Setelah membulatkan tekat akhirnya saya memutuskan untuk membangun web secara berbayar, dan alhamdulillah ternyata dibarengi dengan do'a. akhirnya terciptalah blog baru saya alamatnya di "yufikrosidi.web.id" blgo ini adalah blog berbayar pertama saya yang masih dalam tahap uji coba.  namun memang sedikit mengecewakan. karena kapasitas yang hanya 5MB tersebut tidak dapat menampung wordpress.org yang begitu besar.

pada awalnya saya hanya mencoba membuat wordpress dengan kapasitas yang begitu sedikit saya kira sudah cukup untuk menampung sebuah blog. ternyata dengan kapasitas tersebut kita hanya bisa membuat blog dengan CMS Drupal, tidak untuk wordpress dan joomla. saya salah menganggap bahwa dengan kapasitas tersebut saya bisa memanfaatkannya untuk membuat wordpress.org.

setelah beberapa hari mencari ke google ada beberapa teman yang menyarankan untuk meningkatkan kapasitas serta bandwitch dan space dari hosting saya, saya pun memutuskan untuk meningkatkannya dengan kapasitas 10MB maklum karena dana dari umat masih dalam keadaan kritis, setelah saya upgrade menjadi 10MB saya pun mencoba CMS dengan wordpress.org. dan alhamdulillah berhasil.

hari-hari saya lewati untuk ngeblog, mungkin pada pertama kalinya saya senang sekali karena bisa ngeblog berbayar dengan wordpress.org namun karena aturan yang diberikan oleh penyedia hosting yang terlalu ketat. harus begini dan begitu. sedangkan ilmu yang saya peroleh dari ngeblog tidak sama dengan yang saya alami, maka saya harus berusaha lebih keras untuk mempelajarinya.

ternyata tidak semudah yang saya bayangkan, menggunakan blog berbayar dan blog gratisan. namun saya bersyukur karena dengan begitu saya bisa belajar banyak. hingga dua bulan tidak terasa blog saya sudah memiliki banyak posting. kira-kira 25 posting. dengan pengunjung yang hanya 15 orang bulan. beda jauh sekali dengan blog gratis punya saya yang mendapatkan pengunjung lebih dari 80 orang sehari.

alangkah terkejutnya saya ketika menginjak bulan ketiga. ternyata space dari hosting saya melampaui jalur. entah mengapa. hingga akhirnya saya menghapus seluruh posting dan ternyata saya terlambat. hosting terpaksa menjatuhkan sanksi kepada saya. akhirnya saya memutuskan untuk pindah hosting.

dengan modal dari blogspot.com saya membeli hosting dari Dracoola. awalnya saya sendiri ragu untuk menjatuhkan kepercayaan saya pada hosting ini, karena hosting ini di anggap tidak baik. namun setelah saya pikir kembali mengapa tidak mencoba, kalau memang sewaktu-wakt nanti terdapat beberapa keanehan, dengan senang hati saya akan berpindah. karena sewa hosting tersebut bisa untuk tiga bulan, jadi saya training untuk tiga bulan. namun sampai sekarang masih baik-baik saja. dan alhamdulillah blog saya jadi dengan nama "wongwet.com" .

saya ambil nama tersebut karena saat itu saya masih dalam keadaan ruwet. dan karena masih sibuk mengurusi blog wongwet.com tersebut saya meminta maaf jika banyak komentar yang tidak bisa saya jawab. dan sedikit saran untuk sahabat yang memang benar-benar ingin berpindah ke hosting berbayar. pelajari lebih dahulu, dan jangan terburu-buru. jika memang sudah merasa bisa, maka gunakan hosting dan domain gratis dulu jika sudah benar-benar berhasil maka tinggal pindahkan saja hosting ada ke berbayar.

itu ceritaku apa cerita mu (jadi ingat INDOMIE)