. Mereka adalah dua teman saya dan saya harap semuanya selalu berjalan baik untuk mereka," lanjut pemain yang kini membela klub Brasil, Fluminense ini.

Incoming search terms:

Mitra Waspadai Catatan Kandang Sriwijaya FC

Posted: 07 Mar 2012 04:00 PM PST

  Pemain Mitra Kukar Amsar Reza (FOTO ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

Mitra Kukar akan melakoni laga berat di pentas Liga Super Indonesia, Kamis 8 Maret 2012. Tim berjuluk Naga Mekes ini akan tandang ke markas Sriwijaya FC, Stadion Jakabaring, yang dikenal angker.


Kekalahan dua tim asal Kaltim yakni Persiba Balikpapan (5-0) dan Persisam Samarinda (3-1) di stadion kebanggaan warga Palembang itu menjadi barometer yang dijadikan Mitra Kukar mengintip kekuatan Sriwijaya FC.


Namun kubu Mitra Kukar juga punya ambisi untuk mengembalikan nama sepakbola Kaltim. Hal itu diungkapkan langsung oleh manajer Mitra Kukar Ronni Fauzan.


"Kita berharap bisa mencuri poin. Anak-anak berjanji tampil maksimal dan memberikan yang terbaik," kata Oni -- sapaan karib Ronni kepada VIVAnews.


Mitra Kukar sendiri tengah dalam kondisi terbaik. Torehan empat poin saat bersua Persisam dan Persija Jakarta dijadikan modal Mitra Kukar menantang Sriwijaya FC.


"Mereka memiliki pemain-pemain berbakat. Pemain depan berkelas dan mental bertanding yang luar biasa di kandang sendiri. Tetapi, pemain kita sedang dalam keadaan terbaiknya. Anak-anak akan bermain ngotot," kata Oni.

Laurent Blanc Kandidat Pengganti Ranieri

Posted: 07 Mar 2012 03:55 PM PST

   Presiden Inter Milan, Massimo Moratti kini dilaporkan sedang mencari pengganti posisi Claudio Ranieri. Salah satu nama yang dikabarkan akan menangani Inter adalah pelatih timnas Perancis, Laurent Blanc.

Berdasarkan laporan Le Parisien, Moratti sedang mempertimbangkan Blanc untuk menggantikan posisi Ranieri di akhir musim nanti.

Blanc bukanlah orang asing di Inter. Saat masih aktif bermain, pria yang berposisi sebagai bek ini sempat memperkuat La Beneamata pada tahun 1999-2001. Ia sukses mencetak 6 gol dari 83 penampilan bersama Inter  dan sempat meraih penghargaan Pirata d'Oro (pemain terbaik Inter) tahun 2000.

Blanc mengawali karir kepelatihannya pada 2007 di Bordeaux. Ia lalu menjadi pelatih timnas Perancis pada 2010 menggantikan Raymond Domenech. Kontrak mantan pemain Manchester United ini bersama Les Bleus akan habis usai Euro 2012.

Selain Blanc, Moratti juga dikabarkan mengincar mantan manajer Chelsea, Andre Villas-Boas yang belum lama dipecat. Namun Moratti sempat membantah kabar tersebut.

Posisi Ranieri di Giuseppe Meazza saat ini sedang tidak aman. Si Biru Hitam gagal meraih kemenangan dalam 9 pertandingan terakhir dan kini masih berada di urutan ketujuh klasemen sementara Serie A.

Arsenal Harus Pertahankan Momentum

Posted: 07 Mar 2012 03:52 PM PST

Arsenal Harus Pertahankan Momentum"Kami masih memiliki momentum dan kami yakin bisa bermain baik dalam sisa musim ini."Kamis, 8 Maret 2012, 05:43 WIB 


 Kiper Arsenal, Wojciech Szczesny berharap timnya bisa mempertahankan momentum setelah meraih hasil mengesankan saat melawan AC Milan dini hari tadi, Rabu 7 Maret 2012 dini hari WIB.


Dalam laga yang berlangsung di Emirates itu, The Gunners sanggup menang 3-0 meski akhirnya harus tersingkir dari Champions League karena kalah agregat 3-4.

"Momentum ini terus terjadi. Kami memenangkan dua laga fantastis di Premier League secara beruntun melawan Tottenham dan kemudian Liverpool," ungkap Szczesny seperti dilansir Soccerway.

