Twitter

Wednesday, February 8, 2012

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Rp132 Miliar untuk Pemilihan Gubernur Kalbar

Posted: 08 Feb 2012 08:27 PM PST

Pilkada (Fajar Sodiq/KoranBaru)

KoranBaru – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat akan digelar pada 20 September 2012. Hajatan politik lokal itu akan menelan dana Rp132 miliar, demikian ungkap Komisi Pemilihan Umum Daerah Kalimantan Barat.

“Jumlah anggaran yang sudah disetujui Pemerintah Provinsi Kalbar untuk penyelenggaraan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur pada 2012 ini Rp132 milyar,” kata Ketua KPU Kalimantan Barat, AR Muzammil, kepada KoranBaru, Kamis 9 Februari 2012.

Dalam pelaksaan pilkada ini, KPUD pun berjanji akan menjaga independensi dan integritas jajarannya. AR Muzammil mengatakan pihaknya siap secara tegas memecat bagi penyelenggara pilkada yang terbukti melanggar aturan yang telah ditentukan.

Diakuinya, ketegasan sikap KPU itu sudah dibuktikan pada pilkada di Kalimantan Barat. “Waktu itu kami pernah juga memecat PPK di dua  Kabupaten di Kalbar, yakni  di  Ketapang dan Landak. Karena telah terbukti mereka itu berpihak pada salah satu calon kandidat,” ujarnya.

Menurut Muzamil, pihaknya saat ini telah menginstruksikan semua jajarannya agar tetap mengedepankan asas profesionalisme, integritas, dan independensi pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat. “Jika ada ketahuan berpihak pasti kami pecat langsung saja,” ujarnya. (ren)

Sibuk Berkarier, Vicky Shu Tak Punya Kekasih

Posted: 08 Feb 2012 08:22 PM PST

Vicky Shu (facebook.com/mademoiselle.vickyshu)

KoranBaru  – Sukses menjadi penyanyi dan berbisnis nampaknya membuat Vicky Shu masih belum mau memikirkan untuk mencari pasangan. Ia ternyata masih ingin fokus untuk meningkatkan kariernya.

“Pasangan gak ada. Aku masih fokus kerja, konsentrasi dulu saja, daripada nanti ribut-ribut. Dipuas-puasin dulu,” ujarnya saat ditemui di Jakarta, Rabu 8 Februari 2012.

Pelantun ‘Mari Bercinta’ ini mengaku bukan orang yang peka terhadap asmara. Sehingga, ia kadang tidak tahu apabila ada lelaki yang mendekati dirinya.

“Kalau kata temen-temenku itu aku orangnya gak peka. Yang dekatin gak ada sih, aku lebih mikirin kerja, bisnis sama keluarga,” katanya.

Gadis pencinta sepatu ini memiliki keinginan kalau pasangannya kelak tak seprofesi dengan dirinya. Ia pun berjanji tak akan menutupi kalau sudah memiliki kekasih.

“Enggak menutupi, yang penting gak nikah diem-diem. Kalau bisa, berprofesi lain dan bertanggung jawab,” ujar Vicky.

Ternyata, Vicky mempunyai pengalam yang tidak mengenakan dengan mantan kekasih. Sehingga, saat ini ia lebih memilih fokus pada kerjaan.

“Sempat punya mantan yang agak membatasi, akhirnya gak bisa dilanjutin. Malah jadi mengangu,” katanya.

Dian Sastro: “AADC” Mengubah Hidup Saya

Posted: 08 Feb 2012 08:17 PM PST

Pemeran Film AADC, Dian Sastro (KoranBaru/Anhar Rizki Affandi)

KoranBaru – Dian Sastrowardoyo mengenang saat-saat dirinya membintangi film “Ada Apa Dengan Cinta?” (AADC) sepuluh tahun yang lalu. Dalam film itu, Dian berperan sebagai tokoh utama, seorang gadis SMA bernama Cinta.

“Sejak ada film ini hidup saya pun berubah, AADC benar-benar mengubah hidup saya,” ujar Dian Sastrowardoyo di gedung Pusat Perfilman Haji Umar Ismail (PPHUI) Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 8 Februari 2012 malam.

Sejak itu, namanya seolah tak pernah absen di layar lebar maupun sebagai bintang iklan. Beberapa film yang pernah dia bintangi di antaranya “Banyu Biru”, “Ungu Violet”, “Belahan Jiwa”, dan “3 Doa 3 Cinta”.

Perannya sebagai Cinta memang langsung melambungkan namanya di tahun 2002. Perempuan yang kini telah dikaruniai seorang anak itu merasa senang ketika akhirnya dia bisa berkumpul lagi dengan seluruh pemain AADC dalam acara reuni 10 tahun AADC.

“Senang ya ketemu dengan orang-orang yang sama, semua masih lengkap. Ada yang sudah nggak ketemu bertahun-tahun tapi akhirnya bisa kumpul lagi,” kata istri Indraguna Sutowo itu.

Menurut Dian, proses latihan untuk film tersebut selalu ada dalam ingatannya. Film ini disutradarai oleh Rudi Soedjarwo dan diproduksi oleh Mira Lesmana dan Riri Riza. Dalam AADC, tokoh Cinta juga memiliki empat sahabat setia yang diperankan oleh Titi Kamal, Sissy Priscillia, Adinia Wirasti dan Ladya Cheryl. Dia dipasangkan dengan Nicholas Saputra yang berperan sebagai Rangga. Dua nama ini, Cinta dan Rangga, kemudian menjadi ikon bagi kebangkitan film drama romantis Indonesia.

“Keakrabannya masih sama. Makanya sekali ketemu langsung nyambung, seperti muda kembali,” ujarnya sambil tertawa.

Sri Sultan Didukung Kelompok Pro Pemilihan

Posted: 08 Feb 2012 08:14 PM PST

Sri Sultan Hamengku Buwono X dan para pengawal Kraton Yogyakarta (ANTARA/ Wahyu Putro)

KoranBaru – Meski tak mendukung penetapan jabatan gubernur dan wakil gubernur DIY, kelompok masyarakat yang mengatasnamakan Paguyuban Rakyat Jogja Pro Demokrasi atau Pagar Betis Kulonprogo mendukung Sultan menjadi calon Presiden di 2014 mendatang.

Masa pro pemilihan ini menganggap Sri Sultan Hamengku Buwono X yang juga menjabat sebagai Gubernur DIY, kualitas dan kapabilitasnya dinilai layak sebagai calon presiden (Capres) pada 2014 mendatang. Menanggapi hal ini, Sri Sultan tak banyak berkomentar.

“Saya tidak mau komentar, masih terlalu pagi. Subuh we durung, wis ono pitakon soal kuwi (Subuh aja belum, sudah ada pertanyaan soal itu),” kata Sri Sultan Hamengku Buwono X menjawab pertanyaan wartawan di Kepatihan, Pemprov DIY, Rabu, 8 Februari 2012.

Soal pencalonan Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini, muncul dalam bursa calon presiden 2014 berdasarkan hasil survey yang dilakukan beberapa lembaga. Salah satunya, Lembaga Survey Indonesia (LSI).

Sejumlah elemen maupun organisasi bahkan ada yang sudah secara terang-terangan menyatakan dukungannya terhadap pencalonan Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai Presiden. Dukungan ini bahkan disampaikan oleh kelompok yang pro pemilihan Gubernur DIY.

Widihasto Wasana Putra, Ketua Sekber Keistimewaan mengatakan, munculnya dukungan pencalonan Sri Sultan Hamengku Buwono X hanya sebatas manuver politik. Pihaknya meminta masyarakat tidak perlu menanggapi soal itu secara serius, sebab secara logika politik tidak masuk akal.

