Twitter

Tuesday, March 6, 2012

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Ada “Pengkhianatan”, Sejumlah Hacker Ditahan

Posted: 06 Mar 2012 09:22 PM PST


Sejumlah orang yang diduga sebagai aktivis peretas (hacker) ditahan. Penahanan secara terpisah di Amerika Serikat, Inggris, dan Republik Irlandia ini dilakukan dengan tuduhan perbuatan kriminal yang menyebabkan “lebih dari satu juta orang menjadi korban”.


Penahanan ini sendiri merupakan pengembangan dari penahanan yang dilakukan terhadap ‘pemimpin’ Lulzsec, Hector Xavier Monsegur. Peretas yang dikenal dengan sebutan Sabu ini telah dinyatakan bersalah dengan tuduhan 12 perbuatan kriminal, pada Agustus tahun lalu.


Mengutip Reuters, Sabu yang ditahan sejak Juni 2012 kemudian direkrut menjadi informan FBI secara rahasia. Atas bantuan Sabu inilah FBI menahan lima peretas. Tapi, Reuters menyebut peretas yang ditahan berasal dari kelompok Anonymous.


Anonymous dan LulzSec memang merupakan aktivis peretas atau hacktivist yang selama ini melakukan aksinya dengan menyerang sejumlah situs milik lembaga pemerintah dan korporasi di seluruh dunia. Karena ini organisasi tanpa bentuk, jadi memang sulit untuk mengidentifikasi dan membedakan antara Anonymous dengan LulzSec.


BBC menyebut para peretas yang ditahan adalah Jack Davis (19 tahun) dari Lerwick, Shetland Islands, Ryan Ackroyd (25 tahun) dari Doncester, Darren Martyn (25 tahun) dari Galway. Ketiganya dari Inggris.


Sedangkan peretas yang ditahan di Irlandia adalah Donncha O’Cearrbhail (19 tahun) dari Birr. BBC juga menyebut Scotland Yard menahan remaja 17 tahun yang belum diketahui namanya, di London selatan, terkait konspirasi peretasan.


Sedangkan Reuters menambahkan satu orang yang ditahan di Chicago, AS, adalah Jerremy Hammond, yang dikenal dengan nama “Anarchaos”. Hammond ditahan atas tuduhan melakukan peretasan terhadap Strategic Forecesting atau Stratfor, sebuah lembaga riset dan intelijen global.


Ketidakpercayaan

Penahanan ini diduga menimbulkan ketidakpercayaan di kalangan peretas. Sebab selama ini Sabu dikenal sebagai tokoh yang disegani di dunia maya oleh para peretas.


“Sabu merupakan seorang pemimpin. Sekarang Anonymous sadar bahwa dia pengkhianat dan bekerja untuk Fed (FBI). Mereka pasti berpikir, ‘jika kita tidak bisa percaya Sabu, siapa yang bisa dipercaya?’,” kata Mikko Hypponen, Kepala Riset di Perusahaan Sekuritas Komputer asal Finlandia F-Secure, kepada Reuters.

“Ini mungkin bukan akhir Anonymous. Tapi butuh waktu bagi mereka untuk pulih, terutama dari paranoia,” ujar Hypponen.


Di akun Twitter yang selama ini dipercaya dikelola Anonymous, Sabu pun telah dianggap sebagai pengkhianat. “Kami tak punya pemimpin,” ujar akun @YourAnonNews. (umi)

Eksotisme Sedan Tanpa Ekor Mercedes Benz

Posted: 06 Mar 2012 09:17 PM PST

Mercedes-Benz A-Class hatchback (Autoblog)

Produsen mobil premium asal Jerman, Mercedes-Benz melakukan terobosan baru di Geneva Motor Show 2012. Mereka memamerkan varian terbari dari A-Class.


Seperti diketahui, A-Class selama ini kurang memiliki “taji”, ketimbang varian Mercedes-Benz lainnya. Tapi kali ini, mereka justru siap menjadikan Mercedes-Benz A-Class hatchback sebagai senjata terbarunya.


Dilaporkan Autoblog, Selasa 6 Maret 2012, A-Class hatchback hadir dengan interior memikat, dashboard berlapis karbon dan ventilasi pendingin udara (AC) menggunakan konsep bulat seperti milik Mercedes-Benz SLS AMG.


Interior milik A-Class hatchback diperbaharui dengan mengambil konsep kabin Mercedes-Benz C-Class. Posisi pengemudi dengan tinggi enam kaki atau 183 cm, akan tetap merasa nyaman meski mobil ini bertipe hatchback.


“Kenyamanan di dalam A-Class seperti menunggangi Mercedes Benz M-Class. Ini sangat luar biasa dan tak terduga,” kata salah satu jurnalis di Geneva.


Urusan dapur pacunya, mobil ini disokong mesin empat silinder dengan dua pilihan tipe, bensin dan diesel, masing-masing berkapasitas mesin 1.6-liter serta 2.0-liter.


Varian diesel dilengkapi teknologi mesin direct injection dan turbocharging, dengan fitur start/stop engine. Transmisi yang ditawarkan ada dua pilihan, 6-percepatan manual terbaru, dan 7-percepatan dengan paddle shift pada gearboksnya.

Mobil dengan Interior Super Mewah

Posted: 06 Mar 2012 09:13 PM PST

Bentley Mulsanne (REUTERS/ Fadi Al-Assaad)

Mobil lansiran Inggris, Bentley, akan memproduksi model dengan interior super mewah versi Bentley Mulsanne. Mobil ini bakal dibuat kombinasi antara elegan dan sporty.


Seperti dilansir Automotto, Rabu 7 Maret 2012,  Bentley Mulsanne terbaru bakal dibekali tenaga tinggi dengan teknologi mesin modern dan kemewahan kabin yang menawan.


Interior bakal dibuat langsung oleh manusia, bukan dari mesin. Ini yang bakal menjadi istimewa dan berbeda dengan mobil mewah lainnya.


Bila kita tengok ke dalam kabin, fitur yang pertama terlihat adalah home theater dengan koneksi iPad. Layar sebesar 15,6 inci berteknologi definisi tinggi (HD) di bagian depan dan layar 8 inci di bagian belakang sandaran pengemudi dan penumpang depan, serta fitur Bluetooth merupakan fitur standar dalam mobil yang dibandrol miliaran rupiah ini.


Penumpang diberikan pilihan memutar DVD, program televisi, dan musik. Sistem audionya disertai Digital Signal Processing (DSP), sehingga dentuman speaker 14 inci lebih dahsyat. Tak ketinggalan, peranti audio dapat memainkan 6-CD changer, dengan pilihan sistem audio dari Naim.


Bentley Mulsanne 2012 memiliki mesin V8 6.75 liter yang mampu melontarkan tenaga 505 hp dengan torsi puncak 1.018 Nm. Mesin ini dikawinkan dengan sistem transmisi 8-percepatan otomatis dengan sistem paddle shift.


Sayangnya, bila ingin memiliki mobil ini Anda harus memesan paling cepat 2 bulan. Sebab, Bentley akan merajut interiornya terlebih dulu dengan tangan.

FOTO: Perang Mobil-mobil Eksotis di 2012

Posted: 06 Mar 2012 09:09 PM PST

Ferrari F12 Berlinetta (autoguide.com)

Mata pecinta otomotif dunia akan tertuju ke Swiss, Eropa, dalam beberapa pekan ke depan. Mobil canggih berdesain eksotis dan mewah siap memukau di ajang Geneva Motor Show, yang akan digelar mulai Kamis 8 Maret 2012.


Dilansir majalah Forbes, Rabu 7 Maret 2012, krisis ekonomi yang tengah melanda Eropa tidak menyurutkan para produsen mobil ternama di dunia untuk ambil bagian di ajang Geneva Motor Show.


Mereka justru siap pamer mobil-mobil terbaru mulai dari yang siap diproduksi hingga konsep. Tak ketingggalan teknologi terbaru juga disematkan dalam mobil-mobil berdesain eksotis dan mewah itu.


