Twitter

Saturday, November 19, 2011

21 Milik Adele Jadi Album Pertama di Eropa yang Terjual 1 Juta Unduh di iTunes


Jakarta21, album kedua dari penyanyi solo wanita yang kini tengah fenomenal, Adele, telah tercatat sebagai album pertama di Eropa yang mencapai penjualan satu juta unduh di iTunes.
Album tersebut memecahkan rekor penjualan album digital via iTunes di Eropa walaupun belum genap dirilis satu tahun.
Pengamat musik independen, Mark Mulligan, menjelaskan bahwa prestasi yang diraih Adele ini memang sebuah pencapaian luar biasa untuk penjualan album digital, namun Mulligan juga memperingatkan semakin berkurangnya angka penjualan album secara digital.
"Ini adalah berita baik bagi industri musik dan iTunes yang telah bekerja dengan baik dalam mendorong penjualan album digital. Walaupun begitu, pembelian album digital secara massal sedang berenang melawan arus dan semakin jarang terjadi," jelas Mulligan kepada The Telegraph.
Ia melanjutkan, "Kini, kebanyakan orang mengonsumsi musik sebagai single dan hal tersebut terbukti dari berkembangnya jumlah orang yang melakukan streaming terhadap sebuah lagu atau menonton video klip melalui YouTube. Semakin sedikit orang yang mengunduh album secara penuh."
Sebelumnya, pada Juli lalu, 21 lebih dulu tercatat sebagai album dengan penjualan digital tertinggi sepanjang sejarah di Amerika Serikat, menyusul pemegang rekor sebelumnya, Recovery, album ketujuh rapper kulit putih Eminem.


SUMBER : Indofiles.org

0 comments:

Post a Comment