Twitter

Thursday, February 16, 2012

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Tak Bisa Efisien, Dahlan Kritik Bank BUMN

Posted: 16 Feb 2012 09:01 PM PST

Dahlan Iskan (VIVANews/Nurcholios Anhari Lubis)

VIVAnews – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menilai, bank-bank milik BUMN yang tidak menurunkan suku bunga kredit, berarti dikelola oleh manajemen yang tidak bagus.

“Kalau tidak bisa turun (suku bunga kreditnya), berarti kurang efisien. Tentu manajemannya harus merasa tidak bagus,” kata Dahlan, Kamis malam, 16 Februari 2012.

Dahlan menegaskan, bank-bank BUMN yang tidak menurunkan suku bunga kreditnya merupakan bank yang tidak efisien, sehingga manajemennya tidak berhasil dalam mengelola bank untuk menjadi efisien.

Kementerian BUMN, lanjutnya, tidak bisa memaksa bank-bank BUMN untuk menurunkan suku bunga kreditnya, Kementerian hanya bisa mendorong dan membantu untuk menurunkan suku bunga kredit. Salah satunya adalah dengan membantu menyelesaikan permasalahan yang membebani bank-bank BUMN 10 tahun terakhir ini, yaitu obligasi rekap.

Dirinya bersama Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Indonesia (BI) telah membicarakan secara intensif membahas obligasi rekap, dan saat ini sudah menemukan titik terang. Namun, Dahlan tidak bisa memaparkan lebih lanjut rencana tersebut, karena menyangkut keuangan.

“Intinya obligasi rekap yang masih variable rate itu membebani. Itu yang akan kami selesaikan dengan Menkeu dan Gubernur BI sampai mengerucut hingga model-model penyelesaiannya,” tuturnya.

Staf Ahli Kebijakan Publik Kementerian BUMN, Sahala Lumban Gaol menjelaskan, jika masalah obligasi rekap dapat selesai, maka terdapat potensi penurunan suku bunga kredit karena cost of fund bank BUMN menjadi turun.

“Dengan adanya penurunan bond rekap maka menimbulkan efisiensi,” katanya.

Sementara itu, Deputi Bidang Usaha Jasa Kementerian BUMN Parikesit Suprapto menjelaskan, Kementerian BUMN telah meminta bank-bank BUMN untuk lebih efisien dalam kegiatan operasional, sehingga dapat menurunkan suku bunga.

Perbankan juga diminta untuk menggunakan sumber pendanaan yang lebih murah, yaitu dari BUMN asuransi yang menempatkan uangnya di bank BUMN dalam bentuk deposito. “Kami sudah minta BUMN asuransi untuk menempatkan dana di bank BUMN,” jelasnya.

KONTROVERSI ISBI: Perubahan ISI Menjadi ISBI Wujud Perluasan Mandat

Posted: 16 Feb 2012 08:58 PM PST

ISI MENOLAK ISBI — Sejumlah mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta membentangkan spanduk penolakan ISBI saat menggelar aksi damai di kampus setempat terhadap rencana pemerintah yang hendak mengubah Institut Seni Indonesia dan sekolah tinggi serupa lain menjadi Institut Seni dan Budaya Indonesia, belum lama ini. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

SOLO – Perubahan nama Institut Seni Indonesia (ISI) menjadi Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) dinilai positif untuk memperluas mandat lembaga agar lebih berkembang.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA, menyatakan saat ini baru bidang seni saja yang dimaksimalkan sementara akar seni itu sendiri, yakni budaya, belum tergali. Dia mengatakan seni itu sendiri tidak terlepas dari bidang budaya harusnya dua hal tersebut dapat menjadi satu materi pendidikan yang melengkapi.

"Seni dan budaya itu satu. Sangat sayang jika sisi kebudayaan Indonesia ini tidak tergali optimal," jelas dia di Solo.

Dia menyatakan adanya perubahan nama itu artinya mandat lembaga pendidikan semakin luas. Mereka dapat menambah dua fakultas menjadi beberapa fakultas dengan memasukan materi pendidikan dalam lingkup seni dan budaya. Hal ini positif untuk pengembangan potensi seni dan budaya dari berbagai daerah. "Nanti akan ada penyesuaian lembaga yang sebelumnya bernama sekolah tinggi, institut seni menjadi ISBI," jelas dia.

Terkait itu, Konseptor perubahan ISI menjadi ISBI, Prof Dr Rahayu Supanggah SKar menyatakan naskah akademik mengenai perubahan itu akan dibahas lebih detail bersama perwakilan rektor ISI lainnya, sehingga implementasi peraturan itu dapat diterapkan di masing-masing daerah. Dia mengatakan di berbagai daerah seni dan budaya belum diangkat menjadi bagian dari pendidikan formal.

"Upacara adat dan seni di tengah masyarakat memungkinkan untuk lebih digali, hal itu bisa jadi bahan masukan dalam pengembangan ISBI," ungkap dia.

JIBI/SOLOPOS/Dina Ananti Sawitri Setyani

KPK Tak Akan Bongkar Rahasia Pribadi Angie

Posted: 16 Feb 2012 08:55 PM PST

Angelina Sondakh menjadi saksi Nazaruddin (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews — Kesaksian politisi Demokrat, Angelina Sondakh dalam sidang Muhammad Nazaruddin, Rabu 15 Februari 2012, terus jadi topik pembicaraan.

Seperti diketahui, Angie selalu menyangkal soal dugaan perannya di kasus Wisma Atlet. Kalimat “tidak tahu” yang terus terucap dari bibirnya,

Terkait kesaksian Angie, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto mengatakan, pertimbangan hakim dalam kasus ini penting. “Seperti kasus Angie kemarin, yang namanya saksi dan tersangka itu memang biasa menyangkal karena dia menggunakan hak ingkarnya. Hak yang diakui dalam UU Kekuasaan Kehakiman,” kata dia di acara KPK di Hotel Ibis, Slipi, Jakarta, Kamis malam.

Kemarin, Bambang menjelaskan, Angie diperiksa dalam kasus yang menjerat Nazaruddin. “Yang kami ingin dibuktikan kan bahwa Nazarudin bersalah,” kata dia.

Namun, dia menambahkan, publik yang menyaksikan persidangan, baik langsung atau melalui media televisi justru ingin menempatkan Angie sebagai tersangka. “Betul dia tersangka, cuma (saat itu) prosesnya sebagai saksi. Dan orang-orang lupa kalau keterangan Angie bukan satu-satunya alat bukti, ada petunjuk untuk membuktikan,” kata dia.

Bambang juga membantah tudingan pihak Nazar, bahwa penyidik KPK menghilangkan sejumlah barang bukti. “Nah ini mesti hati-hati, kemarin kami ingin menunjukkan bagaimana keterlibatan Nazar bukan keterlibatan pihak lain. Yang namanya berita penyadapan nggak mungkin dihilangkan, cuma yang kemarin mau dibuktikan apa sih? Apakah Angie sebagai tersangka? Kan nggak.”

Bambang menambahkan, terkait kasus Angie, KPK akan membeberkan secara gamblang, apa sebetulnya yang membuat mereka haqul yakin, dia layak tersangka.

Selain soal kasus dan sepak terjang politiknya, persidangan juga menyentil kehidupan pribadi Putri Indonesia 2001 itu: kabar niatnya bercerai dengan Adjie Massaid sebelum meninggal dunia, gajinya di dewan, dan dugaan kegemarannya belanja barang mewah secara online.

