Twitter

Saturday, March 10, 2012

Sepakbola Online | Berita Sepakbola

Sepakbola Online | Berita Sepakbola


Nazar Unik David De Gea

Posted: 10 Mar 2012 12:09 AM PST


Ada-ada saja nazar yang dilakukan David De Gea. Kiper Manchester United itu bernazar tidak akan memotong jenggotnya hingga MU merebut gelar Premier League atau timnas Spanyol meraih medali emas di Olimpiade 2012


Meski baru 21 tahun, De Gea memang terkenal senang memelihara jengot. Hal tersebut sudah dilakukannya sejak membela Atletico Madrid. Dan De Gea semakin terobsesi terhadap jenggotnya.


De Gea tidak akan memotong jenggotnya hingga Manchester United meraih gelar Premier League. Jika gagal, maka nazar tersebut dipertahankannya hingga timnas Spanyol meraih medali emas di Olimpiade 2012, Agustus 2012 mendatang.


De Gea menegaskan kekasihnya yang merupakan penyanyi asal Spanyol, Edurne Garcia, mendukung keinginannya tersebut.


"Jenggot ini membuat saya dan pacar senang. Saya ingin mempertahankannya hingga MU memenangkan Premier League, atau timnas Spanyol juara di Olimpiade," ujar De Gea seperti yang dilansir The Sun.


Nazar yang dilakukan De Gea memang aneh. Bayangkan jika MU tidak menjuarai Premier League dan timnas Spanyol gagal di Olimpiade tahun ini, maka De Gea tidak akan memotong jenggotnya hingga tahun depan, atau hingga kedua tim juara.

City Ingin Juara & Lewati Rekor Chelsea 2005

Posted: 10 Mar 2012 12:05 AM PST

Roberto Mancini (REUTERS/Giampiero Sposito)

Persaingan untuk memperebutkan gelar Premier League musim ini semakin sengit. Dengan 11 laga tersisa, kini hanya duo Manchester yang berpeluang besar meraih trofi di kompetisi paling bergengsi ranah Inggris ini.


Hingga pekan 27, Manchester City masih memuncaki klasemen dengan mengantongi 66 poin. Unggul dua poin dari Manchester United di posisi 2 yang baru mengumpulkan 64 poin.


Untuk mengamankan gelar Premier League musim ini, manajer City, Roberto Mancini menargetkan untuk mengakhiri kompetisi dengan mengantongi 99 poin alias menyapu bersih 11 laga tersisa.


"Kami memiliki 66 poin dan ada 33 poin tersisa. Saya tidak pandai matematika, tapi saya tahu jika kami mendapatkan total 99 poin, maka kami akan juara," ujar Mancini seperti dilansir Guardian, Sabtu 10 Maret 2012.


Jika ambisi Mancini tercapai, maka City akan melampaui pencapaian Chelsea pada 2005 lalu. Saat itu, The Blues mengakhiri kompetisi dengan mengantongi 95 poin. Di musim selanjutnya, belum ada yang mampu mengalahkan pencapaian Chelsea saat masih ditukangi Jose Mourinho tersebut.


Namun, ambisi Mancini bukanlah sesuatu yang mudah untuk direalisasikan. Karena The Citizens harus bertemu dengan sejumlah lawan berat di laga sisa nanti. Sedikitnya ada empat lawan tangguh yang bakal mengganjal ambisi Mancini meraih poin penuh.


Pada 20 Maret mendatang, Joe Hart dan kawan-kawan akan menjamu lawan tangguh asal London, Chelsea. Pada 8 April, ManCity harus kembali bertemu lawan tangguh asal London, Arsenal.


Tidak hanya itu, di penghujung musim, ManCity harus menghadapi rival sekota Manchester United dan selanjutnya bertandang ke Newcastle United. Benar-benar pekerjaan berat bagi Mancini.

Incoming search terms:

Mourinho Blak-blakan Soal Masa Depan

Posted: 10 Mar 2012 12:00 AM PST

 

Walaupun godaan dari Chelsea terus menggema, Jose Mourinho akhirnya memantapkan diri di pos entrenador Real Madrid. 'The Special One' tidak ingin buru-buru hengkang dari Santiago Bernabeu.


Chelsea tengah dirundung tanda tanya besar. Usai memecat Andre Villas-Boas dari kursi pelatih, 'The Blues' digadang-gadang tengah membidik pelatih-pelatih bernama besar. Nama seperti Pep Guardiola, Harry Redknapp, sampai Mourinho kabarnya jadi incaran.


Kemungkinan Mou untuk comeback ke klub yang dibawanya menjadi kampiun Liga Primer Inggris itu memang mungkin terjadi. Pelatih asal Portugal itu sempat kesal saat dihujat oleh publik Madrid usai kekalahan beruntun di El Clasico.


Namun waktu bergulir, sikap keras Mourinho pun melunak. Dengan ambisi menorehkan tinta emas bersama 'Los Blancos', sang pelatih menyatakan kesetiaannya di Bernabeu.


"Saya akan menandatangani kontrak baru dengan Real Madrid. Saya ingin memiliki tempat dalam sejarah klub ini," ujar Mourinho pada Daily Mail.


"Real Madrid dan saya tengah berbagi proyek dan kami akan melanjutkannya. Menjadi bagian tim yang fantastis dan pengalaman tak terlupakan bagi pelatih seperti saya. Madrid adalah salah satu klub terbaik di dunia dan saya senang berada disini," papar pelatih kontroversial tersebut.


"Saya merasa dipercaya disini dan saya merasa mendapat dukungan dari pada petinggi dan semua suporter. Saya melihat bisa meraih lebih banyak dengan Real Madrid pada masa depan dan hasil bagus itu akan membawa kita menuju gelar juara," tegas Mourinho.


Jasa pria bernama lengkap Jose Mario dos Santos Mourinho Felix itu memang jadi buruan klub raksasa Eropa, berkat keberhasilannya bersama Inter Milan, Chelsea, dan Madrid. Bahkan dirinya jadi calon kuat pengganti Sir Alex Ferguson di Manchester United.

Fergie: Nilai Pertaruhan Gelar Telah Dimulai

Posted: 09 Mar 2012 11:55 PM PST

  Sir Alex Ferguson (REUTERS/Phil Noble)

Sir Alex Ferguson yakin kedatangan West Brom ke kandang Manchester United menjadi saat krusial dalam usaha 'Setan Merah' mempertahankan gelar Liga Primer mereka.