”Masyarakat tidak usah bereaksi terlalu serius,” ujarnya singkat

Tersangka Berikutnya Dijerat Pasal Cuci Uang?

Posted: 08 Feb 2012 08:10 PM PST

Angelina Sondakh saat diperiksa KPK (KoranBaru/Anhar Rizki Affandi)

KoranBaru - Komisi Pemberantasan Korupsi mulai menjajaki penggunaan pasal Tindak Pidana Pencucian Uang dalam perkara korupsi. Apakah langkah KPK ini terkait kekecewaan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan  karena KPK tidak memberlakukan UU No 8 Tahun 20120 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang pada kasus suap Wisma Atlet?

“KPK saat ini sedang mengembangkan kasus Wisma Atlet dengan memperlebar ke arah ada dugaaan kejahatan dalam money laundering (pencucian uang),” kata juru bicara KPK, Johan Budi SP di kantor KPK, Jakarta Selatan, Rabu 8 Februari 2012.

Johan menepis anggapan bahwa KPK selama ini tidak menggunakan pasal pencucian uang dalam mengusut kasus korupsi. Setiap kali tindakan KPK mengacu pada bukti-bukti yang telah diperoleh.

“Karena KPK bisa menggunakan pasal pencucian uang jika asalnya dari korupsi,” kata dia. Saat ini, untuk kasus Wisma Atlet dengan terdakwa mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, M Nazaruddin, Johan memastikan bahwa akan menggunakan pasal pencucian uang.

Saat ini, tersangka terakhir yang telah ditetapkan dalam kasus ini adalah politisi Partai Demokrat, Angelina Sondakh, yang juga anggota Badan Anggaran DPR.

Lalu apakah pasal pencucian uang ini akan digunakan untuk tersangka berikutnya?  “Kepada siapa? Kami belum tahu, kemungkinan bisa ada tersangka dalam kaitan pencucian uang,” kata Johan.

Sebelumnya, Ketua PPATK, Muhammad Yusuf, mengatakan instansinya menemukan delapan transaksi mencurigakan pada kasus wisma atlet. Dengan undang-undang pencucian uang, maka semua oknum yang terlibat dapat dijerat secara tuntas. “Feeling saya bakal bertambah,” kata Yusuf, di Kantor PPATK, Jakarta, Rabu 8 Februari 2012. (umi)

Hina Gubernur, Bupati Lampung Dilaporkan

Posted: 08 Feb 2012 08:02 PM PST

Mendagri Mardiyanto dan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP (Antara/ M Tohamaksun)

KoranBaru – Bupati Pesawaran, Lampung, Aries Sandi Darma Putra dilaporkan ke Polda Lampung. Ia dianggap menghina Gubernur Lampung, Sjachroedin Z.P. Adalah Muallim Taher (46) simpatisan PDI-P Lampung, yang melaporkan Aries.

Sjahroedin Z.P sendiri, merupakan Ketua DPD PDI-P Lampung. Atas laporan tersebut, Polda Lampung akan memanggil dan memeriksa pihak-pihak terkait. Baik saksi maupun Aries Sandi.

“Laporan baru kami terima Selasa (7 Februari 2012), kemarin. Setidaknya dalam waktu dekat kami panggil saksi-saksi dulu, setelah itu terlapor (Bupati Pesawaran) juga akan kami mintai keterangan,” kata Direktur Kriminal Umum Polda Lampung, Kombes Yohanes Widada kepada Vivanews.com, Rabu 8 Februari 2012.

Mualim mengatakan, penghinaan dilakukan saat Aries Sandi memberi sambutan dalam acara bedah rumah di daerah Pesawaran beberapa waktu lalu. Para simpatisan PDI-P pun bereaksi keras, dengan melakukan aksi demontrasi di Kantor Bupati Pesawaran.

Mereka datang dari dua tempat yaitu Bandar Lampung dan Kabupaten Pringsewu. Simpatisan PDI-P ini menuntut Bupati Pesawaran, Aries Sandi untuk meminta maaf kepada Gubernur Lampung atas penghinaan yang telah dilakukannya.

KPK Turun Tangan Selidiki Ruang Mewah Banggar

Posted: 08 Feb 2012 07:57 PM PST

Ruang Rapat Baru Banggar DPR (ANTARA/Yudhi Mahatma)

KoranBaru - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya turun tangan dalam kasus renovasi ruang rapat Badan Anggaran (Banggar) DPR. Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR, Siswono Yudhohusodo menyatakan telah ada tiga penyidik KPK yang turun secara langsung untuk melakukan penyelidikan.

KPK melihat dalam kasus renovasi ruang Banggar DPR terdapat indikasi pengelembungan dana (mark-up) renovasi. “KPK kirim surat secara resmi dan telah mengirim tiga orang di DPR untuk menindak lanjuti kasus Banggar,” kata Siswono, di Jakarta, Rabu 8 Februari 2012.

Selain indikasi penggelembungan dana, BK DPR juga menilai renovasi ruang Banggar DPR ini juga terindikasi mengandung penyimpangan prosedur, proses dan etika dalam renovasi Banggar.

Menurut Siswono penyimpangan prosedur dan pengadaan properti ruang Banggar akan ditindaklanjuti oleh Badan Kehormatan (BK) DPR dan Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan (BPKP). Sementara dugaan mark up ditindaklanjuti oleh KPK.

“Untuk permasalahan kode etik, indikasi yang terlihat adalah adanya pembiaran dari anggota dewan akan pengadaan barang mewah. Dalam hal ini ya BURT,” kata dia.

Seperti diketahui, Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) diketuai oleh Marzuki Ali, yang juga menjabat sebagai Ketua DPR. Saat disinggung, apakah berarti Marzuki Ali melakukan pelanggaran kode etik? Siswono menjawab, “Ya sudah begitu, yang jelas indikasi pelanggaran etika ada.”

Ketika dimintai konfirmasi, Marzuki Ali membantah adanya pelanggaran kode etik yang dilakukannya. Marzuki menegaskan dirinya tidak melakukan pembiaran terhadap membengkaknya dana renovasi itu. Bahkan, lanjutnya, BURT telah bekerja sama dengan BPKP untuk menjadi dasar pijakan BURT.

“BURT itu isinya orang-orang politik, tidak ada yang tahu urusan toilet, pembangunan gedung dan sebagainya itu. Semua itu urusan pengguna anggaran, Sekjen,” kata dia.

Menurutnya kelalaian yang terjadi dalam proyek renovasi ini dilakukan oleh Sekretariat Jenderal DPR. “Yang kita urusi adalah realokasi anggaran, dan yang tahu barang-barang itu mewah atau tidak adalah Sekjen,” kata Marzuki.

Dengan mencuatnya kasus ini, Marzuki justru berpendapat bahwa BURT ditiadakan saja, karena BURT terdiri dari orang-orang politik yang tak mengetahui mengenai anggaran negara. “BURT seharusnya dibebankan kepada pemerintah, sebagai pengguna anggaran. Sudah bubarkan saja BURT,” kata Marzuki.

HB X: Warga Tak Berhak Usir George Aditjondro

Posted: 08 Feb 2012 07:54 PM PST

Sri Sultan Hamengku Buwono X (kerajaannusantara.com)

KoranBaru – Pernyataan penulis buku, George Junus Aditjondro dalam sebuah diskusi November 2011 lalu membuat murka sebagian masyarakat Yogyakarta. Akibatnya, sejak 2 Desember 2011, elemen Forum Masyarakat Jogjakarta (FMJ) menyegel rumahnya di  Deresan Catur Tunggal, Depok, Sleman.

Dosen Fakultas Ilmu Religi dan Budaya Universitas Sanata Darma itu dinilai telah melecehkan keraton Yogyakarta.