Bambang mengatakan, KPK tidak ikut campur masalah pribadi Angie, yang tak ada kaitan dengan kasus. “Kalau nanti ada hal-hal yang bersifat pribadi mau dibongkar, kan nggak dong.  Nanti dibilang KPK melanggar HAM, kan susah. Jadi ketika kami ingin profesional dan prudensial pasti kita akan buktikan dalam waktu dekat.”

Bagaimana soal keterkaitan penyidik KPK, Kompol Brotoseno dalam kasus Wisma Atlet?

Seperti diketahui, Brotoseno disebut-sebut sedang menjalin asmara dengan Angie. Sementaraa, kuasa hukum, Nazaruddin, Hotman Paris, mempertanyakan barang bukti percakapan Angelina Sondakh dengan Mindo Rosalina Manulang melalui pesan BlackBerry Messenger (BBM) sebanyak 20 halaman yang tidak ditanyakan penyidik KPK.

“Kata siapa, ya saya nggak ngerti berita itu. Jangan  tanya saya, saya nggak tahu,” jawab Bambang.(sj)

Dapat Kapal, Djakarta Lloyd Kembali ‘Nafas’

Posted: 16 Feb 2012 08:50 PM PST

aktivitas pelayaran (VIVAnews/Fernando Randy)

VIVAnews – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mendapatkan kapal jenis handy max berkapasitas 50 ribu ton untuk disewa oleh BUMN yang bergerak di bidang pelayaran, PT Djakarta Lloyd (Persero).

“Dua hari yang lalu saya minta tolong jaringan Jepang, dan akhirnya ada perusahaan Jepang yang mau menyewakan kapal karena percaya sama saya,” kata Dahlan Iskan di Jakarta, 16 Februari 2012.

Dahlan menjelaskan perusahaan Jepang ini memiliki partner di Indonesia. Melalui partnernya ini perusahaan Jepang tersebut menyewakan satu kapalnya kepada Djakarta Lloyd. Saat ini proses sewa kapal masih dalam persiapan dokumen perjanjian sewa dan lain-lain.

Dahlan menargetkan dalam tiga bulan ke depan, kapal tersebut dapat digunakan oleh Djakarta Lloyd. Kapal ini nantinya akan digunakan untuk mengerjakan order PT PLN (Persero) mengangkut batubara sebanyak 1,5 juta ton dari Lampung menuju Sibolga.

Seperti diketahui, saat ini Djakarta Lloyd tidak memiliki armada sama sekali yang dapat digunakan untuk kegiatan operasional. Hal ini membuat Djakarta Lloyd tidak bisa lagi membayar gaji para karyawannya.

Dahlan menjelaskan, sebenarnya untuk menyehatkan kembali Djakarta Lloyd adalah dengan memberikan order pengangkutan barang pelayaran. Masalahnya adalah, beban utang Djakarta Lloyd saat ini mencapai Rp6 triliun dan sedang bersengketa hukum.

“Untuk apa Rp6 triliun buat bayar utang? mending membuat yang baru,” katanya.

Mengenai upah karyawan yang sekitar 10 bulan belum mendapatkan gaji, Dahlan meminta penyelesaian baik-baik. Ia mengusulkan aset-aset yang tersisa dari Djakarta Lloyd, seperti gedung dijual lalu hasilnya digunakan untuk membayar pesangon karyawan.

“Biasanya kalau sudah sakit parah bertahun-tahun, lebih baik likuidasi. Itu jalan keluar yang baik,” katanya. (sj)

Jones Puas Tampil Prima

Posted: 16 Feb 2012 08:45 PM PST

Jones juga memberi atensi atas performa Tom Cleverley.Jum’at, 17 Februari 2012, 07:25 WIB Phil Jones (Kiri/Biru) saat jebol gawang Aston Villa (yahoosport)

VIVAbola – Palang pintu Manchester United, Phil Jones meluapkan antusiasmenya usai mengantarkan Manchester United meraih kemenangan 2-0 atas Ajax Amsterdam di Amsterdam ArenA, Jumat 17 Februari 2012 dinihari, di leg 1 pertama Europa League.

Bek belia Setan Merah itu merasa kebugarannya telah mencapai tingkat ideal setelah sempat mengalami cedera selama tiga pekan.”Saya merasa 100 persen,” kata Jones di laman ManUtd.com, Jumat, 17 Februari 2012.

Ia pun mengaku terkejut dengan keputusan sang pelatih, Sir Alex Ferguson yang memainkannya secara penuh.”Tetapi ada baiknya bermain selama 90 menit. Semoga saja, saya kembali terpilih untuk pertandingan berikutnya dan saya akan bermain baik,” sambung Jones.

Puas mengomentari penampilannya, Jones turut memberikan atensi atas performa Tom Cleverley dan duet gelandang kreatif The Red Devils, Ashley Young dan Luis Nani yang turut memberikan kontribusi atas kemenangan MU dari tangan tim Eredivise tersebut.

“Saya menyukai penampilan Cleverley. Ia memiliki talenta luar biasa. Saya melihat setiap hari ia berlatih di gym. Saya tahu ia memiliki sikap yang fantastis. Ia pantas mendapatkan kesempatan bermain malam ini,” ujarnya.

Melalui kemenangan perdana yang diraih timnya atas Ajax, Jones pun berharap banyak ini menjadi sinyal sukses timnya di gelaran Europa League. Meskipun, ia sendiri menyadari betul, timnya mendapat lawan sulit di babak 32 besar ini.

“Ini selalu menjadi ujian yang sulit datang ke sini. Hanya, kami telah menyiapkan semuanya dengan baik. Kami ingin meraih kemenangan di kompetisi ini. Kami belum pernah memenangkan kompetisi ini. Jadi sebagai sebuah klub sangat menyenangkan bila kami merebut sukses di sini bersama,” tutup bek 19 tahun tersebut. (sj)

Loading Klasemen…

Ferguson: Permainan MU Biasa Saja

Posted: 16 Feb 2012 08:40 PM PST

Ferguson: Permainan MU Biasa Saja”Saya pikir ini penampilan yang sangat biasa dari kami.”Jum’at, 17 Februari 2012, 06:30 WIB Manajer MU, Sir Alex Ferguson (DAYLIFE)VIVAbola – Meskipun sanggup mengemas kemenangan 2-0 atas Ajax Amsterdam, Jumat 17 Februari 2012, manajer Manchester United kurang terkesan dengan penampilan timnya. Menurut Fergie, MU bermain biasa saja dalam laga leg pertama babak 32 besar Europa League yang berlangsung di Amsterdam Arena itu.

"Saya senang dengan hasil akhir. Saya pikir ini penampilan yang sangat biasa dari kami. Kami tidak mencapai permainan puncak dalam laga ini, namun kami berkembang di babak kedua dan kami layak menang," ujar Ferguson pada Channel Five.

"Saya tak berpikir kami bermain baik. Tak ada ritme dalam permainan kami. Ajax dapat membuat sulit denga cara mereka bermain ketat di lini tengah. Mereka menekan bola dengan sangat baik," lanjut manajer asal Skotlandia itu.

Dua gol MU dicetak pada babak kedua. Ashley Young membuka keunggulan MU menit 59, disusul gol Chicharito menit 86. Meskipun mengaku kurang puas, Fergie tetap senang dengan hasil yang diraih timnya.

"Kami tidak mendapatkan tempo sama sekali pada babak pertama. Pada babak kedua, kami banyak meningkat, kami kehilangan banyak peluang. Bukan penampilan cemerlang pada babak kedua, namun saya rasa cukup," ungkap Fergie.

"Ini memberikan kami kesempatan yang baik. Saya tak menjamin apa pun tentu saja. Namun bermain kandang di Old Trafford membuat kami memiliki kesempatan baik untuk lolos. Ini kemenangan besar," tandasnya.