"Kami meraih kemenangan besar di sini (melawan Milan). Ini belum cukup namun kami masih memiliki momentum dan kami yakin bisa bermain baik dalam sisa musim ini."

"Saya pikir kami mengirimkan pesan pada seluruh tim bahwa ketika kami bermain dalam penampilan terbaik, kami bisa mengalahkan siapapun di negeri sendiri dan di Eropa," tambah kiper asal Polandia itu.

Arsenal kini menempati posisi keempat Premier League dengan mengoleksi 49 poin dari 27 pertandingan. Selanjutnya pasukan Arsene Wenger akan menghadapi Newcastle United di Emirates, Senin 12 Maret 2012.

APOEL Singkirkan Lyon Lewat Adu Penalti

Posted: 07 Mar 2012 03:47 PM PST

 


APOEL Nicosia mencatat sejarah sebagai klub Siprus pertama yang melaju ke babak perempat final Champions League. Hasil ini dipastikan setelah mereka mengalahkan wakil Prancis, Olympique Lyon 4-3 lewat adu penalti, Rabu 7 Maret 2012.


Dalam laga yang berlangsung di GSP Stadium itu, skor 1-0 untuk keunggulan APOEL bertahan hingga 120 menit. Adu penalti akhirnya harus dilangsungkan karena agregat sama kuat 1-1.

APOEL membuka keunggulan saat laga memasuki menit kesembilan melalui gol Gustavo Manduca. Memanfaatkan umpan silang Charambides, Manduca sukses melepaskan tendangan yang gagal dibendung kiper Lyon, Hugo Lloris.

Usai gol tersebut tekanan gencar dilakukan kubu APOEL. Klub asa Siprus ini terus tampil mendominasi dan beberapa kali membahayakan pertahanan Lyon.

Di tengah gempuran para pemain APOEL, Lyon pun sempat membuat peluang berbahaya. Menit 30, peluang didapatkan oleh Michel Bastos. Menerima umpan dari Lisandro Lopez, Bastos melakukan sundulan yang hanya berada tipis di atas mistar gawang APOEL.

APOEL membalas lewat aksi Esteban Solari menit 39. Pemain asal Argentina itu melepaskan tendangan berbahaya. Namun upayanya masih sanggup digagalkan kiper Lloris.

Menit 56, APOEL nyaris saja menggandakan kedudukan. Umpan Helder Sousa disundul ke gawang sendiri oleh Aly Cissokho, namun masih belum sanggup menjebol gawang Lyon.

Lyon ganti membahayakan APOEL pada menit 72. Sundulan Lisandro Lopez masih bisa dimentahkan kiper APOEL, Dionisis Chiotis.

Sampai 90 menit berakhir tak ada tambahan gol tercipta. Dengan demikian agregat masih sama kuat 1-1, dan pertandingan harus memasuki perpanjangan waktu.

Pada saat perpanjangan waktu, Lyon tampil lebih agresif. Sedangkan APOEL beberapa kali lebih menurunkan tempo dan mencari kesempatan melakukan serangan balik.

APOEL harus bermain dengan 10 orang sejak menit 115. Sang pencetak gol, Gustavo Manduca menerima kartu kuning kedua. Namun sampai akhir pertandingan tak ada gol tambahan dan harus dilanjutkan dengan adu penalti.

Kiper APOEL, Dionisis Chiotis tampil gemilang saat adu penalti. Dua kali dia menggagalkan penalti pemain Lyon, yakni Lacazette dan Bastos. Sedangkan empat pemain APOEL sukses menunaikan tugasnya dengan baik. APOEL pun memastikan diri lolos ke babak perempat final.

Susunan Pemain

APOEL Nicosia: Dionisis Chiotis, Paulo Jorge, Marcelo Oliveira, Sawas Poursaitides, Helder Sousa (Nektarios Alexandrou 94'), William Boaventura, Constantinos Charalambides (Marcinho 77'), Gustavo Manduca, Nuno Morais, Ailton, Esteban Solari (Ivan Tri?kovski 75')

Olympique Lyon: Hugo Lloris, Anthony Reveillere, Sidy Kone, Cris, Aly Cissokho, Kim Kallstrom, Maxime Gonalons, Jimmy Briand (Alexandre Lacazette 101'), Ederson (Bafetimbi Gomis 74'), Michel Bastos, Lisandro Lopez

Incoming search terms:

Messi 5 Gol, Barcelona Gulung Leverkusen

Posted: 07 Mar 2012 03:44 PM PST

Andres Iniesta dan Lionel Messi (DAYLIFE)

Barcelona berhasil melaju ke babak perempatfinal Champions League setelah di leg 2 berhasil menggulung Bayer Leverkusen 7-1. Lionel Messi menjadi bintang setelah sukses mencetak lima gol. Dengan hasil ini, Barca berhasil unggul dengan agregat 10-2.