Menanggapi penyegelan rumah George, Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X menyatakan, apa yang terjadi pada penulis ‘Gurita Cikeas” itu tak ada hubungan dengan dirinya. “Kenapa nggak berani kembali? Ya monggo saja tinggal. Itu kan tempat dia bernaung. Tidak ada hubungannnya dengan aku, wong itu rumahnya dia,” kata Sultan, Rabu 8 Oktober 2012.

Menurut Sultan, ekspresi kemarahan masyarakan tersebut mungkin hanya sekedar pernyataan saja. Ia sendiri mengaku tidak tahu menahu jika Goerge diusir dari rumahnya “Masyarakat tidak memiliki hak untuk mengusir. Mungkin itu hanya pernyataan dari masyarakat.”

Terkait dengan permintaan maaf dari George, Sultan mengatakan, itu masalah pribadinya. “Masalah maaf memaafkan tersebut adalah urusan saya dengan George secara pribadi.  Tergantung aku," tandasnya.

Ketika dikonfirmasi melalui telepon genggamnya, George mengaku sangat lega mendengar pernyataan Sultan. Ia sendiri berencana untuk mengagendakan pertemuan dengan Sultan HB X untuk menyampaikan permohonan maafnya yang kesekian kali.

"Saat ini saya sedang di Jakarta untuk menjalani terapi kesehatan. Akhir Februari saya baru bisa kembali ke Yogyakarta,” ujarnya singkat (umi)

Tersangka Penganiaya ABG di Bali Bertambah

Posted: 08 Feb 2012 07:49 PM PST

KoranBaru – Setelah melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap beberapa saksi, polisi kembali menetapkan satu orang tersangka lagi penganiaya ABG di Bali. Kasus ini berkembang setelah beredar video berjudul ‘kekerasan ABG Bali’ di internet.

Sebelumnya, polisi memeriksa enam orang saksi termasuk KA (16) korban penganiayaan geng Cewek Macho Performance (CMP). Empat orang telah ditetapkan sebagai tersangka. Hari ini, tersangka bertambah satu orang. 

“Total sudah ada lima orang sebagai tersangka. Mereka diduga terlibat dalam tindak penganiayaan terhadap korban,” kata Kasubag Humas Polresta Denpasar AKP Ida Bagus Sarjana, Rabu 8 Februari 2012.

Empat orang yang sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka adalah PM (17), KA (17), RA (15) dan MP (16). Sedangkan, satu tersangka baru adalah KD (16) yang juga terlibat dalam pengeroyokan. Mereka menganiaya bersama-sama mulai dari memukul, menjambak rambut, menendang hingga menggunting rambut korban.

“Kelimanya sudah ditahan dan dijerat pasal 80 UU No 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak yunto pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan,” kata AKP Ida Bagus Sarjana.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya masih mendalami kasus, termasuk menelusuri keterlibatan dua orang lainnya. Polisi juga terus mengejar pelaku yang telah mengunduh video kekerasan.

Lokasi

Lokasi tempat terjadinya penganiayaan korban diketahui di sekitar Gelogor Carik, Denpasar. Terdapat  rumah kos berlantai dua di lokasi tersebut.

Saat penganiayaan berlangsung,  tak ada penghuni kos yang keluar. Baru, setelah aksi berlangsung lama, seorang ibu warga sekitar datang menolong korban KA dan semua anggota geng CMP kabur. (sj)

Danny: Muhaimin Kekurangan Uang THR

Posted: 08 Feb 2012 07:44 PM PST

Barang Bukti Sitaan KPK dari Kemenakertrans (KoranBaru/ Nila Chrisna Yulika)

KoranBaru - Sidang perkara suap Dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (PPID) untuk kawasan transmigrasi dengan terdakwa I Nyoman Suisnaya kembali digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta dengan agenda pemeriksaan saksi. Rabu, 8 Februari 2012.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) kembali memutar rekaman percakapan antara Syamsul Alam dengan pengusaha Danny Nawawi yang berhasil disadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam rekaman berdurasi sekitar 1,5 menit tertanggal 25 Agustus 2011 itu, melalui Danny, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar, menyatakan kekurangan Rp 2 miliar untuk memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) ke seluruh Indonesia.

“Beliau (Muhaimin) buka-bukaan minta tolong . Dia (Muhaimin) sih gak nagih duit tapi (bilang) tolong bantu saya,” kata Danny yang mengaku baru saja bertemu Menakertrans Muhaimin Iskandar sekitar pukul 9 pagi tanggal 25 Agustus 2011. Percakapan itu terjadi beberapa jam sebelum penangkapan dua pejabat Kemenakertrans dan satu orang swasta.

Dalam rekaman itu Danny menanyakan kesanggupan Syamsul membantunya menutupi kekurangan Rp2 miliar untuk THR itu. “Gimana Pak? bisa dicairkan ?” tanya Danny kepada Syamsul. “Ya, ya, ya, Pak. Uangnya belum cair,” jawab Syamsul.

Saat diklarifikasi, Ketua Majelis Hakim, Sudjatmiko menanyakan kepada Syamsul apakah kekuangan uang itu sudah dicairkan. Syamsul pun membantah telah mencairkan. “Ya belum ada uangnya,” ujar Syamsul.

Dalam kasus ini, Danny Nawawi yang merupakan pengusaha, diketahui membantu Dharnawati untuk mengkonfirmasi perihal pemberian uang bantuan lebaran kepada Menteri Muhaimin sebagaimana yang diminta oleh dua pejabat Kemenakertrans, Nyoman dan Dadong.

Namun sebelum diberikan, KPK lebih dulu menangkap Dharnawati, Nyoman dan Dadong. Ketiganya ditangkap ditempat berbeda karena diduga melakukan suap menyuap uang sebesar Rp 1,5 miliar untuk proyek PPID di empat Kabupaten di Papua. (sj)

MK: Tahap Lidik, Orang Tak Boleh Dicekal

Posted: 08 Feb 2012 07:40 PM PST

Mahkamah Konstitusi (KoranBaru/Tri Saputro)

KoranBaru – Mahkamah Konstitusi mengabulkan pengujian Pasal 16 ayat (1) huruf b UU Nomor  6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Pasal ini mengatur tentang wewenang penyelidik/penyidik untuk meminta pejabat imigrasi melakukan cekal guna kepentingan penyelidikan/penyidikan. 
Pengujian ini diajukan oleh tujuh orang advokat yaitu Rico Pandeirot, Afrian Bondjol, Rachmawati, Yulius Irawansyah, Slamet Yuwono, Dewi Ekuwi Vina dan Gusti Made Kartika.

“Mengabulkan permohonan para pemohon,” ujar Ketua MK, Mahfud MD saat membacakan putusan di Gedung MK, Jakarta, Rabu 8 Februari 2012.

Mahkamah berpendapat, penyelidikan itu masih dalam tahapan yang dilakukan oleh penyelidik dalam rangka menentukan ada atau tidak adanya suatu tindak pidana dalam kasus tertentu dan untuk mencari bukti-bukti awal untuk menentukan siapa pelakunya.

Oleh karena itu, penolakan terhadap seseorang untuk ke luar wilayah Indonesia ketika statusnya belum pasti menjadi tersangka dalam suatu tindak pidana karena masih dalam tahap penyelidikan, akan mudah dijadikan alasan untuk menghalangi gerak seseorang untuk ke luar negeri.

“Lagi pula dalam tahap penyelidikan, seseorang belum mengetahui apakah dirinya sedang dalam proses penyelidikan atau tidak dan proses penyelidikan itu tidak ada jangka waktu yang pasti sehingga tidak diketahui kapan harus berakhir,” ujar Hakim Konstitusi, Muhammad Alim.