MU akan menjamu Ajax di Old Trafford dalam leg kedua yang berlangsung Kamis 23 Februari 2012.

Loading Klasemen…

Pakai Alat Pacu Jantung Sejak Usia 15 Menit

Posted: 16 Feb 2012 08:36 PM PST

Sejak dalam kandungan Jaya didiagnosis dengan gangguan jantung (Today Health)

VIVAnews – Dalam bahasa Hindi, Jaya berarti kemenangan. Saat baru saja dilahirkan, bayi merah Jaya Maharaj telah menjadi manusia termuda yang harus menggunakan alat pacu jantung.

Bayi perempuan mungil itu menjalani bedah untuk menanam alat pacu jantung saat masih berusia 15 menit.

Tim dokter di Rumah Sakit Lucile Packard Stanford University mendiagnosis si bayi yang dilahirkan sembilan minggu prematur hanya dapat bertahan hidup selama beberapa jam bila tak menjalani pembedahan. Dia lahir dengan detak jantung 45 kali per menit. Sedangkan bayi baru lahir yang sehat memiliki detak jantung 120-150 per menit.

“Satu-satunya cara untuk menyelamatkan bayi ini adalah mengeluarkannya segera dan memberikannya alat pacu jantung,” kata Dr Katsuhide Maeda, ahli bedah yang memasang alat pacu pada jantung Jaya. Saat dipasangi alat pacu,  ukuran jantungnya hanya sebesar kacang kenari.
Sejak dalam kandungan, bayi pasangan suami-istri Leanne Maharaj, 26, dan Kamneel Maharaj, 31, didiagnosis mengalami gangguan jantung langka. Kedua orang tuanya diberitahu denyut jantung anak pertama mereka sangat rendah. Sang jabang bayi ternyata memiliki gangguan katup jantung akibat sistem imunitas ibu keliru menyerang serat saraf bayinya. Akibatnya, jantung janin melemah.

Para dokter akhirnya memutuskan agar janin segera lahir sebelum mengalami kegagalan fungsi hati. Namun, selama penantian, Jaya berkembang dan beratnya bertambah.

“Kami khawatir, tapi pada saat yang sama kami berharap dia berjuang dan melakukan yang terbaik yang dia bisa, ” ujar sang ayah, Kamneel Maharaj, seorang manajer teknologi informasi di Silicon Valley.

Maharaj menambahkan, “setiap kali kami khawatir, dia akan menendang dari dalam dan berkata, ‘Aku di sini! Aku masih hidup’” katanya seperti dikutip dari Today Health.

“Kami pikir mungkin dia sedang berusaha untuk memberitahu kami bahwa semuanya baik-baik saja, jadi kami selalu penuh harapan.”

Lewat berbagai perhitungan, Jaya dilahirkan pada usia 31 minggu dengan bantuan 20 orang dokter untuk menangani prosedur kompleks.

Jaya lahir dengan berat 1,6 kilogram. Namun jantungnya berdenyut sangat lambat sehingga dokter memutuskan harus segera melakukan operasi. Operasi selama satu jam berhasil menanam alat pacu permanen di jantungnya yang diperkirakan akan bertahan hingga usianya 10 tahun.

Setelah pemulihan, Jaya kini tumbuh menjadi seorang anak yang sehat. Di usia kurang tiga bulan, beratnya kini mencapai 3,6 kilogram.

Jaya Maharaj

Persisam Wajib Menang di Derby Kaltim

Posted: 16 Feb 2012 08:32 PM PST

Persisam Wajib Menang di Derby KaltimSayangnya, Persisam tak dapat diperkuat strikernya Jerry Karpeh. Jum’at, 17 Februari 2012, 07:21 WIBToto Pribadi ,  Ikram (Balikpapan) Daniel Roekito (Yadi | VIVAnews)

VIVAbola – Persisam Putra Samarinda akan mencoba bangkit saat menjamu Mitra Kukar dalam Derby Kaltim, Jumat 17 Februari 2012. Pasalnya, Persisam kini tengah terluka menyusul kekalahan dari Persela Lamongan, Senin 6 Februari lalu.

Sayangnya, Persisam tak dapat diperkuat strikernya Jerry Karpeh. Yongki Aribowo tampaknya akan kembali ditandemkan dengan Christian Gonzales di lini depan untuk menggedor pertahanan Mitra Kukar.

Pelatih Persisam Daniel Roekito menuturkan, timnya sudah berlatih keras untuk mempersiapkan pertandingan. Tentunya, dia tak mau pengalaman buruk kalah di kandang sendiri terulang di laga derby tersebut.

“Jerry mengalami masalah di kaki kirinya dalam latihan. Tapi, kita punya stok striker yang siap menjadi penggantinya. Ada Yongki dan Johan Yoga. Mereka juga sangat siap untuk tampil,” kata Daniel Roekito.

Daniel melanjutkan, timnya membutuhkan kemenangan untuk mengembalikan kepercayaan diri. Jadi, dia meminta kepada seluruh anak asuhnya untuk berusaha lebih keras demi memenangkan pertandingan nanti. Kemenangan merupakan harga mati.

“Ya, tidak ada alasan untuk kalah. Ini kandang kita, tentunya target harus menang. Jangan sampai kekalahan lawan Persela terulang. Pemain tahu tugasnya masing-masing. Mereka akan fight,” katanya mantap. (sj)

Loading Klasemen…

Jamu Deltras, Pelatih Persiba Jadi Taruhan

Posted: 16 Feb 2012 08:29 PM PST

Jamu Deltras, Pelatih Persiba Jadi TaruhanPosisi Haryadi terancam setelah kekalahan saat menjamu Persidafon Dafonsoro, Selasa lalu.Jum’at, 17 Februari 2012, 06:32 WIBToto Pribadi ,  Ikram (Balikpapan) Pemain Persiba Balikpapan (Goal)

VIVAbola – Karir pelatih Persiba Balikpapan, Haryadi, akan dipertaruhkan saat tim berjuluk Beruang Madu itu menjamu Deltras Sidoarjo, Sabtu 18 Februari 2012. Posisi Haryadi terancam setelah kekalahan saat menjamu Persidafon Dafonsoro, Selasa lalu.

Pasca kekalahan dari Persidafon itu, manajemen Persiba langsung memberikan peringatan kepada Haryadi. Kembali kalah di kandang, maka karirnya hampir dipastikan tamat. Terlebih, Persiba butuh kemenangan disaat 10 Februari lalu menjadi HUT Kota Balikpapan.

Peringatan langsung diberikan Ketua Umum Persiba Balikpapan Syahril Taher. Dia menuntut kemenangan saat melawan Deltras. Menurutnya, kekalahan Persiba memang tak terlepas dari kepemimpinan seorang pelatih. Namun ia juga menilai para punggawa Persiba terlalu meremehkan tim lawan.

"Itu karena kurang jelinya pelatih sehingga yang semestinya Persiba menang justru harus menelan kekalahan di kandang,” kata Taher.

"Tapi tentunya kami tidak akan langsung memberikan keputusan mendadak. Kami masih akan memberi satu kesempatan lagi kepada pelatih untuk membuktikan diri. Kita lihat bagaimana hasil menghadapi Deltras Sidoarjo nanti," tegas Taher.

Persiba saat ini terpaku di papan tengah klasemen ISL. Persiba nangkring di peringkat 10 dengan torehan 15 poin dari 11 laga yang telah dilakoninya.

