Twitter

Thursday, February 16, 2012

Sepakbola Online | Berita Sepakbola

Sepakbola Online | Berita Sepakbola


Benarkah Windows 8 “Contek” Konsep dari Linux?

Posted: 16 Feb 2012 03:12 AM PST

KOMPAS.com – Microsoft sudah mulai memberi kesempatan pengembang software untuk mencicipi Windows 8 versi awal. Benakah fitur-fiturnya “mencontek” Linux?

Pendapat itu berkeliaran di internet dan ditangkap oleh Sandro Villinger dari ITWorld. Ia memaparkan berbagai fitur Windows 8 yang dituding meniru fitur Linux atau software Open Source lain.

Sebelum melihat beberapa fitur tersebut, perlu diingat bahwa meniru di sini bisa berarti mirip secara fungsi. Sedangkan dari sisi kode penyusunnya hampir pasti dilakukan sendiri-sendiri.

Satu hal lagi, Windows 8 adalah upaya pengembangan sistem operasi. Tak bisa dihindari jika akan ada konsep-konsep tertentu dalam pengembangan sistem operasi yang mirip.

Villinger pun pada kesimpulannya menyatakan: meski ada fitur yang nampak “dipinjam” dari dunia Open Source, pada akhirnya upaya Microsoft dalam Windows 8 adalah upaya mandiri.

Setidaknya ada 8 fitur baru di Windows 8 yang dianggap “meminjam” konsep dari peranti lunak terbuka. Berikut adalah penjelasannya :

File Copy Dialogue

Fitur ini merupakan fitur standar yang dimiliki sistem operasi manapun. Windows 8 akan mengadopsi konsep ini seperti yang terlihat dalam gambar

windows8

Windows 8 menambahkan kemampuan untuk pause, resume, atau stop copy file yang bisa dilakukan secara manual oleh pengguna di masing-masing file.

windows8-2

Fitur serupa sudah pernah diterapkan pada peranti lunak manajemen file Dolphin dan Nautilus yang bersifat Open Source.

ISO Mounting

Di Windows 8, Microsoft akan mengaplikasikan mounting ISO File. Fungsi Windows Explorer ini akan menggantikan peranti pihak ketiga seperti Daemon Tools, Power ISO atau Virtual CloneDrive.

Fungsi semacam ini sudah diterapkan lebih dulu oleh Linux dan Mac.

Windows To Go

Windows To Go adalah menjalankan Windows dari USB Flashdisk. Mau tidak mau fitur ini mengingatkan pada Live CD (lewat CD maupun USB Flashdisk) yang telah diterapkan di berbagai distribusi Linux.

Di Windows 8 fungsi ini hanya tersedia untuk pelanggan Enterprise.

Metro User Interface

Tampilan ala Metro berakar dari tampilan Windows Media Center dan Zune. Konsepnya adalah, satu User Interface untuk berbagai perangkat, PC maupun Tablet.

Banyak pihak di Linux yang sudah mencoba konsep itu, mulai dari Ubuntu hingga GNOME. Tapi harus diakui, belum ada yang tampilannya seperti Metro.

Integrasi Sosial Media

Distro Linux Ubuntu telah lebih dulu mengintegrasikan sosial media dengan desktop. Sejak versi 10.4 ada menu Me yang memungkinkan update status dan cek linimasa dari desktop.

Windows 8 akan menghadirkannya melalui apps seperti Tweet@Rama, Photo Picker dan Socialite.

Mendukung USB 3.0

USB 3.0 telah bekerja dengan baik di Windows 7 berkat dukungan produsen hardware. Di Windows 8, Microsoft menerapkannya sejak awal dan bersifat native.  

Linux juga telah memiliki dukungan native pada USB 3.0.

Integrasi Cloud

Dalam Ubuntu 11, layanan Ubuntu One memungkinkan sinkronisasi dengan online back up 5 GB. Windows 8 menggunakan SkyDrive (25GB) untuk layanan sejenis.

Tak lupa, di Apple juga ada iCloud. Jadi memang penyimpanan cloud sedang jadi tren dalam pengembangan sistem operasi.

ReFS

ReFS (Resilient File System, yang dulu dikenal dengan nama kode Protogon) merupakan generasi berikutnya dari sistem file Microsoft.

Konon, sistem file ini mirip dengan Z File System (ZFS) dan B-Tree file system (BtrFS) yang sebelumnya telah dikembangkan di dunia Open Source.

Terlepas dari benar atau tidaknya berbagai tudingan itu, Windows 8 tampaknya berusaha menghadirkan berbagai fitur yang tujuan akhirnya adalah melayani kebutuhan pengguna.

Meniru atau tidak, seharusnya tak perlu jadi polemik berkepanjangan. Seperti kata seniman kondang Pablo Picasso, yang kemudian dikutip Steve Jobs: “Good artists borrow, great artists steal!”

Apple: Pabrik iPad di China Akan Diinspeksi

Posted: 16 Feb 2012 03:09 AM PST

No smiles: Workers look on from a Foxconn logo near the gate of a Foxconn factory in the township of Longhua, Guangdong province

KOMPAS.com – Apple Inc mengumumkan akan adanya inspeksi ke Foxconn Technology, pabrik pembuat iPad di China. Inspeksi akan dilakukan oleh organisasi independen bernama Fair Labor Association (FLA).

Hal ini dilakukan merupakan tindak lanjut kontroversi atas pemberitaan mengenai kondisi pekerja Foxconn yang dieksploitasi. Meski demikian inspeksi ini juga dipandang dengan skeptis.

Sebelum ramainya pemberitaan The New York Times soal eksploitasi, berita bunuh diri dan ledakan pabrik sudah lebih dulu muncul ke permukaan. Inspeksi FLA diyakini terkait hal itu.

FLA akan menginspeksi Foxconn dan mitra manufaktur Apple lainnya, termasuk Pegatron. FLA akan mengaudit berbagai hal, terutama kontrol keamanan yang lemah dan kondisi para pekerja di lapangan.

Wired melaporkan bahwa FLA akan menurunkan satu tim ahli tenaga kerja dari dua penyedia layanan yang terakreditasi, yakni INFACT dan Operview. Mereka akan mulai inspeksi dari fasilitas Foxconn di Shenzen, China.

Berdasarkan laporan CNN, Apple telah menerima surat-surat protes yang ke beberapa tokonya. Apple juga memantau petisi online di Change.org yang telah ditanda tangani 50 ribu pelanggan Apple. 

Petisi tersebut menggarisbawahi pernyataan bahwa Apple, selaku pembuat produk terkenal seperti iPhone dan iPad, ternyata membahayakan bagi orang-orang yang memproduksi produk itu.

Pandangan Skeptis Tentang Inspeksi

Salah satu grup advokasi yang berbicara kepada Wired mengaku skeptis terhadap inspeksi ini.  Grup advokasi tersebut menyangsikan hasil investigasi FLA nanti, akan benar-benar membawa perbaikan.

“Kami mengharapkan respon yang cepat dari Apple. Kami sangat berharap hasil inspeksi nanti akan transparan dan terbuka untuk publik,” ujar Sarah Ryan, anggota organisasi hak asasi di Change.org.

Sindy Sagastume, production manager untuk sebuah perusahaan fashion yang memiliki pengalaman dengan pemanufaktur di China, juga tampak skeptis.

Menurutnya, Apple sudah mengaudit vendornya sejak tahun 2006 dan tidak menghasilkan apa-apa. Audit, menurut Sagstume, dalam kenyataannya tidak menjadi jaminan perusahaan menghasilkan suatu perubahan.

