Twitter

Tuesday, July 17, 2012

Manado Today

Manado Today


Saham Anjlok, Nokia Lumia 900 Dipangkas Setengah Harga

Posted: 16 Jul 2012 09:11 PM PDT

Nokia smartphone Lumia 900

Nokia Lumia 900 dimaksudkan untuk menjadi ponsel yang akan kembali membawa kemenangan Nokia ke pasar smartphone, namun dipaksa untuk memotong harganya hingga setengah hanya beberapa minggu setelah peluncuran

Ponsel ini dianggap sebagai andalan Nokia untuk menantang dominasi Apple iPhone dan Samsung dengan seri Galaxy S miliknya dalam pasar ponsel pintar atau smartphone.

Namun, mantan raksasa ponsel dunia asal Finlandia itu dipaksa untuk memotong harga Lumia 900 miliknya hingga setengahnya, dalam waktu hanya beberapa minggu setelah peluncuran.

Harga ponsel Lumia 900 Windows di Amerika Serikat (AS) kini telah berkurang menjadi US$ 49,99 dari harga sebelumnya yakni US$ 99 dengan kontrak dua tahun, menurut juru bicara Nokia, Keith Nowak pada Minggu (15/07).

Setelah menjadi pemain utama di pasar ponsel, Nokia gagal menghasilkan smartphone untuk bersaing dengan rival seperti Apple, Samsung dan HTC.

Perusahaan ini dikritik karena terlambat untuk merangkul smartphone dan telah tertinggal sejak saat itu. Dan Nokia juga telah kehilangan pangsa pasar di ponsel murah.

Jadi aliansi perusahaan itu dengan Microsoft, dengan menciptakan ponsel yang menjalankan software Windows, dimaksudkan untuk meremajakan perusahaan. Tetapi gagal untuk menangkap imajinasi publik sejauh ini.

Nowak mengatakan bahwa pemotongan harga ini ‘adalah bagian dari manajemen siklus yang berkelanjutan’, yang dilakukan secara bersama-sama antara Nokia dan operator pelanggan.

Dengan layar 4,3 inci, prosesor 1.4-gigahertz serta kamera 8-megapiksel, Nokia Lumia 900 menggunakan perangkat lunak dari Microsoft Corp yang sebagian besar belum dicoba.

Penjualannya lambat, dan Nokia kembali terpukul saat Microsoft mengatakan bahwa ponsel saat ini tidak akan mampu untuk berjalan di perangkat lunak terbaru mereka Windows 8.

Bulan lalu, Nokia mengatakan akan memangkas 10.000 karyawannya, dan bisnis handset akan mencatat kerugian lebih besar dari perkiraan triwulan. Bahkan, tiga lembaga kredit utama telah menurunkan peringkat Nokia dengan status ‘sampah’.

Saham Nokia ditutup pada Jumat di kisaran 1,51 euro, setelah awal pekan ini jatuh ke titik terendah mereka sejak pertengahan 1990-an.

0 comments:

Post a Comment