Loading Klasemen…

Musisi Akan Tampil di Pemakaman Whitney

Posted: 16 Feb 2012 08:25 PM PST

Whitney Houston (REUTERS/ Mario Anzuoni/ Files )

VIVAnews – Mendiang diva legendaris Whitney Houston akan dimakamkan Sabtu pekan ini, di New Jersey. Sejumlah artis dan musisi dikabarkan akan menghadiri peringatan kematian Whitney, bahkan akan menyumbangkan lagu sebagai persembahan terakhir sebelum Whitney dimakamkan.

Mengutip AP, Penyanyi Aretha Franklin, yang merupakan ibu baptis Whitney, akan menyanyikan lagu tribut untuk Whitney. Selama ini, Ratu Musik Soul ini memang menjad sosok yang dikenal dekat dengan Whitney, hingga Whitney pun memanggilnya “Bibi Ree”.

Selain Aretha, sejumlah penyanyi lain juga dikabarkan akan menyanyikan tribut, antara lain Stevie Wonder dan penyanyi gospel Kim Burell.

Kepada CNN, Kim Burell mengaku akan membawakan lagu “I Believe in You and Me”. Lagu yang dipilih keluarga Whitney itu merupakan soundtrack dari film yang dibintangi Whitney, “The Preacher’s Wife” pada tahun 1996.

Penyanyi Roberta Flack juga dikabarkan akan hadir. Tapi belum jelas apakah Roberta akan ikut menyanyikan tribut untuk Whitney.

Staf publikasi Whitney, Kristen Foster, mengatakan undangan juga dikirim ke mantan suami Whitney, Bobby Brown. Saat ini, Brown dikabarkan sangat berduka, dan sebuah sumber mengatakan Bobby Brown juga akan tampil sebagai terapi atas kehilangan Whitney. Bobby Brown dikabarkan akan tampil bersama grupnya, New Edition.

Daftar selebriti lain yang akan hadir antara lain penyanyi Chaka Khan, Brandy, dan penulis lagu Diane Warren, dan pasangan Whitney di film “The Bodyguard”, Kevin Costner.

Acara pemakaman ini rencananya akan disiarkan langsung oleh televisi dari New Hope Baptist Church, tempat Whitney tumbuh dewasa. (sj)

Tantang Persisam, Mitra Tanpa Trisula Maut

Posted: 16 Feb 2012 08:22 PM PST

Tantang Persisam, Mitra Tanpa Trisula MautJajang Mulyana akan menjadi tumpuan Mitra Kukar menggedor pertahanan Persisam.Jum’at, 17 Februari 2012, 07:12 WIBToto Pribadi ,  Ikram (Balikpapan) Simon McMenemy (ANTARA/Andika Wahyu)

VIVAbola - Mitra Kukar menggantung ekspektasi tinggi dalam lawatan mereka ke Samarinda, Jumat 17 Februari 2012. Menantang saudara tua, Persisam Samarinda, skuad besutan Simon McMenemy itu menargetkan tiga angka.

Bukan pekerjaan mudah, terlebih Mitra kukar tidak datang dengan kekuatan terbaiknya setelah trio penyerangnya dipastikan absen. Anindito dan Saktiawan Sinaga harus menjalani sanksi akumulasi kartu kuning. Sedangkan Marcus Bent masih harus berjuang melawan cedera hamstring.

Kondisi itu memaksa Simon memutar otak. Tetapi, pria asal Inggris itu tak mau terlalu menjadikan hal itu sebagai masalah. Menurut dia, saat ini dengan kondisi tim yang pas-pasan dia tetap menargetkan poin penuh. Ia mengatakan timnya telah berlatih keras untuk itu dan semuanya berambisi mewujudkan itu.

Dengan absennya trio penyerangnya itu, Simon tinggal menggantungkan harapan pada Jajang Mulyana. Eks striker Pelita Jaya itu akan menjadi tumpuan utama di lini depan. Masih belum pasti apakah Jajang menjadi striker tunggal atau dipasangkan dengan nama lain.

“Karena tinggal satu striker, Jajang Mulyana akan menjadi pilihan utama di lini depan kami,” kata Simon saat memimpin latihan di Stadion Segiri, Samarinda, kemarin.

Dalam kesempatan itu, Simon juga mengaku telah mengenal kekuatan Persisam, termasuk tentang Christian Gonzales. Dia kenal El Loco karena gol yang diciptakan olehnya saat Simon masih menangani Timnas Philipina.

Gol dari Gonzales ketika itu menyingkirkan Philipina di Turnamen AFF Cup. “Ya, saya tahu Gonzales waktu masih melatih Philipina,” katanya.

Loading Klasemen…

LIGA EROPA: City Tundukkan Porto 2-1

Posted: 16 Feb 2012 08:19 PM PST

sumber foto: Detikcom sumber foto: Detikcom

PORTO – Sempat tertinggal lebih dulu, Manchester City akhirnya memetik kemenangan 2-1 dalam lawatan ke kandang FC Porto. Gol penentu kemenangan The Citizens atas sang juara bertahan datang dari Sergio Aguero.

Betanding di Estadio do Dragao, Jumat (17/2/2012) dinihari WIB, City lebih dulu tertinggal. Silvestre Manuel Goncalves Varela menjebol gawang Joe Hart usai dapat umpan dari Hulk di menit 27.

City baru bisa membalas gol tersebut di babak kedua. Bunuh diri Alvaro Pereira membuat kedudukan sama kuat 1-1 pada menit 55. Skor baru berubah jadi 2-1 setelah Sergio Aguero menjebol gawang tuan rumah enam menit sebelum pertandingan usai.

Kemenangan 2-1 ini membuat jalan City lolos ke babak berikutnya semakin lebar. Dengan leg kedua akan digelar di Etihad Stadium, Vincent Kompany dkk. cuma butuh hasil imbang dalam pertandingan itu. Detikcom

KPK: “Pabrik” Korupsi Justru Sering Diabaikan

Posted: 16 Feb 2012 08:16 PM PST

Bambang Widjojanto (VIVAnews/ Muhamad Solihin)

VIVAnews – Sejak didirikan pada tahun 2003, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengungkap banyak kasus korupsi. Juga menjebloskan orang-orang ke penjara, dari pegawai level bawah sampai mereka yang dulu dianggap “kebal hukum”: gubernur, duta besar, menteri, purnawirawan jenderal, juga mantan Kapolri.

Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto mengungkapkan, di tengah hiruk pikuk penindakan dan penangkapan yang menjadi perhatian masyarakat, ada hal-hal yang justru luput dari sorotan. Yakni, “adanya sistem yang memproduksi kejahatan, sistem penyebab kejahatan yang melebihi kemampuan kita,” kata dia di Hotel Ibis, Slipi, Kamis 16 Februari 2012 malam.

Untuk itulah, dia menambahkan, isu pencegahan korupsi menjadi penting.

Yang juga tak banyak digubris adalah fungsi koordinasi dan supervisi KPK. “Disebutkan secara tegas dalam UU, justru struktur koordinasi malah tidak. Bagaimana mendorong pencegahan kalau tidak ada dalam struktur, ini sengaja atau lalai?,” kata dia. Dengan kondisi itu, bagaimana bisa KPK mampu menjalankan amanahnya.

Kerja sama dengan lembaga lain juga sangat penting. “KPK yang cuma punya 700 orang tidak mungkin bisa melakukan pemberantasan korupsi, kalau tidak melakukan sinergitas dengan lembaga lain,” tambah Bambang.

Tak hanya dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), sinergitas juga harus dilakukan dengan aparat hukum lain, Kepolisian dan Kejaksaan, baik di bidang penindakan dan pencegahan.