MU secara mengejutkan dikalahkan Athletic Bilbao 3-2 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions pada Kamis malam, 8 Maret 2012.


Tapi, hal ini berbanding terbalik dengan performa mereka di Liga Primer. Saat itu mereka tak terhentikan sejak kekalahan 3-0 di Newcastle pada 4 Januari lalu. Mereka sejak itu hanya kehilangan dua poin dalam tujuh laga terakhir, termasuk saat ditahan Chelsea 3-3.


Setelah West Brom, MU akan menghadapi Wolves, Fulham, Blackburn, QPR, Wigan, dan Aston Villa sebelum menuju Derby menentukan melawan Manchester City pada 30 April.


Ferguson menilai hasil positif saat kemenangan 3-1 atas Tottenham akhir pekan lalu akan jadi fase krusial, dan jika mereka meraih hasil maksimal dalam tujuh laga terakhir maka tekanan bagi ManCity akan semakin menumpuk.


"Para pemain sadar dengan tantangan yang menghadang dan kami memiliki kesempatan luar biasa untuk semakin menyodok usai hasil luar biasa di Spurs dan semoga kami bisa melakukannya," ujar Ferguson seperti dilansir Ndtv.com.


"West Brom saat ini sedang tampil bagus, tapi kami bermain di kandang dan kami selalu berharap menang pada partai kandang dan semoga kami bisa melupakan hasil hari Kamis lalu (melawan Bilbao)," lanjutnya.


Saat ini MU masih tertinggal dua poin dari pemuncak klasemen yang sekaligus rival sekota, ManCity, dengan hanya 11 partai sisa.

Dalglish Pertahankan Tradisi Buruk Liverpool

Posted: 09 Mar 2012 11:52 PM PST

 

Pelatih Liverpool, Kenny Dalglish, mengatakan akan sangat senang jika timnya terus mempertahankan statistik buruk ketika harus bermain di luar Anfield.


'King' Kenny dihantui oleh rekor buruk di kandang. Meski baru merasakan satu kekalahan pada akhir pekan lalu ketika ditekuk Arsenal 1-2, Liverpool hanya bisa menang empat kali dari 13 laga Liga Primer yang mengambil tempat di Anfield.


Meski kalah dalam enam laga tandang, 'The Reds' masih mampu mencuri enam kemenangan dan satu kali seri. Itu berarti 19 dari 39 poin yang mereka pegang saat ini diraih ketika bermain di luar Merseyside.


Dengan misi memangkas ketinggalan 10 poin dari Arsenal yang menduduki peringkat empat klasemen sementara di Stadium of Lighets, Dalglish memasang rasa optimis tinggi meski hanya meraih 10 kali kemenangan dalam 26 laga sejauh ini.


"Kami tidak berubah terlalu banyak, kami selalu memasuki pertandingan dengan tekad ingin menang. Di kandang kami tampil menjanjikan, tapi tidak mendapat hasil yang kita seharusnya kita dapat," ujar Dalglish, seperti dikutip AFP.


"Mungkin bermain tandang kami memiliki hasil lebih baik, meski penampilannya kurang bagus di mata," nilai pelatih asal Skotlandia itu.


Dalglish juga yakin timnya akan segera bangkit setelah dipukul jatuh Arsenal akhir pekan lalu, dimana sebenarnya Luis Suarez dkk lebih banyak menguasai bola namun harus menelan pil pahit di ujung laga.


"Reaksi bermunculan di ruang ganti usai laga. Kami tahu telah bermain sangat bagus dan kami tidak pernah mendapat hasil yang seharusnya kami dapat," sambungnya.


"Jika kami terus bermain di level seperti itu, kami tidak akan kalah dalam banyak laga. Kemana itu akan membawa kami, kita putuskan akhir musim nanti," tutup Dalglish.

Agen: Ibrahimovic ke Madrid hanya Gosip

Posted: 09 Mar 2012 11:49 PM PST

  Massimiliano Allegri (kiri) dan Zlatan Ibrahimovic (DAYLIFE)

Agen Zlatan Ibrahimovic, Mino Raiola membantah rumor yang mengatakan kliennya ingin hengkang ke Real Madrid pada akhir musim ini. Mino menolak untuk mengomentari rumor tersebut yang dianggapnya hanya sebuah omong kosong belaka.


"Tinggalkan saya dari omong kosong itu. Saya bukan agen gosip murahan, tapi saya adalah sosok yang serius," ujar Mino seperti dilansir Soccerway, Sabtu 10 Maret 2012.


Mino patut geram. Karena rumor itu bisa mengancam keharmonisan yang terjalin antara kliennya dengan manajemen Milan.


Sebelumnya, Corriere dello Sport melansir Ibrahimovic sedang menjajaki peluang hengkang ke Madrid pada akhir musim panas ini. Keinginan Ibra disebabkan pertengkaran yang terjadi dengan pelatih AC Milan, Massimiliano Allegri usai laga menghadapi Arsenal, pertengahan pekan ini.


Ibra mengkritik taktik yang digunakan Allegri saat Setan Merah ditekuk 0-3 oleh Arsenal di ajang Liga Champions. Meski Milan tetap lolos karena unggul agregat gol, namun striker internasional Swedia itu merasa tidak nyaman dengan pola permainan yang diinstruksikan Allegri.


Pemain berusia 30 tahun itu pun dikabarkan akan mencoba pengalaman baru dengan bergabung ke Madrid pada bursa transfer musim panas ini. Syaratnya, Jose Mourinho tetap melatih Los Blancos, musim depan.


Namun, laporan berbeda disampaikan Gazzeta dello Sport. Dikabarkan perselisihan yang terjadi antara Ibrahimovic dan Allegri telah berakhir damai. Kedua belah pihak sepakat untuk tidak mempermasalahkan hal itu lagi.

Persela Hadapi Persib Tanpa Playmaker Andalan

Posted: 09 Mar 2012 11:45 PM PST

 

Persela Lamongan terancam tampil pincang saat menantang tuan rumah Persib Bandung dalam lanjutan Liga Super Indonesia (ISL), Minggu 11 Maret 2012. Karena sang kapten sekaligus playmaker, Gustavo Lopez absen pada laga itu lantaran terkena akumulasi kartu.