Menurut Mahkamah, mencegah seseorang untuk ke luar negeri dalam tahap tersebut (penyelidikan) dapat disalahgunakan untuk kepentingan di luar kepentingan penegakan  hukum, sehingga melanggar hak seseorang yang dijamin oleh konstitusi yaitu hak yang ditentukan dalam Pasal 28E UUD 1945.

“Kata "penyelidikan dan" yang tertera dalam Pasal 16 ayat (1) huruf b Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian bertentangan dengan UUD 1945, dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat,” kata Mahfud.

Sebelumnya, pemohon menilai pasal itu berpotensi merugikan hak konstitusional para pemohon jika di kemudian hari para pemohon dicekal sebelum ada kejelasan tindak pidananya. Melarang seseorang untuk bepergian ke luar negeri dalam proses penyelidikan dianggap sebagai bentuk upaya paksa yang melanggar HAM. (umi)

Muhaimin Bantah Minta Dana Kekurangan THR

Posted: 08 Feb 2012 07:35 PM PST

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar (KoranBaru/Anhar Rizki Affandi)

KoranBaru – Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar menegaskan dirinya tak pernah mengenal Danny Nawawi yang menyebutkan namanya dalam kasus dugaan suap Dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (PPID) untuk kawasan transmigrasi dengan terdakwa I Nyoman Suisnaya.

Sebelumnya, dalam rekaman pembicaraan Danny Nawawi dan Syamsu Alam yang diperdengarkan di sidang tindak pidana korupsi (Tipikor), Muhaimin dikabarkan membutuhkan dana sebesar Rp2 miliar untuk menutup kekurangan tunjangan hari raya (THR).

“Maaf, sampai hari ini Pak Muhaimin tidak pernah mengenal apalagi bertemu dengan Saudara Danny Nawawi. Jangankan menteri, presiden dan staf khusus presiden saja pernah namanya dicatut untuk penipuan. Ini jahat sekali, sudah mencatut menteri masih juga mengatasnamakan THR,” ujar Faisol Riza, staf khusus Menakertrans Muhaimin Iskandar, saat diminta konfirmasinya, Rabu, 8 Februari 2012.

Kasus suap DPID Transmigrasi mencuat setelah ditangkapnya I Nyoman Suisnaya, sesditjen P2KT, dan Dadong Ibarelawan, staf I Nyoman, dengan bukti Rp 1,5 miliar di kantornya. Ikut ditangkap bersama mereka seorang pengusaha Dharnawati yang belakangan divonis 2,5 tahun penjara.

“Pak Muhaimin tidak pernah mengusulkan DPID transmigrasi, semua terjadi tanpa sepengetahuan beliau. Dan itu bukan Kemenakertrans karena bukan DIPA kita. Silakan cek di Kemenkeu,” tegas Faisol Riza, mantan aktivis korban penculikan 1998.

Faisol menambahkan bahwa penegasan ini untuk menyatakan bahwa telah terjadi penipuan yang mengatasnamakan menteri.

Berikut ini sebagian transkripsi lengkap pembicaraan antara Danny Nawawi dengan Syamsu Alam, dalam sidang terdakwa, I Nyoman Suisnaya  sekretaris Direktorat Jenderal P2KT, Kemenakertrans di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta.

Danny Nawawi:
“Saya baru keluar dari tempat Pak Menteri, Pak. Janjinya jam 9 pagi tetapi beliau baru sampai karena melepas mudik bareng di Kemayoran. Beliau buka-bukaan untuk memberikan THR ke seluruh Indonesia masih kurang hampir Rp2 miliar. Didaftarnya (penerima THR) ada kakek nenek saya juga. Beliau tadi buka-bukaan minta tolong. Dia ngomong saya nggak nagih duit tapi tolong bantu saya bantu saya. Ada juga temen yang  masih janji. Saya baru dapet Rp6 miliar hampir Rp7 miliar kurangannya masih hampir Rp2 miliar. Jadi kalau memang bisa kalau bisa tolong bantu saya 7,5 (Rp750 juta)saja.

Syamsu Alam:
Masalahnya ini kami belum cair Pak.

Gadis Belia Pontianak Nyaris Dijual Rp800.000

Posted: 08 Feb 2012 07:27 PM PST

Ilustrasi prostitusi anak. (inmagine)

KoranBaru – Gadis belia asal Kota Pontianak, Kalimantan Barat,  berinisial OQ, hampir saja dijual ke para hidung belang dengan harga Rp800.000

Gadis berusia 17 tahun itu rencananya akan dijual oleh WK, yang baru berusia 18 tahun, ke salah satu hotel di Kota Khatulistiwa tersebut.  Namun, rencana penjualan manusia itu berhasil digagalkan oleh petugas setempat.

“Pelaku menjanjikan kepada korban itu kerja di salah satu hotel di Kota Pontianak. Akan tetapi korban ini malah dipaksa melayani tamu di hotel itu,” kata Kepala Bidang Humas Polda Kalbar, Ajun Komisaris Besar Mukson Munandar kepada KoranBaru.com, di Pontianak, Rabu 8 Februari 2012.

Menurut Mukson, kuat dugaan pelaku merupakan anggota sindikat perdagangan manusia di daerah ini  yang telah memiliki jaringan di Kota Pontianak.

“Pelaku (WK) sudah ditangkap anggota Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kalbar pada Senin malam  6 Februari  2012 kemarin. Dia juga mengaku sering melakukan transaksi di Pontianak.”

Mukson menambahkan, korban hanya akan diberikan uang sebesar Rp400.000. Setengah dari uang itu diambil oleh pelaku. "Namun usahanya ini diketahui oleh petugas kami di lapangan yang menyamar," katanya.

Laporan Nazaruddin Soal Saksi Ditolak Hakim

Posted: 08 Feb 2012 07:24 PM PST

M Nazaruddin di persidangan (KoranBaru/Fernando Randy)

KoranBaru - Majelis hakim menolak laporan terdakwa kasus wisma atlet yang juga mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, M Nazaruddin. Nazaruddin melaporkan saksi-saksi yang dituduhnya telah memberikan kesaksian palsu selama persidangan kasus ini.

“Setelah dibaca dan mengetahui isi surat Majelis Hakim melalui Ketua Sidang tidak bisa menerima surat terdakwa,” ujar Hakim Dharmawati Ningsih di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Selatan, Rabu 8 Februari 2012.

Nazaruddin melaporkan saksi-saksi yang dituduhnya telah memberikan keterangan palsu dalam sidang perkara suap Wisma Atlet. “Surat yang saya kasihkan tadi ke majelis hakim adalah surat tentang melaporkan saksi palsu yaitu Yulianis, Rina Oktarina Furi, Lutfi, sama Budi Wintarsa,” kata Nazaruddin.

Khusus menjawab surat Nazaruddin, Dharmawati Ningsih menyatakan surat Nazaruddin tidak dapat diterima. Keterangan saksi-saksi yang sudah dihadirkan sudah masuk dalam pokok perkara.

Dharmawati menegaskan, untuk menyatakan benar atau palsu keterangan saksi keputusannya akan dipertimbangkan dalam putusan. “Karena itu merupakan keterangan. Oleh karena itu permintaan terdakwa tidak dapat diterima,” kata Dharmawati.

Nazaruddin sendiri sudah melaporkan Yulianis, yang juga mantan bawahannya itu ke polisi. Laporan juga atas tuduhan pemberian kesaksian palsu di bawah sumpah.

Pelaporan ini didasarkan atas kesaksian Yulianis dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada 25 Januari 2012. Saat itu Yulianis mengaku dipaksa Nazar untuk melaporkan Daniel Sinambela, suami dari penyanyi Joy Tobing, ke polisi. (umi)

SBY: Tak Ada Lagi Istilah Nonpribumi

Posted: 08 Feb 2012 07:20 PM PST

Warga China merayakan hari raya Imlek 2563 (KoranBaru/ Muhamad Solihin)

KoranBaru - Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan Indonesia saat ini tidak lagi mengenal perbedaan pribumi dan non-pribumi ataupun warga asli dan warga keturunan. Semuanya duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi serta memiliki hak sebagai warga bangsa yang sama.