Menjamu Leverkusen di Camp Nou, Kamis 8 Maret 2012, Barca berhasil unggul 2-0 di akhir babak pertama lewat gol yang diborong Lionel Messi. Striker Argentina ini membuka keunggulan di menit 26.


Berawal dari sebuah serangan balik, bola sapuan Gerard Pique berhasil digapai Messi yang lolos dari jebakan off side. Merangsek ke kotak penalti, Messi berhasil memperdayai kiper Leverkusen, Bernd Leno. 1-0 untuk keunggulan Barca.


Messi kembali menjadi momok bagi tim tamu. Ia berhasil mencetak gol kedua di menit 42. Messi berhasil menari di kotak penalti Leverkusen sebelum melakukan sepakan terukur kaki kirinya. Bola menghujam deras ke gawang Leverkusen. Keunggulan 2-0 ini bertahan hingga turun minum.


Di babak kedua, Barcelona tampil menggila. Pasukan Pep Guardiola ini tak mengendurkan serangan dan justru tampil agresif. Hujan gol pun mewarnai duel tak seimbang ini. Messi menjadi bintang setelah sukses menambah tiga gol di babak kedua.


Messi mencetak hat-trick di menit 49 sekaligus membawa Barca memimpin 3-0. Gol tercipta setelah Messi mampu memanfaatkan umpan lambung Cesc Fabregas lewat sebuah sepakan lop guna melewati hadangan kiper Leno.


Cristian Tello yang masuk menggantikan Andres Iniesta berhasil memperbesar keunggulan Barca di menit 55. Lagi-lagi Fabregas memberikan assists matang untuk gol keempat Barca di pertandingan ini.


Selang tiga menit, Messi kembali menjadi mimpi buruk bagi gawang Leverkusen setelah sukses mencetak gol keempat. Barca sementara unggul 5-0. Pada menit 62 Tello kembali mencetak gol kedua sekaligus membuat Barca unggul 6-0.


Messi akhirnya mencetak gol kelimanya di pertandingani itu pada 85. Umpan satu dua dengan gelandang Seydou Keita, Messi langsung melepaskan sepakan kaki kiri yang gagal dihadang kiper Leno.


Torehan lima gol ini mencatatkan nama Messi sebagai pemain pertama yang mencetak lima gol di ajang Champions League. Leverkusen sempat mencetak gol hiburan di masa injury time lewat gol Karim Bellarabi. Barca akhirnya suseks menekuk Leverkusens 7-1.


Susunan pemain
Barcelona:
Victor Valdés, Javier Mascherano, Gerard Piqué, Adriano, Dani Alves, Sergio Busquets, Andrés Iniesta, Xavi, Cesc Fábregas, Lionel Messi, Pedro

Leverkusen:
Bernd Leno, Ömer Toprak, Daniel Schwaab, Michal Kadlec, Gonzalo Castro, Simon Rolfes, Stefan Reinartz, Lars Bender, Renato Augusto, Eren Derdiyok, Stefan Kießling

Incoming search terms:

Pelatih Deltras Lega Akhiri Rekor Buruk

Posted: 07 Mar 2012 10:23 AM PST

 

Pelatih Deltras Sidoarjo, Jorg Peter Steinburner, lega paceklik kemenangan timnya di ajang Indonesia Super League (ISL) berakhir usai mengalahkan PSAP Sigli 2-1 di Gelora Delta Sidoarjo, Rabu 7 Maret 2012.


Deltras menjamu PSAP dengan rekor buruk di belakangnya. Tim berjuluk The Lobster tersebut harus menelan delapan kekalahan beruntun sebelum menghadapi PSAP. Tapi, Deltras akhirnya sukses mengakhiri rekor buruk tersebut.


Deltras sudah unggul dua gol di babak pertama melalui M Fakhrudin di menit 24 dan Sean Daniel Rooney menit 29. PSAP hanya mampu membalas satu gol melalui pemain asal Korea Selatan, Wook Jin You, menit ke-63.