Meski demikian, Laskar Joko Tingkir tetap berjanji akan mengeluarkan penampilan terbaik saat dijamu Maung Bandung di Stadion Si Jalak Harupat. "Kami tetap akan coba bermain maksimal," kata Didik Ludiyanto, asisten pelatih Persela saat dihubungi VIVAbola.


Gustavo selama ini menjadi nyawa permainan Persela. Tak jarang, berawal dari aksi-aksi pemain asal Argentina ini baik dari pergerakan, umpan maupun tendangan bebas menghasilkan gol bagi Laskar Joko Tingkir.


Pasukan Miroslav Janu sudah berada di Bandung sejak Jumat. Sebelum berangkat ke Bandung, Gede Sukadana dan kawan-kawan bertekad untuk meraih poin dalam laga ini.


Persela membawa 18 pemain ke Bandung. Mereka sudah siap 100 persen untuk pertandingan besok.


Sayangnya, kubu Laskar Joko Tingkir enggan menjelaskan pemain yang akan menggantikan posisi Gustavo. Kemungkinannya adalah Sukadana.


"Pokoknya, sudah ada pemain yang kami siapkan untuk menggantikan posisi Gustavo. Kita lihat saja di lapangan, besok," Didik melanjutkan.


"Target kami pada laga ini harus bisa mencuri poin," imbuh Didik.


Tanpa Gustavo, Persela akan menurunkan semua pemain asingnya yakni Roman Golian (Slovakia), Satoshi Otomo (Jepang) dan Mario Costas (Argentina). Mereka kembali menjadi andalan Laskar Joko Tingkir di lini belakang, tengah dan depan.

Moratti Gelar Pertemuan dengan Villas-Boas

Posted: 09 Mar 2012 11:41 PM PST

 

Presiden Internazionale, Massimo Moratti dikabarkan telah menjalin komunikasi dengan mantan pelatih Chelsea, Andre Villas-Boas untuk membuka kemungkinan bergabung ke Giuseppe Meazza. Villas-Boas saat ini berstatus pengangguran setelah dipecat Chelsea pekan lalu


Seperti dilansir Sportmedia, Massimo Moratti makan malam bersama Andre Villas-Boas di Egerton House Hotel, Knightbridge, Inggris akhir pekan lalu. Kabar ini semakin memperkuat sinyal jika Inter telah menyiapkan sosok mantan pelatih Chelsea itu untuk menggantikan Claudio Ranieri musim depan.


Nama Villas-Boas akhir-akhir ini sering dikaitkan dengan Nerrazuri. Mantan pelatih Porto itu menjadi sosok yang paling diunggulkan untuk mengisi kursi pelatih Inter mulai musim depan. Selain Villas-Boas, Inter juga dikabarkan tengah membidik Manajer Perancis, Laurent Blanc.


Moratti memang coba mengangkat kembali prestasi Inter yang terpuruk selama dua musim terakhir. Musim lalu, Inter hanya mampu meraih Coppa Italia. Dan di musim ini, Inter terancam tidak mendapatkan satu gelar pun.


Inter telah tersingkir di Coppa Italia. Sementara di Serie A, posisi Nerrazuri terpuruk di posisi tujuh klasemen. Di Liga Champions, Inter terancam tidak dapat melanjutkan langkah ke babak delapan besar setelah takluk 0-1 oleh Marseille di leg pertama babak 16 besar.

Tottenham Butuh Keajaiban Untuk Juara

Posted: 09 Mar 2012 08:48 PM PST

Harry Redknapp tampak sudah melempar handuk (REUTERS/Darren Staples)

Tottenham Hotspur meredam ambisi untuk merengkuh gelar juara Premier League di musim ini. Hingga memasuki pekan ke-28, skuad besutan Harry Redknapp itu masih menempati peringkat tiga klasemen sementara.


Tottenham saat ini tertinggal 13 poin dari pemuncak klasemen, Manchester City, dan 11 poin dari Manchester United di posisi runner-up. Sedangkan pesaing terdekat di peringkat empat, Arsenal, hanya terpaut 4 poin.


Mengingat masih 11 laga tersisa hingga akhir musim, Tottenham tentunya berpeluang untuk menyalip dua klub asal Manchester. Namun, menurut Redknapp, timnya butuh keajaiban untuk mewujudkan target tersebut, terlebih menjadi juara.


"Kecuali ada keajaiban, Anda tidak akan benar-benar melihat Tottenham menjuarai liga," imbuh Redknapp seperti dikutip dari Sky Sports, Sabtu 10 Maret 2012.


"Bukan tidak mungkin, jika kami terus tampil fantastis. Tapi, jika kami boleh jujur tentang hal ini, Anda tidak bisa menganggap enteng dua tim di atas kami," tegas pelatih kelahiran London, 65 tahun silam, itu.


Akhir pekan ini, Tottenham akan menyambangi Everton di laga lanjutan Premier League. Satu catatan buruk, armada The Lilywhites tak pernah menang di Goodison Park sejak 2007 lalu.

Incoming search terms:

Neymar Ambisi Setara dengan Messi

Posted: 09 Mar 2012 08:44 PM PST

Striker Santos, Neymar (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

Striker muda Brasil, Neymar da Silva mengakui dirinya merupakan penggemar berat megabintang Barcelona, Lionel Messi. Tak heran jika striker Santos itu bertekad menyamai level bomber asal Argentina tersebut.


Ketangguhan performa Messi memang tidak diragukan. Terlebih setelah menyabet gelar Pemain Terbaik Dunia dalam tiga tahun berturut-turut, 2009, 2010 dan 2011. Ketajamannya kembali terbukti kala mencetak lima gol ke gawang Bayer Leverkusen, dalam laga babak 16 besar Liga Champions, tengah pekan ini.


Bintang Neymar tak kalah bersinar. Ia menorehkan hattrick untuk kemenangan 3-1 Santos di pentas Copa Libertadores, tak lama berselang setelah Messi mempersembahkan kemenangan 7-1 Barcelona. Meski demikian, Neymar enggan dibandingkan dengan Messi.


"Tidak ada persaingan antara saya dan Messi. Dia berada di level berbeda. Saya sudah pernah mengatakan sebelumnya, dia lah yang terbaik di dunia. Tidak diragukan lagi," ujar Neymar seperti dikutip dari ESPN, Sabtu 10 Maret 2012.


Sebelumnya, pelatih Santos, Murichy Ramalho berani mengklaim bahwa Neymar merupakan satu dari lima pemain terbaik di dunia. Striker 20 tahun itu pun menyimpan ambisi untuk menyamai level Messi.