Yang juga tak kalah penting dalam pemberantasan korupsi adalah peran serta masyarakat. “Civil society sangat penting. Selama ini publik hanya bagian obyek pembangunan, padahal bisa jadi kekuatan antikorupsi,” kata dia.

Apalagi, sejatinya korban dari korupsi adalah masyarakat. Kepentingan publik menjadi tumbal dari keserakahan para koruptor. “Ketika power bisa dikontrol, kita bisa kontrol potensi kejahatan.”

Bubi Chen Akan Disemayamkan di Surabaya

Posted: 16 Feb 2012 08:12 PM PST

VIVAnews – Maestro jazz Indonesia, Bubi Chen, meninggal dunia di usia 74 tahun. Lelaki asal Surabaya itu menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 18.50 WIB, di RS Telogo Rejo, Semarang, Jawa Tengah, Kamis 17 Februari 2012.

Namun, hingga kini belum didapat kepastian, kapan dan jam berapa jenazah pianis hebat itu dibawa ke Surabaya. Menurut Ho Wie Chen, putra sulung Bubi Chen, jenazah kemungkinan baru akan tiba di Surabaya besok atau lusa.

“Itu karena harus mengurus segala sesuatunya dulu di Semarang,” kata Ho Wie Chen, Jumat, 17 Februari 2012.

Sebelumnya, Bubi Chen dikabarkan lama harus berjuang melawan penyakit diabetes yang dideritanya. Meski menanggung sakit, sejumlah jadwal naik panggung terus dilakoni.

Di antaranya, Bubi masih dijadwalkan tampil di Java Jazz Festival 2012 di Jakarta International Expo pada tanggal 2-4 Maret 2012. Sesuai jadwal di situs resmi Java Jazz Festival, Bubi diagendakan tampil 4 Maret 2012, di panggung Semeru Garuda Indonesia Stage. Bubi dijadwalkan tampil pukul 16.45 hingga 17.30, usai penampilan Sujiwo Tejo.

Namun, takdir menentukan lain, ia dipanggil menghadap Yang Kuasa. Sesuai rencana, jenazah akan disemayamkan di rumah duka di  Jalan Kupang Indah Gang 1 No. 16, saat tiba di Surabaya.

AJAX vs MU 0-2: Fergie Kurang Puas

Posted: 16 Feb 2012 08:08 PM PST

AMSTERDAM – Manchester United berhasil membukukan kemenangan 2-0 atas Ajax Amsterdam di leg I babak 32 besar Liga Europa. Meski menang, Sir Alex Ferguson masih tak puas dengan penampilan anak didiknya.

Melawat ke Amsterdam Arena, Jumat (17/2/2012) dinihari WIB, 'Setan Merah' hanya bermain imbang tanpa gol di paruh pertama. Mereka baru bisa mencetak gol setelah laga berjalan satu jam.

Adalah Ashley Young yang membuka keunggulan MU di menit 60. Javier 'Chicharito' Hernandez kemudian melengkapi kemenangan MU lewat golnya di menit 85.

"Itu adalah penampilan yang biasa saja dan tidak mencapai yang terbaik. Kami tidak bermain baik sama sekali dan tidak memiliki ritme," sahut Fergie seperti dikutip oleh BBC.

"Tidak ada tempo dalam permainan kami di babak pertama, tapi kami kami berkembang di babak kedua. Itu bukan penampilan yang brilian tapi cukup bagus."

Meski demikian, Fergie tetap mensyukuri kemenangan yang diraih timnya. Keunggulan dua gol yang mereka miliki akan jadi modal bagus untuk menjalani leg II yang akan digelar di Old Trafford.

"Saya senang dengan hasilnya. Gol kedua memberi kami peluang yang bagus di Old Trafford untuk lolos," tuntasnya.Detikcom

sumber foto: Detikcom sumber foto: Detikcom

Kalla: Bagus, SBY Catat 26 Calon Presiden

Posted: 16 Feb 2012 08:04 PM PST

Jusuf Kalla (KoranBaru.com/Anhar Rizki Affandi)

KoranBaru.com – Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla menanggapi pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang mengaku telah mencatat nama-nama tokoh yang terindikasi ingin maju sebagai calon presiden dalam pemilu 2014. Menurut Kalla, SBY pasti punya alasan tersendiri mengeluarkan pernyataan itu.

“Saya kira, beliau sebut nama itu bagus juga ada 26,” kata Kalla di Jakarta, Kamis 16 Februari 2012 malam.

Mantan rival SBY dalam pemilu 2009 itu mengaku tak tahu maksud SBY menyebut ada 26 tokoh yang ingin maju dalam pemilu itu. Dia juga mengaku tidak tahu siapa saja tokoh-tokoh yang dimaksud oleh SBY itu. “Itu kan yang bilang Pak SBY, kita tidak tahu siapa itu sebenarnya,” ujar pria yang pernah mendampingi SBY di pemerintahan ini.

Kalla sendiri enggan berkomentar saat ditanya apakah dirinya masih ingin maju sebagai calon presiden dalam pemilu yang akan digelar pada 2014 mendatang. Dia hanya tertawa mendapat pertanyaan itu. “Hahaha…,” Kalla tertawa kecil sambil berlalu.

Sebelumnya, SBY mengaku telah mencatat nama-nama tokoh yang terindikasi ingin maju dalam pemilu mendatang. SBY mempersilakan tokoh-tokoh itu menjalin komunikasi dengan rakyat. Memaparkan visi dan misinya kepada rakyat. SBY juga meminta media untuk ikut mengkomunikasikan visi dan misi itu kepada rakyat.

Ingin Investasi di Hong Kong, Ini Sektornya

Posted: 16 Feb 2012 08:00 PM PST

Kota Hong Kong yang dipenuhi kabut, Rabu, 15 Februari 2012. (KoranBaru.com/Hadi Suprapto)

KoranBaru.com – Jatuhnya negara Eropa dan Amerika dalam jurang krisis keuangan membuat Hong Kong mencari negara lain agar menanamkan investasinya. Selama ini, Amerika dan Eropa mendominasi investasi asing negeri itu.

Tak heran bila Hong Kong saat ini melirik pengusaha-pengusaha nasional agar mau membangun usaha di wilayah administratif khusus China ini.

Director General Invest Hong Kong Simon Galpin mengatakan, saat ini investasi Hong Kong yang berasal dari wilayah Asia Tenggara masih didominasi Singapura, Malaysia, dan Thailand. Setelah itu baru Indonesia. “Mudah-mudahan dalam 2-3 tahun, investasi dari Indonesia nilainya bisa setingkat Singapura,” kata Simon kepada sejumlah wartawan Indonesia yang berkunjung ke kantornya di Fairmonth House, Hong Kong.

Kunjungan ini merupakan bagian dari undangan dari Hong Kong Trade Development Council (HKTDC) dan Departemen Perdagangan dan Ekonomi Luar Negeri Provinsi Guangdong, China, 14-19 Februari 2012.

Lembaga setingkat Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) ini mengatakan, sektor-sektor yang masih menguntungkan adalah gaya hidup, makanan, dan jasa keuangan. “Inilah sektor-sektor yang paling menggiurkan,” kata Simon. Dia mengatakan, ketiga sektor ini masih akan terus berkembang karena merupakan kebutuhan bagi masyarakat di Hong Kong.

Mengapa harus investasi di Hong Kong? Pertama, Simon mengatakan, di Hong Kong tidak ada pembatasan kepemilikan asing. Kedua, pemerintahan Hong Kong bersih, dan aturan hukum ditegakkan oleh pengadilan yang independen. Ketiga, pergerakan modal, barang, bakat, dan informasi semua gratis. Keempat, konversi dolar Hong Kong sepenuhnya terpisah dari Renminbi, mata uang China.