Hal tersebut ditegaskan SBY dalam perayaan Cap Go Meh kelima di Kemayoran, Jakarta. Menurut SBY Undang-Undang Dasar telah menegaskan, bahwa semua warga negara berkesamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan. Karena itu, semua warga negara termasuk masyarakat Tionghoa, mempunyai hak dan kewajiban yang sama sebagai Warga Negara Republik Indonesia.

“Kita tidak lagi mengenal pribumi dan non-pribumi atau warga asli dan warga keturunan,” kata Yudhoyono, Rabu malam, 8 Februari 2012.

Dalam kesempatan ini, Presiden SBY juga memberikan penghargaan kepada 10 masyarakat Tionghoa yang berperan aktif dalam corporate social responsibility dari berbagai pihak. SBY memberikan penghargaan berupa Apresiasi CSR Sejahtera 2012.

“Saya mengajak masyarakat Tionghoa, terutama yang bergerak di dunia usaha, untuk mewujudkan kepedulian kepada sesama warga bangsa, dengan meningkatkan tanggung jawab sosial perusahaan secara luas dan berkelanjutan,” kata Yudhoyono. “Negeri ini memerlukan kesetiakawanan dan persaudaraan yang tinggi.  Yang kaya membantu yang miskin, yang kuat membantu yang lemah.”

Dalam kesempatan yang sama SBY juga mengajak para pengusaha Tionghoa untuk mensinergikan dunia usaha dengan agenda besar pemerintah, untuk mempercepat dan memperluas pembangun-an ekonomi yang menyejahterakan masyarakat kita.

Berikut penerima penghargaan Apresiasi CSR Sejahtera 2012 yang terbagi dalam lima kategori:

1. Kategori Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat kepada Presdir PT. Bogasari Flour Mills Franciscus Welirang dan Presdir PT. Adaro Indonesia Garybaldy Tahir

2. Kategori Bidang Kesehatan kepada Presdir PT. Sido Muncul Irwan Hidayat dan Komisaris Utama PT. Kalbe Farma Dr. Boen

3. Kategori Bidang Lingkungan kepada Presdir PT. Djarum Budi Hartono dan Presdir Agung Podomoro Group Trihatma

4. Kategori Bidang Budaya kepada Presiden Komisaris PT. Aqua Golden Missisippi Lisa Tirto Utomo dan Presdir PT. Nyonya Meneer Charles Saerang

5. Kategori Bidang Pendidikan kepada Pemilik Ciputra Group, Ciputra dan Pendiri Putra Sampoerna Foundation Putra Sampoerna

Tanah Bengawan Solo Longsor, Pipa PDAM Pecah

Posted: 08 Feb 2012 07:16 PM PST

Bibir sungai Bengawan Solo longsor (KoranBaru/Eko Pambudi)

KoranBaru - Akibat longsornya tebing di bantaran Sungai Bengawan Solo, tepatnya di Desa Kedungbondo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, sebuah pipa penyaluran air bersih milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bojonegoro pun terputus.

Pipa utama yang tertanam di bawah jempatan tersebut pecah lantaran tak kuat menahan beban tanah longsor tersebut. Kini, distribusi air bersih di Kecamatan Balen, Kanor, dan Sumberejo, dan Kanor pun terganggu.
Achmad Darmawan, Direktur PDAM Bojonegoro, Rabu, 8 Februari 2012  menyatakan longsornya tebing tepian sungai tersebut cukup parah. Karena pipa yang tertanam di sekitar pecah dan bergeser lantaran tertekan timbunan tanah dan batu. "Saya sudah mengecek kondisi pipa utama yang pecah itu," ujar.
PDAM Bojonegoro memperkirakan perbaikan saluran pipa yang rusak tersebut bakal membutuhkan waktu sekitar tiga hari. Selama periode itu, pasokan air minum masyarakat diperoleh dari sumber mata air di Desa Tejo, yang lokasi cukup dekat dengan lokasi.

Tepian sungai Bengawan Solo ambrol akibat terjangan banjir yang sempat melanda beberapa waktu lalu. Tepian yang lonsor sendiri berada di sejumlah titik Desa Baru, Kecamatan Padangan, titik Desa Ngulanan, Kecamatan Dander, titik Desa Cengungklung, Kecamatan Kalitidu. Titik longsor Desa Kedungrejo, Kecamatan Balen dan titik Kecamatan Baureno.

Diantara wilayah yang terkena longsor, tepian Sungai Bengawan Solo di Desa Baru, Kecamatan Padangan, dan Kelurahan Banjarejo, Kecamatan Kota Bojonegoro merupakan yang terparah. Jarak tepian sungai lonsor dengan rumah warga di Keluahan Banjarejo kini tinggal menyisakan 2-3 meter.

Remunerasi Hakim Jadi Perhatian Ketua MA Baru

Posted: 08 Feb 2012 07:13 PM PST

Pemilihan Ketua Mahkamah Agung 2012 (KoranBaru/Ikhwan Yanuar)

KoranBaru – Ketua Mahkamah Agung  terpilih Hatta Ali bertekad tetap melaksanakan program-program yang sudah dicanangkan oleh Ketua Mahkamah Agung, Harifin Andi Tumpa. Salah satu adalah peningkatan kesejahteraan hakim dalam bentuk pemberian remunerasi.

“Tunjangan remunerasi hakim sejak 2007 sampai sekarang, masih 70 persen tunjangan remunerasinya,” kata Hatta Ali, di Gedung MA, Jakarta, Rabu, 8 Februari 2012.

Hatta mengatakan, pendapatan para hakim selama ini masih jauh dibandingkan  pegawai negeri sipil  di sejumlah kementerian yang sudah naik 7-8 kali. Para hakim, lanjutnya, sampai kini belum memenuhi target 100 pesen pada tunjangan remunerasinya.

“Mudah-mudahan ini bisa membuka mata pemerintah, eksekutif, dan pemegang keuangan di pemerintahan supaya betul-betul para hakim ini mendapat perhatian,” tuturnya.

Selain masalah remunerasi, Ketua MA baru ini juga mengungkapkan 5 program kerja yang akan diusungnya dalam 100 hari ke depan. Pertama, mempertahankan sistem kamar di Mahkamah Agung. Sistem kamar adalah tuntutan dari pencari keadilan, tuntutan dari masyarakat, tuntutan dari publik luas.

“Sehingga kalau saya tidak melaksanakan, berarti saya melawan arus dari permintaan publik,” ujar Hatta.

Program berikutnya adalah menyelesaikan perkara mulai pengadilan tingkat pertama sampai tingkat MA yang dirasakan masih lama.  Pada tingkat pertama dan tingkat banding, Hatta menginginkan penyelesaian perkara sudah harus selesai dalam 6 bulan.

“Pada tingkat kasasi, paling lama 2 bulan sudah harus selesai,” ungkapnya.

Ketiga, masalah informasi. Hal ini berkaca dari masih adanya anggapan bahwa lembaga peradilan masih dianggap sebagai lembaga tertutup, kurang keterbukaan.

Keempat, masalah kualitas para hakim yang perlu ditingkatkan terus melalui pelatihan untuk meningkatkan keahliannya. “Kalau para hakim sudah punya keahlian tinggi, maka penyelesaian perkara akan lebih cepat, juga ketetapan dari segi penerapan hukum tentunya akan lebih baik,” tuturnya.