"Saya adalah penggemar Messi dan berharap dia mempertahankan performa terbaiknya. Saya akan melakukan apa saja, demi mencapai level yang sama dengannya, satu hari nanti," tegas pemain yang memiliki gaya rambut khas itu.

Incoming search terms:

Wenger Bantah Kesepakatan dengan Podolski

Posted: 09 Mar 2012 08:41 PM PST

 

Arsenal disebut-sebut sudah mencapai kesepakatan transfer dengan striker milik Koln, Lukas Podolski. Namun, manajer The Gunners Arsene Wenger membantah rumor tersebut.


Sebelumnya, The Guardian mengabarkan, nilai transfer Podolski mencapai £10,9 juta atau sekitar Rp156 miliar. Striker internasional Jerman itu sepakat dengan kontrak berdurasi empat tahun, mulai awal musim 2012-13, dengan bayaran £100 ribu per pekan.


Podolski pun mengutarakan kepada majalah olahraga Jerman, Sport-Bild, bahwa dirinya tidak mementingkan berapa besar gaji yang akan diterimanya di klub asal London Utara tersebut.


"Uang bukan hal terpenting bagi saya. Yang lebih penting adalah bagaimana mengembangkan permainan saya," ujar striker 26 tahun itu.


Namun, kabar tersebut dibantah oleh Wenger. Pelatih berkebangsaan Prancis itu memastikan bahwa kubu The Gunners belum mencapai kata sepakat dengan pihak Koln maupun Podolski.


"Saya tidak bisa bicara banyak tentang Podolski. Jika kami sudah merekrut pemain, pasti akan kami kabarkan kepada Anda," kata Wenger seperti dikutip dari Soccerway, Jumat 9 Maret 2012.


"Saat ini, kami belum merekrut siapa pun. Belum ada kesepakatan. Rentang antara kesepakatan tidak selalu dikaitkan dengan perekrutan. Saat Anda sangat dekat, bisa jadi Anda beranjak menjauh lagi. Tapi, Podolski adalah pemain bagus, saya tidak mengelaknya," papar The Professor.

Casillas Bukan Lagi Kiper Terbaik Dunia

Posted: 09 Mar 2012 08:36 PM PST

  Manuel Neuer (REUTERS/Ina Fassbender)

Kiper legendaris Manchester United, Peter Schmeichel, menilai Manuel Neuer telah menggeser posisi Iker Casillas sebagai kiper terbaik dunia saat ini. Tentunya Schmeichel punya alasan tersendiri.


Dalam beberapa tahun terakhir, Casillas terus dilabeli sebagai kiper terbaik dunia. Predikat ini diberikan karena keberhasilannya mengantar Timnas Spanyol menjuarai Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010. Casillas adalah penjaga gawang utama sekaligus kapten dari Tim Matador.


Namun, menurut Schmeichel, gelar itu kini sudah bergeser ke Neuer. Kiper 25 tahun itu bersinar sejak tampil gemilang bersama Timnas Jerman di Piala Dunia Afrika Selatan pada 2010.


"Neuer benar-benar sensasional. Dia telah menggantikan Casillas sebagai kiper terbaik dunia," kata Schmeichel seperti dikutip dari Spox, Sabtu 10 Maret 2012.


Neuer gabung bersama Bayern Munich pada awal musim ini. Performanya yang stabil membuat posisinya tak tergoyahkan sebagai penjawa gawang utama Der Bavarians.


"Neuer memiliki refleks yang sangat baik. Keterampilan antisipasinya fantastis. Saya telah melihat banyak situasi dimana ia seolah-olah tampak tahu persis apa yang akan dilakukan striker, terutama dalam situasi satu lawan satu," ucap Schmeichel.


"Neuer adalah kiper terbaik di dunia, dan akan tetap menjadi yang terbaik selama bertahun-tahun ke depan. Sungguh menakjubkan melihat betapa banyak kiper hebat yang dimiliki Jerman saat ini," lanjutnya. 


Selain Neuer, kiper Jerman lainnya yang tengah bersinar adalah Rene Adler. Kiper Bayer Leverkusen itu disebut-sebut sebagai salah satu kiper terbaik Eropa saat ini.

Inter Milan Akhiri Puasa Kemenangan

Posted: 09 Mar 2012 08:32 PM PST

 

Inter Milan sukses menekuk tuan rumah Chievo Verona, 2-0, pada lanjutan pertandingan Serie A di Stadion Marc Antonio Bentegodi, Jumat 9 Maret 2012 atau Sabtu dini hari WIB. Ini adalah kemenangan pertama Inter dalam delapan laga terakhir di Serie A.


Inter mendapat peluang emas lebih dulu pada menit 14. Wasit menunjuk titik putih, setelah Francesco Acerbi melakukan hand ball di kotak terlarang. Sayangnya, Diego Milito yang maju sebagai eksekutor gagal melaksanakan tugasnya. Tembakan pemain asal Argentina itu dapat digagalkan kiper Stefano Sorrentino. 


Di babak kedua, Inter bermain lebih menyerang. Serangan demi serangan terus dibangun Wesley Sneijder dan kawan-kawan. Namun, La Beneamata mengalami kesulitan karena tuan rumah bermain sangat disiplin.


Pelatih Claudio Ranieri lalu memasukkan Esteban Cambiasso dan Giampaolo Pazzini untuk menambah daya gedor lini depan Inter. Strategi ini berbuah manis karena I Nerazzurri sanggup memecah kebuntuan pada menit 87. Tendangan penjuru Sneijder sukses ditanduk Walter Samuel dan masuk ke gawang Chievo.


Selang tiga menit, Milito mampu menebus kesalahannya di babak pertama. Memanfaatkan umpan Javier Zanetti, Milito menyundul bola yang kemudian merobek gawang Sorrentino. Kedudukan 2-0 untuk Inter bertahan hingga laga berakhir.


Dengan kemenangan ini, Inter naik ke posisi enam dengan 40 poin. Adapun Chievo terpaku di peringkat sepuluh dengan 34 angka. 


Susunan pemain


Chievo: Stefano Sorrentino, Francesco Acerbi, Marco Andreolli, Boukary Drame, Nicolas Frey, Luca Rigoni, Michael Bradley, Siqueira Luciano (Perparim Hetemaj 72), Sergio Pellissier (Davide Moscardelli 71), Paolo Sammarco (Dario Dainelli 61), Cyril Thereau.