Director General Invest Hong Kong Simon Galpin

Director General Invest Hong Kong Simon Galpin (KoranBaru.com/Hadi Suprapto)

Pada 2010, Hong Kong merupakan negara dengan investasi asing terbesar kedua setelah Amerika dan China. “Kami merupakan hub investasi dari negara-negara maju ke wilayah Asia,” katanya.

Investasi asing Hong Kong pada tahun itu mencapai US$8,13 miliar dengan total proyek 284, dan bisa menyerap 3.056 tenaga kerja. Namun nilai ini sedikit terkoreksi pada 2011. Tahun lalu Hong Kong hanya bisa menarik investasi US$5,06 miliar dan hanya bisa menciptakan 2.716 tenaga kerja. Meskipun demikian jumlah proyek ini bertambah menjadi 303.

Rekor investasi asing Hong Kong terjadi pada 2006 dengan nilai US$10,24 miliar, dan bisa menciptakan 3.092 tenaga kerja.

FOTO: Bus-bus Supermewah di Masa Depan

Posted: 16 Feb 2012 07:55 PM PST

KoranBaru.com – Desain mewah dengan fitur teknologi canggih, irit, dan ramah lingkungan tidak hanya menjadi ikon bagi mobil masa depan. Ini juga berlaku pada kendaraan umum seperti bus.

Bahkan di Inggris, angkutan umum seperti bus kota telah mengalami prosedur perubahan dari segi desain interior dan eksterior. Bus legendaris mereka, Bendy, kini berubah menjadi lebih futuristik dari segi desain, dan tentunya ramah lingkungan.

Dilansir CarBuzz, Kamis 16 Februari 2012, ada empat bus masa depan yang memiliki desain mewah dengan tenaga yang cukup besar. Bus-bus ini bahkan digadang-gandang menjadi transportasi umum dengan fitur teknologi tercanggih.

Berikut spesifikasi dan foto-foto keempat bus tersebut yang diambil dari Carbuzz:

1. Wubbo Ockels adalah desain bus paling keren yang pernah dirancang. Bus bermesin hybrid ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 408 hp, dengan 23 kursi dan memiliki kecepatan maksimum 250 km/jam. Bus ini awalnya dirancang oleh Ockels dari Belanda yang sekarang sedang menetap di Dubai.

2. Bus Credo E-Bone adalah bus hybrid hydrogen dengan tenaga listrik didesain oleh Peter Simon. Bus ini memiliki tampilan seperti serangga.

Credo E-Bone dirancang untuk dapat menghasilkan tenaga sendiri berkat atap panel surya, yang menyediakan listrik untuk mesin elektrik ke seluruh roda. Interior bus ini terbilang cukup kalem dibanding eksteriornya.

3. Bus Robo merupakan bus yang mengutamakan gaya di antara bus-bus lainnya. Mohammad Ghezel sebagai desain bus ini terinspirasi serangga dengan bahan bakar listrik, disertai atap panel bertenaga surya jika dibutuhkan.

4. Thomas Heatherwick mendesain ulang Routemaster yang memulai debutnya di London. Dimana dia memamerkan bodi langsing yang enak dilihat dan hemat bahan bakar. Bus bertingkat dua ini dibekali dengan mesin hybrid. (ren)

Aturan Delegasi Wewenang Direksi Diperbaiki

Posted: 16 Feb 2012 07:51 PM PST

Meneg BUMN Dahlan Iskan (ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang)

KoranBaru.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan akan menyempurnakan Peraturan Menteri BUMN Nomor 236 Tahun 2011 yang mengatur pendelegasian wewenang dan/atau pemberian kuasa kepada direksi. Dua hal yang akan disempurnakan, yaitu menyangkut pelepasan aset dan koridor kewenangan untuk direksi dan deputi BUMN.

“Kritikan anggota dewan terhadap Kepmen 236 sangat tulus, agar tidak menyulitkan saya di kemudian hari,” kata Dahlan dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, di Jakarta, Kamis malam 16 Februari 2012.

Dahlan menjelaskan dalam pengambilan keputusan di BUMN perlu dilakukan secara cepat dan tepat, namun tetap dalam koridor hukum dan tidak mengakibatkan kerugiab bagi BUMN sebagaimana disarankan anggota dewan.

Untuk itu, Kementerian BUMN akan menyempurnakan Kepmen 236 dengan memberikan koridor yang harus dipatuhi oleh deputi dan dewan komisaris/dewan pengawas serta direkdi dalam melaksanakan kewenangan berdasarkan Kepmen 236 yang telah disempurnakan.

Sementara itu, Anggota Komisi VI DPR, Nasril Bahar menjelaskan pendelegasian 18 kewenangan dalam Kepmen 236 dapat digunakan perusahaan BUMN untuk pelepasan aset serta pembentukan anak perusahaan baru.

“BUMN terikat dengan empat UU dan banyak peraturan. Tentu tidak laik jika SK menteri BUMN terlepas dari jeratan UU,” katanya.

Sementara itu, anggota Komisi VI DPR, Ferrari Romawi menyambut baik keputusan Dahlan untuk merevisi Kepmen 236 ini, karena pendelegasian tugas kepada direksi BUMN harus jelas.Menurutnya ada BUMN-BUMN besar yang tak tahu lagi anak perusahaannya siapa saja dan banyak kebocoran terjadi dari anak-anak perusahaan ini.

“Sehingga mana yang menguntungkan dan yang merugikan tak jelas lagi karena pengawasan oleh menteri BUMN nantinya menjadi sangat longgar,” katanya.

Hasil Europa League, Duo Manchester Menang

Posted: 16 Feb 2012 07:46 PM PST

Hasil Europa League, Duo Manchester MenangDuo Manchester meraih kemenangan meski harus bermain di kandang lawan.Jum’at, 17 Februari 2012, 05:57 WIB Sergio Aguero rayakan gol bersama Yaya Toure (yahoosport)

VIVAbola – Bertarungnya beberapa klub elit ternyata cukup membesarkan gaung Europa League musim ini. Pada leg 1 babak 32 besar Europa League, dua raksasa yang kebetulan tim sekota, Manchester United dan Manchester City berhasil menuai kemenangan.

Duo Manchester meraih kemenangan meski harus bermain di kandang lawan, Jumat 17 Februari 2012. MU lebih dulu menaklukkan tuan rumah Ajax Amsterdam di Amsterdam ArenA dengan skor telak 0-2. Dua gol MU dicetak Ashley Young pada menit 59 dan Javier Chicharito di menit 85.

Tak mau kalah dengan rival sekotanya, ManCity juga menoreh kemenangan saat tandang ke Estadio do Dragao melawan FC Porto. ManCity sempat tertinggal lewat gol Silvestre Varela di babak pertama.

Namun di babak kedua, ManCity akhirnya membalas dua gol lewat gol bunuh diri Alvaro Pereira pada menit 27 dan gol penentu kemenangan yang dicetak Sergio Aguero di menit 84.

Sayangnya, keperkasaan dua klub Premier League ini tak dapat diikuti Stoke City. Di kandangnya, Britannia Stadium, Stoke justru tumbang di tangan Valencia lewat gol tunggal gelandang Mehmet Topal di menit 36.

Hasil kurang memuaskan justru dituai dua wakil Italia, Udinese dan Lazio. Lazio harus tumbang 1-3 saat menjamu Atletico Madrid di Olimpico, Roma. Lazio sempat unggul lewat gol Miroslave Klose di menit 19 sebelum dibalas tiga gol Adrian (25′) dan dua gol Radamel Falcao (37′ & 63′). Sedangkan Udinese tertahan 0-0 saat menjamu PAOK Saloniki.