Mulai dari Bentley EXP 9 F, Maserati GranTurismo Sport, Infiniti Emerg-E, Lamborghini Aventador J, Mercedes-Benz A Class, Bugatti Veyron Grand Sport,  BMW M6 Coupe, BMW X6 M50d, dan Ferrari F12.


Berikut foto-foto mobil eksotis dan mewah yang akan tampil di ajang Geneva Motor Show:

















DPR Restui Kunjungan Komisi Hukum ke Prancis

Posted: 06 Mar 2012 09:06 PM PST

Komisi III DPR melakukan kunjungan kerja ke Australia, Prancis, dan China.

Pimpinan DPR mengizinkan Komisi III Bidang Hukum DPR untuk melakukan kunjungan kerja ke tiga negara, yaitu Australia, Prancis, dan China. Kunjungan itu dilakukan dalam rangka mempersiapkan rancangan revisi Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi.


"Mereka ingin melihat kewenangan lembaga-lembaga antikorupsi di sana, termasuk di Prancis," kata Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 7 Maret 2012. Menurutnya, temuan soal pemberantasan korupsi di ketiga negara itu dapat menjadi bahan untuk menyempurnakan draf revisi RUU KPK.


Namun, imbuh Priyo, belum tentu juga aturan-aturan di tiga negara tersebut akan langsung diadopsi oleh Komisi III ke dalam bentuk draf RUU. "Kita ingin mengambil yang terbaik," jelas Priyo.


Ia menerangkan, tidak semua kunjungan ke luar negeri diizinkan oleh pimpinan DPR. "Kami memperbolehkan hanya yang terkait dengan penyusunan RUU, sementara yang lainnya kami drop," tegas politisi Golkar itu.


Sebelumnya, Ketua Komisi III DPR Benny K Harman menyatakan Prancis dan Australia dipilih sebagai negara yang hendak dikunjungi karena negara-negara itu dinilai sukses memberantas korupsi.


Rombongan ke Prancis dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III Azis Syamsuddin dari Fraksi Golkar, sedangkan rombongan ke Australia dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III Tjatur Sapto Edy dari Fraksi PAN. Komisi III selanjutnya menambahkan China ke daftar negara yang hendak dikunjungi. (umi)

Ketua DPR Minta Fraksi Tegur Anggota Pemalas

Posted: 06 Mar 2012 09:01 PM PST

Sidang paripurna DPR (Antara/Ismar Patrizki)

Absennya sejumlah anggota DPR dalam  rapat-rapat paripurna kembali menjadi sorotan. Bahkan Ketua DPR Marzuki Alie ‘angkat tangan’ dan meminta Badan Kehormatan serta masing-masing fraksi untuk menindak tegas anggotanya yang kerap membolos.


“Saya minta Ketua Fraksi lebih keras terhadap anggotanya,” kata Marzuki Alie di gedung DPR, Jakarta, Rabu 7 Maret 2012.


Menurut Marzuki, mereka yang kerap membolos, jarang hadir dalam rapat-rapat, terutama sidang paripurna. Itu sama saja dengan tidak menghormati anggota Dewan yang lain, yang datang tepat waktu.


Ketika Marzuki melihat ruang sidang paripurna kosong-melompong, maka sudah menjadi tugas Marzuki untuk menegur. Lalu, apakah akan ada pemberian sanksi bagi mereka yang terbukti kerap tidak hadir ke Senayan? Menurut Marzuki dirinya tidak berwenang memberikan sanksi. Sekalipun dirinya merupakan Ketua DPR.


“Sanksi itu hanya bisa diberikan oleh Badan Kehormatan. Kalau saya tidak punya otoritas, bagaimana saya bisa memimpin. Tapi kunci kekuasaan hanya ada di fraksi,” jelas Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini.


Sidang paripurna kemarin terpaksa ditunda hingga 1,5 jam karena peserta tidak memenuhi quorum. Sedianya, sidang dijadwalkan pukul 09.00 WIB. Tapi, bangku-bangku legislator masih banyak yang kosong.


Hingga pukul 10.10 WIB, anggota dewan yang hadir hanya sebanyak 195 dari 560 anggota DPR yang ada. Sementara tiga pimpinan DPR tak tampak di kursi masing-masing, yakni Priyo Budi Santoso, Anis Mafta, dan Pramono Anung.

Asteroid 2012 DA14 Akan Tabrak Bumi di 2013?

Posted: 06 Mar 2012 08:57 PM PST


Asteroid sepanjang 150 kaki atau 45,7 meter akan berada dalam jarak relatif sangat dekat dengan Bumi. Saking dekatnya, batu angkasa yang diberi nama 2012 DA14 akan melayang di bawah satelit buatan manusia yang mengorbit di sekitar planet kita.


Menurut laporan dampak risiko Badan Antariksa Ameriksa Serikat (NASA) mengatakan, kemungkinan asteroid itu manghantam Bumi sangat rendah, namun pada 15 Februari 2013, jaraknya hanya sekitar 17.000 mil atau 27.358,8 kilometer, lebih dekat dari satelit geostasioner yang diluncurkan manusia ke luar angkasa.


Jika asteroid seukuran itu sampai menabrak Bumi, ia akan memicu ledakan setara bom nuklir.


Dua astronom dari Observatorio Astronómico de La Sagra, Spanyol menemukan 2012 DA14 pada akhir Februari 2012.


Hasil kalkulasi yang didapatkan, orbit batu angkasa itu sangat mirip dengan Bumi. Beberapa laporan berspekulasi, bahwa kemungkinan tubrukan pada 15 Februari tahun depan besar. Namun, astronom  Phil Plait, pemilik blog Bad Astronomy, mengesampingkan dampak itu.


“Asteroid 2012 DA14 hampir pasti tak akan menabrak Bumi Februari tahun depan. Kemungkinannya sangat rendah, nyaris nol. Dengan tak mengesampingkan dampaknya di masa depan, untuk saat ini, kita masih aman,” kata dia, seperti dimuat Daily Mail, Senin 5 Maret 2012.


Terkait jaraknya yang bahkan lebih dekat dari satelit buatan manusia, Plait mengatakan, tak ada yang perlu dikhawatirkan.  “Tujuh belas ribu mil jauh di bawah banyak satelit kita yang mengorbit Bumi. Sejauh yang saya ketahui, ini adalah asteroid seukuran itu yang terdekat selama ini. Bagaimanapun, ia tak akan menabrak Bumi. Secara astronomi, 17.000 mil adalah jarak yang dekat, tetapi dalam istilah manusia, tak akan ada ancaman.”


Setelah 2013, Asteroid 2012 DA14 akan kembali mendekati Bumi pada tahun 2020. Namun, menurut Plait, peluangnya untuk membahayakan umat manusia lebih rendah dari peluang seseorang tersambar petir dalam hidupnya. Yakni 1: 100.000.


Ancaman 2040

Sementara Asteroid 2012 DA14 sangat jarang disinggung keberadaannya, para astronom kini disibukkan mengantisipasi ancaman yang mungkin disebabkan sebuah batu angkasa 28 tahun mendatang. Tepatnya 5 Februari 2040.


Astronom dunia, dari Badan Antariksa Eropa (ESO) dan  Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kini sedang memusatkan perhatian pada pergerakan sebuah asteroid yang besarnya sedikit lebih panjang dari lapangan bola. Namanya, Asteroid 2011 AG5. Kemungkinannya menabrak Bumi adalah 1:642, peluang terbesar yang pernah ada.


Meski ukurannya tak sebesar batu angkasa yang memusnahkan spesies Dinosaurus 65 juta tahun lalu, para ilmuwan tak menganggap remeh asteroid ini. NASA telah menempatkannya dalam obyek benda dekat Bumi yang harus diawasi. Asteroid ini bahkan jadi agenda pembicaraan penting dalam pertemuan Komite Sains PBB atau United Nations Scientific and Technical Subcomittee awal bulan ini di Wina.


Sebab, jika asteroid itu lolos dan menabrak sebuah kota, niscaya jutaan nyawa akan melayang.