Program terakhir adalah masalah pengawasan yang harus tetap ditingkatkan. “Sebab tanpa pengawasan, maka kita khawatirkan para hakim itu bisa liar,” ungkapnya. (sj)

Penganiayaan ABG Bali, Gubernur Menyesal

Posted: 08 Feb 2012 07:09 PM PST

Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika (Wima Saraswati/KoranBaru)

KoranBaru – Kasus penganiayaan yang dilakukan sejumlah gadis muda (anak baru gede-ABG) mengundang perhatian Gubernur Bali Made Mangku Pastika. Mantan Kapolda Bali ini menyesalkan sekaligus heran dengan munculnya kasus kekerasan tersebut.

“Saya tidak menyangka kalau di Bali sudah terjadi hal seperti itu. Ada geng gadis ABG. Ini benar-benar disesalkan,” ujar Pastika saat ditemui di Kantor DPRD Bali, Rabu 8 Februari 2012.

Pastika mengaku sudah berkoordinasi dengan Kapolda Bali dan jajarannya. Hasil penyelidikan polisi menyebutkan para ABG tersebut semuanya masih di bawah umur dan putus sekolah.

“Apa yang kurang lagi di Bali dalam hal pendidikan? Ada sekolah gratis bagi keluarga miskin, ada beasiswa bagi seluruh siswa, ada BOS, 20 persen APBD sudah dialokasikan bagi pendidikan. Kenapa masih saja yang putus sekolah dan jadi geng,” tanyanya.

Dalam waktu dekat ini Pastika memastikan akan berkonsolidasi dengan para Kepala Dinas Pandidikan mulai tingkat provinsi hingga kabupaten. “Saya yakin pasti ada yang salah dengan pendidikan di Bali atau mekanismenya yang salah. Tidak boleh ada anak yang putus sekolah di Bali,” ujarnya.

Selain berkoordinasi dengan para kadis pendidikan, Pastika berencana akan mengaktifkan kembali Persatuan Orangtua Murid dan Guru (POMG) yang sudah lama ditinggalkan dan diganti nama menjadi Komite Sekolah.

“Anehnya, anggota komite sekolah adalah mereka yang tidak mempunyai anak di sekolah yang bersangkutan. Peran orang tua sangat penting karena sebagian besar waktu anak ada di rumah,” ujarnya.

SBY Tak Ragukan Komitmen Etnis Tionghoa

Posted: 08 Feb 2012 07:05 PM PST

Presiden Yudhoyono dalam perayaan Imlek beberapa waktu lalu (Antara/ Widodo S Jusuf)

KoranBaru – Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri perayaan Cap Go Meh di PRJ, Kemayoran Jakarta. Dalam sambutannya, Yudhoyono menilai komitmen etnis Tionghoa di seluruh tanah air tidak diragukan lagi.

Yudhoyono menilai etnis Tionghoa bersama-sama segenap anak bangsa, telah terus meningkatkan dukungan, peran, dan inisiatifnya dalam mempercepat pencapaian kehidupan rakyat Indonesia yang sejahtera, berdaya saing, dan berakhlak mulia.

“Saya yakin, dengan komitmen yang kuat dari saudara-saudara semua, disertai kerja keras kita semua, kita dapat mewujudkan bangsa yang lebih makmur, lebih adil, dan lebih sejahtera,” kata Yudhoyono di Kemayoran, Jakarta, Rabu 8 Februari 2012.

Yudhoyono berharap, etnis tionghoa berperan aktif dalam proses pembangunan saat ini dan di masa-masa mendatang. Sebab, tidak ada lagi sekat dan penghalang untuk bersama-sama membangun bangsa dan negara.

Presiden menegaskan, masyarakat Tionghoa adalah bagian integral dari segenap warga bangsa Indonesia di seluruh tanah air. “Negara kita sungguh jadi mozaik yang indah, dari sebuah bangsa yang adaptif dan kaya warna,” ujarnya.

Berbagai budaya besar dan agama, lanjut Yudhoyono, selama ini telah tumbuh subur dan berkembang di tanah air. Mereka hidup berdampingan dengan damai, rukun, dan harmonis.

“Sebagai contoh, dalam perayaan Cap Go Meh tahun ini, di kota budaya Yogyakarta yang kental dengan adat istiadat Jawa, digelar Pekan Budaya Cap Go Meh. Pekan budaya itu menunjukkan akulturasi yang harmonis antara budaya Jawa dengan budaya Tionghoa. Itulah modal sosial yang harus kita jaga dan kita kelola dengan baik,” ujarnya.

Nafas Tersengal, Nunun Batal ke KPK

Posted: 08 Feb 2012 07:02 PM PST

Nunun Nurbaetie (ANTARA/Yudhi Mahatma)

KoranBaru – Tersangka kasus suap cek pelawat pemilihan Deputi Gubernur Bank Indonesia tahun 2004, Nunun Nurbaetie Daradjatun, batal menandatangani surat pelimpahan berkas dari penyidikan ke penuntutan.

“Hari ini KPK rencananya penyerahan tahap 2 untuk dia. Tadi siang kami jemput yang bersangkutan sakit, sehingga kami tunda besok siang,” kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP, di kantor KPK, Jakarta, Rabu 8 Februari 2012.

Menurut Johan, saat dijemput sekitar pukul 13.00 siang, kondisi kesehatan istri mantan Wakapolri Adang Daradjatun tersebut memburuk. “Drop nafasnya, tersengal. Tadi sekitar pukul 10.00 ada tim ke sana sudah dapat penjelasan dan melihat secara langsung,” ujarnya.

“Tadi sudah ada kesepakatan dengan pengacaranya untuk besok pelimpahan tahap 2,” terang Johan.

Kuasa Hukum Nunun, Ina Rachman menyatakan, kliennya tidak dapat hadir di KPK untuk menandatangani berkas pelimpahan ke penuntutan karena sakit, Ina meminta pelimpahan itu ditunda hingga besok. “Ibu sakit sudah dua hari, nafasnya sesak sekali dan batuk-batuk terus migrainnya kambuh,” kata Ina Rachman

Nunun ditangkap pertengahan Desember 2011 di Thailand. KPK sudah menetapkan Nunun sebagai tersangka kasus cek pelawat sejak Februari 2011.

Dia diduga berperan sebagai pihak pemberi suap kepada sejumlah anggota DPR periode 1999-2004 terkait uji kelayakan dan kepatutan yang meloloskan Miranda Goeltom sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia tahun 2004.

Pelaku dan Korban Anggota Geng Motor

Posted: 08 Feb 2012 06:57 PM PST

KoranBaru – Baik keluarga korban dan pelaku kekerasan video anak baru gede (ABG) Bali yang beredar di dunia maya tidak menyangka jika anak mereka ternyata anggota geng motor, Cewek Macho Performance (CMP).

Dalam kasus kekerasan ABG yang menghebohkan publik Bali itu, para pelaku diketahui anggota geng motor CMP. Setidaknya empat pelaku diduga mengeroyok dan menganaiaya korban KA (16) pada akhir Desember 2011.

“Saya tidak tahu kalau dia (korban) ikut-ikutan geng motor. Saya baru tahu setelah kejadian ini saat di kantor polisi,” kata I Ketut Artagunawan (43), ayah pelaku ditemui di lokasi penganiayan di Gelogor Carik, Denpasar, Rabu 8 Februari 2012.

Selama ini, KD diketahui cenderung memiliki sifat tertutup dan tak banyak bertingkah nakal. Artaguna menyatakan jika dirinya mengetahui KD yang merupakan anak ketiga dari enam bersaudara itu menjadi anggota geng motor, tentu akan dilarang.

KD yang masih tercatat sebagai pelajar SMP di Denpasar itu, memang diketahui sering pergi dengan rekan-rekannya. Demikian pula, teman-teman anaknya juga sering main ke rumah tidak menunjukkan gelagat aneh, biasa saja.