Kemenangan ini membuat Steinburner lega. "Semua pemain tampil luar biasa. Permainan seperti ini yang saya harapkan dari tim ini," ujar pelatih asal Jerman itu usai pertandingan.


Steinburner kemudian memuji penampilan Fakhrudin yang absen di laga sebelumnya menghadapi PSMS Medan. Menurut Steinburner, kehadiran mantan pemain Arema Indonesia itu membuat serangan Deltras semakin tajam.


"Dia (Fakhrudin) punya skill bagus. Seharusnya kami bisa sapu bersih jika tim ini tampil lengkap. Namun, Rooney dan Amos Mara juga bermain bagus di pertandingan ini," terang Steinburner.


Sementara itu, asisten pelatih PSAP, Noviar Rusly, menegaskan timnya banyak dirugikan oleh keputusan wasit. "Banyak pelanggaran yang dilakukan tuan rumah, tetapi tidak di peluit. Ini membuat mental pemain kami rusak. Kami banyak mendapat peluang, terutama pada babak kedua. Sayang tidak bisa maksimal," papar Noviar.

Incoming search terms:

Tekuk Myanmar, Brunei Tantang Indonesia

Posted: 07 Mar 2012 10:18 AM PST

Pemain Brunei Darussalam merayakan keberhasilannya masuk final (yahoosport)

Tuan rumah Brunei Darussalam U-21 secara mengejutkan mampu menumbangkan Myanmar U-21 dengan skor 3-2 di babak semi final Hassanal Bolkiah Trophy (HBT) 2012. Dengan kemenangan tersebut, Brunei bakal bertemu Indonesia U-21 yang telah memastikan diri lolos ke babak final.


Dalam laga semifinal yang berlangsung di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan tadi malam, Rabu 7 Maret 2012, tim tuan rumah Brunei sebetulnya sempat tertinggal satu angka terlebih dahulu dari Myanmar.  Jawara Grup A tersebut leading lewat gol Yan Aung Win di menit 37.


Brunei kemudian membalas dengan gol Md Nurikhwan bin Othman yang dicetak menit ke-37. Usai menyamakan kedudukan, serangan tim tuan rumah terus meningkat. Skor sama kuat 1-1 bertahan hingga jeda babak pertama.


Memasuki babak kedua, tim tuan rumah langsung berinisiatif menyerang. Brunei kembali memimpin perolehan skor lewat gol Md Azwan Bin Ali Rahman di menit 64. Myanmar yang diprediksi bakal menang mudah atas Brunei bahkan kembali kecolongan lewat gol Adi bin Said menit 79 lewat titik putih penalti.


Berbalik unggul 3-1 atas Myanmar tidak membuat skuad Brunei mengendurkan serangan. Sayangnya upaya menambah pundi-pundi gol tidak bisa berjalan mulus. Myanmar bahkan memperkecil ketertinggalan lewat gol  Kyaw Zayar Win di masa injury time sekaligus merubah kedudukan menjadi 3-2. Gol tersebut sekaligus mengantarkan Kyaw menjadi topscorer sementara HBT 2012 dengan 5 gol.


Dengan hasil tersebut, Brunei memastikan langkah ke final. Di partai puncak, Brunei sudah ditunggu Indonesia yang terlebih dahulu mendapatkan tiket final setelah menggusur Vietnam 2-0. Dua gol Indonesia diukir Miko Hardianto, dan Andik Vermansyah. Andik sendiri saat ini berhasil membukukan 4 gol, dan masih memiliki kesempatan menjadi top scorer menggeser Kyaw Zayar Win yang mengoleksi 5 gol.

Ditawari Gaji Tinggi, Podolski Bergeming

Posted: 07 Mar 2012 10:15 AM PST

 


Lukas Podolski mengatakan uang bukanlah pertimbangan utama dirinya dalam menentukan klub selanjutnya jika meninggalkan FC Koeln.  Baginya ada hal lain yang lebih penting dibandingkan uang.


"Uang bukanlah hal terpenting bagi saya. Hal yang penting adalah pengembangan permainan saya," kata Podolski pada Sport-Bild.

Pemain internasional Jerman ini memiliki kontrak di Koeln hingga Juni 2013. Meskipun Koeln telah memberikan tawaran dengan gaji besar untuk membujuknya bertahan, spekulasi menyebut ia akan hengkang pada akhir musim ini.