Oksigen Ditemukan di Dione, Bulan Saturnus

Posted: 06 Mar 2012 08:54 PM PST

Molekul oksigen adalah gejala umum di sistem Saturnus. (dok. Corbis)

Pesawat ruang angkasa milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang mengitari Planet Saturnus telah mengidentifikasi lapisan atmosfer oksigen yang tipis pada cincin planet Dione, bulan Saturnus. Atmosfer Dione 5 triliun kali lebih padat dibandingkan dengan udara pada permukaan Bumi.


Atmosfer Dione dideteksi oleh pesawat ruang angkasa NASA, Cassini, yang melihat lapisan oksigen sangat tipis, setara dengan dengan kondisi 300 mil atau 480 km di atas bumi.


Bedanya, pada Dione, hanya ada satu ion oksigen dalam setiap 0,67 kubik inchi atau satu ion untuk setiap 11 kubik sentimeter di ruang angkasa. Ada perbedaan pendapat, ilmuwan yang tergabung dalam misi Cassini ini mengatkan bahwa jumlah tersebut belum cukup sebagai sebuah atmosfer.


“Kami saat ini mengetahui bahwa Dione, bulan Rhea merupakan sebuah sumber molekul oksigen,” kata Robert Tokar, anggota Tim Cassini Laboratorium Los Alamos yang juga pemimpin studi di New Mexico dalam sebuah pernyataan.


“Ini menunjukkan bahwa molekul oksigen pada dasarnya umum dalam sistem Saturnus. Memperkuat dugaan bahwa ini terjadi dari sebuah proses yang tidak melibatkan kehidupan,” tambahnya.


Oksigen di Dione kemungkinan berpotensi dihasilkan oleh fotosintesis matahari atau partikel berenergi tinggi yang membombardir permukaaan yang melindungi lapisan es bulan Saturnus itu. Tokar menjelaskan bahwa serangan tersebut melepaskan ion oksigen ke atmosfer. Kemungkinan lain, oksigen adalah hasil dari proses geologi.


Dione bukan satu-satunya bongkahan batu yang mengandung atmosfer di tata surya. Lapisan tebal atmosfer diketahui menyelubungi Bumi, Venus, dan Mars. Juga bulan terbesar dari Planet Saturnus, Titan.


Atmosfer tipis pada bulan Saturnus yang lain, Rhea, Dione, yang mirip  juga terdeteksi oleh NASA pada 2010.


Temuan oksigen pada Dione, tak lantas membuat pendapat pada ilmuwan berubah. Mereka tetap yakin Dione tak punya daya dukung kehidupan. “Namun riset terbaru menunjukkan, Dione jauh lebih menarik dari yang sebelumnya kami pikirkan,” kata Amanda Hendrix, Deputi Proyek Sains Cassini pada Jet Propulsion Laboratory NASA, Kalifornia. Amanda tidak ikut dalam studi Tokar.


“Ilmuwan kini menggali Dione melalui data Cassini untuk melihat lebih detail bulan ini,” katanya.


Pejabat NASA menjelaskan Dione ditemukan pada 1684 oleh astronom Giovanni Cassini. Bulan ini dinamai sesuai Dewa Yunani, Dione. Penyair kuno Yunani, Homer menggambarkan Dione sebagai ibu dari Dewi Aphrodite.


Dione merupakan salah satu bulan terkecil Saturnus dengan luas 698 mil atau 1123 km. Dione mengorbit Saturnus setiap 2,7 hari pada jarak 234 ribu mil atau 377,4 ribu km. ukuran ini sama dengan bulan bumi.


NASA meluncurkan misi Cassini pada 1997 yang mengorbit Saturnus sejak Cassini mendatangi cincin planet terbesar tersebut pada 2004. Misi tersebut merupakan upaya kerjasama NASA dan agen ruang angkasa Eropa dan Italia. Kerjasama tersebut telah diperluas beberapa kali, terkahir sampai 2017.


Studi detail terkait hal ini akan dijelaskan pada Jurnal Geophysical Research

VIDEO: Ekskavasi di Situs Kota China Medan

Posted: 06 Mar 2012 08:49 PM PST

Ekskavasi di Situs Kota Cina, Medan (ANTARA) Sejak awal Februari, Balai Arkeologi Medan yang bekerja sama dengan lembaga penelitian asal Prancis melakukan ekskavasi arkeologi di Situs Kota China, Payah Pasir, Medan, Sumatera Utara. Ekskavasi dilakukan di sejumlah titik situs yang diduga berasal dari abad 11 itu. 

Dari hasil ekskavasi, ditemukan sejumlah pecahan keramik dan gerabah dari abad 11 hingga 14. Asal temuan pun beragam. Ada yang diduga berasal dari India Selatan, Asia Daratan, dan China.


Lihat temuannya dalam video di tautan ini.


Temuan ini mengungkap bahwa situs merupakan sebuah lokasi yang pernah jadi pusat perdagangan dan permukiman. Ini diperkuat dengan keberadaan wihara kecil yang berusia tua dan diduga sebagai salah satu peninggalan dari masa itu.


“Aktivitasnya sudah cukup kompleks. Dari ragam artefak situs ini sudah kosmopolit pada masa itu. Dalam artian, pendukung budayanya dari beragam latar belakang, baik agama atau kebangsaan,” kata arkeolog Ery Soedewa.


Sejumlah temuan hasil ekskavasi ini kemudian disimpan di dekat lokasi ekskavasi. Situs Kota China pertama kali ditemukan oleh arkeolog asal Inggris, Edmund Edward McKinnon pada 1972. (art)

Letterater, Jaring Sosial untuk Karya Sastra

Posted: 06 Mar 2012 08:44 PM PST

Letterater, jejaring sosial sastra asli Medan (Letterater.com)

Sukses jejaring sosial menjaring pengguna di seluruh dunia, terutama Indonesia, ikut memacu anak bangsa untuk melakukan hal serupa. Dua mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) kemudian menciptakan jejaring sosial, yang diberi nama Letterater.


Bambang Saswanda Harahap (25 tahun) dan Palit Hanafi Lubis (27 tahun), mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya USU, merupakan pencipta jejaring sosial tersebut. Adapun, kedua mahasiswa ini membuat Letterater setelah melihat kelemahan pada Facebook dan Twitter.


Konsepnya, Letterater membolehkan semua penggunanya untuk menulis, tanpa ada batasan konten. Letterater memang ditujukan kepada pengguna internet yang memiliki hobi menulis sastra, seperti puisi, cerpen, dan esai.


“Di sini dominannya memang ditujukan kepada penggemar blog atau yang hobi menulis karya sastra,” ujar Bambang, saat ditemui VIVAnews di kampus USU, 5 Maret 2012.


Bambang pun mengaku dalam menggarap jejaring sosial ini dibantu tiga orang adik kelasnya. “Yaitu Bambang Riyanto dan Rodiyah yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa sastra USU, serta Joshua dari Kampus IBBI Medan jurusan komputer.”


Letterater pun mengarahkan penggunanya agar lebih bijak menulis apa saja di dalam dinding akunnya. Misalnya, terdapat tab (pilihan halaman website) yang mereka ciptakan, yaitu puisi, cerpen, resensi film, resensi buku dan esai. Situs ini pun diharapkan dapat menambah kepercayaan diri penggunanya untuk menulis sebuah karya.


“Kami sudah menjaring 5.000-an member sejak di-publish empat bulan lalu. Kami juga membuat semacam kompetisi bagi member, setiap hari akan ada tulisan populer berdasarkan komentar, like, dan kutipan terbanyak dari karya tersebut,” jelas Palit Hanafi Lubis.


“Ke depan, ini akan kami kembangkan menjadi jejaring sosial yang bisa memberikan apresiasi kepada setiap user. Dalam waktu dekat ini setiap user yang karyanya menjadi tulisan populer akan kami berikan reward. Ini menunjukkan komitmen kami kepada user,” lanjutnya.


Saat ini Letterater juga sudah mempunyai versi aplikasi Blackberry sejak tanggal 1 Maret 2012. Aplikasi ini dapat diunduh di www.m.letterater.com/bb.


