Twitter

Sunday, March 18, 2012

Manado Today

Manado Today


Founder WikiLeaks Berencana Calonkan Diri Sebagai Senat Australia

Posted: 18 Mar 2012 06:44 AM PDT

Founder WikiLeaks

Julian Assange (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Pendiri WikiLeaks, Julian Assange berencana untuk mencalonkan diri untuk kursi di Senat Australia dalam pemilihan tahun depan, meskipun saat ini ia berada menjalani tahanan rumah di Inggris dan menghadapi tuduhan kejahatan seks di Swedia, jelas kelompok itu pada Sabtu (17/03).
Warga negara Australia berumur 40 tahun itu melawan ekstradisi ke Swedia. Dia telah membawa pertempuran hukumnya sampai ke Mahkamah Agung Inggris, yang diharapkan segera memutuskan kasusnya.
“Kami telah menemukan bahwa ada kemungkinan bagi Assange untuk mencalonkan diri sebagai Senat Australia saat ditahan. Julian telah memutuskan untuk melakukannya,” WikiLeaks mengumumkan di Twitter-nya.
Assange mengecam pemerintahan Perdana Menteri Australia Julia Gillard, karena tidak membelanya dalam potensi ancaman ekstradisi ke Amerika Serikat, untuk penuntutan atas rilis WikiLeaks terhadap ratusan ribu dokumen rahasia AS.
Polisi Australia telah menyimpulkan bahwa WikiLeaks dan Assange tidak melanggar hukum Australia dengan menerbitkan dokumen AS, meskipun Gillard mengecam tindakan itu sebagai sesuatu yang “sangat tidak bertanggung jawab.”.
John Wanna, seorang sarjana ilmu politik dari Australian National University, mengatakan adalah mungkin bagi Assange untuk mengejar kursi Senat jika ia tetap pada daftar pemilih Australia, meskipun tinggal di luar negeri selama beberapa tahun.
Divonis bersalah atas kejahatan dan dihukum berdasarkan hukum Australia selama 12 bulan atau lebih di penjara, dapat mendiskualifikasi seseorang dari pencalonan Parlemen Australia selama menjalani hukuman, bahkan jika hukuman tersebut ditunda.
Pengacara konstitusi, George Williams dari University of New South Wales mengatakan bahwa ketentuan konstitusi belum pernah diuji di pengadilan dalam sejarah 111 tahun federasi Australia, dan mungkin tidak akan berlaku untuk hukuman pidana di negara asing seperti Swedia .
“Saya tidak menyadari adanya halangan untuknya (Assange) mencalonkan diri, bahkan jika ia dinyatakan bersalah,” kata Williams.

Jutaan Orang Cina Memilih Tinggal di Gua

Posted: 18 Mar 2012 03:57 AM PDT

hidup di gua

Ma Liangshui (76), salah seorang pendudk yang telah tinggal di gua-gua sekitar Yanan sepanjang hidupnya (Barbara Demick/Los Angeles Times)