FLA disebut sebagai agen yang hanya bisa memberikan laporan, bukan yang membuat kebijakan. Perubahan yang nyata kepada pekerja akan datang dari Foxconn itu sendiri, atau menunggu tekanan dari pemerintah China dan Apple.

Incoming search terms:

HTC Siapkan “Speak” untuk Tandingi Siri?

Posted: 16 Feb 2012 03:05 AM PST

KOMPAS.com - Fitur perintah suara Siri dari Apple agaknya mulai ditiru oleh vendor smartphone lainnya. Dari sebuah bocoran di internet, terungkap adanya fitur “Speak” pada perangkat HTC yang akan datang.

Berdasarkan laporan Uber Gizmo, HTC diyakini telah menyiapkan pesaing Siri tersebut. Fitur tersebut telah ditemukan sebagai bagian di antarmuka (user interface) Sense 4.0.

Penemuan itu muncul setelah adanya sebuah ROM Upgrade Utility untuk HTC Endeavor yang bocor di internet. Fitur Speak, yang tidak diketahui untuk apa, memiliki tampilan mikrofon dan “listening“.

Sejauh ini belum diketahui apakah benar “Speak” adalah fitur yang layak menyaingi Siri. Toh, selama ini tampilan mikrofon sudah ada di ponsel HTC untuk mengaktifkan Google Voice Search.

Di ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona pada 27 Februari nanti, vendor asal Taiwan ini dikabarkan akan meluncurkan beberapa perangkat terbarunya. Harapannya, HTC bisa menampilkan HTC Speak sambil merilis user interface baru Sense 4.0.

Sebelumnya Google juga dikabarkan sedang berencana meluncurkan fitur serupa Siri untuk melengkapi perangkat Android. Fitur tersebut diberi nama Majel.

Inilah Rangkaian Acara Nirmana Award

Posted: 16 Feb 2012 03:02 AM PST

Website Nirmana Award akan Online sejak 20 Februari 2012 dan calon peserta bisa mendaftarkan diri melalui website ini.

JAKARTA, KOMPAS.com – Nirmana Award, apresiasi bagi desainer muda Indonesia (usia 18 hingga 24 tahun) secara resmi telah digelar mulai hari ini, Kamis (16/2/2012). Ajang ini tak hanya menjadi tempat untuk berkompetisi, tetapi juga edukasi dan memperluas jaringan bagi para desainer muda. Sebelum malam puncak penghargaan, Nirmana Award akan mengadakan serangkaian acara sejak 20 Februari hingga 26 Mei 2012.

Acara pertama yang akan digelar adalah Roadshow di 27 kampus sepanjang Februari hingga Maret 2012. Di Jakarta, roadshow Nirmana Award akan mengunjungi Universitas Tarumanegara, Universitas Paramadina, Universitas Trisakti, Universitas Multimedia Nasional, Indonesia Design School, Universitas BIna Nusantara, Universitas Pelita Harapan, Institut Kesenian Jakarta, The London School of PR dan Interstudi.

Di Bandung, roadshow Nirmana Award akan mengunjungi Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, dan Institut Teknologi Nasional. Di Jogjakarta, roadshow akan hadir di Universitas Gadjah Mada, Institut Seni Indonesia, Modern School of Design, dan Universitas Atmajaya. Di Semarang, roadshow akan mendatangi Universitas Dian Nuswantoro, Unika Soegijapranata, dam Universitas Diponegoro.

Roadshow juga akan hadir di Universitas Negeri Solo, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Petra dan Institut Teknologi Surabaya, serta Institut Seni Indonesia di Bali.

Setelah roadshow, barulah pendaftaran kompetisi dibuka. Pendaftaran dibuka sejak Februari hingga April 2012. Pendaftaran akan dibuka di www.nirmanaaward.com sejak 20 Februari 2012. Peserta berusia 18 hingga 24 tahun bisa melakukan pendaftaran dan memasukkan karyanya dalam bentuk soft copy ke website tersebut.

Pendaftaran terbuka bagi siapa saja tanpa batasan profesi. Panitia menetapkan 6 kategori yang bisa dipilih oleh peserta, yakni kategori Ilustrasi, Digital Imaging, Typography, Comic Strip, Desain T-Shirt, dan Motion Graphic.

Acara kedua, adalah pameran komunitas, yang berisi aktivitas kolaborasi antar komunitas kreatif yang digelar 21 hingga 25 Maret 2012. Sedangkan acara ketiga, yakni workshop untuk para finalis, akan digelar pada 24 hingga 26 Mei 2012.

Acara keempat, adalah creative gathering untuk finalis, praktisi, profesional, business owner, dan pelaku industri kreatif. Acara ini digelar tanggal 24 Mei 2012.

Lalu Online Public Vote akan digelar sejak 21 hingga 27 Mei 2012, dimana publik bisa memberikan voting terhadap karya favorit. Pemilihan secara online ini akan mempengaruhi penilaian dari dewan juri. Selama tanggal tersebut, para finalis akan mengadakan pameran karya secara offline di FX Plaza.

Presentasi karya dan talkshow proses kreatif akan digelar pada 26 Mei 2012. Malam puncak penghargaan akan digelar pada 27 Mei 2012.

Saksikan liputan dan wawancara dengan panitia dan juri Nirmana Award dalam program Tekno di Kompas TV. Tekno di Kompas TV tayang setiap Sabtu (23:30 WIB) dan Minggu (11:30 WIB). Dapat juga disaksikan secara live streaming di http://kompas.tv/live/

Incoming search terms:

Cetak Gol Arema, Dicky Langsung Cedera

Posted: 16 Feb 2012 02:57 AM PST

Arema Indonesia (FOTO ANTARA/Ari Bowo Sucipto)

VIVAbola - Arema yang berambisi mengamankan angka penuh di partai kandang, langsung tampil agresif di paruh pertama  saat menjamu PSPS Pekanbaru di laga lanjutan ISL, Kamis 16 Februari 2012. Hasilnya, Arema sukses memimpin satu gol di babak pertama.

Turun dengan dua ujung tombaknya, Dicky Firasat dan Marcio Souza, Singo Edan langsung tampil menekan di menit awal pertandingan. PSPS yang mengincar poin di partai tandang pun tampil penuh kepercayaan diri.

Upaya Arema untuk membuka keunggulan tercipta di menit 21. Memanfaatkan sepak pojok Ferry Aman Saragih, Dicky berhasil menanduk bola untuk membawa keunggulan Arema 1-0.

Sayangnya, Dicky mengalami cedera dan terpaksa ditarik ke luar setelah terlibat benturan keras dengan bek PSPS, Dedy Gusmawan saat menyambut umpan Ferry.

Di menit 26, PSPS mendapat peluang melalui Patrice Nzekou dari tendangan bebas. Tapi, bola masih tepat di pelukan kiper Ahmad Kurniawan.

Pemain pengganti Arema, Agung Suprayogi nyaris menambah keunggulan buat Arema di menit 31. Lepas dari kewalan pemain belakang PSPS, Agung melepaskan tendangan keras. Namun, bola masih melambung di atas mistar. Hingga turun minum, Arema berhasil menjaga keunggulan dengan skor tipis 1-0. (one)

Susunan Pemain
Arema Indonesia:
Ahmad Kurniawan, Steve Hesketh, Seme Pierre Patrick, Johan Ibo, Munhar, Suwarjoko, Ferry Aman Saragih, Kery Yudiono, Arief Arianto, Dicky Firasat (Agung Suprayogi 21′), Marcio Souza.