Beberapa klub dikabarkan berani menawar pemain 26 tahun ini dengan harga tinggi. Dua klub Moskow dilaporkan memberikan tawaran besar. Menurut Sport-Bild, Lokomotiv Moskow dan Anzhi Makhachkala siap memberikan kontrak selama 4 tahun dengan gaji 16 juta euro per musim.

Tawaran lebih kecil diberikan oleh Arsenal. The Gunners hanya bersedia membayar Podolski 6 juta euro per tahun. Namun itu tak menutup kemungkinan ia bergabung dengan Arsenal, karena ia ingin bergabung dengan klub yang memberikan tantangan menarik

Podolski bergabung dengan Koeln dari Bayern Munich pada 2009. Tiga musim bersama Koeln, ia sukses menjaringkan 33 gol dari 87 penampilan.

Menanti Akhir Dinasti Arsene Wenger

Posted: 07 Mar 2012 10:10 AM PST

  Arsene Wenger (REUTERS/Eddie Keogh)

Tersingkir dari 16 besar Liga Champions, membuat Arsenal hampir pasti menutup musim tanpa gelar untuk tujuh tahun beruntun. Pantaskah The Gunners masih mempercayakan Arsene Wenger sebagai manajer musim depan?


Arsenal tampil impresif saat leg kedua babak 16 besar Liga Champions melawan AC Milan di Stadion Emirates, Rabu 7 Maret 2012 dini hari WIB. Tim asal London Utara itu sudah unggul 3-0 di akhir babak pertama melalui Laurent Koscielny, Tomas Rosicky dan penalti Robin van Persie.


Arsenal sebenarnya tinggal membutuhkan satu gol lagi di babak kedua untuk setidaknya memaksakan pertandingan ke babak tambahan. Pasalnya, Arsenal tumbang 0-4 pada leg pertama di San Siro. Sayang, hingga akhir pertandingan Arsenal gagal menambah gol.


Tersingkir dari Liga Champions membuat Arsenal menuju tahun ketujuh tanpa gelar. Pasalnya, mereka sudah tersingkir dari ajang Piala FA dan hanya berada di posisi keempat Premier League. Dengan menyisakan 11 pertandingan, dan tertinggal 17 poin dari Manchester City di puncak klasemen, Arsenal butuh mukjizat untuk merebut gelar Premier League musim ini.


"Penampilan kami menunjukkan semangat fantastis dan kami mengembalikan harga diri setelah leg pertama. Sayangnya kami harus tersingkir. Kami memiliki banyak peluang, kami terus mencatat tren kemenangan dan sayangnya kami harus membayar hasil buruk di leg pertama," ujar Wenger usai pertandingan seperti dilansir Sky Sports.

Manajer Ajaib


Melihat keberadaan Wenger di Arsenal memang cukup mengherankan. Dengan paceklik gelar dalam tujuh tahun terakhir, arsitek 62 tahun tersebut tetap mampu mempertahankan jabatannya di Emirates. Nasib berbeda harus dirasakan manajer-manajer yang menukangi Chelsea atau Liverpool.


Chelsea misalnya. Sejak kedatangan Wenger ke Arsenal pada 1996, klub berjuluk The Blues itu sudah berganti pelatih sebanyak 12 kali. Yang terakhir adalah Roberto Di Matteo yang menggantikan peran manajer terdepak, Andre Villas-Boas.


Sedangkan Liverpool sudah berganti manajer lima kali sejak kedatangan Wenger di Arsenal. Praktis, The Professor hanya kalah dari Sir Alex Ferguson status untuk manajer terlama menangani sebuah klub di Premier League.


Arsenal tetap mempercayakan Wenger meski tidak pernah meraih gelar sejak menjuarai Piala FA pada 2005. Bayangkan jika Wenger melatih Chelsea atau Liverpool, mungkin saat ini dia sudah melatih klub lain saat ini.


Wenger memang terbilang manajer ajaib. Didatangkan dari klub asal Jepang Nagoya Grampus Eight pada musim 1996/1997, kedatangan Wenger sempat menjadi perbincangan. Arsenal dianggap telah mendatangkan manajer dari negeri antah-berantah. Bahkan suratkabar Evening Standard mengeluarkan headline 'Arsene Who?' atau 'Wenger Siapa?'.