“Kami menyadari bahwa smartphone adalah gadget yang paling banyak digunakan untuk mengakses internet. Pendekatan teknologi ini akan terus kami kembangkan di versi Android,” ucap Palit.


Saat ini, dana untuk pengembangan masih berasal dari kantong mereka pribadi. Kocek ratusan juta pun sudah mereka gunakan untuk mengembangkan Letterater. (eh)

Provider Mulai Serius Garap Uang Elektronik

Posted: 06 Mar 2012 08:39 PM PST

Sistem pembayaran e-payment dengan ponsel (gearlive.com)

Perkembangan teknologi menjadikan sistem pembayaran pun semakin canggih. Selain menggunakan kartu debit dan kartu kredit, telepon seluler kini mulai berperan menggantikan sitem pembayaran konvensional, yang berupa uang tunai.


Google mengembangkan sistem pembayaran e-payment dengan Google Wallet. Pendiri Twitter, Jack Dorsey, pun membuat Square sebagai unit pembayaran e-payment.


Tak hanya Google Wallet dan Square, provider di Indonesia pun kini mulai terlihat serius menggarap pembayaran elektronik. Salah satu provider, Telkomsel, kemudian mengatakan serius menggarap bisnis uang elektronik ini, dengan produk T-Cash.


“Telkomsel merupakan operator selular pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi dari Bank Indonesia pada tahun 2007 untuk menjalankan bisnis e-money," kata Head of Corporate Communication Division Telkomsel, Ricardo Indra.


Indra kemudian menjabarkan, Telkomsel telah memiliki server yang dapat mengelola akun e-money. Akun ini berbeda dengan akun pulsa, yang berguna untuk aktivitas pembayaran. Untuk dapat mengakses dana di akun T-Cash, pelanggan dapat menggunakan media SMS.


"Kehadiran T-Cash sebagai alat pembayaran melalui ponsel dinilai cukup menjanjikan, karena dapat mempermudah masyarakat dalam bertransaksi secara online, cepat, mudah, dan aman," ucap Indra.


Menurut Indra, saat ini T-Cash telah digunakan oleh sekitar 8,2 juta pelanggan. Telkomsel pun telah bekerja sama dengan lebih dari 530 merchant, dan memiliki total terminal sebanyak 32.737 unit di seluruh Indonesia.


“Kami optimis dapat terus mengembangkan bisnis e-money sebagai wujud dukungan dalam menciptakan less cash society,” ujar Indra.

Lenovo Hadirkan Tiga PC Home Entertainment

Posted: 06 Mar 2012 08:36 PM PST

Lenovo IdeaCentre B520 (cnet.com)

Selain menghadirkan desktop untuk kalangan pebisnis UKM, Lenovo juga tetap melihat potensi pengguna PC rumahan. Lenovo pun kemudian hadirkan tiga seri IdeaCentre, yakni  seri B520, B320 dan C320. Tiga seri ini hadir sebagai bukti bahwa PC bisa multifungsi terutama untuk mendukung kebutuhan hiburan rumah (home entertainment).


Kehadiran ketiga seri ini juga sekaligus menawaran nilai sebuah PC. "Kami memberikan benefit PC all in one, yakni multitouch screen, multimedia termasuk game dan TV, dan space saving," kata Julius Tjhin, Regional Business Manager Lenovo.


Julius menyebutan bahwa seri B320 yang hadir dengan prosesor Intel Core i5  mampu terintegrasi dengan siaran TV secara bersamaan (multi task) dengan pembukaan dokumen lain dalam satu layar desktop dengan display Oneey TV. "Jadi setangah layar TV, setengahnya untuk yang lain, tanpa menghidupkan power untuk TV," tambahnya.


Sementara seri B520 dengan Intel Core i7 menghadirkan kombinasi unik sebuah layar frameless dengan multitouch dan gambar 3D. Pengalaman audio, film dan game diklaim semakin hidup dengan terintegrasi 5.0 channel speaker yang didukung oleh SRS Premium Sound.


PC ini juga dilengkapi layar 23 inch dengan memori 16 GB dan ruang penyimpanan 2 TB. Ini sudah terintegrasi dengan bluetooth, DVD Reader dan USB 2.0, 3.0.


Sedangan seri C320 hadir dengan Intel Core i3 dengan layar 20 inchi LED, memori 8GB dengan ruang penyimpanan 1 TB, terintegrasi dengan DVD reader, port USB 2.0 dan 3.0.


Semua seri untuk rumahan ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan berbasis veriface khusus pengguna. "Untuk tingkat keamanan garis wajah dapat disesuaikan mulai dari tingkat rendah sampai tinggi," tambah Anton Widjaja, Product Specialist SMB Lenovo. (adi)

Telkomsel: Trafik Data Naik, Suara Turun

Posted: 06 Mar 2012 08:31 PM PST


Pertumbuhan kebutuhan data bagi pengguna seluler semakin meningkat. Penggunaan data bagi pelanggan seluler pun tercatat naik, yang menyebabkan turunnya penggunaan layanan suara.


Dalam daftar trafik layanan komunikasi Telkomsel, misalnya, trafik data melonjak signifikan. Jika di tahun 2010 tercatat penggunaan sebesar 63 TeraByte, maka di tahun 2011 tercatat penggunaan sebesar 107 TeraByte.


Sedangkan penurunan suara juga tercatat signifikan, lebih dari 10 juta menit. Jika di tahun 2010 Telkomsel mencatat penggunaan layanan suara selama 953 juta menit, maka di tahun 2011 turun menjadi 936 juta menit.


"Seiring dengan tingginya ekspektasi masyarakat akan layanan data, kualitas jaringan menjadi faktor penentu yang signifikan. Telkomsel berupaya memastikan kemudahan dan kenyamanan akses komunikasi data sejalan dengan pertumbuhan pelanggan data," kata Ricardo Indra, Head of Corporate Communications Division Telkomsel dalam keterangan tertulisnya, 6 Maret 2012.


Ricardo menambahkan bahwa dalam upaya meningkatkan kualitas layanan data, Telkomsel memfokuskan pada faktor penunjang dalam elemen jaringan telekomunikasi. Salah satunya adalah pita spektrum.


“Dengan tersedianya pita spektrum yang memadai akan memberikan kecepatan akses terhadap beragam layanan komunikasi data sehingga pada akhirnya kebutuhan pelanggan di Indonesia dapat dilayani dengan optimal," ucap Indra.


Selain jumlah penggunaan data dan suara, Telkomsel juga menyebut angka penggunaan SMS dan MMS. Layanan SMS tahun 2010 tercatat sebesar 763 juta SMS, dan naik pada tahun 2011 menjadi 771,5 juta SMS. Penggunaan layanan MMS pun meningkat dari 630 ribu MMS pada 2010 menjadi 1 juta MMS pada 2011.


Pertumbuhan pelanggan Telkomsel pada tahun 2011 pun tercatat meningkat sebesar 14 persen. Angka ini disertai dengan pertumbuhan pengguna layanan data sebesar 55 persen dibanding tahun sebelumnya.

Nama Seri iPad Teranyar: iPad HD?

Posted: 06 Mar 2012 08:28 PM PST

VIVAnews – Sejumlah pengamat dan pencinta gadget masih diliputi rasa penasaran ihwal acara yang akan diadakan Apple di San Franciso besok, 7 Maret 2012. Acara ini diprediksi menjadi acara perkenalan tablet terbaru Apple, iPad 3.

Namun, sejumlah spekulasi beredar di internet menyebutkan nama yang akan dipakai Apple bukanlah iPad 3. Laman teknologi CNet dan Gizmodo menyebut Apple akan memberi nama tablet terbaru itu: iPad HD.

Gizmodo menuliskan, nama iPad HD ini diketahui dari listing sejumlah manufaktur yang didaftarkan perusahaan Griffin dan Belkin. Nama ini juga diambil berdasarkan penggunaan Retina Display di layar iPad teranyar ini.

CNet juga menyebut aplikasi bernama TapaTalk telah mendaftarkan diri sebagai salah satu aplikasi yang dapat digunakan di iPad HD.