PSPS Pekanbaru: Fance Harianto, Dedi Gusmawan, Park Chul-yung, Ambrizal, Agus Cima, Fajar Handika, Ali Khaddafi, Ade Suhendra, Patrice Nzekou, M Isnaini

PlayBook OS 2.0 Segera Hadir, Masih Tanpa BBM

Posted: 16 Feb 2012 02:53 AM PST

KOMPAS.com – Research In Motion (RIM) menunda peluncuran sistem operasi BlackBerry PlayBook terbaru (versi 2.0) sejak akhir 2011. RIM sudah menyatakan akan merilis update ini pada Februari 2012. Namun, tanggalnya belum ditentukan.

Menurut laporan N4BB, sebuah situs web yang fokus menyoroti perangkat BlackBerry, RIM akan meluncurkannya pada 21 Februari mendatang. Beberapa fiturnya juga mulai diketahui.

PlayBook OS 2.0 akan menyempurnakan OS PlayBook generasi pertama. RIM menaruh banyak harapan pada PlayBook OS 2.0 untuk mendongkrak penjualan PlayBook yang terbilang sangat lesu.

PlayBook OS 2.0 akan disertai fitur email native, calendar dan contact apps. Namun nampaknya, layanan BlackBerry Messenger (BBM) masih absen dari OS versi terbaru ini. Pengguna masih harus menggunakan BlackBerry Bridge agar bisa BBM-an.

Jika OS PlayBook versi baru ini tak kunjung datang di Februari 2012, maka RIM kembali mengulang penyakit lamanya mengundur tanggal peluncuran. Dan ini bukanlah pertanda baik untuk kesuksesan sebuah produk.

Tentunya ini belum kabar resmi dari perusahaan asal Kanada tersebut. Bisa saja, saat OS 2.0 ini hadir, fitur BBM ternyata tersedia secara native.

Rumor: 7 Maret, Jadwal Peluncuran iPad 3

Posted: 16 Feb 2012 02:49 AM PST

KOMPAS.com - Segala hal yang berhubungan dengan produk buatan Apple memang selalu dipenuhi rumor baik soal tanggal peluncurannya maupun spesifikasi atau desainnya.

Kini giliran tablet generasi selanjutnya dari tablet Apple, iPad 3 yang sedang santer dibicarakan soal tanggal peluncurannya.

Situs teknologi All Things Digital dari Wall Street Journal, beberapa hari lalu mengabarkan, iPad 3 akan diperkenalkan untuk kali pertama pada pekan pertama bulan Maret 2012.

Kabar ini diperkuat oleh situs teknologi iMore, yang mengatakan iPad 3 akan diperkenalkan hari Rabu, 7 Maret 2012.

Hargai Desainer Muda, GantiBaju.com Dukung Nirmana Award

Posted: 16 Feb 2012 02:46 AM PST

Anang Pradipta, ketua panitia Nirmana Award sekaligus salah satu pendiri GrantiBaju.com memotong tumpeng dalam peluncuran resmi Nirmana Award di kampus Bina Nusantara Internasional – Joseph Wibowo Center, Jakarta, Kamis (16/2/2012)

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah penghargaan bertajuk Nirmana Award akan digelar untuk mengapresiasi kreativitas desainer muda Indonesia. Pelopornya, situs GantiBaju.com.

Penghargaan ini tak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga menjadi tempat untuk pembekalan dan perluasan jaringan bagi para para desainer muda Indonesia (18-24 tahun).

Nirmana Award diselenggarakan oleh Nirmana Committee. Acara yang digagas oleh GantiBaju.com ini bertujuan memberdayakan industri kreatif Indonesia.

Nirmana Comittee terdiri dari pelaku industri kreatif, desainer, profesional, asosiasi-asosiasi desain (Asosiasi Desain Grafis Indonesia, Forum Desain Grafis Indonesia), asosiasi-asosiasi periklanan (Art Directors Club, PPPI).

Anang Pradipta, ketua panitia sekaligus salah satu pendiri GantiBaju.com, mengatakan GantiBaju.com selama ini mengandalkan kerja kreatif desainer kaos.

“Tapi banyak orang yang mengatakan kepada saya bahwa apresiasi terhadap desainer di GantiBaju.com belum memadai,” tutur Anang dalam jumpa pers di kampus Bina Nusantara Internasional, Jakarta, Kamis (16/2/2012).

Ternyata, ujar Anang, apresiasi untuk desainer juga belum memadai di skala Indonesia. Itulah mengapa GantiBaju.com kemudian menggelar Nirmana Awards.

Anang menambahkan, GantiBaju.com telah memiliki 25 ribu desainer kaos yang karyanya diseleksi untuk diproduksi sebagai kaos yang dijual di website tersebut.

Namun GantiBaju.com menangkap masih kurangnya apresiasi bagi karya-karya desainer muda Indonesia, padahal ada begitu banyak potensi yang patut menerima penghargaan secara resmi.

Nirmana Award nantinya akan berbentuk serangkaian kegiatan mulai dari Roadshow di 27 kampus di kota-kota besar di Indonesia.

Kemudian akan dilakukan pembukaan masa kompetisi, pameran komunitas – aktivitas kolaborasi antar komunitas kreatif, workshop dan creative gathering.

Ini dilanjutkan dengan voting online oleh publik, pameran karya, talkshow kreatif, presentasi karya, dan dipuncaki melalui malam penghargaan.

Penghargaan ini akan terbagi dalam 6 kategori, dan berikut adalah dewan juri dari masing-masing kategori :

Kategori Ilustrasi: Triyadi Guntur, Mayumi Haryoto, dan Chris LieKategori Digital Imaging: Bona Soetirto, Dhanank Pambayun, dan Heru SuryokoKategori Typography: Eric Wijaya, Suryanto Rustan, dan Yasser RizkiKategori Motion Graphic: Firman Mahda, Wahyu Aditya, dan Isha HeningKategori Comic Strip: Beng Rahadian dan Mice MisradKategori Desain T-Shirt: Dendi Darman, Dicky Dixieland, dan Rahmat Rekarupa


Selain para juri dari masing-masing kategori tersebut, workshop Nirmana akan menghadirkan tokoh-tokoh creativepreneurship dalam komunikasi pemasaran, seperti Ayip Bali, Yoris Sebastian, Danny Oei, Djoko Hartanto, Arief Budiman, Andi S. Boediman, Daniel Surya, Sakti Makki, Glenn Marsalim, dan Ferly Novriadi.

Saksikan liputan dan wawancara dengan panitia dan juri Nirmana Award dalam program Tekno di Kompas TV. Tekno di Kompas TV tayang setiap Sabtu (23:30 WIB) dan Minggu (11:30 WIB). Dapat juga disaksikan secara live streaming di http://kompas.tv/live/

Kaul Vermaelen Usai Dipermalukan Milan

Posted: 16 Feb 2012 02:43 AM PST

Kaul Vermaelen Usai Dipermalukan MilanArsenal kalah telak 0-4 dari Milan dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions.Kamis, 16 Februari 2012, 15:39 WIB Thomas Vermaelen (kiri) dilewati Zlatan Ibrahimovic (yahoosport)

VIVAbola – Arsenal secara mengejutkan tumbang dengan skor telak saat bertandang ke San Siro dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis, 16 Februari 2012. The Gunners harus pasrah gawangnya dijebol empat kali tanpa balas oleh tuan rumah, AC Milan di laga tersebut.

Bek Arsenal, Thomas Vermaelen mengaku hingga kini dirinya masih tidak percaya dengan hasil buruk yang diraih timnya. Pemain berusia 25 tahun itu pun bersumpah akan membalaskan kekalahan menyakitkan ini di laga leg kedua nanti.