Seperti kebanyakan petani dari pinggiran Yanan, Cina, Ren Shouhua lahir di sebuah gua dan tinggal di sana sampai dia mendapat pekerjaan di kota dan pindah ke sebuah rumah permanen. Tapi pria berusia 46 tahun itu berencana untuk kembali ke gua ketika ia pensiun nanti.
“Itu sejuk di musim panas dan hangat di musim dingin. Tenang dan aman. Ketika tua nanti, saya akan kembali kesana,” tutur Ren, yang pindah ke ibukota provinsi Shaanxi, Xian, saat berusia 20-an.
Lebih dari 30 juta orang China tinggal di gua-gua, banyak dari mereka di provinsi Shaanxi di dataran tinggi Huangtu, dengan tebing kuning dan tanah berpori yang khas, membuatnya mudah digali.
Setiap gua atau yaodong dalam bahasa Cina, biasanya memiliki ruang berkubah panjang dengan pintu masuk berbentuk setengah lingkaran, ditutupi dengan kertas nasi atau selimut berwarna-warni.
Sebagian gua-gua terlihat lebih baik dan diperkuat dengan batu bata. Beberapa diantaranya saling terhubung sehingga keluarga dapat mempunyai beberapa kamar. Bahkan listrik dan air ledeng dapat dibawa masuk.
“Kebanyakan tidak begitu mewah, tapi aku sudah melihat beberapa gua yang benar-benar indah: langit-langit tinggi dan luas dengan halaman yang bagus di depan, dimana Anda dapat berolahraga dan duduk di bawah sinar matahari,” kata Ren, yang bekerja sebagai sopir.
Gua memiliki peran penting dalam sejarah China modern. Bahkan wakil Presiden Cina Xi Jinping, yang diperkirakan akan menggantikan Hu Jintao sebagai presiden tahun depan, tinggal selama tujuh tahun dalam gua ketika ia diasingkan ke Provinsi Shaanxi selama Revolusi Kebudayaan.
Liu Jiaping, direktur Pusat Penelitian Arsitektur Hijau di Xian membantu merancang dan mengembangkan versi modern dari gua tradisional, dan pada tahun 2006 menjadi finalis pada World Habitat Award.
Gua yang diperbarui itu dibangun pada tebing dalam dua tingkat, dengan bukaan atas untuk cahaya dan ventilasi. Setiap keluarga memiliki empat kamar, masing-masing dua ruang di setiap tingkat.
“Ini seperti tinggal di sebuah villa. Gua di desa-desa kita senyaman apartemen mewah di kota,” kata Cheng Wei (43), seorang pejabat Partai Komunis yang tinggal di salah satu rumah gua di desa Zaoyuan di pinggiran Yanan.
“Banyak orang datang ke sini untuk menyewa gua kami, tapi tak seorang pun ingin pindah.” tambahnya.
Maka dengan segera pasar berkembang di sekitar Yanan, dimana sebuah gua dengan tiga kamar dan kamar mandi (total 750 meter persegi) dapat dijual seharga 46.000 dolar Amerika. Sebuah gua satu kamar sederhana mempunyai harga sewa sebesar 30 dolar sebulan.
Bagaimanapun, banyak gua yang tidak untuk dijual atau disewakan kepada siapapun, karena mereka diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Ratu Kencatikan Rela Gundul Demi Bantu Penelitian Kanker

Posted: 18 Mar 2012 01:00 AM PDT

Debbe Ebben

Debbe Ebben rela mencukur rambut indahnya demi mengumpulkan dana bagi anak-anak penderita kanker (AP)

Rambut yang indah merupakan kunci dan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari dunia ratu kecantikan. Tapi seorang wanita muda berani melanggar norma tersebut, dan memilih untuk mencukur semua rambut di kepalanya.
Debbe Ebben memilih untuk maju untuk merebut mahkota Miss Alaska dengan mencukur rambutnya guna membantu penelitian kanker.
Miss Chugiak-Eagle River tersebut telah mengumpulkan lebih dari 4.000 dolar bagi penelitian kanker anak-anak Yayasan St Baldrick.
Dia bangga mengumpulkan uang untuk penelitian kanker, tetapi yang mendasarinya mencukur rambutnya adalah untuk anak-anak yang kehilangan rambut mereka akibat pengobatan kanker.
Ebben menggunakan uang beasiswa untuk belajar di University of Alaska Fairbanks selama empat tahun. Dia termotivasi untuk terlibat dengan St Baldrick oleh seorang ratu kecantikan yaitu Miss Virginia 2008, Tara Wheeler.
Menjelang akhir jabatannya sebagai Miss Virginia, Wheeler memutuskan untuk mengumpulkan dana sebesar 50.000 dolar untuk St Baldrick dan berjanji untuk mencukur rambutnya jika tujuannya berhasil.
“Dia mengilhami saya untuk terlibat dengan mereka. Dia melakukannya usai masa jabatannya. Saya memutuskan untuk melakukan hal serupa.” tutur Ebben.
Aksi Ebben ini mendapat dukungan dari banyak pihak, termasuk ibunya Julie yang juga berjanji untuk mencukur kepalanya.
Debbe Ebben memulai aksinya ini dengan melelang ekor rambutnya. Menurut laporan KTUU-TV.
Ebben belum memutuskan apakah ia akan kembali menumbuhkan rambutnya lagi sebab pemilihan Miss Alaska akan dimulai Juni nanti, serta kesempatan untuk bersaing di Miss America. Namun menurut Ebben ia mungkin, akan tetap memepertahankan model rambut saat ini, dan tidak berpikir itu akan menipiskan peluangnya menang.
“Saya tidak melihatnya sebagai sesuatu yang negatif. Anak anak perempuan memakai rambut palsu dan saya tidak melihat adanya suatu perbedaan. Keindahan sejati adalah apa yang berasal dari diri anda sendiri, bukan seperti apa anda terlihat, melainkan bagaimana Anda mewakili dan membawa diri. ” tegasnya.