Tapi masih ada satu pertanyaan yang tersisa, apakah ada perusahaan lain yang menggunakan nama iPad HD.  Ini agar tidak terjadi permasalahan hukum seperti yang dilakukan perusahaan China terhadap merek “IPAD”.

CNet pun kemudian mengatakan, ada perusahaan yang menggunakan nama itu, yaitu iPadHD.com. Situs itu bahkan telah mendaftarkan domainnya sebelum iPad perdana diluncurkan 2010 silam.

Tak hanya itu terdapat pula situs iPadHD.biz dan iPadHD.co.uk. Nama yang pertama disebut mengaku domain itu akan dilelang. Sedangkan nama yang kedua telah ada sejak 26 Februari 2010.

Tapi bukan berarti Apple tidak akan menyambar nama-nama domain yang sudah ada. Karena sebelumnya Apple pun tetap menggunakan nama iPhone, yang kemudian sempat digugat Cisco. Apple juga mengambil nama iCloud meskipun telah ada situs iCloud.com.

Namun, mengutip Wired, Apple memiliki tradisi menggunakan angka di belakang produknya. Saat iPhone muncul dengan Retina Display, Apple pun tidak menggunakan nama iPhone HD. Malah, Wired menyebut kemungkinan nama lain: iPad 2S.

Lautan di Bulan Jupiter Mengandung Zat Asam

Posted: 06 Mar 2012 08:25 PM PST

Europa, salah satu bulan milik planet Jupiter (matus1976.com)

Para peneliti mengatakan bahwa terdapat lautan di bawah permukaan bulannya Jupiter, Europa. Namun, lautan itu mengandung terlalu banyak zat asam yang tidak mendukung kehidupan.


Para ilmuwan meyakini bahwa Europa yang seukuran Bumi, memiliki sebuah lautan dengan kedalaman mencapai 100 mil atau 160 kilometer. Lautan itu ditumpangi oleh kerak es yang tidak diketahui ketebalannya, meski diperkirakan hanya beberapa mil saja.


Selama ini kehidupan di bumi dianggap ada, sejak ditemukan keberadaan air. Selama beberapa tahun ilmuwan telah mempertimbangkan gagasan bahwa bulan Jovian (yang mengorbit di Jupiter) dapat mendukung kehidupan di luar bumi.


Penemuan terakhir bahkan menunjukkan lautan dalam bulan tersebut terdapat oksigen yang cukup untuk mendukung jutaan ton kehidupan lautan, seperti jenis-jenis spesies yang pernah ada di bumi.


Para peneliti telah mengajukan misi untuk mendalami lapisan luar Europa untuk mencari kehidupan di dalam lautnya. Meski demikian, peneliti lain telah menunjukkan bahwa Europa dapat menyembunyikan fosil kehidupan laut tepat di permukaan untuk menemukan bagaimana air tampaknya secara teratur akan didorong dari bawah.


Namun, ahli kimia menemukan bahwa permukaan Europa kemungkinan beresiko membahayakan kehidupan yang ada. Matthew Pasek, seorang astrobiologis di University of South Florida, mengatakan tingkat keasaman yang dihasilkan di laut itu dapat membahayakan.


Senyawa Kimia Berbahaya

Senyawa tersebut yakni oksidan, yang mampu menerima elektron dari senyawa lain. Ini biasanya jarang terjadi di tata surya karena banyaknya bahan kimia yang dikenal sebagai reduktor, seperti hidrogen dan karbon, yang bereaksi cepat dengan oksidan untuk membentuk oksida seperti air dan karbondioksida.


Europa kebetulan penuh dengan oksidan yang kuat. Misalnya, oksigen dan hidrogen peroksida, yang diciptakan oleh radiasi dari kerak es dengan partikel berenergi tinggi dari Jupiter.


Oksidan memang menunjang kehidupan di lautan Europa. Namun, peneliti menambahkan, oksidan tersebut mungkin bereaksi dengan sulfida dan senyawa lain di laut sebelum kehidupan bisa menangkap itu, dan menghasilkan asam sulfat dan lainnya.


Jika ini telah terjadi selama hampir setengah umur keberadaan Europa, tidak hanya akan merampas penunjang kehidupan laut, tetapi bisa menjadi relatif korosif, dengan pH sekitar 2,6.


Tingkat keasaman akan menjadi tantangan yang penting bagi kehidupan, kecuali jika organisme mampu dengan cepat menyerap oksidan untuk memperbaiki keasaman. Ekosistem butuh berkembang untuk menghadapai keasaman ini, yakni sekitar 50 juta tahun.


Mikroba Asam di Europa

Setiap ekosistem yang masih hidup di lautan Europa mungkin sama dengan komunitas mikroba yang ditemukan dalam air asam tambang di Bumi, seperti mikroba merah terang di sungai Río Tinto di Spanyol. Mikroba yang dominan ditemukan di sana adalah toleran, bahkan cenderung menyukai lingkungan asam, yang tergantung pada besi dan sulfida sebagai sumber energi metabolik.


“Mikroba di sini telah menemukan cara menghadapi lingkungan asam,” kata Pasek. “Jika kehidupan itu di Europa, Ganymede, dan bahkan mungkin Mars, yang mungkin benar-benar menguntungkan,” lanjutnya.


Pasek tidak berpikir kemungkinan adanya batu yang mungkin menetralkan efek keasaman di dasar laut Europa. Jika pun ada, Pasek mengatakan itu tidak cukup untuk mengurangi keasaman.


Kalsium berbasis bahan yang tulang dan kulit di Bumi dibuat untuk mudah larut di lingkungan yang asam. “Salah satu kemungkinan menarik bahwa mereka mungkin telah digunakan sebagai bahan fosfat biru tulang mereka bukan berkembang organisme besar,” kata Pasek. “Jika Anda memiliki fosfat besi, Anda membuat mineral biru cukup disebut vivianite.”

Google Siapkan Android Key Lime Pie?

Posted: 06 Mar 2012 08:21 PM PST

Sistem Operasi Android (2android-phone.com)

Google baru saja meluncurkan Android versi 4.0, atau yang dikenal dengan nama Ice Cream Sandwitch (ICS). Kehadiran ICS pun disambut baik, sejak Google memperkenalkannya pertama kali di perangkat Samsung Galaxy Nexus.


Walau ICS terbilang masih hangat, dan dinantikan untuk bisa dioperasikan di sejumlah perangkat, tapi Google dikabarkan mempersiapkan Android 5.0 Jelly Bean. Versi Jelly Bean hadir untuk melengkapi kekurangan ICS, baca di tautan ini.


Tapi Google tidak berhenti di situ. Kini, Google pun dikabarkan mempersiapkan versi terbaru setelah Jelly Bean. Versi terbaru yang disiapkan ini akan dinamakan, Key Lime Pie.


Seperti dilansir laman CNet, pemberian nama sandi Key Lime Pie dipilih sebagai rangkaian daftar menu makanan penutup yang lezat. Tampaknya Google membuat rencana untuk memperluas menu Android.


Menurut sumber dari laman The Verge, tidak ada indikasi kapan sistem operasi terbaru itu akan dimunculkan. Sumber The Verge juga tidak menyebut versi angka, apakah Key Lime Pie akan jadi Android 6.0 atau bukan.


Nama sandi Key Lime Pie melanjutkan tradisi Google dalam pemberian nama untuk Androidnya dengan mengadopsi alfabetik makanan penutup.


Versi itu adalah Cupcake, Donut, Eclair, Froyo (Frozen Yoghurt), Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, dan Key Lime Pie.


Walaupun Ice Cream Sandwitch hanya berlaku untuk sektor mobile, Jelly Bean yang akan dirilis akhir tahun ini, diharapkan akan optimal untuk tablet. Versi Jelly Bean juga memungkinkan para vendor untuk menambahakan Android 5.0 kepada tablet berbasis Windows 8 ataupun notebook. Ini memungkinkan pengguna untuk beralih di antara sistem operasi tanpa harus memulai dari komputer.