Berikut hasil lengkap Europa League Leg 1, Jumat 17 Februari 2012:
Lokomotiv Moscow    2-1    Athletic Bilbao
Ajax Amsterdam    0-2    Manchester U.
AZ Alkmaar    1-0    Anderlecht
Lazio    1-3    Atletico Madrid
Legia Warsaw    2-2    Sporting Lisbon
RB Salzburg    0-4    Metalist Kharkiv
Viktoria Plzen    1-1    Schalke
FC Porto    1 -2    Manchester C.
Hannover    2-1    Club Brugge
Steaua Bucuresti    0-1    FC Twente Enschede
Stoke C.    0-1    Valencia
Trabzonspor    1-2    PSV Eindhoven
Udinese    0-0    PAOK Saloniki
Wisla Krakow    1-1    Standard Liege

Loading Klasemen…

Para Pengembang di Kawasan Elite Baru Jakarta

Posted: 16 Feb 2012 07:43 PM PST

Masing-masing kawasan elite itu mempunyai karakteristik berbeda. (KoranBaru.com/Nurcholis Anhari Lubis)

KoranBaru.com – Lembaga konsultasi dan riset properti, Colliers International menyatakan banyak pengembang yang bermain di kawasan elite seperti TB Simatupang, Bekasi, dan Serpong. Masing-masing daerah itu mempunyai karakteristik yang berbeda.

“Misalnya kawasan TB Simatupang, kawasan elite yang sifatnya office (proyek perkantoran). Namun, tidak ada yang besar dan tidak ada yang dominan,” kata Associate Director Investment Services Colliers International, Aldi Garibaldi, kepada KoranBaru.com di Jakarta, Kamis 16 Februari 2012.

Aldi menuturkan, secara keseluruhan untuk proyek perkantoran pada kawasan tersebut diisi perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan, minyak, dan gas.

Sementara itu, kawasan Bumi Serpong Damai, dia mengatakan, pengembang yang dominan di kawasan tersebut adalah PT Alam Sutera Realty Tbk dan PT Summarecon Agung Tbk.

“Secara karakteristik, BSD dilihat dari proyek perumahannya. Harga rumah di sana menjanjikan. Sebab, orang beli di sana karena gencarnya pembangunan infrastruktur jalan,” kata Aldi.

Untuk Bekasi sebagai kawasan elite baru, Aldi menilai bahwa daerah itu merupakan kawasan industri. “Bekasi sifatnya menjadi daerah industri, sehingga satuan harga properti, satuan pabrik dengan luas 50 ribu meter persegi, secara otomatis harganya mahal,” tuturnya.

Berikut data perkantoran yang sedang dibangun di kawasan TB Simatupang:

- Sovereign Plaza, dengan luas 16.020 meter persegi (m2), diprediksi terbangun pada kuartal II-2012.
- Chitatex Tower seluas 28.000 m2, diprediksi terbangun pada kuartal IV-2012.

Sementara itu, proyek-proyek ini akan terbangun pada 2013 di kawasan TB Simatupang:

- Talavera Suite, dengan luas 16.250 m2.
- Graha Elnusa 2 seluas 40.000 m2.
- 18 Office Park, dengan luas 36.627 m2.
- Naras Tower seluas 20.000 m2.
- Signum Tower, dengan luas 58.500 m2.
- Green Kosmo Mansion seluas 23.000 m2.

Selanjutnya, data pengembang di kawasan Serpong adalah:

- PT Summarecon Agung Tbk, membangun Summarecon Mall Serpong 2.
- PT Alam Sutera Realty Tbk, membangun Shopping Mall Alam Sutera seluas 60.000 m2, saat ini baru tahap pembangunan.

Data rencana pengembang di kawasan Bekasi:
- PT Aneka Sumber Daya Energi, akan membangun Bekasi Junction dengan luas 14.000 m2.
- PT Perdana Gapuraprima Tbk, akan membangun Bekasi Trade Centre 2 seluas 30.000 m2.
- Ciputra Group sedang membangun Citra Gran Mall Extension Bekasi, dengan luas 20.000 m2.
- PT Metropolitan Land Tbk akan membangun Metropolitan Grand Mall Bekasi seluas 60.000 m2.
- PT Summarecon Agung Tbk akan membangun Summarecon Bekasi (tahap pertama), dengan luas 50.000 m2. (art)

Eks Menteri PDT Incar Kursi Gubernur Riau

Posted: 16 Feb 2012 07:38 PM PST

Lukman Edy (Antara/ Rosa Panggabean)

KoranBaru.com - Mantan Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal, Lukman Edy, menyatakan siap maju dalam pemilihan gubernur Riau yang digelar tahun 2013. Mantan Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa ini berjanji akan memajukan Riau.

“Saya siap bersaing dengan kandidat lainnya. Bukan hanya di Riau saja, di tingkat nasional saya sudah melakukannya,” kata Lukman Edy, Kamis 16 Fabruari 2012.

Sebagai bentuk keseriusannya, mantan Sekjen DPP PKB itu sudah mendekati beberapa partai politik untuk dijadikan mesin politik. Termasuk juga beberapa nama sudah mencuat sebagai bakal calon wakil gubernur Riau yang akan mendampinginya. “Sekarang saya terus melakukan komunikasi politik dengan partai lain untuk berkoalisi,” katanya.

Beberapa tokoh yang didekati itu antara lain Ketua DPD PDI Perjuangan Riau, Suryadi Khusayni dan mantan walikota Pekanbaru Herman Abdullah. Kedua nama tersebut sejauh ini masih mengamini jika ada kesepakatan untuk berpasangan dengan Lukman Edy.

“Saya siap saja berkoalisi dengan siapapun. Termasuk juga dengan Lukman Edy,” kata mantan walikota Pekanbaru, Herman Abdullah kepada wartawan di Pekanbaru.

Di tempat lain, pengamat politik di Riau, Erman Muchtar menilai sosok Lukman Edy sangat tepat memimpin Riau. “Saya kira tipe dia lebih tepat memimpin Riau. Selain mempunyai pengalaman sebagai pejabat negara, kiprahnya sudah menasional. Dan ini bisa menjadi nilai tambah,” katanya.

Akses yang dimiliki Lukman Edy di tingkat nasional, akan memudahkan Riau untuk bisa mendapatkan porsi anggaran dari APBN yang lebih besar. Termasuk juga peluang-peluang lainnya yang bisa membuat Riau lebih maju. (sj)

“Uji Materi UU Penyiaran Momentum Pembenahan”

Posted: 16 Feb 2012 07:34 PM PST

Televisi layar datar (http://hobi-sihasan.blogspot.com)

KoranBaru.com - Anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Idy Muzayyad memandang positif keterangan para saksi ahli di sidang uji materi atas UU Penyiaran di Mahkamah Konsitusi pada Rabu 15 Februari 2012 lalu. Para ahli itu menyatakan bahwa monopoli frekuensi merupakan tindakan yang tidak bisa dibenarkan dan melanggar UU Penyiaran.

Idy Muzayyad mengharapkan uji materi ini menjadi momentum bagi pembenahan dunia penyiaran dari sisi hulunya. "Kalau pemberian sanksi KPI atas pelanggaran isi siaran seperti yang selama ini kita lakukan, itu kan hilirnya. Tapi kalau persoalan tafsir tegas terhadap UU ini kan hulunya," kata Idy  ke KoranBaru.com, Kamis 16 Februari.

