Twitter

Thursday, September 20, 2012

Manado Today

Manado Today


Ambil Langkah Hukum, Samsung Segera Gugat Apple iPhone 5

Posted: 20 Sep 2012 07:17 AM PDT

Samsung flags

(Reuters/Tobias Schwarz)

Samsung Electronics Co berencana untuk menambahkan iPhone 5 dari Apple dalam tuntutan hukum paten, dalam perang terbaru dua raksasa smartphone ini.

Seperti yang dilansir Reuters, langkah hukum baru dari perusahaan elektronik asal Korea Selatan ini datang ketika Apple mendapatkan pesanan untuk lebih dari 2 juta unit iPhone 5, dalam 24 jam pertama rilis.

Samsung dan Apple bertarung dalam pertempuran paten di 10 negara, dan taruhannya amatlah tinggi karena keduanya diketahui sebagai pemain papan atas dalam pasar smartphone yang sedang booming saat ini.

Kedua perusahaan juga meningkatkan pengeluaran pemasaran untuk mempromosikan produk terbaru mereka menjelang musim liburan akhir tahun yang amat penting dalam penjualan mereka.

“Samsung mengantisipasi bahwa dalam waktu dekat akan mengajukan tindakan dengan menambahkan iPhone 5 sebagai produk melanggar. Berdasarkan informasi yang tersedia saat ini, Samsung memperkirakan bahwa iPhone 5 melanggar paten Samsung dengan cara yang sama seperti model iPhone lainnya.” tulis perusahaan tersebut dalam pengajuan mereka di pengadilan AS.

Samsung mengatakan dalam sebuah pernyataan terpisah pada hari Kamis (20/09) bahwa: “Apple terus mengambil tindakan hukum agresif yang akan membatasi persaingan pasar. Dalam keadaan ini, kita tidak punya pilihan lain kecuali untuk mengambil langkah yang diperlukan untuk melindungi inovasi dan hak kekayaan intelektual.”

Apple Korea menegaskan posisinya bahwa mereka adalah korban, dan sebaliknya Samsung lah yang melakukan peniruan.

“Di Apple, kami menghargai orisinalitas dan inovasi. Kami membuat produk ini untuk menyenangkan pelanggan kami, bukan untuk pesaing kami untuk secara terang-terangan menyalin nya.” jelas Apple Korea dalam pernyataan mereka.

Diketahui, Apple mencetak kemenangan hukum atas Samsung pada akhir Agustus lalu ketika juri di AS memutuskan bahwa perusahaan Korea itu telah meniru fitur penting dari iPhone, dan menganugerahkan ganti rugi kepada Apple sebesar USD 1,05 miliar.

Juri juga menemukan bahwa Apple tidak melanggar hak paten Samsung. Namun sejak itu Samsung telah berjanji akan terus berjuang dalam pertempurannya melawan Apple.

Kemenangan Apple ini juga merupakan pukulan bagi Google Inc, dimana software Android yang menjadi kekuatan produk Samsung ternyata ditemukan melanggar paten Apple.

Dalam Setahun Mark Zuckerberg Merugi Rp.75.8 Trilliun

Posted: 20 Sep 2012 05:40 AM PDT

Facebook CEO Mark Zuckerberg

CEO Facebook, Mark Zuckerberg dikabarkan merugi hingga 4.9 milliar poundsterling dalam satu tahun (REUTERS/Robert Galbraith)

Mark Zuckerberg telah kehilangan hampir setengah dari kekayaannya yang berjumlah 11 milliar poundsterling, setelah saham Facebook anjlok setelah go public pada Mei lalu.

Pendiri jaringan sosial Facebook tersebut telah kehilangan 4.9 milliar poundstering atau sekitar Rp. 75,8 trillun dari kekayaan pribadinya selama 12 bulan terakhir.

Majalah Forbes, yang menyusun angka para milliarder Amerika terkaya, mengatakan bahwa Zuckerberg menjalani masa-masa sulit sejak Facebook go public pada bulan Mei 2012. Dimana harga pasar saham Facebook turun hampir setengah menjadi hanya 12 pound per saham.

Menurut daftar tokoh Amerika Terkaya untuk 2012 dari Forbes, Zuckerberg telah kehilangan uang lebih dari yang lain, membawa posisinya turun ke posisi 36, dari posisi sebelumnya di peringkat ke-14.

Dalam analisisnya, Forbes mengatakan bahwa Facebook telah ‘tampil buruk’ dan melaporkan rugi bersih sebesar 96 juta poundsterling pada bulan Juli, yang mendorong harga saham jejaring sosial itu turun lebih jauh.