Inter Milan: Júlio César, Walter Samuel, Lúcio, Yuto Nagatomo, Maicon, Dejan Stankovic, Wesley Sneijder, Andrea Poli (Esteban Cambiasso 84), Javier Zanetti, Diego Milito, Diego Forlán (Giampaolo Pazzini 71)

Incoming search terms:

Menit 48, Brunei Berhasil Ungguli Indonesia

Posted: 09 Mar 2012 08:28 PM PST

Brunei Darussalam merayakan keberhasilannya masuk final (yahoosport)

Indonesia untuk sementara tertinggal 0-1 dari tuan rumah Brunei Darussalam pada final Hassanal Bolkiah Trophy (BHT) 2012, Jumat, 9 Maret 2012. Gol tuan rumah dicetak oleh Aminuddin Zakwan setelah tiga menit babak kedua berjalan.  


Bertanding di Stadion Hassanal Bolkiah, Bandar Sri Begawan, Indonesia tampil menekan di babak pertama namun gagal membobol gawang tuan rumah. Hasil imbang 0-0 bertahan hingga turun minum. 


Di babak kedua, Indonesi kembali menekan pertahanan Brunei. Namun Brunei berhasil mencuri gol lewat sontekan Aminuddin pada menit ke-48. Gol ini lahir melalui sebuah umpan terukur ke depan gawang yang mampu disambar Aminuddin yang sudah berada di depan gawang.


Unggul 1-0, Brunei semakin percaya diri. Sedangkan Indonesia berusaha mengejar ketertinggalan dengan bermain cepat dari kaki ke kaki. 

Napoli Gulung Cagliari di San Paolo

Posted: 09 Mar 2012 08:23 PM PST

Marek Hamsik mencetak gol pembuka Napoli ke gawang Cagliari (REUTERS/Tony Gentile)

Napoli meraih kemenangan meyakinkan di hadapan ribuan tifosinya di San Paolo, Jumat 9 Maret 2012 atau Sabtu dini hari WIB. Skuad besutan Walter Mazzarri menggulung 6-3 tamunya, Cagliari.


Di babak pertama giornata ke-27 ini, Mazzarri mencadangkan bomber andalannya, Edinson Cavani. Meski demikian, Napoli tetap memimpin 3-1 sebelum turun minum. Dua gol pertama tuan rumah dicetak Marek Hamsik (10') dan Pablo Cannavaro (19').


Sedangkan gol ketiga merupakan bunuh diri bek Cagliari Davide Astori di menit 30. Kemudian delapan menit berselang, gol balasan pertama tim tamu dibukukan Joaquin Larrivey di menit 38.


Napoli tak mengendurkan serangan di babak kedua, meski sudah mengantongi keunggulan. Ezequiel Lavezzi menorehkan gol keempat tuan rumah di menit 56, sebelum Walter Gargano menambahnya saat memasuki menit 70.


Cagliari memperkecil ketinggalan melalui gol kedua Larrivey (77'). Gol Christian Maggio kembali memperlebar keunggulan Napoli 6-2 di menit 84, sebelum Larrivey menorehkan hattrick untuk Cagliari saat injury time. Namun, tim tamu harus mengakui ketangguhan Napoli.


Dengan kemenangan 6-3, Napoli tak beranjak dari peringkat lima klasemen sementara Serie A dengan raihan 46 poin. Cagliari pun tetap berada di peringkat 15 dengan torehan 31 poin.


Susunan pemain
Napoli: De Sanctis; Campagnaro, Cannavaro, Aronica; Zuniga, Inler, Gargano, Dossena; Hamsik, Lavezzi; Pandev.


Cagliari: Agazzi; F. Pisano, Canini, Astori, Agostini; Dessena, Conti, Nainggolan; Ekdal; Ibarbo, Larrivey.

Fabregas Terkejut dengan Rasa Lapar Barca

Posted: 09 Mar 2012 08:20 PM PST

 

Gelandang Barcelona Cesc Fabregas kagum sekaligus terkejut dengan rasa lapar klubnya. Menurut Cesc, meski sudah menguasai Eropa dalam beberapa tahun terakhir, Lionel Messi dan kawan-kawan tetap belum puas.


"Suasana di tempat latihan sulit dipercaya. Ini adalah kelompok pemain terbaik yang pernah saya lihat dalam hidup saya. Jika Anda melihat setiap sesi latihan yang kami lakukan, Anda tidak akan mempercayainya," kata Fabregas seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu 10 Maret 2012.


Skuad Barca saat ini diisi oleh pemain-pemain terbaik dunia. Selain Fabregas, masih ada Messi, Xavi, Andres Iniesta, David Villa dan masih banyak yang lainnya.


"Kualitas pemain di sini luar biasa. Saya belum pernah melihat atau mengalami sesuatu seperti ini. Setiap pemain begitu rendah hati dan ini adalah suasana terbaik yang pernah saya lihat."


Sejak era Frank Rijkaard sampai Pep Guardiola, Azulgrana telah meraih begitu banyak trofi. Fabregas pun mengaku yakin kesuksesan Barca akan tetap bertahan dalam waktu yang lama.


"Inilah yang paling membuat saya terkejut. Tim ini telah memenangkan 15 dari mungkin 18 kompetisi dalam empat musim terakhir, dan mereka masih lapar untuk meraih trofi lagi."


"Para pemain Barcelona ingin sukses dan setiap pemain khawatir mereka tidak bermain dengan baik. Rasa lapar akan membantu tim ini untuk waktu yang lama," ucap Fabregas.

KPSI Yakin Klub ISL Abaikan Undangan PSSI

Posted: 09 Mar 2012 08:15 PM PST


 Anggota Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI), La Nyala Mattalitti meyakini bahwa 12 klub Liga Super Indonesia (ISL) akan mengabaikan undangan PSSI. Pada Rabu, 14 Maret 2012, PSSI rencananya menggelar rekonsiliasi di hotel Crown, Jakarta.


Keyakinan La Nyala ini bukan tanpa sebab. Sebab, klub-klub tersebut memiliki komitmen dan menyerahkan mandat kepada KPSI untuk mengikuti Kongres Luar Biasa (KLB) yang akan berlangsung di Jakarta, pada 18 Maret mendatang.