Mencoba Kembali ke Masa Lalu, Dua Siswi Cina Tewas

Posted: 17 Mar 2012 10:27 PM PDT

Back To The Future

Dua orang gadis Cina tewas karena berusaha melakukan perjalanan waktu (Film yang mengisahkan tentang perjalanan waktu, Back To The Future)

Dua siswi asal Cina tewas saat melakukan bunuh diri dalam upaya untuk melakukan perjalanan ke masa lalu.
Namun, alasan di balik keputusan keduanya untuk mengakhiri hidup mereka dengan cara bunuh diri tersebut sangat aneh. Dimana salah satu gadis yakni Xiao Hua, diduga kehilangan remote kontrol untuk pintu, dan alih-alih mencari barang yang hilang tersebut, mereka memutuskan bunuh diri untuk melakukan perjalanan ke masa lalu yang tentunya merupakan sesuatu yang tidak dapat diterima akal sehat.
Latar belakang aksi mengejutkan keduanya ternyata akibat pengaruh acara televisi populer, yang mempunyai pengaruh cukup besar pada kedua anak perempuan itu.
Ini mendorong orang mempertanyakan motif sebenarnya dari kedua anak perempuan dan berita yang melaporkan rincian bunuh diri mereka.
Sebagian orang berpendapat bahwa ini merupakan masalah tentang pengaruh media terhadap anak-anak, dan menghasilkan pembatasan pada acara-acara tertentu yang sedang ditayangkan antara waktu dari pukul 19:00 sampai pukul 21:00.
Dalam pesan bunuh diri yang diterima oleh Shagnhaiist.com tertulis: “Dalam hidup saya, saya memiliki dua keinginan rahasia. Salah satunya adalah untuk perjalanan waktu kembali ke Dinasti Qing dan membuat film dengan kaisar, dan yang lainnya adalah melakukan perjalanan ke luar angkasa. ”
Weirdasianews mengutip bahwa seorang penulis dengan nama Anne North dari situs populer “Jezebel” percaya bahwa artikel tentang kematian mereka ditulis sebagai tanggapan atas keprihatinan negara itu tentang acara TV yang mengisahkan tentang perjalanan waktu.

Portal 2 Dipuji Sebagai Game Terbaik

Posted: 17 Mar 2012 08:53 PM PDT

Portal 2

Portal 2 (therealmacgenius)

Game Portal 2 telah memenangkan tiga penghargaan termasuk sebaga permainan terbaik, pada Video Game Academy Awards di Inggris tahun ini.
Permainan puzzle first-person yang dikembangkan oleh Valve ini juga menerima penghargaan untuk desain serta ceritanya dalam acara yang digelar pada Jumat (16/03) di Hilton London.
Sementara itu, Battlefield 3 adalah salah satu game yang memenangkan beberapa kategori penghargaan, antara lain sebagai game multiplayer online terbaik dan kategori audio, serta sebagai permainan terpopuler berdasarkan polling.
Game Batman : Arkham City, mengambil penghargaan dalam kategori action, sementara Bintang Wars, Mark Hamill menyabet penghargaan untuk perannya sebagai Joker.
Pemenang lain termasuk Insanely Twisted Shadow Planet dalam kategori permainan debutan, Kinect Sports 2 yang meraih penghargaan untuk game olahraga dan kebugaran, dan Rayman Origins untuk pencapaian artistik-nya.
Monstermind, permainan yang dimainkan di Facebook, keluar sebagai yang teratas di antara game browser online, dan LA Noire merebut kategori original music.
Markus Persson, yang dikenal sebagai Notch dan paling terkenal dalam mengembangkan Minecraft, membawa pulang penghargaan khusus untuk kontribusi kreatif untuk industri game.

