Twitter

Thursday, November 17, 2011

Dongkrak Pengunjung, Disney Gandeng YouTube




 Dongkrak Pengunjung, Disney Gandeng YouTube TEMPO Interaktif, Los Angeles - YouTube dan Disney dikabarkan segera menjalin kerja sama untuk memperkuat dominasi mereka dalam dunia web. Dikutip dari The New York Times, Senin, 7 November 2011, kerja sama ini rencananya diresmikan pada Senin pekan depan.
Dalam kerja sama senilai antara US$ 10-15 juta dolar ini, Disney Interactive Media dan YouTube akan membuat video seri yang akan diproduseri oleh Disney dan didistribusikan dalam sebuah channel khusus di Disney.com dan YouTube. Channel ini nantinya juga menampilkan video amatir yang diunggah ke YouTube setiap harinya.
Kerja sama tersebut memang tampak kecil di permukaan, namun kabar aliansi ini mendapat banyak perhatian karena diam-diam mampu menutupi kelemahan yang dimiliki masing-masing media.
Disney Interactive saat ini menghadapi masa sulit karena merugi sampai US$ 300 juta. Jumlah pengunjung Disney.com pada September turun menjadi 12,7 juta dibanding Juni yang mencapai 17,9 juta.
Disney dipandang tidak mampu menggaet pengunjung anak-anak untuk menonton video melalui situsnya. Anak-anak justru lebih memilih YouTube sebagai tempat untuk menonton video karena mereka menganggap situs ini lebih “keren.”
Dengan kerja sama ini, Disney dapat memancing anak dan remaja di YouTube. Sementara bagi YouTube sendiri, kerja sama ini diharapkan akan menularkan nama baik dan kredibilitas yang dimiliki Disney, terutama di mata para orang tua.
James A. Pitaro, co-President Disney Interactive, mengatakan strategi “jemput bola” seperti ini sangat penting. “Dan dasar pemikiran di balik semua ini adalah untuk membawa warisan Disney pada generasi baru dan juga penggemar Disney pada platform terbaru yang mereka inginkan,” ujarnya menambahkan.
THE NEW YORK TIMES | RATNANING ASIH

0 comments:

Post a Comment