Namun, Wenger langsung menghapus keraguan publik Inggris dengan mempersembahkan gelar Premier League di musim berikutnya. Pelatih kelahiran Strasbourg, 22 October 1949, itu kemudian mengantarkan Arsenal juara Premier League musim 2001/2002 dan 2003/2004.


Empat gelar Piala FA juga dipersembahkan Wenger pada 1998, 2002, 2003 dan 2005. Empat trofi Community Shield juga direbut Arsenal di bawah asuhan Wenger pada 1998, 1999, 2002 dan 2004.

Faktor David Dein


Aktor utama kedatangan Wenger ke Arsenal adalah mantan Wakil Presiden Arsenal, David Dein. Saat itu Dein mendapat masukan dari Gerard Houllier yang ketika itu menjadi Direktur Teknik Federasi Sepakbola Perancis (FFF).


Duet Wenger dan Dein tidak bisa dipungkiri menjadi kunci sukses keberhasilan Arsenal. Pasalnya, Dein merupakan penghubung Wenger dengan dewan pimpinan The Gunners. Dein juga orang yang memenuhi permintaan transfer Wenger, seperti mendatangkan Patrick Vieira, Marc Overmars, Dennis Bergkamp, Nicolas Anelka, Robert Pires hingga Thierry Henry.


Seiring dengan kepergian Dein pada 2007, prestasi Arsenal mulai tertinggal jauh dari rival utama seperti Manchester United dan Chelsea. Terutama dalam hal kualitas dan pembelian pemain.


Arsenal hanya mampu mendatangkan pemain-pemain kelas medioker seperti Laurent Koscielny, Sebastien Squillaci, Marouane Chamakh dan Gervinho. Tanpa Dein, Arsenal kesulitan mendatangkan pemain bintang dan berpengalaman, seperti Xabi Alonso dan kiper Mark Schwarzer.


Kondisi tersebut semakin diperburuk dengan hengkangnya pemain-pemain kunci seperti Samir Nasri, Cesc Fabregas dan Gael Clichy. Ketiganya hengkang setelah Arsenal gagal meraih gelar sejak 2005 silam.

Desakan Suporter


Kekesalan fans terhadap paceklik gelar Arsenal semakin menjadi-jadi musim ini. Kinerja Wenger pun mulai dipertanyakan. Terlebih dengan tindakan Wenger yang tidak memanfaatkan dana £50 juta (setara Rp720 miliar) untuk melakukan pembelian bintang.


Praktis tidak ada pemain bintang yang dibeli Wenger musim ini. Arsenal hanya mendatangkan Per Mertesacker, Mikel Arteta, Andre Santos dan Gervinho musim ini. Kondisi tersebut membuat fans Arsenal yang tergabung dengan The Arsenal Supporters' Trust (AST) marah besar.


Selama ini Wenger memang dikenal sebagai pelatih yang pelit dan fokus pada pemain muda. Namun, kali ini AST menilai tindakan Wenger sudah kelewatan dengan tidak membeli pemain bintang untuk menggantikan peran Fabregas dan Nasri. Terlebih Arsenal sudah menaikkan harga tiket hingga 6,5 persen musim ini.


"Kami akan bertanya di akhir musim apakah Arsene Wenger masih jadi orang yang tepat untuk pekerjaan ini, tapi sepanjang musim ini, kami selalu mendukung manajer dan tim. Itu filosofi kami dan tidak pernah berubah," ujar perwakilan AST, Tim Payton.


Payton juga menilai Arsenal membayar pemain yang tidak sepadan kemampuannya. Bahkan musim ini Arsenal mengeluarkan dana 40 persen lebih banyak daripada Tottenham Hotspur, yang saat ini berada satu tingkat lebih baik daripada Arsenal di klasemen Premier League.


"Kita mengeluarkan uang terlalu banyak untuk gaji. Kita memberi gaji terlalu tinggi untuk pemain yang bisa kita depak," tegas Payton.


Kondisi ini membuat Wenger harus bekerja keras untuk memberi kesan terbaik di akhir musim. Setidaknya Arsenal bisa mempertahankan posisi empat besar di akhir musim dan berlaga di Liga Champions musim ini. Jika gagal bermain di Liga Champions, kemungkinan besar Wenger harus terdepak dari Emirates.(irb)

Incoming search terms:

0 comments:

Post a Comment