Seperti diberitakan sebelumnya, beberapa ahli dan pengamat penyiaran menyatakan bahwa tindakan monopoli frekuensi untuk kegiatan lembaga penyiaran swasta merupakan tindakan terlarang. Keterangan saksi ahli tersebut merupakan bagian dari persidangan yang dilakukan sebagai pertimbangan MK untuk memutus perkara judicial review pasal 18 ayat 1 (soal pemusatan kepemilikan) dan 34 ayat 4 (soal pemindahtanganan izin penyelenggaraan penyiaran) UU Penyiaran terhadap UUD 1945 yang diajukan Koaliasi Independen untuk Demokratisasi Penyiaran (KIDP).

Idy menjelaskan bahwa tayangan yang berkualitas dan mendidik di televisi terkait persoalan kepemilikan dan perizinan penyiaran. Kalau dua persoalan hulu itu bisa terurai dan terselesaikan melalui penafsiran UU serta penerapannya secara jelas dan  tegas, maka pengaruhnya akan memberikan efek terhadap isi siaran yang makin berkualitas.

"Ini kan sangat erat dengan persoalan ekonomi politik media penyiaran. Orientasi bisnis dan aspek komersial terlalu dominan, sehingga orientasi sosial dalam bentuk produk tayangan yang berkualitas, mendidik, bermartabat dan sehat, menjadi kurang diutamakan," kata Idy yang juga Direktur Lembaga Informasi Media dan Analisa Sosial (LIMAS).

"Kami menyambut baik keterangan para ahli itu. Bahwa monopoli tidak hanya dibatasi secara ketat, tapi seharusnya dilarang," kata Idy.

Idy menambahkan semangat dan prinsip utama dalam UU Penyiaran adalah keragaman kepemilikan (diversity of ownership) dan keragaman isi (diversity of content). "Frekuensi yang merupakan sumber daya terbatas dan merupakan ranah publik seharusnya dimanfaatkan untuk kepentingan publik sebesar-besarnya, bukan kepentingan pemilik dan pemodal besar," katanya. (umi)

Anelka Ajak Drogba Gabung Shanghai

Posted: 16 Feb 2012 07:30 PM PST

Anelka Ajak Drogba Gabung Shanghai”Saya rasa Drogba akan bergabung dengan kami, mudah-mudahan saja.”Jum’at, 17 Februari 2012, 06:03 WIB Nicolas Anelka memamerkan kostum Shanghai Shenhua (REUTERS/Carlos Barria )VIVAbola – Striker baru Shanghai Shenhua, Nicolas Anelka mengajak mantan rekan setimnya di Chelsea, Didier Drogba untuk mengikuti jejak dirinya berlaga di Liga China. Anelka bergabung dengan Shanghai pada bursa transfer musim dingin lalu setelah jarang dimainkan oleh manajer Chelsea, Andre Villas-Boas.

"Saya masih rutin berkomunikasi dengan dia (Drogba). Saya rasa Drogba akan bergabung dengan kami, mudah-mudahan saja, namun bukan saya yang akan mengumumkannya," ujar Anelka pada France Football.

Pemain asal Prancis itu mengaku awalnya enggan bergabung dengan Shanghai. Namun ia akhirnya tertarik setelah dibujuk Presiden Shanghai, Zhu Jun. Anelka berharap hal yang sama akan terjadi dengan Drogba.

"Ini seperti Anda tertarik dengan seorang gadis. Pada awalnya sang gadis mungkin akan menolak, namun itu selalu berakhir baik. Anda jangan pernah menyerah," kata Anelka.

“Ini seperti ketika Anda membuat blockbuster. Ketika seorang superstar seperti Jackie Chan ikut serta, Jet Li akan ikut berpartisipasi dan kemudian aktor lain akan memiliki kepercayaan dengan film tersebut," lanjutnya.

Loading Klasemen…

Yulianis Sebut Rp5 Miliar, Angelina Berkelit

Posted: 16 Feb 2012 07:25 PM PST

Jum’at, 17 Februari 2012, 06:01 WIBEko Huda S, Ita Lismawati F. Malau Angelina Sondakh menjadi Saksi Nazaruddin (KoranBaru.com/Ikhwan Yanuar)

KoranBaru.com - Politisi Partai Demokrat, Angelina Sondakh, disebut-sebut menerima uang dari perusahaan milik terdakwa kasus suap wisma atlet Muhammad Nazaruddin. Kesaksian ini diungkap, salah satunya, oleh mantan anak buah Nazaruddin, Yulianis.
Dalam sidang di Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Rabu 25 Januari lalu, Yulianis yang juga mantan Wakil Direktur Keuangan PT Permai Group itu mengatakan Angelina Sondakh menerima Rp5 miliar. Tak hanya Angie, Yulianis juga menuding rekan sejawat Angie di Badan Anggaran DPR, I Wayan Koster.
Kesaksian Yulianis ini diperkuat kesaksian anak buah Nazaruddin yang lain, Mindo Rosalina Manulang. Dalam sidang kasus yang sama, Rosa menyebutkan komunikasinya dengan Angie soal aliran dana tersebut menggunakan BlackBerry Messanger (BBM).

“Ibu Angie minta uang karena sedang ada pembahasan anggaran Kemenpora. Ada (proyek pembangunan fasilitas olahraga di Hambalang) atau (pembangunan) Wisma Atlet. Dia bilang butuh uang untuk menggolkan anggaran,” kata Rosa.
Menurut mantan anak buah Nazar di PT Anak Negeri itu, Angelina telah menerima uang dari dirinya terkait proyek pembangunan wisma Atlet SEA Games di Palembang. “Waktu itu kantor (PT Anak Negeri) mengeluarkan Rp10 miliar. Sebanyak Rp5 miliar untuk Angie, Rp5 miliar sisanya saya tidak tahu. Sebab, kalau tidak diberi uang, susah turun anggaran,” ujar Rosa.
Rosa menyebut permintaan uang ini menggunakan bahasa khusus agar tidak vulgar seperti kata-kata ‘semangka, apel malang, dan pelumas’ yang merujuk pada rupiah. Sementara ‘apel washington’ untuk merujuk pada dolar AS.
Saat menjadi saksi untuk Nazaruddin pertama kali, Rabu 15 Februari lalu, Angie membantah semua kesaksian dua mantan anak buah Nazaruddin itu. Angie mengaku tidak akrab dengan Rosa dan tidak pernah membahas soal aliran uang tersebut.
Majelis Hakim Pengadilan Tipikor yang diketuai Darmawati Ningsih sempat membacakan pesan BBM yang diakui Rosa sebagai komunikasi dirinya dengan Angie. “Tentang pesan Blackberry, bedanya rasa apel Malang tiada duanya? Apakah mengenali BBM ini?” kata Ketua Majelis Hakim Dharmawati. Dengan spontan dan tenang, Angelina menjawab, “Tidak.”
Dalam sidang, Angie mengaku tidak pernah berkomunikasi menggunakan BlackBerry dengan Rosa. Angie mengaku menggunakan BlackBerry baru akhir 2010. “Saya tidak gunakan BB, Yang Mulia. Saya katakan sesuai BAP (Berita Acara Pemeriksaan) saya, percakapan yang ditujukan kepada saya itu bukan percakapan saya,” kata Angie saat bersaksi untuk terdakwa Nazaruddin.
Selain itu, Putri Indonesia 2001 itu juga membantah menerima Rp3 miliar dari Rosa. Uang Rp3 miliar itu diistilahkan sebagai ‘semangka.’ “Tidak pernah,” ujar Angie. (ren)

0 comments:

Post a Comment