Rumor ini disebut The Verge akan terjadi pada 2013, mengingat saat ini Google memperlambat langkah Android pada beberapa versi terakhir.


Sampai saat ini, perwakilan dari Google belum memberikan komentar lanjut terkait kabar tersebut.

Laba-Laba Mampu Hasilkan Senar Biola Terbaik

Posted: 06 Mar 2012 08:17 PM PST

  Para ilmuwan di Jepang telah menggunakan ribuan helai sutra laba-laba untuk membuat sebuah senar biola. Senar tersebut diklaim memiliki warna nada yang lebih lembut dan mendalam, ketimbang tali senar tradisional ataupun senar yang terbuat dari baja.

Warna nada tersebut kemungkinan ditimbulkan dengan cara memutar sehingga menghasilkan sebuah “struktur kemasan” yang tidak jarak antar-tiap helai. Senar ini akan dijelaskan secara detail dalam jurnal “Physical Review Letters” yang akan datang.


Shigeyoshi Osaki dari Universitas Kedokteran Nara,  Jepang, telah tertarik dengan sistem mekanika pada sutra laba-laba dalam beberapa tahun lalu. Ia secara khusus mempelajari ‘garis tarikan’ sutra yang diayunkan oleh laba-laba.


Osaki sebelumnya telah mengukur kekuatan sutra dan dituliskan dalam paper di “Polymer Journal” pada 2007.


Osaki telah memperolah banyak metode yang tepat dari garis tarikan sutra dari penangkaran laba-laba. Kini, Ia juga telah  mengalihkan perhatiannya untuk mengaplikasikan material tersebut.


“Instrumen busur senar seperti halnya biola yang telah banyak dipelajari oleh peneliti,” tulisnya. “Namun, tak semua detail telah dapat diperjelas, kebanyakan pemain biola tertarik pada bentuk biola tapi tidak pada busur atau senarnya.”


Osaki menggunakan 300 laba-laba spesies Nephila maculata perempuan. Salah satu di antaranya merupakan penenun bola emas yang terkenal dengan jaring yang komplek, untuk memberikan garis tarikan sutra.


Untuk kebanyakan senar, Osaki membelit antara 3 ribu dan 5 ribu helai sutra dalam satu arah untuk membentuk sebuah ikatan. Senar tersebut kemudian disiapkan dari tiga ikatan belitan secara bersamaan pada arah yang berlawanan.


Ia kemudian mengatur ukuran daya rentang sutra, yang merupakan faktor penting agar pemain biola tidak salah dalam memainkan biola saat konser. Senar sutra laba-laba mampu menahan pengurangan tegangan sebelum menggantikan senar tali tradisional yang jarang digunakan. Senar ini juga lebih baik dari senar nylon core, yang berlapis alumunium.


Sebuah studi penutup kemudian menggunakan sebuah mikroskop elektron yang menunjukkan bahwa saat senar dengan sendirinya berputar secara sempurna. Dalam bagian lintasan helai telah dipadatkan dalam sebuah jarak dari bagain yang bebeda.


Hasilnya, semua cocok bersama-sama, meninggalkan tidak ada ruang di antara mereka. Osaki menunjukkan bahwa fitur senar yang mengalihkan kekuatan mereka dengan penting menjadi nada unik.


“Beberapa vionis profesional melaporkan bahwa senar laba-laba menghasilkan sebuah warna nada yang lebih baik, mampu menciptakan sebuah musik baru,” tulisnya. | BBC

Memasak dengan Biogas Kotoran Sapi

Posted: 06 Mar 2012 08:12 PM PST

Mengaduk kotoran sapi untuk dijadikan biogas (Antara/ Rezza Estily)

Inovasi energi alternatif seperti tak mengenal kata selesai. Mulai dari gelombang laut yang diyakini mampu menghasilkan energi listrik yang tak sedikit, limbah buangan pun telah dibuktikan mampu menghasilkan energi.


Warga di Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, pun terbilang sukses menekan penggunaan energi minyak untuk kebutuhan keluarga. Biogas organik hasil dari kotoran sapi peliharaan Marsilam (57 tahun) mampu mengasapi dapurnya dan menekan konsumsi minyak tanah.


Menurut Marsilam, dalam tiga bulan belakangan, keluarganya menekan biaya pengeluaran sebesar Rp150 per bulan sejak menggunakan biodigester hasil kotoran sapi peliharaannya. Dari tiga ekor sapi miliknya, kotorannya dapat mengepulkan asap dapur Marsilam hingga 2,5 jam tanpa henti.


"Untuk keperluan keluarga sehari-hari, saya tidak pakai minyak tanah lagi," kata Marsilan pada VIVAnews, Selasa, 6 Maret 2012. Hasil ini terbilang cukup ekonomis dibanding sebelum Marsilan menggunakan biogas dari hasil kotoran sapinya.


Upaya memanfaatkan kotoran sapi ini tidak sengaja. Berawal dari penggunaan kotoran sapi sebagai kompos (pupuk organik), tenaga ahli dari program USAID FIELD Bumi Ceria menawarkan langkah ekonomis menampung gas methana dari kotoran sapi.


Tim dari FIELD memberikan mereka plastik PE (polythene) untuk membangun instalasi proses kotoran sapi menjadi biogas. Biogas ini lalu disalurkan ke kompor gas. 


"Ampasnya (sisa dari proses pembentukan gas dari kotoran sapi) juga digunakan sebagai kompos untuk padi saya," kata Marsilam. Hasilnya, hasil panennya meningkat 25 persen.


Meskipun baru mengenal proses ini, ia pun mengaku, proses ini lebih ramah lingkungan dan mengurangi efek rumah kaca penyebab global warming. Kini, teknologi yang awalnya dibangun di kediaman Marsilan telah dikembangkan hingga ke Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Padang Pariaman. "Pembentukan biogas dengan konsep seperti kita telah dikembangkan ke beberapa daerah," ujarnya.

Modal Rp650 Ribu


Biogas memang bukan hal baru bagi Sumbar. Namun dua tahun belakangan, penggunaan energi ini marak dikembangkan. Selain itu, teknologinya pun makin murah dan terjangkau.


Program Manager USAID's FIELD Bumi Ceria, Syafrizaldi, pada VIVAnews mengaku, pihaknya hanya membantu tenaga teknis dan biaya sebesar Rp650 ribu untuk membangun sistem hingga ke dapur Marsilam. "Dengan teknologi tepat guna, dan biaya hanya Rp650 ribu, api sudah menyala di dapur Pak Marsilam," kata Syafrizaldi.


Menurut Syafri, penggunaan biogas ini merupakan bentuk kesiapan membangun nagari (desa) tangguh menghadapi bencana dan mengurangi efek rumah kaca dari kotoran sapi milik warga. Setidaknya, sekitar 360 ekor milik warga di desa tersebut membuang gas methana ke alam terbuka setiap hari lewat kotorannya.


Kondisi ini dipertegas dengan keasaman tanah di desa tersebut yang cenderung digarap menjadi areal persawahan dan perkebunan. Hasil asestment FIELD, tanah pertanian di Kasang jenis Ultisol (Podzolik Merah Kuning) dengan tingkat keasaman antara agak masam (pH 5,5—5,9) dan netral (pH 6—7,5) di areal seluas 623 hektare.


"Kondisi anaerob ini memugkinkan terjadinya proses produksi rumah kaca berupa methana dalam lumpur sawah yang pada gilirannya akan menyumbang pada pemanasan global," kata Syafri.


Instalasi biogas yang menjadi pilot project di Nagari Kasang disiapkan September 2011 lalu. Tim ahli biogas dari Yayasan FIELD membangun instalasi biogas murah merancang biodigester yang mampu menampung kotoran dan urin dua ekor sapi. Lubang dengan kedalaman 1 meter dan panjang 5 meter serta lebar 1 meter akan menampung kotoran dan urine sapi.