"Kalau mereka mau mengundang dan mengajak klub-klub tersebut, silahkan saja. Tapi saya jamin, mereka tidak akan ada yang datang. Karena mereka sudah memberikan mandat kepada kami untuk menggelar KLB," ujar La Nyala, Jumat 8 Maret 2012.


La Nyala juga menyampaikan, dengan tidak hadirnya peserta klub ISL, bukan berarti KPSI tidak ingin melakukan rekonsiliasi. "Seharusnya dari awal jika PSSI ingin melakukan rekonsiliasi. Sekarang ini sudah terlambat," tuturnya.


Ketua Pengprov PSSI Jawa Timur itu pun memaknai rekonsiliasi tidak sebatas hanya orangnya saja. "Tetapi juga sistemnya. Itu juga yang harus kami atur. Jika ingin rekonsiliasi, nanti setelah KLB," tegasnya.


Sebelumnya, PSSI akan mengajak 12 klub ISL berembuk pada pekan depan, sebagai upaya menempuh jalan rekonsiliasi sebelum Kongers Tahunan PSSI di Palangkaraya, pada 18 Maret mendatang.

Widodo: Brunei Lebih Cerdik

Posted: 09 Mar 2012 08:10 PM PST

 

Tim nasional U-21 Indonesia gagal merengkuh gelar juara Hassanal Bolkiah Trophy, usai dibungkam 0-2 oleh tuan rumah Brunei Darussalam, Jumat 9 Maret 2012. Pelatih skuad Garuda Muda, Widodo Cahyono Putro menerima dengan lapang dada hasil tersebut.


Sepanjang 45 menit babak pertama, Indonesia mampu menahan Brunei imbang tanpa gol. Tim tuan rumah mencetak gol cepat di awal babak kedua, tepatnya di menit 48, lewat Aminuddin. Andik Vermansyah dan kawan-kawan menaikkan tempo permainan, namun gol kedua Brunei yang dilesakkan Adi Bin Said di menit 75, tak terbendung.


"Di kamar ganti saat turun minum, saya bilang ke anak-anak, ini kesempatan kalian untuk mencetak sejarah. Bermainlah sebaik mungkin. Dan saat tertinggal 0-1, saya memasang tiga penyerang sekaligus," ujar Widodo seusai pertandingan.


"Tapi, kita harus akui bahwa Brunei lebih baik. Brunei lebih cerdik. Saya tidak mau mencari alasan apa pun," terang mantan punggawa timnas itu.


Selain mengakui ketangguhan Brunei, Widodo juga menganggap skuad Garuda Muda kalah pengalaman. "Yang pasti, kami kalah jam terbang dan pegalaman. Pemain yang ada sekarang bukan lewat kompetisi. Tapi, mereka punya potensi," tutur mantan bintang Petrokimia Gresik itu.


Sementara itu, Manajer Tim Hasrul Azwar juga memberikan apresiasi terhadap perjuangan Andik dan kawan-kawan. "Kami salut dengan perjuangan pemain. Mereka sudah berusaha semaksimal mungkin. Kami punya peluang dan menguasai pertandingan di babak pertama, tapi tidak bisa dimaksimalkan dengan baik. Padahal, lini belakang Brunei tidak begitu kuat," paparnya.

Incoming search terms:

Balotelli Akui Tahun Lalu Besar Kepala

Posted: 09 Mar 2012 08:06 PM PST


Perilaku di luar lapangan striker Manchester City, Mario Balotelli, memang selalu mencuri perhatian pencinta gosip sepakbola. Namun pemuda Italia itu mengaku memiliki gaya hidup seperti pria normal lainnya.


Nama Balotelli kembali menjadi sorotan saat dirinya tertangkap kamera sedang keluar dari klub penari erotis pada dini hari sebelum bertanding melawan Bolton akhir pekan lalu. Dia akhirnya didenda oleh sang pelatih, Roberto Mancini.


Tapi pemain berusia 21 tahun yang menyumbang satu gol dalam kemenangan 2-0 tersebut menegaskan dirinya hanya fokus pada penampilannya di atas lapangan, bukan kabar yang disebarkan media soal kehidupan pribadinya.


"Saya tidak suka ketika orang-orang berbicara menyangkut urusan kehidupanku, saya sangat tertutup," kata Balotelli seperti yang dikutip Goal. "Mungkin beberapa orang berpikir saya arogan."


"Saya tidak peduli, mereka bisa mengatakan apapun yang mereka suka. Saya adalah seorang pesepakbola jadi yang terpenting saat ini adalah penampilan di lapangan," dia menegaskan.


"Jika saya jalan-jalan dan ada orang yang mengambil foto. Mereka mengatakan 'Mario ada disini'. Seseorang menelpon media dan mengatakan, 'Mario ada disini'. Lalu keesokan harinya mereka memberitakan saya ada dimana sehari sebelumnya. Apakah itu normal?" keluh 'Si Bengal'.


"Saya hanya berjalan-jalan di kota seperti pria normal atau pergi ke pub (bar). Ya, saya pernah ke pub. Tidak untuk minum-minum," imbuh 'Super-Mario'.


Meski kerap beda pendapat, Balotelli mengungkapkan dirinya tidak mungkin memperkuat ManCity jika bukan Mancini berada di kursi pelatih.


Keduanya kembali bersatu pada musim panas 2010 ketika Mancio mendatangkan sang striker dari Inter Milan dengan banderol 27 juta Pound, atau sekitar Rp 38 miliar.


"Ya, jika Mancini tidak disini saya tidak akan pernah datang," katanya. "Sekarang saya sudah disini. Saya baik-baik saja. Saya senang."


"Jika Mancini mengatakan sesuatu, dia benar. Saya masih 21 tahun, masih muda. Saya sudah memikirkan bahwa tahun lalu saya terlalu besar kepala," aku Balotelli.


Penampilan Balotelli musim ini memang terbukti lebih tajam dari musim lalu. Pemain keturunan Ghana tersebut sudah mencetak 14 gol dalam semua ajang musim ini, sedangkan musim lalu ia hanya mencetak 11 gol sampai akhir musim.

Incoming search terms:

Menit 75, Adi Bawa Brunei Gandakan Keunggulan

Posted: 09 Mar 2012 08:01 PM PST

Timnas Brunei Darussalam (Hassanal Bolkiah Trophy (HBT))

Tuan rumah Brunei Darussalam berhasil menggandakan keunggulan atas Indonesia pada Final Hassanal Bolkiah Trophy (BHT) 2012, Jumat, 9 Maret 2012. Striker andalan Brunei, Adi Bin Said berhasil mebobol gawang Indonesia pada menit ke-75.