Jeff Fabry, Atlet Panah AS yang Menembakkan Busur Dengan Giginya

Posted: 17 Mar 2012 07:56 PM PDT

Jeff Fabry

Jeff Fabry, memanah dengan menggunakan giginya

Keterbatasan fisik bukanlah halangan untuk berprestasi dalam bidang olahraga. Inilah yang ditunjukkan oleh Jeff Fabry dari Tulare, California, yang merupakan seorang juara dunia lima kali dalam kejuaraan Special Games dan pemegang tiga kali medali Paralimpiade dalam memanah.
Tapi semua prestasi yang dibuat Fabry tersebut akan mengesankan anda ketika mengetahui bahwa ia hanya memiliki satu lengan dan satu kaki, setelah kehilangan dua anggota badan lainnya dalam kecelakaan sepeda motor yang mengerikan saat ia berusia 15 tahun.
Cedera yang mengubah hidupnya selamanya itu mengilhami Fabry untuk belajar bagaimana menggunakan giginya untuk menembakkan anak panah.
“Sahabat-sahabatku keluar untuk berburu di perbukitan dan aku terjebak di rumah. Aku tidak menyukainya, jadi saya menemukan cara untuk menembakkan panah dengan menggunakan gigi,” katanya kepada Fox News.
Namun apa yang dilakukan Fabry ini tentunya sangat beresiko pada giginya, tapi ia terlihat sama sekali tidak khawatir. “Saya sudah melakukan ini selama 13 tahun dan gigi saya masih terlihat dan terasa sama seperti kali pertama saya mulai. Semuanya berjalan dengan baik,”
Musim panas ini Fabry akan bersaing dalam tim Paralimpiade AS di London, tetapi keberhasilan internasional bukanlah tujuan satu-satunya di kepalanya.
Fabry mengajarkan olahraga yang disukainya itu kepada anggota Wounded Warriors Project, untuk membantu anggota tentara yang terluka.
“Apa yang saya benar-benar membuat saya bangga adalah mampu bekerja dengan veteran perang kami yang kembali dengan cacat yang berbeda-beda. Aku mengalami cacat ini sebelum bisa bergabung dengan militer, dan ini adalah semacam cara agar saya dapat membantu negara dengan membantu pahlawan kita.’ tambahnya.

Ilmuwan : Kurang Tidur Salah Satu Penyebab Obesitas

Posted: 17 Mar 2012 06:43 PM PDT

tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan obesitas

Kurang tidur ternyata dapat berujung pada kegemukan. Menurut para ilmuwan tidak mendapatkan istirahat malam yang cukup, bisa menyebabkan obesita.
Para peneliti dari Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, menemukan bahwa relawan yang kekurangan tidur memakan lebih banyak kalori.
Para peneliti mempelajari 17 pria dan wanita muda yang sehat selama delapan malam, dimana setengah dari peserta tidur normal dan setengah lainnya tidur hanya dua pertiga waktu normal mereka. Peserta diijinkan makan sebanyak yang mereka inginkan selama penelitian.
“Kami menguji apakah kurang tidur mengubah kadar hormon leptin dan ghrelin [yang berhubungan dengan nafsu makan], meningkatkan jumlah konsumsi makanan seseorang dan mempengaruhi pembakaran energi melalui aktivitas,” kata Virend Somers, penulis studi dan profesor kedokteran dan penyakit jantung di Mayo Clinic.
Kelompok kekurangan tidur, yang tidur satu jam dan 20 menit lebih sedikit daripada kelompok kontrol, setiap hari mengonsumsi rata-rata 549 kalori tambahan.
Sementara itu, jumlah energi yang digunakan untuk kegiatan tidak secara signifikan berubah diantara dua kelompok ini, menunjukkan bahwa mereka yang kurang tidur tidak membakar kalori tambahan.
“Kurang tidur merupakan masalah yang berkembang saat ini, dimana 28 persen orang dewasa sekarang melaporkan bahwa mereka mempunyai jam tidur lebih sedikit per malam,” kata Andrew D. Calvin, salah seorang peneliti dan asisten profesor di Mayo Clinic.
Para peneliti menekankan, meskipun, bahwa meskipun studi ini menunjukkan kurang tidur dapat menjadi bagian penting dan salah satu penyebab kenaikan berat badan dan obesitas. Namun itu adalah penelitian kecil yang dilakukan di unit penelitian klinis rumah sakit itu.
“Studi yang lebih besar diperlukan, dan tentunya akan membantu mengkonfirmasi temuan kami, ” kata Calvin.