“Sulit untuk memberikan penjelasan cepat atas apa yang terjadi dalam pertandingan malam ini. Ini adalah hasil yang sangat buruk. Saya kecewa dengan apa yang terjadi,” ujar Vermaelen seperti dilansir UEFA.

“Satu hal yang masih bisa kami lakukan adalah mengingat bahwa kami masih punya satu laga lainnya (leg kedua). Sekarang kami harus menunjukkan harga diri kami dan mengeluarkan kemampuan penuh kami pada leg kedua nanti,” tambahnya.

“Sebagai seorang profesional, kami harus meletakkan sesuatu yang buruk di belakang. Kami harus dapat memetik pelajaran atas apa yang terjadi malam ini, tetapi yang paling penting di saat ini adalah memulihkan mental untuk tetap kuat dan fokus pada pertandingan berikutnya,” tandasnya.

Mantan pemain Ajax Amsterdam itu lebih tidak peduli lagi jika peluang timnya sangat tipis untuk mampu membalikkan situasi di laga leg kedua nanti. Hal pertama yang berada di benaknya adalah memetik kemenangan untuk menghibur suporter Arsenal yang kecewa.

“Kita harus memberikan sesuatu kembali ke semua fans Arsenal yang datang jauh-jauh ke sini (San Siro). Satu-satunya yang bisa kami lakukan adalah memberikan mereka (suporter) hasil yang bagus dalam pertandingan tandang nanti,” tandasnya. (umi)

Loading Klasemen…

Apple Terancam Tak Bisa Jualan iPad Sama Sekali

Posted: 16 Feb 2012 02:42 AM PST

Pekerja di pabrik Foxconn, pemanufaktur iPad di China.

KOMPAS.com – Apple terancam tak bisa menjual iPad di manapun di dunia. Gara-garanya adalah sebuah tuntutan soal merek dagang di China.

Tuntutan itu diajukan oleh perusahaan bernama Proview International Holding Ltd, yang mengklaim memiliki merk dagang iPad di China.

Proview mengajukan pada bea cukai setempat untuk memblokir ekspor dan impor iPad. Padahal, seperti diketahui, pabrik iPad berlokasi di China.

Jika pengajuan Proview dikabulkan, praktis tak akan ada iPad yang bisa beredar di dunia. Karena iPad yang dimanufaktur oleh Foxconn pun tak bisa meninggalkan Negeri Tirai Bambu itu.

Sudah dibeli

Carolyn Wu, juru bicara Apple di Beijing mengatakan, Apple telah membeli hak merek dagang iPad global di 10 negara, termasuk China.

“Proview menolak menghormati kesepakatannya dengan Apple di China. Kasus kami masih belum selesai,” ujar Wu.

Sedangkan Roger Xie, pengacara Proview, mengatakan belum ada kesepakatan dengan Apple untuk penggunaan merk dagang iPad.

“Kami mengajukan agar bea cukai menghentikan produk melanggar merek dagang diimpor ke China dan diekspor. Apple ingin menunda kasus ini dan melanjutkan pelanggarannya di China,” jelas Xie.

Dampak Bagi Apple

Apple telah menjual 15,4 juta iPad secara global selama tiga bulan terakhir, yang dicatat pada Desember 2011. Penjualan ini naik dari penjualan terakhir yang tercatat 7,3 juta unit.

Jika iPad betul-betul dilarang diekspor dari China, maka penjualan iPad secara global juga akan terpengaruh.

Stan Abrams, seorang pengacara HaKI dan profesor hukum dari Central University of Finance and Economics di Beijing mengatakan ancaman ini menekan Apple.

Abrams pun yakin bahwa akan ada kesepakatan dalam waktu dekat. Ia melihat Apple berkepentingan agar kasus ini tak berlarut-larut.

Kronologis Tuntutan

Apple menggugat Proview di Shenzen pada 2010 dan mengklaim memiliki merk dagang iPad di China. Gugatan Apple ditolak pada 17 November 2010.

Apple kemudian mengajukan banding di provinsi Guangdong pada 5 Januari 2011.

Secara terpisah, Proview mengajukan pengaduan pelanggaran merk dagang. Mereka meminta penegakan hukum di 20 pemerintah daerah.

Beberapa wilayah sempat melakukan penyitaan dan penarikan pada iPad yang beredar di pasaran. Misalnya, 45 iPad yang disita di provinsi Hebei.

Proview menuntut ganti rugi dari Apple atas klaim pelanggaran merek dagang ini. Menurut Xie, jumlahnya belum ditentukan berapa banyak.

Kantor berita resmi China, Xinhua, sempat melaporkan Proview akan menggugat Apple sebesar 10 miliar yuan (atau 1,6 miliar dollar AS). Xie menyebut laporan itu masih terlalu dini.

Pendapatan Stagnan, Saatnya Operator Berubah

Posted: 16 Feb 2012 02:39 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com – Lembaga riset Frost & Sullivan merilis laporan tentang pendapatan operator di Indonesia. Diprediksi, pendapatan hanya naik rata-rata 4-6 persen per tahun dalam 5 tahun ke depan.

Dengan pertumbuhan pendapatan yang relatif stagnan tersebut, para operator pun mulai mengalihkan jenis layanan.

Senior Consultant ICT Practice Frost & Sullivan Iwan Rachmat menilai para operator mulai mengalihkan dari layanan voice (suara) menjadi non suara (data).

Selain itu, operator telekomunikasi juga mengalihkan layanan pesan singkat (sms) menjadi non-sms.

“Para operator mulai mengalihkan jenis layanan. Memang pendapatan voice dan sms secara volume masih besar, tapi tren-nya selalu menurun,” kata Iwan.

Ia mengungkapkan hal itu di Media Briefing: Prediksi Industri Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia 2012, Hotel Intercontinental Jakarta, Rabu (15/2/2012).

Turun dan naik

Berdasarkan riset Frost & Sullivan, pendapatan operator dari layanan voice sejak 2009 hingga 2011 lalu mulai menurun dari sekitar 67 persen, 62 persen dan 60 persen.

Sementara pendapatan dari layanan non voice pada periode yang sama naik dari 33 persen, 38 persen dan 40 persen di akhir 2011.

Sedangkan pendapatan operator dari jenis layanan data service sejak 2009 hingga 2011 masing-masing juga menurun dari 80 persen, 82 persen dan 78 persen.

Pendapatan dari layanan non-sms cenderung naik dari 20 persen, 18 persen dan 22 persen.

Sejarahnya

Jika melihat sejarahnya, Iwan menjelaskan tahun 2000 – 2007 lalu, operator masih baru ekspansi, serta keperluan telekomunikasi hanya sebatas telepon dan jenis layanan belum kompleks.

Di 2008 mulai terjadi era internet, dan terjadi booming sosial media. Kemudian masyarakat sudah mulai berjualan secara online sehingga transaksi e-commerce melonjak. “Sejak saat itu, bisnis operator mulai bergeser,” katanya.

Untuk mengatasi hal tersebut, para operator harus mengantisipasi seperti koneksi jaringan 3G hingga 4G, dan teknologi cloud computing.

Incoming search terms:

Salah Kaprah, Internet Indonesia Lamban

Posted: 16 Feb 2012 02:34 AM PST

JAKARTA,KOMPAS.com — Indonesia dianggap salah kaprah dalam menerapkan broadband internet. Akibatnya, koneksi internet terasa lambat.

Hal itu mencuat dalam diskusi yang digelar Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) di Hotel InterContinental, Jakarta, Rabu (15/2/2012).

“Sekitar 95 persen koneksi internet di Tanah Air masih memakai koneksi wireless, sisanya memakai kabel. Indonesia itu salah kaprah,” kata Chairman Mastel Setyanto P Santosa.