Tabung digester yang terbuat dari plastik akan menampung gas methana yang dihasilkan kotoran sapi tersimpan dengan baik serta dapat dialirkan ke rumah warga. Instalasi pipa akan membantu penyaluran biogas yang tertampung dalam digester yang sebelumnya telah dicampur lumpur sawah untuk mempercepat proses biogas sebelum bisa digunakan.


Proses methanogesesis (pembuatan gas methana dari kotoran sapi) akan terbentuk sekitar 20 hari sehingga bisa digunakan layaknya menggunakan kompor gas. Biodegester hanya diisi sekitar tiga perempat bagian dengan kotoran sapi sehingga bisa berproses untuk membentuk gas methana. Sedangkan untuk mengisi biodigester hanya dibutuhkan kotoran dari dua ekor sapi saja.


Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Sumbar, Joni, mengaku, program tersebut merupakan pengembangan dari pertanian organik yang menjadi kebijakan daerah. "Kita terus memfasilitasi ini dan telah dikembangkan dalam dua tahun belakangan," ujar Joni.


Ia mengaku, dari awal pihaknya telah mengkampanyekan ini dengan konsep mengurangi penggunaan pupuk kimia di areal pertanian Sumbar. Terkait penggunaan biogas dari kotoran sapi dan perubahan iklim, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar pelatihan bagi kelompok tani.


"Kami akan dukung itu dan pemerintah daerah akan terus memfasilitasinya. Ini kan bagian dari pertanian organik," ujarnya.

Dirut Colibri Jadi Tersangka Pencurian Pulsa

Posted: 06 Mar 2012 08:07 PM PST

 

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Saud Usman Nasution menyatakan pihaknya telah menetapkan satu orang tersangka terkait kasus pencurian pulsa. Tersangka itu adalah Direktur Utama PT Colibri Networks.


“Direktur II Tindak Pidana Eskonomi Khusus (Tipidesksus) sedang ambil keterangan tersangka dari PT C atas nama NHB kasus pulsa,” kata Saud di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 6 Maret 2012.


Saud mengatakan polisi menemukan sejumlah kendala dalam melakukan pengusutan kasus ini. Diantaranya proses investigasi laboratorium dalam kegiatan forensik karena banyak barang bukti yang harus diperiksa. Namun, akhirnya penyidik mampu menyelesaikan proses itu. “Berdasarkan uji forensik diharapkan tuntas,” ujarnya.


Namun, Saud mengaku belum mengetahu pasal berapa yang dijeratkan untuk NHB. “Pasal nanti akan dimintakan,” kata dia.


Kasus ini berawal dari laporan Feri Kuntoro yang merasa pulsanya terus berkurang. Dia melaporkan perusahaan content provider PT Colibri Networks sejak 26 Januari 2012 lalu. Kemudian PT Colibri balik melaporkan Feri ke polisi.


Namun, mereka akhirnya sepakat berdamai. Pada Jumat, 27 Januari 2012, Feri mencabut laporannya terhadap PT Colibri di Bareskrim Polri. Begitu pula dengan Colibri. Mereka mencabut laporan terhadap Feri di Polres Jakarta Selatan.

Langkah CEO Baru Membangkitkan Raksasa Yahoo

Posted: 06 Mar 2012 08:03 PM PST


Yahoo dikabarkan kembali mengurangi jumlah karyawan. Perampingan itu dilakukan agar salah satu raksasa online itu gesit bersaing dengan sejumlah rivalnya seperti Google dan Facebook.


Kabar rencana pengurangan karyawan kali ini, pertama kali dilaporkan laman teknologi All Things Digital. Laman yang sohor di kalangan pegiat teknologi itu menulis bahwa pengurangan itu menjadi langkah besar pertama bagi CEO Scott Thompson, semenjak diangkat menjadi CEO pada awal Januari kemarin, menggantikan Carol Bartz yang dipecat september lalu.


Belakangan ini Yahoo termasuk sering menganti pucuk pimpinan. Setelah pemecatan Bartz, Yahoo ditinggalkan pendirinya, Jerry Yang, chairman Roy Bostock dan tiga direktur senior lainnya.


Pemasukan Yahoo sejak itu jatuh 5 persen di kuartal keempat 2011. Penurunan itu terjadi saat Yahoo berjuang untuk tetap bersaing dengan Google di pencarian iklan untuk mesin pencari, dan persaingan pencarian iklan display dengan Facebook.


“Di tahun 2012 kami akan membariskan sumber daya kami di area kunci. Kami akan fokus dan agresif di pasar dengan membawa produk inovatif yang baru serta pengalaman pada para perngiklan dan pengguna,”  ujar Thompson, seperti dikutip dari Guardian.


Menurut All Things D, pemutusan karyawan dipertimbangkan adalah di bagian hubungan masyarakat, pemasaran, penelitian, bisnis kecil dan bisnis kecil regional.


Thompson disebut sedang menyiapkan masa depan Yahoo sebagai perusahaan yang berjuang untuk menemukan para pembeli di bisnis Asia. Perusahaan mesin pencari ini memiliki saham di perusahaan, yakni Alibaba. Yahoo juga disebut memiliki sejumlah aset berharga di Jepang. Namun pembicaraan atas penjualan aset tersebut masih tersendat.

Badai Matahari Ancam Gangguan Komunikasi

Posted: 06 Mar 2012 07:58 PM PST


Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, mengatakan badai matahari yang terjadi hanya akan berdampak pada operasional satelit dan jaringan radio. Badai matahari, menurut Thomas, tidak akan sampai ke permukaan bumi.


Badai matahari tersebut diperkirakan akan menuju ke bumi pada hari ini atau besok.


“Tapi tidak akan sampai jatuh ke sini. Karena bumi dilindungi oleh medan magnet bumi, jadi tak perlu khawatir. Kita juga dilindungi oleh ionosfer,” ujar Djamaluddin kepada VIVAnews, Selasa, 6 Maret 2012.


Badai tersebut, lanjutnya, secara umum hanya akan berdampak pada operasional satelit dan radio, dan tidak akan berdampak pada radiasi pada wilayah bumi. “Tapi operator satelit sudah mengantisipasi, mereka sudah punya prosedur,” tambahnya.


Jika operasional satelit tidak terdampak oleh badai tersebut, jaringan komunikasi dan radio akan berjalan normal.


Ia menambahkan bahwa kapan pastinya badai tersebut sampai ke atmosfer bumi belum dapat dipastikan. Pihaknya saat ini terus memantau perkembangan kecepatan matahari.


Thomas Djamaluddin menggambarkan badai matahari merupakan akibat dari ledakan di permukaan matahari yang menimbulkan lontaran pada korona matahari. (adi)

Flickr Kenalkan Fitur Baru, Justified View

Posted: 06 Mar 2012 07:53 PM PST


Situs pengaturan foto online milik Yahoo, Flickr, memperkenalkan tampilan baru untuk halaman "Foto dari Kontak Anda". Fitur Justified Layout ini akan memudahkan para pengguna mengetahui cerita dari teman melalui foto-foto mereka.


Desain baru ini mengoptimalkan tampilan foto berukuran besar secara mulus. Sehingga pengguna Flickr dapat melihat lebih banyak aktivitas dari kontak, teman dan keluarga mereka sekaligus.


Dengan Justified Layout, pengguna dapat melihat foto dari kontak-kontak mereka secara mudah dari satu halaman. Kemudian pengguna Flickr dapat menambahkannya pada daftar favorit serta memudahkan mereka  menulis pendapat.


“Serta kemampuan untuk melihat ke bawah dan melihat semua foto kontak-kontak mereka pada #JustifiedView memudahkan mereka untuk mendapatkan update dari teman Flickr mereka," kata Dellawati Wijaya, Community Manager Yahoo! Indonesia dalam keterangan tertulisnya, 6 Maret 2012.


Fitur baru ini muncul pada opsi “View”, di mana pilihan tampilan sebelumnya
juga masih tersedia. Tampilan Justified View akan selalu menghormati aspek rasio gambar dan tidak akan pernah memotong foto.


Sebagai perkenalan fitur tampilan baru ini, Yahoo! Indonesia memperkenalkan inisiatif menarik untuk memperingati Februari 2012 yang merupakan tahun kabisat (leap year).