Penjahat Nazi, John Demjanjuk Meninggal Dunia

Posted: 17 Mar 2012 09:17 AM PDT

penjahat perang

John Demjanjuk dianggap ikut bertanggung jawab atas kematian 28.060 orang saat ia menjadi penjaga di kamp Sobibor (BBC)

John Demjanjuk, yang terbukti bersalah atas perannya sebagai penjaga di kamp maut Nazi dalam Perang Dunia II, meninggal dunia pada usianya yang ke-91, polisi Jerman mengatakan.
Ia dihukum pada Mei 2011 lalu oleh pengadilan Jerman selama lima tahun penjara, namun dibebaskan sambil menunggu banding.
Menurut BBC, pria kelaiharan Ukraina pada tahun 1920 itu meninggal dunia di rumahnya karena faktor usia.
Diketahui, pengadilan mengatakan bahwa Demjanjuk adalah seorang penjaga di kamp Sobibor Polandia, yang diduduki Nazi pada tahun 1943. Namun ia membantah tuduhan tersebut, dan mengatakan ia juga adalah seorang tawanan perang dan juga korban kekejaman pasukan Nazi.
Diperkirakan 250.000 orang tewas dalam kamar gas di Sobibor. Dan Demjanjuk dinyatakan bersalah karena membantu pembunuhan terhadap 28.060 orang yang tewas di sana sementara dia menjadi penjaga.
Dia juga dinyatakan bersalah atas tuduhan serupa oleh pengadilan di Israel pada tahun 1986, tetapi putusan itu dibatalkan ketika keraguan muncul tentang identitasnya.
Demjanjuk adalah seorang prajurit Tentara Merah Soviet pada tahun 1942 ketika ia ditangkap oleh Nazi Jerman.
Jaksa menegaskan bahwa Ia direkrut oleh Nazi Jerman sebagai penjaga kamp, dan dengan bekerja di kamp kematian itu, Demjanjuk juga ikut terlibat dalam pembunuhan.
Jaksa penuntut mengajukan sebuah kartu identitas SS yang menunjukkan Demjanjuk bertugas sebagai penjaga kamp Sobibor. Namun, kartu identitas itu diragukan keaslian oleh sebagian orang, tetapi para ahli pengadilan mengatakan bahwa kartu identitas itu tampaknya asli.

Penjahat Nazi, John Demjanjuk Meninggal Dunia

Sushi Bersinar Jadi Tren Baru di Amerika

Posted: 17 Mar 2012 07:55 AM PDT

glowing in the dark sushi

Sushi yang berkilau dalam gelap ini jadi trend baru di AS

Sushi yang bersinar dalam gelap telah menjadi tren terbaru di Amerika, dan menjadi sebuah makanan yang ‘harus dicoba’ di seluruh negara Paman Sam tersebut.
Terinspirasi oleh ikan hasil rekayasa genetika yang awalnya dibiakkan untuk penelitian ilmiah, sushi yang bersinar dalam gelap ini telah menjadi sukses besar.
Resep sushi yang merupakan makanan khas negeri Sakura tersebut menggunakan glofish, sebuah merek modifikasi genetik (GM) ikan zebra neon yang dijual oleh Yorktown Technologies, dan tersedia di toko-toko hewan peliharaan.
Ikan yang dimodifikasi ini pada awalnya dibiakkan untuk membantu mendeteksi polusi lingkungan. Dengan menambahkan gen berpijar alami bagi ikan, para ilmuwan berencana untuk membuat ikan yang bersinar ketika sungai menjadi tercemar.
Ikan glofish tersedia dalam berbagai pilihan warna aneh seperti, Starfire Red, Electric Green, Sunburst Orange, Cosmic Blue dan Galactic Purple.
Namun, tidak semua warga Amerika Serikat dapat menikmati mereka, sebab ikan-ikan ini ilegal di California karena regulasi yang membatasi semua ikan hasil rekayasa genetika di negara bagian AS tersebut.
Selain sushi, ikan berkilau hasil rekayasa genetika ini juga digunakan dalam pembuatan pizza.
Bahkan, untuk para penggemar kulier yang ingin mencoba sesuatu yang jauh lebih ‘ekstrim’, sebuah tim sedang mengerjakan resep untuk masakan dari tikus berkilau, yang diciptakan dengan tehnik yang sama.

0 comments:

Post a Comment