Menurutnya, teknologi wireless itu didesain untuk low traffic. Namun, di Indonesia, koneksi itu malah digunakan untuk traffic tinggi. Akibatnya, koneksi internet di Indonesia terkesan lambat.

Padahal, kata Setyanto, sebagai negara berkembang, justru koneksi fixed broadband yang harus diperbesar, bukan malah koneksi wireless.

Mastel mendesak pemerintah untuk segera membangun jaringan fixed broadband, baik yang berbasis kabel maupun serat optik, untuk koneksi internet di Tanah Air.

Setyanto menjelaskan, selama ini pemerintah terkesan lepas tangan dalam membangun infrastruktur telekomunikasi di Indonesia. Semua kesannya diserahkan kepada operator dan swasta.

Dengan fixed broadband, koneksi internet akan jauh lebih cepat dan lebih stabil dibandingkan dengan wireless broadband.

Jumlah pengguna internet bergerak (mobile) di Indonesia pada 2010 sekitar 39,6 juta pengguna. Diperkirakan pada 2015, jumlah pengguna internet bergerak di Tanah Air akan mencapai 145,2 juta pengguna.

Sementara pengguna satuan sambungan telepon (SST) atau fixed line pada saat ini hanya tidak lebih dari 15 juta pengguna.

Skema yang bisa diterapkan

Seharusnya, Indonesia juga mencontoh Australia yang telah membangun jaringan fixed broadband untuk warganya.

Konsep yang ditawarkan Negeri Kanguru itu menyerahkan segala pembangunan fixed broadband kepada semacam badan usaha milik daerah (BUMD).

Cara yang sama juga telah diterapkan di Perancis. Negara tersebut memakai pola pendanaan dari public private partnership (PPP).

Di Indonesia, PPP tidak diterapkan di industri telekomunikasi. Adanya justru di industri listrik.

“Padahal, kalau mau gampang, seharusnya tinggal copy paste saja dari PPP listrik itu. Saya sudah koar-koar 4-5 tahun lalu, tetapi tidak ada yang menggubris,” katanya.

Untuk bisa membangun fixed broadband tersebut, pemerintah bisa mendapatkan dana dari ICT Fund. Walau dana ICT Fund tersebut berasal dari uang operator yang dititipkan kepada pemerintah.

Setyanto mengaku, perpaduan dana dari pihak pemerintah dan swasta ini bisa digunakan untuk membangun fixed broadband agar koneksi internet di masyarakat bisa terjaga.

“Komposisi pendanaannya tidak harus berbagi rata dengan pemerintah dan operator. Namun, kalau operator itu kuat, dia bisa membangunnya sendiri,” tuturnya.

Kenapa harus “fixed broadband”?

Jaringan fixed broadband diyakini akan memberikan kecepatan dan kestabilan koneksi internet lebih baik dibandingkan dengan jaringan wireless.

Oleh karena itu, pembangunan fixed broadband dinilai lebih penting. Terutama mengingat kondisi geografis Indonesia dengan ribuan pulau.

“Tapi yang lebih penting adalah industri konten akan tumbuh, seperti game dan musik yang menggunakan koneksi internet,” kata Setyanto.

Saat ini, koneksi internet cenderung menjadi kebutuhan masyarakat. Masyarakat juga mengakses konten hiburan yang memerlukan kecepatan dan kestabilan koneksi internet.

Senior Consultant ICT Practice Frost & Sullivan, Iwan Rachmat, menambahkan, perkembangan fixed broadband akan menambah lalu lintas e-commerce di Tanah Air.

“Ke depan industri e-commerce akan tumbuh signifikan, tetapi syaratnya harus didukung oleh koneksi internet yang cepat dan stabil,” ungkap Iwan.

Para operator pun akan menggenjot pembangunan infrastrukturnya, terutama fixed broadband, karena tertarik oleh pengguna pasar data yang semakin besar.

Kampanye Anti Pembajakan Software Dimulai dari Jakarta

Posted: 16 Feb 2012 02:31 AM PST

Polri meluncurkan kampanye sosialisasi dan edukasi penghargaan dan pelanggaran hak cipta software komputer, Kamis (16/2/2012), didukung oleh Masyarakat Indonesia Anti Pembajakan (MIAP), dan melibatkan produsen komputer dan pengelola mall.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) meluncurkan program kampanye stop menggunakan perangkat lunak (software) bajakan.

Kampanye ini bertujuan melindungi konsumen komputer dan pelaku bisnis agar terhindar dari kerugian karena telah menggunakan software bajakan.

Kampanye akan dimulai pertama kali di Jakarta. Kampanye ini digelar Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri dan Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan.

Seremoni peluncuran acara ini dilakukan melalui jumpa pers Sosialisasi dan Edukasi tentang Penghargaan dan Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Software Komputer yang digelar di Grand Mahakam, Jakarta, Kamis (16/2/2012).

Menurut Kombes Polisi Dharma Pongrekum, Kasubdit Industri dan Perdagangan Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, ada banyak dampak negatif karena aksi pembajakan ini.

Di antaranya ialah industri teknologi lokal sulit berkembang dan terjadi persaingan yang curang, di mana penjual software bajakan bisa “membunuh” penjual software berlisensi.

“Tingkat kesadaran masyarakat atas penghargaan hak kekayaan intelektual, dalam hal ini software, masih sangat rendah. Tak heran jika tingkat pembajakan software di Indonesia masih sangat tinggi,” ujar Dharma dalama cara tersebut.

Menurut data International Data Corporation (IDC), yang dirilis Mei 2011, Indonesia berada di peringkat 11 negara dengan jumlah pemakai software bajakan sebesar 87%.

Dalam kampanye ini, Polri melibatkan perusahaan produsen komputer dan pengelola mall agar mematuhi hukum yang berlaku.

Dari sisi produsen komputer, Polri menghimbau agar tidak menjual perangkat komputer atau laptop yang “kosong” atau tidak memiliki sistem operasi.

Sementara dari sisi pengelola mall, dihimbau untuk mengawasi tenant yang menjual software bajakan.

Sekjen MIAP Justiasiari P. Kusumah mengatakan, software merupakan produk kedua yang paling banyak dipalsukan di Indonesia. Porsinya mencapai 34%.

Google Tata Ulang Kantor, Bangun Fasilitas “Rahasia”

Posted: 16 Feb 2012 02:26 AM PST

KOMPAS.com - Google Inc sedang melakukan penataan ulang pada area kantor pusatnya di Mountain View. Termasuk sebuah rencana perubahan seluas 800 kaki persegi.

Termasuk di dalamnya adalah fasilitas yang dilengkapi penghalang gelombang radio eksternal. Bangunan ini bisa digunakan untuk menguji proyek nirkabel bagi rumah tangga dan beragam eksperimen.

Sebagai bagian dari pengembangan “Project X”, Google membangun ruang anechoic dan termal baru untuk menguji pola suara dan radiasi.

Hal ini memperkuat rumor bahwa Google akan merilis perangkat hiburan rumah tangga. Apalagi Google telah mendemokan konsep “Android@Home” untuk kendali lampu dan perangkat rumah tangga dari ponsel.

Hanya untuk undangan

Seperti diberitakan oleh Telegraph, gedung baru ini juga akan terdiri dari “Google Experience Center”. Semua sejarah prestasi perusahaan akan berada di tempat ini.

Experience Center ini akan menjadi pusat pertemuan bisnis dengan mitra kerja dan tamu-tamu prospektif. Kapasitas ruang pertemuan bisa memuat 900 tamu VIP.