Berawal dari serangan balik yang cepat, Adi berhasil melakukan penetrasi ke kotak penalti Indonesia. Bek Indonesia, Syaiful Indra Cahya gagal menghentikan laju Adi yang dengan mudah membobol gawang Aji Saka dan mengubah kedudukan menjadi 2-0.


Betanding di Stadion Hassanal Bolkiah, Indonesia sebenarnya tampil menekan sejak babak pertama. Namun setelah bermain imbang 0-0 hingg turun minum, Brunei berhasil membobol gawang Indonesia melalui sontekan  Aminuddin Zakwan pada menit ke-48.

Kemenangan Emosional Ranieri

Posted: 09 Mar 2012 07:56 PM PST


Setelah tujuh pertandingan beruntun tanpa kemenangan di Serie A, Inter Milan akhirnya meraih tiga poin perdana mereka saat melawan Chievo Verona. Kemenangan yang sangat emosional bagi skuad I Nerazzurri, terutama pelatih Claudio Ranieri.


Inter Milan sukses menekuk tuan rumah Chievo Verona, 2-0, pada lanjutan pertandingan Serie A di Stadion Marc Antonio Bentegodi, Jumat 9 Maret 2012 atau Sabtu dini hari WIB.


"Ini artinya saya peduli dengan pemain dan saya bahagia untuk mereka," kata Ranieri saat ditanya soal air matanya, seperti dilansir Football Italia, Sabtu 10 Maret 2012.


Dua gol Inter pada laga ini dicetak saat penghujung pertandingan. Adalah Walter Samuel (87') dan Diego Milito (90') yang menjadi pahlawan La Beneamata. 


"Kami bermain dengan baik dan pemain layak mendapat kemenangan ini setelah sebulan lebih. Saya harus berterima kasih kepada para pemain atas performa mereka malam ini. Mereka akhirnya bermain seperti Inter yang sesungguhnya," ucap Ranieri.


Dengan kemenangan ini, Inter naik ke posisi enam dengan 40 poin. Ranieri berharap, semangat anak-anak asuhnya pada laga tadi kembali ditampilkan saat menjamu Olympique Marseille di Liga Champions, pertengahan pekan depan.


"Saya berharap San Siro akan penuh saat melawan Marseille. Langkah selanjutnya adalah untuk mencapai perempat final Liga Champions. Kami tahu betapa pentingnya hal ini bagi kami, klub dan fans. Kami akan terus bekerja dengan sukacita yang lebih besar dan antusiasme dari kemenangan ini."

Sang Sepupu Ancam Dominasi Messi

Posted: 09 Mar 2012 07:52 PM PST


Talenta besar nampaknya mengalir dalam keluarga Lionel Messi, setelah sang kakek mengungkapkan masih ada saudara Messi yang berpeluang menyamai prestasi sang pemain terbaik dunia.


Menurut kakek Messi, Antonio Cuchitini, cucunya Bruno Biancucchi yang masih berusia 13 tahun memiliki talenta sama dengan 'La Pulga', julukan Messi. Bruno sendiri saat ini masih bermain di tim junior Renato Cesarini, sebuah klub lokal kota kelahiran Messi, Rosario.


"Saya juga memiliki cucu, dari anak wanita ku yang lain, dia bermain sama seperti Lio (Messi). Dua kakaknya bermain di Paraguay," ungkap sang kakek pada Radio Mitre.


"Cucu-cucuku yang bermain di Paraguay juga sangat bagus. Saya ingin mereka semua sukses, ketiga-tiganya," imbuhnya.


Namun Antonio Cuchitini menilai cucunya saat ini belum berpikir untuk mengikuti langkah Messi, yang meninggalkan Argentina pada umur 11 tahun untuk mengejar karir di Eropa.


"Bruno takut hal yang terjadi pada Lio akan terjadi padanya," tambah Antonio.


"Dia takut akan dibawa ke Eropa dan dia tidak bisa lepas dari ibunya," jelasnya.


Selain Bruno, Messi juga memiliki saudara bernama Maxi Biancucchi yang saat ini memperkuat klub Paraguay, Olimpia. Pemain yang berusia 27 tahun itu sempat diisukan akan merapat ke Liga Primer Inggris setelah menarik perhatian Newcastle United, Blackburn Rovers, Portsmouth, bahkan Manchester United, pada 2008 lalu.

Incoming search terms:

Babak I: Brunei vs Indonesia Masih Imbang

Posted: 09 Mar 2012 07:49 PM PST

 

Timnas U-21 tampil menekan sepanjang babak pertama duel lawan Brunei Darussalam pada final Hassalan Bolkiah Trophy (HBT) 2012, Jumat, 9 Maret 2012. Meski demikian, hingga turun minum, Tim Garuda Muda belum mampu membobol gawang tuan rumah. 


Bertanding di Stadion Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Indonesia menguasai jalannya laga di babak pertama. Sedangkan Brunei memilih bertahan dan sesekali melancarkan serangan balik. 


Tuan rumah sebenarnya sempat mengancam gawang Indonesia pada menit ke-7 melalui aksi striker Adi Bin Said. Beruntung tendangannya masih mampu diantisipasi oleh kiper Timnas U-21, Aji Saka yang tampil sebagai starter menggantikan Muhammad Ridwan. 


Dua menit berselang, giliran Indonesia yang berbalik mengancam pertahanan Brunei melalui tendangan pojok Andik Vermansyah. Sayang tandukan Agus Nova Wiantara masih melambung di atas mistar gawang Brune yang dikawal oleh Md Fakrul Zulhazmi. 


Andik Vermansyah yang menjadi motor serangan timnas beberapa mencoba menusuk pertahanan Brunei. Namun kokohnya pertahanan tuan rumah masih mampu mementahkan tiga peluang yang sempat tercipta. 


Brunei mulai berani keluar menyerang memasuki pertengahan babak pertama. Mengandalkan Adi Bin Said di ujung tombak, beberapa peluang Brunei mampu membuat repot barisan pertahanan Brunei yang dikawal Faris Ardiansyah cs. 


Brunei semakin menebar ancaman di penghujung babak pertama. Para pemain Indonesia dipaksa berada di kotak penalti sendiri untuk mengamankan gawang mereka. Beruntung, sendulan Azri Bin Zahari, dan tendangan keras Nurikhwan masih jauh dari sasaran. Hingga turun minum skor masih 0-0 untuk kedua tim.