Pengguna dapat memasukan foto "leap year" mereka ke dalam Flickr. Dalam dua hari, terdapat lebih dari 300 pengguna Flickr yang bergabung dalam grup http://www.flickr.com dengan lebih dari 640 foto. (umi)

Jika Akurat Gunung Padang Ubah Peta Peradaban

Posted: 06 Mar 2012 07:49 PM PST

Situs megalitikum Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat (Antara/ Agus Bebeng)

Tim Bencana Katastropik Purba yang melakukan pengeboran di situs megalitikum Gunung Padang, mengungkap hasil penanggalan keberadaan situs berundak Gunung Padang. Berdasarkan carbon dating yang dilakukan, tim menyebut punden berundak ini sudah ada sejak 10.000 Sebelum Masehi.


Hasil ini terbilang mengejutkan. Sebab, dengan penanggalan ini punden berundak di Gunung Padang berpotensi menjadi bangunan tertua di dunia. Sebagai perbandingan, piramid-piramid tua di Mesir diduga berasal dari 2.500 hingga 3.000 SM. Atau bandingkan dengan Stonehenge yang diperkirakan berasal dari 3.500 hingga 5.000 SM.


Arkeolog Ali Akbar kemudian mengatakan, jika hasil carbon dating ini akurat, maka Gunung Padang akan menjadi peninggalan penting dunia.


“Jika itu memang akurat, kita harus siap-siap mengatakan konstelasi peradaban dunia berubah. Bahwa Indonesia memiliki peradaban tua dibandingkan dengan yang lain. Namun dengan catatan, jika itu memang akurat,” kata Ali Akbar, saat dihubungi VIVAnews, 6 Maret 2012.


Menurut Ali Akbar, hasil carbon dating dan pengeboran memang perlu dilihat lagi. Arkeolog harus mengetahui berapa kedalaman pengeboran. Selain itu, harus dilihat pula konteks sampel carbon dating dengan konteks budayanya, dalam hal ini dengan batu-batu yang digunakan sebagai bahan bangunan.


“Apakah tanahnya merupakan lapisan budaya atau tidak. Yang menjadi pertanyaan kan kita mencari usia bangunan. Untuk mengetahui itu, di bawah bangunan tersebut ada tanah lagi tidak,” ucap Abe, sapaan Ali Akbar.


“Untuk itu Tim Katastropik Purba harus memastikan di kedalaman pengeboran tersebut harus ada struktur bangunannya. Jika tidak, itu bisa dikatakan tanah alami yang sudah ada sebelumnya,” lanjut Abe.


Kemudian, Ali pun mempertanyakan laboratorium yang melakukan carbon dating tersebut. “Setahu saya, laborarorium uji karbon di Indonesia belum diakui secara internasional karena belum akurat. Makanya selama ini, dalam penelitian arkeologi, karbon dibawa ke luar negeri untuk pengujian,” ucapnya.

Spesies “Alien” Menginvasi Antartika

Posted: 06 Mar 2012 07:46 PM PST


Antartika, adalah benua terdingin di muka Bumi, yang mencakup luas 13.200.000 kilometer persegi, di mana sebagian besar tertutup es sepanjang tahun. Kini, para ilmuwan sedang mengkhawatirkan invasi “alien” di sana — yang bukan datang dari luar angkasa, namun dari saku dan tas para pendatang.


Benih dan tanaman secara tak sengaja terbawa ke Antartika oleh para turis dan ilmuwan, bisa memicu perkembangan spesies tanaman asing, yang bisa mengancam kelangsungan hidup tanaman asli. Dikhawatirkan ia akan mengancam keseimbangan ekosistem.


Invasi tanaman asing adalah satu di antara ancaman signifikan terhadap konservasi di Antartika, khususnya saat perubahan iklim makin menghangatkan benua es itu. Demikian dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, Selasa, 6 Maret 2012.


Lebih dari 33.000 turis dan 7.000 ilmuwan datang ke Antartika tiap tahunnya, menumpang kapal dan pesawat. Survei yang dilakukan selama dua bulan dengan responden para pengunjung Antartika menemukan, beberapa di antara mereka mengaku, membawa bibit tanaman dari negara lain yang sebelumnya mereka kunjungi.


Dari hasil penyedotan dari kantong, celana, manset, sepatu dan dalam tas mereka. Juga pinset untuk menjepit biji-biji yang kemungkinan tersembunyi didapatkan, rata-rata setiap orang memiliki 9,5 benih tersembunyi dalam pakaian dan peralatan mereka.


“Makin banyak barang yang dibawa pengunjung, makin banyak pula bibit yang tak sengaja mereka bawa. Ini adalah ancaman besar,” kata Dana Bergstrom, dari Divisi Antartika Australia, kepada Reuters. “Kita mulai kehilangan keanekaragaman hayati asli dan berharga yang dimiliki Antartika.”


Di antara spesies “alien” yang ditemukan adalah bunga poppy Islandia, rumput Fescue, dan sejenis rumput yang tumbuh di musim dingin — kesemuanya berasal dari lokasi yang dingin, yang berpotensi bisa tumbuh di Antartika.


Semenanjung Antartika, di mana para turis biasanya berkunjung, saat ini dianggap sebagai “hot spot” dari benua beku itu, di mana iklimnya relatif lebih hangat, sehingga mudah bagi bibit untuk tumbuh. “Tingkat pemanasan di semenanjung adalah yang terbesar di planet Bumi,” kata Bergstrom.


Butuh hampir tiga tahun untuk mengidentifikasi spesies benih dan pengaruhnya di benua es. (hp).

Nokia Incar Pasar Smartphone Murah

Posted: 06 Mar 2012 07:41 PM PST


Nokia boleh mendominasi pasar ponsel fitur, dengan produk yang hanya mengandalkan fitur dasar komunikasi, yaitu suara dan SMS. Tapi, kemajuan teknologi mobile menjadikan smartphone mulai dianggap penting bagi produsen ponsel, termasuk Nokia.


Saat ini, Nokia masih tertinggal dari Apple dan Samsung, di pasar smartphone. Apple berjaya dengan kesuksesan iPhone, sedangkan Samsung mengandalkan sistem operasi Android yang sukses meningkatkan penjualannya.


Tapi Nokia kemudian menggaet Microsoft, dan mulai serius menggarap Windows Phone. Dengan sejumlah seri Lumia, Nokia pun berharap bisa kembali berbicara di persaingan pasar smartphone.


Mengutip TechCrunch, segmen low-end tetap dianggap penting di pasar smartphone. Ini yang menjadikan produsen banyak yang menggunakan Android, sebab dengan sistem operasi gratisan dari Google ini, produsen bisa menjual produknya dengan harga murah.


Apakah Nokia akan menyasar segmen smartphone murah? Jawabannya mungkin iya. Di Mobile World Congress kemarin, Nokia pun memperkenalkan Lumia 610, Windows Phone yang akan dibanderol seharga 189 Euro atau US$ 250.


Tapi, Executive Vice President Nokia, Niklas Savander, mengatakan harga itu masih kurang murah. “Kami bersaing dengan Android,” ujar Savander, saat wawancara dengan Pocket-Lint.


“Android ada di berbagai pasar dengan harga sekitar 100 Euro (atau sekitar US$ 131). Dengan Lumia 610 seharga 189 Euro, kami harus bekerja untuk menciptakan produk low-end untuk pengguna smartphone pemula,” ucap Savander.


Lumia 610 sendiri memiliki spesifikasi yang terbatas. Smartphone berukuran 3,7 inch (800x480p) ini dilengkapi prosesor Qualcomm 800MHz, namun dengan RAM hanya 256 MB. Kesan murah pun terlihat dari casing yang terbuat dari plastik.


Walau begitu, Nokia dan Microsoft tetap harus membuktikan keunggulan Windows Phone. Dengan demikian, Nokia pun tetap bisa membuktikan diri sebagai pemain yang dihitungkan di pasar smartphone, baik itu low-end atau high-end. (ren)

0 comments:

Post a Comment