“Google Experience Center tidak akan terbuka untuk umum, tapi hanya akan terbuka bagi grup yang diundang,” jelas Andrew Burnett, arsitek dari proyek gedung baru Google.

Experience Center, kata Burnett, harus beroperasi seperti museum atau pusat pameran produk Google yang membuat pengunjung tertarik untuk membicarakannya.  

Pembangunan ini diharapkan Burnett dapat meningkatkan produktivitas karyawan Google. Proyek ini konon menelan biaya 120 juta dollar AS.

Mantan Bos Nokia Indonesia Mau Pergi Berlayar

Posted: 16 Feb 2012 02:22 AM PST

Bob McDougall, Country Manager Nokia Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com – Nokia Indonesia telah berganti nahkoda, dari Bob McDougall ke Martin Chirotarrab. Setelah tak lagi memegang kendali di Nokia Indonesia, apa yang akan dilakukan Bob?

Pada Kompas.com Bob mengaku belum memikirkan rencana jangka panjang. “Yang jelas, saya akan melakukan perjalanan pelayaran selama sebulan bersama istri saya,” kata Bob yang saat ini berusia 50 tahun.

Bob mengakui dirinya memang seseorang yang menggemari perjalanan wisata. Karena anak-anaknya sudah besar, ia merasa sekarang waktunya untuk berlayar berduaan.

Bob memimpin Nokia Indonesia sejak Maret 2009. Akhirnya ia memilih untuk meninggalkan Nokia pada akhir Februari 2012.

Posisi Bob sebagai Country Manager Nokia Indonesia akan digantikan oleh Martin Chirotarrab per 1 Maret 2012.

Menurutnya, Nokia telah berhasil merambah semua segmen pasar di Indonesia. Ia meyakini, dengan strategi ini posisi Nokia akan semakin kuat.

“Setiap segmen pasar membutuhkan perangkat yang berbeda, karena itulah Nokia menyediakan ponsel yang beragam. Karena satu produk tidak cocok untuk semua,” kata Bob di Seribu Rasa, Jakarta, Rabu (15/2/2012)

Pernyataan ini didasari atas pengamatan Bob yang selama 3 tahun memimpin Nokia Indonesia, dan dari perjalanan wisatanya ke daerah-daerah di Indonesia.

Menurutnya, ponsel yang cukup populer untuk orang Indonesia adalah Nokia C3 dan Nokia Asha 303. Seri Asha merupakan seri terbaru ponsel low-end Nokia.

Bob mengaku bangga ada cukup banyak karyawan Nokia Indonesia yang menembus dunia internasional. Beberapa, menurutnya, ada yang bekerja di Helsinski, Finlandia dan juga ada yang di China.

“Saya akan merindukan Indonesia. Karena orang Indonesia ramah dan punya  rasa kepedulian yang tinggi,” tandasnya,. 

Ide Hebat, Jangan Hanya Disimpan

Posted: 16 Feb 2012 02:21 AM PST

KOMPAS.com – Konon, ide yang hebat bisa mengubah dunia. Tapi apa gunanya ide jika hanya disimpan saja?

Ide ibaratnya mata pisau, jika tak rajin diasah lama-lama bisa tumpul.

TeknoIdea akan menjadi ajang bagi Anda untuk menyampaikan ide-ide brilian yang selama ini mungkin hanya disimpan sendiri.

Bisa jadi ide yang disampaikan adalah sebuah gagasan besar yang belum sempat diwujudkan. Atau, mungkin hendak menyampaikan sebuah produk atau layanan yang berawal dari ide yang brilian.

Event pertama TeknoIdea akan diadakan pada:

Hari/Tanggal: Kamis, 23 Februari 2012.Waktu: 18:30 WIB – SelesaiTempat: Lounge XXI, Plaza Senayan, Jakarta


Bersamaan dengan kegiatan itu, akan diumumkan pula pemenang Nokia Mobile Game Developer War 2.

Nantikan info selanjutnya mengenai pendaftaran, jadwal acara dan lainnya.

Dapatkan Ponsel Android dan “Software” Antivirus Gratis

Posted: 16 Feb 2012 02:17 AM PST

KOMPAS.com – Perintah kedua dalam permainan seru bernama “Norton Says” telah muncul. Satu langkah lagi untuk mendapatkan ponsel Android atau software antivirus gratis!

Ya, cukup dengan mengikuti permainan bernama “Norton Says” peserta punya kesempatan memenangkan sebuah ponsel Android dan software antivirus gratis.

Mirip dengan permainan anak-anak “Simon Says”, permainan “Norton Says” mengharapkan peserta bisa meniru perintah yang disampaikan sang “Norton”.

Perintahnya akan disampaikan melalui sebuah thread khusus di sub-forum KompasTekno di Forum Kompas.com. Total ada lima perintah yang akan disampaikan sepanjang permainan ini.

Perintah kedua telah disampaikan pada Kamis, 16 Februari 2012.Peserta yang belum mengikuti perintah pertama boleh menyusul asalkan melakukannya secara berurutan.

Kompetisi berlangsung mulai 7 Februari hingga 9 Maret 2012. Pemenang akan ditentukan dari mereka yang bisa menyelesaikan semua perintah.

Hadiah yang tersedia adalah:

1 (satu) unit ponsel HTC Desire HD dan 1 (satu) unit Norton Internet Security untuk 1 pemenang1 (satu) unit Norton Internet Security untuk 9 pemenang.


Tertarik untuk ikutan? Baca lebih lanjut dalam thread khusus di Kompas Forum.

Mancini: Berubahlah Balotelli

Posted: 16 Feb 2012 02:13 AM PST

Roberto Mancini saat beradu mulut dengan Mario Balotelli (Mail Online)

VIVAbola – Manajer Manchester City, Roberto Mancini memohon kepada penyerang muda Mario Balotelli untuk berperilaku baik di lapangan. Mancini sudah muak dengan kelakuan Balotelli yang memang terkenal urakan.

“Saya berbicara kepadanya, dua pekan lalu. Saya katakan ‘tolong, kita hanya punya 13 pertandingan lagi di Premier League ditambah pertandingan di Liga Europa. Kamu harus berperilaku baik di lapangan dan hanya memikirkan sepakbola saja’,” jelas Mancini seperti dilansir The Sun.

Balotelli memang dikenal sebagai pemain yang sering membuat kontroversi di lapangan. Selama di City, ia sudah mendapatkan 17 kartu kuning dari 49 penampilannya bersama The Citizens. Terakhir, ia menginjak tangan pemain Tottenham Hotspur, Scott Parker dan membuatnya dihukum sebanyak 4 pertandingan oleh Asosiasi Sepakbola Inggris (FA).

Meski begitu, Super Mario tetap menjadi pemain yang berperan vital di klub bersama Sergio Aguero dan Edin Dzeko. Mantan pelatih Inter Milan itu juga menyebutkan jika Balotelli merupakan pemain yang sangat penting untuk ManCity. Menurutnya, Balotelli mempunyai kualitas layaknya pemain kelas dunia. Tapi, ia tidak menutup kemungkinan akan mencadangkan pemain berdarah Ghana itu jika tidak berubah.

“Kami tahu jika Mario adalah pemain yang sangat fantastis. Dia masih muda dan terkadang membuat kesalahan. Tapi, ia juga harus belajar untuk menjaga kelakuannya selama beberapa bulan ke depan. Jika ia ingin membawa ManCity ke final Liga Europa atau menjuarai Premier League,” tambah Mancini.