Skuad Timnas Indonesia U-21:


Aji Saka (GK), Syaiful Indra Cahya, Samsul Arifin, Kurniawan, Ridwan Awaludin, Achmad Faris Ardiansyah, Nurmufid Fastabiqul Khairot, Agus Nova Wiantara, Miko Ardiyanto, Yosua Pahabol, Andik Vermanshah (C)


Pelatih: Widodo C Putro


Skuad Brunei U-21:


Fakrul Zulhazmi bin Yussof (GK), Hendra Azam bin Md Idris, Najib bin Hj Tarif (C), Abd Mu'iz bin Sisa, Hazwan bin Hamzah, Afi bin Aminuddin, Aminuddin Zakwan bin Tahir, Azri bin Zahari, Azwan Ali Rahman, Nurikhwan bin Othman, Adi bin Said


Pelatih: Kwon Oh-son 

Dua Klub ISL Tolak Rekonsiliasi dengan PSSI

Posted: 09 Mar 2012 07:44 PM PST

 

Ajakan rekonsiliasi yang dihembuskan PSSI ditanggapi dingin oleh dua klub peserta Liga Super Indonesia (ISL). Adalah PSPS Pekanbaru dan Persipura Jayapura yang enggan memenuhi undangan PSSI tersebut.


Manajer PSPS Pekanbaru, Boy Sabirin menyatakan bahwa klubnya akan menolak undangan PSSI untuk melakukan rekonsiliasi. Menurutnya, klub peserta ISL telah memberinya kesempatan, namun PSSI selalu mengabaikannya.


"Bahasanya tidak jauh berbeda. Niatnya memang baik. Namun, itu sudah terlambat," kata Boy, Jumat 9 Maret 2012.


Boy menambahkan, PSPS kini hanya memusatkan perhatian menatap Kongres Luar Biasa (KLB) yang digalang Komite Penyelemat Sepakbola Indonesia (KPSI), pada 18 Maret mendatang, di Jakarta.


"KLB kian dekat. Kami fokus untuk datang ke sana dan terus mengikuti kompetisi ISL," sambungnya.


Senada dengan Boy, Ketua Harian Persipura Jayapura, La Siya menegaskan bahwa sikap PSSI yang melunak mengajak klub ISL berembuk telah terlambat. Apalagi, PSSI sendiri absen dari panggilan rekonsiliasi yang diprakarsai KONI, pada Kamis lalu.


"Kamis kemarin, mereka tidak hadir saat diundang rekonsiliasi KONI. Jadi tidak ada alasan untuk memenuhi undangan rekonsiliasi PSSI kali ini," imbuh La Siya.


Rencananya, PSSI mengajak 12 klub ISL berembuk di Hotel Crowne Plaza, Jakarta, pada 14 Maret 2012. Langkah ini ditempuh dalam upaya rekonsiliasi, sebelum digelarnya Kongres Tahunan PSSI di Palangkaraya, Kalimatan Tengah, pada 18 Maret mendatang.

Ditekuk Brunei, Indonesia Gagal Juara

Posted: 09 Mar 2012 07:39 PM PST


Tekad Timnas U-21 untuk memboyong gelar juara Hassanal Bolkiah Trophy (HBT) 2012 akhirnya kandas setelah kalah 0-2 dari tuan rumah Brunei Darussalam, Jumat, 9 Maret 2012. Dua gol tuan rumah lahir di babak II lewat Aminuddin Zakwan dan Adi Bin Said. 


Bertanding di Stadion Hassanal Bolkiah, Brunei Darussalam, Indonesia sebenarnya tampil menekan sejak babak pertama. Sebaliknya, tuan rumah memilih untuk bertahan sembari sesekali memanfaatkan serangan balik ke daerah pertahanan Indonesia. 


Di babak pertama, kedua tim bermain imbang 0-0. Namun di babak kedua, Brunei Darussalam berhasil memimpin lewat gol Aminuddin pada menit ke-48. Memanfaatkan umpan silang, Aminuddin yang berdiri bebas di depan gawang berhasil mengecoh kiper Aji Saka. 


Ketinggalan 0-1, Indonesia berusaha meningkatkan tempo permainannya. Namun Brunei yang semakin percaya diri justru tampil lebih disiplin dalam menjaga barisan pertahanannya. Brunei juga mulai berani keluar untuk menekan pertahanan Indonesia. 


Pada menit ke-75, Brunei yang kini berada di peringkat 201 kembali membuat pendukung timnas terdiam. Aksi Adi Bin Said yang lepas dari pengawalan Syaiful Indra Cahya berhasil merobek jala Garuda Muda yang dikawal Aji Saka. Brunei pun unggul 2-0. 


Indonesia berusaha memanfaatkan sisa waktu yang ada. Melalui penampilan cepat Andik Vermansyah dan Yosua Pahabol, Garuda Muda berusaha menekan pertahanan Brunei. Sayang, kokohnya barisan pertahanan Brunei mampu mementahkan tekanan-tekanan timnas U-21.


Hingga laga berakhir, Brunei tetap unggul 2-0 atas Indonesia. 


Ini merupakan gelar  perdana Brunei pada turnamen yang telah bergulir sejak 2002 ini. Sebelumnya Brunei selalu kandas di babak penyisihan. Sedangkan Indonesia merupakan juara HBT 2002. Saat itu, Gaurda tampil gemilang tanpa tersentuh kekalahan sejak babak penyisihan. 

Aji Saka (GK), Syaiful Indra Cahya, Samsul Arifin, Kurniawan, Ridwan Awaludin (Abdul Kamil Sembiring), Achmad Faris Ardiansyah, Nurmufid Fastabiqul Khairot (Husin J Rahaningmas), Agus Nova Wiantara, Miko Ardiyanto, Yosua Pahabol, Andik Vermanshah (C)Fakrul Zulhazmi bin Yussof (GK), Hendra Azam bin Md Idris (Reduan Bin Hj Petara), Najib bin Hj Tarif (C), Abd Mu'iz bin Sisa, Hazwan bin Hamzah, Afi bin Aminuddin, Aminuddin Zakwan bin Tahir, Azri bin Zahari, Azwan Ali Rahman, Nurikhwan bin Othman, Adi bin Said

0 comments:

Post a Comment