Karena itu, ketika Artagunawan melihat tayangan video kekerasan anak Bali itu, dirinya mengaku kaget setelah mengetahui anaknya ada di lokasi. “Saya kaget sekali melihat anak saya duduk di atas sepeda motor, sambil merokok saat pertiwa pengeroyokan berlangsung,” katanya setengah tak percaya.

Dari pengakuan anaknya, saat kejadian hanya sekali mendorong korban dan tidak ikut melakukan penganiayaan.

Artagunawan mengungkapkan keluarganya saat ini masih syok dengan kejadian tersebut. Terlebih lagi istrinya yang terus menangis memikirkan KD yang saat ini masih ditahan di Mapolresta Denpasar.

“Anak saya juga sampai tidak masuk kerja gara-gara kasus ini. Kami semua sedih dan ini menjadi pelajaran berharga agar ke depan tidak terulang kembali,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan Sutrani (42) bibi korban yang ditemui di rumahnya di Jalan Sidakarya Gang Taman Bali 12, Sesetan Denpasar yang mengetahui kejadian tersebut setelah ramai diberitakan.

“Selama ini dia tidak pernah cerita kalau mengalami peristiwa  itu. Baru kemarin aja dia bilang habis dikeroyok,” kata wanita asal Banyuwangi, Jawa Timur ini.

Selama di rumah, KD yang putus sekolah saat kelas 5 SD karena faktor ekonomi itu, juga tidak banyak tingkah. Banyak membantu pekerjaan rumah seperti menggoreng makanan dan bikin kue yang dititipkan di warung.

Diceritakan KD sejak meninggalnya sang ibu dan sang ayah yang menikah lagi, praktis KD tidak mendapatkan kasih sayang seutuhnya. Karena itu kerap KA betah tinggal di rumah Sutrani. “Jika sudah lama tidak pulang dan ayahnya kangen baru dijenguk disuruh pulang ke rumah ayahnya,” cerita dia.

10 Mobil Mungil yang Kebal Tabrakan (1)

Posted: 08 Feb 2012 06:53 PM PST

Chevrolet Volt (General Motors)

KoranBaru – Produsen mobil di dunia terus mengembangkan fitur keamanan dan keselamatan dari setiap produknya. Cara ini dinilai efektif untuk bisa menekan angka kecelakaan yang merenggut korban jiwa, baik dari penumpang, pengemudi, maupun pejalan kaki.

Berdasarkan data Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya AS (NHTSA), disebutkan, 37.788 korban tewas di jalan raya Amerika Serikat sepanjang 2010. Rata-rata, setiap 16 menit terjadi kasus kecelakaan lalu lintas di negeri Paman Sam itu. Adapun korban kecelakaan paling banyak adalah orang yang berusia sekitar 25-30 tahun.

Dari data itu, tentunya membuat setiap konsumen lebih cermat memilih mobil yang aman dan minim risiko ketika terjadi kecelakaan.

Dilansir majalah Forbes, Rabu 8 Februari 2012, kecenderungan konsumen saat ini adalah memilih mobil berukuran kecil, irit bahan bakar, dan ramah lingkungan. Selain itu, mobil mungil dinilai cukup efektif untuk bisa menerobos kemacetan.

Meski berbodi kecil tidak membuat aspek keselamatan dan keamanannya berukurang, terutama saat terjadi tabrakan. Forbes merilis 10 daftar mobil kecil yang aman saat ini. Kesepuluh mobil ini telah menjalani uji tabrak di Insurance Institute for Highway Safety (IIHS).

Dalam uji tabrak itu, ada beberapa aspek keamanan yang harus dipenuhi dari mobil-mobil tersebut. Mulai dari fungsi seat belf, airbag, hingga kekuatan bahan bodi material mobil untuk menahan benturan.

Berikut daftar lengkapnya:

1. Audi A3

Mobil jenis hatchback mewah lansiran tahun 2012 ini menjadi mobil kecil teraman. Hal ini berkat fitur keselamatan aktif dan pasif seperti airbags di depan, samping, dan belakang mobil, serta fitur Antilock Brake System (ABS) dan Electronic Stability Control (ESP).

2. Buick Verano

Mobil mewah yang head-to-head dengan Chevrolet Cruze ini dilengkapi 10 airbag. Mulai dari airbag di bagian leher untuk pengemudi, penumpang depan, dan bagian atap mobil untuk penumpang belakang.

General Motors mengklaim mobil ini memiliki sistem otomatis untuk mencari bantuan jika terjadi kecelakaan.

3. Chevrolet Cruze

Chevy Cruze juga dilengkapi sedikitnya 10 airbag, termasuk di atas untuk penumpang belakang, dan airbag untuk melindungi lutut di bagian depan. Cruze memiliki sistem otomatis untuk mencari bantuan jika terjadi kecelakaan.

4. Chevrolet Sonic

Model Chevy 2012 ini memiliki fitur canggih untuk sebuah mobil kompak. Mobil yang di bawah kelas Cruze ini dilengkapi 10 airbag, termasuk di atap untuk melindungi penumpang belakang dan perlindungan lutut penumpang depan.

Tak ketinggalan, Chevy Sonic memiliki sistem otomatis untuk mencari bantuan jika terjadi kecelakaan.

5. Chevrolet Volt

Mobil yang dibanderol lebih dari US$39.000 atau sekitar Rp350 juta, kaya akan fitur keselamatan. Mobil bertenaga listrik ini mampu menempuh jarak sejauh 64 kilometer. Efisiensi bahan bakar kombinasi diklaim mencapai 40 km/liter.

Untuk fitur keselamatannya, terdapat airbag di bagian lutut penumpang depan. Serta sistem otomatis untuk mencari bantuan jika terjadi kecelakaan. (art)

10 Mobil Mungil yang Kebal Tabrakan (2)

Posted: 08 Feb 2012 06:49 PM PST

KoranBaru – Produsen mobil di dunia terus mengembangkan fitur keamanan dan keselamatan pada setiap produknya. Cara ini dinilai efektif untuk menekan angka kecelakaan, yang merenggut korban jiwa baik penumpang, pengemudi dan pejalan kaki.

Berdasarkan data Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya AS (NHTSA), setidaknya 37.788 korban tewas di jalan raya Amerika Serikat sepanjang tahun 2010. Jika di rata-rata, maka setiap 16 menit terjadi kasus kecelakaan lalu lintas di negeri Paman Sam itu. Adapun korban kecelakaan paling banyak, adalah orang yang berusia sekitar 25-30 tahun.

Dengan jumlah kecelakaan sebanyak itu, memaksa konsumen harus lebih cermat memilih mobil yang aman dan minin resiko bila terjadi kecelakaan.

Seperti dilansir majalah Forbes, Rabu 8 Februari 2012, kencederungan konsumen saat ini adalah memilih mobil berukuran kecil, irit bahan bakar, ramah lingkungan. Selain itu, mobil mungil dinilai cukup efektif untuk bisa menerobos kemacetan.

Meski berbodi kecil, aspek keselamatan dan keamanan mobil-mobil mungil sangat terjaga. Forbes merilis 10 daftar mobil kecil yang aman saat ini. Kesepuluh mobil ini telah mengalami uji tabrak Insurance Institute for Highway Safety (IIHS).

Dalam uji tabrak itu ada beberapa aspek yang harus dipenuhi. Mulai dari fungsi seat belf, airbag, kekuatan bahan bodi material mobil dalam menahan benturan.

Berikut daftar lengkapnya: 1-5 biasa Anda klik di sini.


6. Lexus CT 200h

Mobil kompak hybrid empat pintu ini, dikenal sebagai mobil dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Tidak hanya itu, Lexus CT 200h dipersenjatai dengan fitur-fitur canggih untuk keselamatan.