ManCity akan menghadapi wakil Portugal, FC Porto di babak 32 besar Liga Eeropa, Kamis 16 Februari 2012 (Jumat dini hari WIB). Meski bermain di kasta bawah, Mancini sama sekali tidak menganggap remeh Porto. Terlebih status Porto adalah juara bertahan Liga Europa.

“Menurut saya, Porto adalah salah satu tim terbaik di Eropa. Dan ini akan jadi pertandingan besar. Saya sudah sering bertemu dengan Porto di kompetisi Eropa ketika bersama Inter. Tidak mudah untuk bermain di sana. Di kandang, mereka sangat kuat. Apalagi, mereka juara bertahan. Jadi ini tidak akan menjadi pertandingan yang mudah,” paparnya.

"Saya pikir ini akan menjadi pertandingan yang fantastis. Ketika saya bersama Inter, kami hanya bermain imbang di Dragao dan menang di San Siro. Saya harap kali ini hasilnya akan sama. Tapi, saya tahu akan sulit. Mereka punya pemain yang berkualitas. Mereka sangat kuat di posisi sayap dan bertahan baik sekali," tutur manajer yang pernah bermain untuk Sampdoria itu. (eh)

Scholes: Arogan, City Tak Bakal Juara Liga Champions

Posted: 16 Feb 2012 02:08 AM PST

Bola.netPaul Scholes kembali memanaskan rivalitas Manchester United dengan Manchester City setelah ia menyebut sang tetangga tak akan bisa meraih gelar Liga Champions dengan arogansi mereka.

City, dan ironisnya juga United, sudah tersingkir dari kompetisi elit antar klub Eropa itu dan terpaksa berkompetisi di ajang kelas dua, Liga Europa musim ini.

Namun itu tak menghalangi Scholes untuk mencibir pencapaian sang rival tersebut meski sudah digelontor dana besar oleh Sheikh Mansour.

Ditanya oleh majalah fans United We Stand apakah ia merasa City akan bisa memenangi trofi supremasi Eropa itu dalam lima tahun ke depan, gelandang berusia 37 tahun itu menjawab, “Saya harap tidak.”

“Dan saya tak merasa mereka akan bisa melakukannya. City sudah mengalami sendiri betapa sulitnya itu tahun ini.”

“Saya pikir mereka masuk ke Liga Champions dengan sedikit arogan. Mereka bermain melawan tim-tim yang tepat – itu tak seperti Liga Europa,” tandas pemain yang baru saja mengakhiri masa pensiunnya itu. (sun/row)

Terima Suap, Mantan Wasit Piala Dunia Dibui

Posted: 16 Feb 2012 02:07 AM PST

Terima Suap, Mantan Wasit Piala Dunia DibuiLu Jun divonis lima setengah tahun penjara karena menerima suap Rp1,17 miliar.Kamis, 16 Februari 2012, 15:29 WIB Wasit China Lu Jun (China News)

VIVAbola – Dunia sepakbola kembali tercoreng dengan ulah sejumlah wasit di China. Salah satu pelakunya adalah wasit yang pernah berkiprah di Piala Dunia 2002, Lu Jun.

Seperti dilaporkan kantor berita Xinhua, Kamis 16 Februari 2012, pengadilan di wilayah timur laut China menjatuhkan vonis hukuman lima setengah tahun penjara kepada Lu Jun. Ia terbukti menerima suap senilai $130 ribu atau sekitar Rp1,17 miliar.

Dalam persidangan, terungkap bahwa Lu Jun menerima suap tersebut untuk mengatur tujuh pertandingan liga setempat. Nama baik Lu Jun seakan terhapus, meski ia dikenal sebagai wasit terbaik setelah kiprahnya di dua laga Piala Dunia Korea Selatan dan Jepang, pada 2002 lalu.

Selain Lu Jun, tiga wasit lainnya, serta lima perusahaan dan ofisial asosiasi sepakbola, didenda atau divonis hukuman penjara hingga tujuh tahun. Mereka juga dinyatakan terlibat dalam pengaturan pertandingan.

Sejak beberapa tahun terakhir, China memang gencar melakukan kampanye sepakbola bersih dan sportif. Pasalnya, kasus korupsi begitu marak di liga profesional Negeri Tirai Bambu itu.

Loading Klasemen…

Persebaya Sedang Dekati De Porras

Posted: 16 Feb 2012 02:04 AM PST

Bola.netPersebaya Surabaya membenarkan kalau mereka kini tengah melakukan pendekatan dengan striker Persija Jakarta, Emanuel de Porras. Kedua klub Indonesian Premier League (IPL) itu dikabarkan tinggal beberapa langkah lagi untuk benar-benar merealisasikan kepindahan striker Argentina tersebut.

Green Force memang sedang memburu striker di bursa transfer IPL tengah musim ini. Hanya Andrew Barisic seorang lah yang merupakan satu-satunya striker murni di tubuh tim besutan Divaldo Alves tersebut.

Berbeda dengan Divaldo yang bungkam saat ditanya tentang kepastian De Porras, manajer Persebaya, Saleh Hanifah mengakui kalau timnya memang tengah intens untuk mendapatkan striker berusia 30 tahun itu.

“Sampai saat ini belum ada yang pasti siapa yang akan kami datangkan. Kalau De Porras, benar kami memang tengah menjajaki dan pendekatan untuk mendapatkannya,” terang Saleh pada Bola.net saat ditemusi di mess Persebaya Karang Gayam, Kamis (16/02).

“Striker memang kebutuhan yang mendesak. Dari awal dulu Divaldo memang meminta striker, dan dari kacamata saya pribadi dia ada benarnya.”

Sedikit kerikil bagi Persebaya untuk mendapatkan De Porras adalah sudah terpenuhinya jatah empat pemain asing yang distandarkan IPL di tim kebanggaan Bonekmania tersebut. Mereka kini tengah memikirkan untuk mendepak salah satu pemain asing mereka. Hanya kapten Otavio Dutra saja yang benar-benar aman. Sementara Barisic, Amaral, dan Mario Karlovic masuk dalam daftar rawan coret.

Kans Barisic untuk dipertahankan sedikit terbuka karena CEO Persebaya, Gede Widiade, sempat berpendapat timnya sebaiknya memiliki dua striker murni. “Kalau satu kan bahaya, kalau dua, satu bisa jadi reserve atau main bareng kan lebih bagus,” tuturnya beberapa waktu lalu. (fjr/syp)

CAS Beberkan Upaya PSSI Jegal Persipura

Posted: 16 Feb 2012 02:00 AM PST

Demo Pendukung Persipura Jayapura (VIVAnews/Fernando Randy)

VIVAbola – PSSI mengklaim ikut memperjuangkan Persipura Jayapura untuk ambil bagian di Liga Champions Asia (LCA) 2012. Namun, fakta yang ada dalam surat terbaru CAS justru menyatakan bahwa PSSI sempat mengusulkan pergantian Persipura dengan Arema Indonesia. 

CAS menggaris bawahi langkah ini sebagai keputusan yang dibuat oleh PSSI. “Pada 29 November 2011, PSSI mengirimkan surat permohonan kepada AFC untuk mengganti Persipura dengan Arema Indonesia pada pada playoff Liga Champions Asia,” tulis CAS dalam surat yang dikirimkan kepada KPSI, Selasa 14 Februari 2012.  

“PSSI beralasan Persipura tidak menjalani laga kandang pertamanya di Liga Prima Indonesia. PSSI selanjutnya menyertakan surat keputusan Komite Disiplin mengenai hukuman terhadap Persipura.”

Fakta lain menyebutkan AFC menolak usulan ini pada 30 November 2011. AFC menyatakan tidak ada pergantian klub.

AFC lalu meminta konfirmasi kepada PSSI. Dan PSSI memberikan jawaban yang tidak jauh berbeda dengan keputusan 2 Desember 2012.  

Berdasarkan fakta yang disampaikan dalam persidangan, maka sebagian besar anggota panel CAS mempertimbangkan tuntutan kubu Persipura. Selanjutnya lewat keputusan sela, CAS memenangkan tim asal Papua itu dan menyatakannya layak ikut playoff LCA 2012.

“Klub (Persipura) akan merasakan dampak yang sangat menyakitkan bila tidak mengikuti kompetisi Liga Champions Asia. Sedangkan sebagian besar panel setuju bila PSSI tidak mendapatkan dampak apa pun dengan absennya Persipura di Liga Champions," isi surat CAS.

Deputi Bidang Hukum PSSI, Finantha Rudi membenarkan kalau PSSI telah berkirim surat kepada AFC pada 29 November 2011. Menurutnya, surat ini merupakan jawaban atas surat AFC pada hari yang sama mengenai kelanjutan nasib Persipura. 

“Namun, dalam surat itu kami tidak meminta agar Persipura diganti klub lain. Tapi, pada saat tahu ada slot kosong, kami mengusulkan apabila memungkinkan menominasikan agar jatah itu diganti dengan klub lain,” kata Finanta, Kamis 16 Februari 2012. 

“Dalam regulasi AFC, kami hanya berhak menominasikan namun yang menentukan adalah AFC,” sambung Finantha. 

Finanta juga menambahkan pihaknya sudah berusaha untuk membantu Persipura sejak 1 November 2011. Bahkan, pada 14 November, PSSI menunjuk manajer Persipura, Rudi Maswi sebagai wakil di AFC.

“Dan sampai saat ini dukungan itu belum juga kami cabut meskipun sekarang Persipura bermain di luar kompetisi resmi,” tutur Finantha. (one)

Chicharito Akui Sulit Masuk ke Tim Inti United Lagi

Posted: 16 Feb 2012 01:57 AM PST

Bola.net – Pemain yang musim lalu bersinar terang layaknya sebuah meteor di Old Trafford, Javier ‘Chicharito’ Hernandez, mengakui bahwa dirinya sedang kesulitan untuk bisa menembus kembali slotnya di tim inti Manchester United.

Salah satu penyebab kondisi tersebut adalah kembalinya Danny Welbeck yang sempat brilian di masa peminjamannya bersama Sunderland musim lalu, dan cedera yang diderita ‘Si Kacang Polong’ sendiri.

“Danny Welbeck adalah pemain brilian, dia masih muda namun ketika dipinjamkan ke Sunderland ia melakukan hal-hal luar biasa nan istimewa di sana,” ucap Hernandez kepada The Sun.

“Kemudian ketika ia balik kemari ia juga telah banyak melakukan hal-hal yang tak terduga juga. Hal itu tidak mengganggu saya, karena saya melihatnya sebagai kompetisi yang normal di dalam klub,”

“Anda perlu dalam kemampuan terbaik Anda untuk bisa membantu klub Anda. Dan hal itulah yang terpenting. Satu hal yang sedikit membuat saya frustasi hanyalah cedera yang sempat saya derita,”

“Namun masih tetap ada beberapa hal yang bisa saya lakukan, saya bahagia dan menikmatinya. Tak peduli suasana baik atau buruk saya ingin menjaga sikap saya untuk klub ini,” pungkas si Meksiko.  (sun/lex)

Shaqiri Anggap Dirinya Setara Ribery

Posted: 16 Feb 2012 01:53 AM PST

Shaqiri Anggap Dirinya Setara Ribery Xherdan Shaqiri, resmi gabung Bayern Munich musim depan. (c) AFPBola.net – Calon pemain Bayern Munich, Xherdan Shaqiri, berani membandingkan dirinya dengan bintang FC Hollywood asal Prancis, Franck Ribery.

Menurut pemain berusia 20 tahun tersebut, gaya permainannya mirip dengan Ribery, pemain yang lebih dulu lama menghuni Allianz Arena sekaligus calon rekan setim Shaqiri di Bayern.

Shaqiri resmi bergabung dengan Bayern dari FC Basel, namun ia baru akan bergabung dengan rekan-rekan di tim barunya pada musim panas mendatang.

“Saya adalah pemain dengan tipe seperti Ribery,” kata Shaqiri pada Bild. “Saya kuat, senang kejutan, mampu melakukan solo run, mencetak gol, dan memberi umpan yang tak terduga,”

“Anda bisa membandingkan kami berdua, bahkan meski Ribery memiliki kuantitas yang lebih besar,”

“Bundesliga tentu akan senang bila memiliki pemain yang menyukai trik, sesuatu yang spesial. Saya yakin tak akan bosan di Bundesliga,”

Shaqiri menambahkan, ia siap bersaing dengan Ribery, Arjen Robben, Toni Kroos atau Thomas Muller untuk memperebutkan posisi di tim utama Bayern.

“Kompetisi di sini sangat ketat, contohnya Ivica Olic yang jarang dimainkan. Tapi yang jelas, saya tak datang ke Munich untuk duduk di bangku cadangan,” tegasnya. (bild/zul)

Nene Bawa PSG ke Perempat Final Piala Prancis

Posted: 16 Feb 2012 01:49 AM PST

Bola.net – Gol pada babak pertama yang diciptakan Nene, membuat Paris Saint Germain unggul 1-0 atas Dijon dan berhak maju ke putaran perempat final Piala Prancis, Kamis (16/02).

Nene, pemain terbaik PSG pada musim ini, menendang bola ke ruang terbuka setelah mendapat umpan dari Baba Tchagouni sedangkan penjaga gawang terlanjur bergerak ke arah yang berlawanan.

Pemain dari Brazil itu nyaris menambah gol kedua sebelum turun minum, tetapi tendangannya melebar tipis dari mulut gawang dan tim tamu terus melanjutkan tekanan mereka.

Dijon meningkatkan tekanan mereka setelah istirahat, sehingga Brice Jovial mendapat peluang manis, namun Nicolas Douchez menjinakkannya 20 menit menjelang laga usai.

Pimpinan klasemen sementara Liga Prancis (Ligue 1) PSG, yang akan bertemu dengan tim urutan kedua Montpellier, Minggu, harus menggantikan pemain tengah Mathieu Bodmer dengan striker Kevin Gameiro, karena pemain itu kelihatan mengalami cedera paha 15 menit menjelang pertandingan usai.

Sebelumnya, Olympique Marseille mengamankan diri ke putaran delapan besar, ketika Brandao menginspirasi kemenangan mereka 3-1 atas tim dari divisi empat, Bourg Peronnas.

Brandao, yang sudah mencetak lima gol dalam enam pertandingan sejak kembali bulan lalu dari Brazil, memanfaatkan umpan dari Cesar Azpilicueta pada menit ke-28 untuk membuka gol timnya.

Striker dari Brazil itu menggandakan golnya menjelang akhir babak pertama, setelah mendapat umpan bagus dari Morgan Amalfitano.

Jordan Ayew, baru kembali dari Piala Bangsa Afrika setelah tim negara Ghana maju ke semi final, membuat angka menjadi tiga lewat tendangan mendapat sembilan menit memasuki babak kedua.

Tim amatir itu menyamakan kedudukan melalui Ousmane Diaby 12 menit menjelang pertandingan usai. Bourg Peronnas seharusnya menjamu Marseille di Geoffroy Guichard tetapi salju tebal di St Etienne membuat federasi sepak bola Prancis membatalkan pertandingan itu. (ant/lex)

0 comments:

Post a Comment