Mulai dari airbag untuk melindungi kaki penumpang depan, teknologi Pre-Collision System–dimana sabuk pengaman akan mengencang dan pengereman menjadi lebih pakem, ketika ada potensi terjadi kecelakaan.

Toyota juga mengaplikasi mobil ini dengan koneksi yang dapat dilacak keberadaannya jika mobil tabrakan.

7. Mazda 3

Sedan kompak empat pintu ini lebih dinamis, dengan sandaran kepala depan yang didesain untuk melindungi cedera leher saat terkadi benturan di belakang.

Mobil ini juga dilengkapi fitur blind spot, yang memperingatkan pengemudi atau memberikan sinyal, jika pengemudi tidak melihat kendaraan di sekitar.

8. Scion tC

Mobil coupe sporty ini mengusung fitur keselamatan yang dapat meminimalisir cedera ketika terjadi kecelakaan.

Ini terlihat dari sandaran kepala depan untuk meminimalisir cedera, dan airbag di bagian lutut penumpang depan untuk melindungi kaki.

9. Subaru Impreza

Hatchback empat pintu ini cukup praktis dan memiliki bodi yang kuat. IIHS merekomendasi mobil ini sebagai varian terendah yang bukan mengutamakan kecepatan (model WRX lebih agresif).

Sistem penggerak mobil ini adalah empat road, dengan airbag di bagian kaki penumpang depan dan sandaran kepala yang didesain untuk meminimalisir cedera leher.

10. Toyota Prius

Mobil Hybrid Toyota menawarkan fitur keselamatan layaknya Lexus. Terdapat airbag di bagian kaki penumpang depan dan sandaran kepala di desain untuk melindungi leher sebagai fitur standar.

Sebagai opsional, terdapat layar di bagian atas depan untuk memantau kecepatan kendaraan dan informasi yang tertera di kaca depan saat pengemudi fokus melihat jalan.

Prius dilengkapi dengan fitur Lane Departure Warning System dan Pre Collision System, dimana sabuk keselamatan mengunci saat ditarik dan pengaturan pengereman saat ada objek di depan untuk menghindari kecelakaan. Sistem otomatis untuk pemberitahuan tabrakan juga tersedia.

Inden Supercar Ini di RI Sampai 2 Tahun

Posted: 08 Feb 2012 06:44 PM PST

Lamborghini Aventador LP 700-4 (KoranBaru/ Muhamad Solihin)

KoranBaru – Bagi calon pembeli Lamborghini Aventador di Indonesia, tampaknya harus sangat bersabar untuk bisa mendapatkan supercar eksotis ini.

Sebab, pembeli yang memesan sekarang, baru bisa mendapatkan unit mobil seharga Rp9,7 miliar itu, pada tahun 2014 atau sekitar 2 tahun.

“Inden Aventador di Indonesia mencapai tahun 2014. Lamanya waktu indent, karena mobil ini handmade bukan diproduksi secara robotik,” kata Jimmy Rianto, Brand Manager Lamborghini Jakarta, Rabu 8 Februari 2012.

Menurutnya, pembeli yang sudah mendapatkan unit Aventador saat ini, telah memesannya sejak tahun 2010 atau sebelum diproduksi.

Selama tiga tahun terakhir, 20 Lamborghini telah terjual di Indonesia. Sebanyak 6 unit di antaranya terjual pada 2011.

Lamanya waktu inden supercar edisi terbaru tidak hanya berlaku pada Lamborghini, tapi juga merek lain seperti Ferrari, Aston Martin, Porsche, dan Rolls Royce.

“Indennya bisa mencapai satu tahun, apalagi jika mobil yang dipesan itu edisi terbaru dan terbatas,” kata Ferdy Santoso Marketing Director Ivan’s Motor saat dihubungi KoranBaru.

Ferdy menjelaskan, lamanya waktu inden, karena setiap unit mobil yang dipesan tidak ready stock. “Biasanya kami harus pre order dulu. Belum lagi, harus menunggu unit versi stir kanan. Versi itu baru keluar setelah 4 bulan mobil diluncurkan,” ujarnya. (umi)

Daftar Koleksi Supercar Artis KPop

Posted: 08 Feb 2012 06:41 PM PST

KoranBaru – Memiliki kegemaran mengkoleksi supercar dengan harga miliaran rupiah, kini tak hanya menjadi hobi para artis Hollywood. Tapi, juga artis-artis Korea.

Memang popularitas artis-artis Korea terutama boyband dan girlband terus melonjak saat ini. Mereka mendadak menjadi idola, tidak hanya di negerinya sendiri, namun juga di luar negeri.

Sering dengan pendapatan yang naik dratis, para artis ini rela merogoh kocek sangat dalam, demi mendapatkan sebuah supercar dengan desain eksotis.

Kim Jaejoong

Koleksi pertama datang dari personel boyband JYJ, Kim Jaejoong. Ia memilih supercar asal Italia, Lamborghini Murciélago, sebagai tunggangan yang menemaninya dalam aktivitas sehari-hari. 


Harga Lamborghini Murciélago di Korea diperkirakan senilai US$445 ribu atau sekitar Rp3,9 miliar. Mobil ini memang sangat cocok bagi mereka yang suka ngebut.

Mobil ini disokong mesin V12 berkapasitas 6,5 liter, yang mampu menyemburkan tenaga 640 hp. Kecepatan maksimum mobil ini memang cukup dahsyat, 342 km/jam, dengan akselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,2 detik saja.

Kim Junsu

Tak mau kalah dengan Jaejoong, Junsu lebih memilih Ferrari 458 sebagai mobil andalannya. Harga ‘kuda jingkrak’ ini di Korea mencapai US$337 ribu atau sekitar Rp3,1 miliar.

Ferrari 458 dibekali mesin V8 4.5 liter, yang mampu berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 3,4 detik. Sedangkan kecepatan maksimal 325 km/jam.

Park Yoochun

Personel JYJ lainnya, Park Yoochun, menggunakan Ferrari California. Mobil ini dipasarkan mulai harga US$311 ribu atau sekitar Rp2,7 miliar.

Supercar ini dibekali mesin 4.300 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 460 PS pada putaran mesin 7.750 rpm. Akselerasi dari 0-100 km hanya membutuhkan waktu sekitar 4 detik, dengan kecepatan yang bisa dicapai hingga 310 km/jam.

G-Dragon

Leader Big Bang ini menunggangi mobil mewah buatan Inggris, Bentley Continental GT. Mobil jenis sedan ini di Korea dijual paling murah seharga US$254 ribu atau sekitar Rp2,3 miliar.

Bentley Continental GT mengusung mesin W12 dengan kapasitas 6.000 cc, yang mampu meledakkan daya hingga 575 dk serta torsi maksimum hingga 700 Nm, pada putaran mesin 1.700 rpm.

Dengan kemampuan itu, mobil berkapasitas dua penumpang ini mampu melesat dari posisi diam hingga 100 km/jam dalam waktu 4,6 detik. Mobil ini memiliki kecepatan maksimal hingga 318 km/jam.

Jang Geun Suk

Aktor dan penyanyi Jang Geun Suk yang sedang menikmati popularitasnya tak mau kalah dari tiga personel JYJ. Jang Geun Suk sendiri dikenal sebagai pria yang sangat tertarik dengan otomotif.

Ia baru-baru ini membeli mobil Audi R8 V10. Mobil tersebut dikabarkan seharga US$209 ribu atau sekitar Rp1,9 miliar.

Audi R8 dibekali mesin 5.2 liter V10 yang diambil dari platform Lamborghini Gallardo LP560-4. Dapur pacu ini sanggup menghasilkan keluaran tenaga sebesar 525 hp dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,9 detik. Sementara kecepatan maksimalnya bisa tembus hingga 315 km/jam. (Sumber dan Foto: Allkpop)

0 comments:

Post a Comment