Namun kekayaan pribadinya masih ‘mengesankan’, dan Zuckerberg tetap berkomitmen untuk perusahaannya itu.

Zuckerberg baru-baru ini memberikan komentar pertamanya sejak Facebook go public dan mengaku telah menyia-nyiakan dua tahun karena tidak fokus pada perangkat mobile.

Penurunan saham Facebook ini dijuluki sebagai yang terburuk dalam sejarah modern.

Suami Priscilla Chan yang berusia 27 tahun ini telah digugat secara pribadi sebesar 1.8 milliar poundsterling, karena diduga menipu para pemegang saham yang lebih kecil.

Dua Warga Palestina Tewas Akibat Serangan Udara Israel di Gaza

Posted: 20 Sep 2012 04:24 AM PDT

Dua anggota pasukan keamanan Hamas dilaporkan telah tewas dalam serangan udara yang dilancarkan Israel di Jalur Gaza, menurut para pejabat Palestina.

Kedua orang ini tewas ketika mobil yang mereka tumpangi terkena serangan udara Israel di Rafah, di perbatasan dengan Mesir, kata sumber Palestina.

Seperti yang dilansir BBC, menurut Israel, serangan mereka berhasil mengenai “dua pelaku teror”, dimana salah satunya dalam tahap akhir persiapan untuk melakukan serangan teror terhadap warga sipil Israel.

Dua minggu lalu, enam warga Palestina, tewas dalam serangan udara di Gaza. Dan menurut Israel, mereka sementara menyiapkan serangan terhadap negara tersebut.

Beberapa warga Israel dan setidaknya dua warga Palestina terluka dalam serangan roket ke Israel, dan serangan udara di jalur Gaza, mengikuti serangan itu.

Sementara itu, pihak Hamas menyebut dua orang yang tewas dalam serangan terbaru itu adalah penjaga perbatasan, Letnan Ashraf Saleh (33), dan wakilnya, Anis Abu al-Aynin (22).

Hamas menjelaskan bahwa kedua korban sedang melakukan rutinitas sehari-hari mereka, memeriksa dan mengamankan perbatasan selatan Jalur Gaza dan Mesir, ketika mereka terkena serangan Israel pada Rabu (19/09).

Lain halnya dengan Israel, dimana mereka mengatakan bahwa kedua orang yang terwas dalam serangan itu berafiliasi dengan Pembela al-Aqsa, yang digambarkan sebagai “kelompok teroris yang disponsori oleh Hamas”.

Militan dari faksi kecil yang tidak berasal dari Hamas sering menembakkan roket ke Israel, namun Israel mengatakan bahwa Hamas bertanggung jawab atas semua serangan yang berasal dari Gaza.

Korea Utara Gunakan “Gangnam Style” Untuk Mengejek Calon Presiden Korsel

Posted: 20 Sep 2012 03:19 AM PDT

North Korea Gangnam Style 1

Korea Utara menggunakan lagu "Gangnam Style" yang dipopulerkan oleh penyanyi rap PSY untuk mengejek calon presiden Korsel, Park Geun-hye (uriminzokkiri)

Kepopuleran lagu “Gangnam Style” oleh PSY, seorang penyanyi rap Korea Selatan (Korsel) ternyata sampai ke negara tetangga Korea Utara (Korut).

Bahkan pihak Korut telah memasang sebuah video di website resmi mereka, Uriminzokkiri, yang menampilkan karakter PSY yang sedang menari dengan foto wajah kandidat presiden Korea Selatan, Park Geun-hye menggantikan wajah penyanyi tersebut.

Liriknya yang sinis membela Park Chung-heem, mendiang diktator yang merupakan ayah dari Park.

Dikutip dari WashingtonPost, Park merupakan kandidat terkuat dan dalam jajak pendapat menjelang pemilihan presiden pada bulan Desember mendatang. Tapi dia telah menghadapi kritik liberal tentang warisan mendiang ayahnya.

Park Chung-hee adalah seorang otokrat yang keras. Tapi bagi pendukungnya Park dilihat sebagai sebagai faktor penting dalam peningkatan ekonomi Korea Selatan.

Diketahui, video asli “Gangnam Style” telah menjadi video terpopuler di situs berbagi video YouTube, dimana sejak diunggah pada 15 Juli lalu, aksi tarian kuda ala PSY telah dilihat sebanyak 220 juta kali.

Pemerintah Jerman Himbau Warganya Berhenti Gunakan Internet Explorer

Posted: 20 Sep 2012 02:25 AM PDT

Microsoft Internet ExplorerDampak temuan akhir pekan ini terhadap lubang keamanan yang ditemukan pada beberapa versi Internet Explorer terus menyebar. Yang terbaru adalah pemerintah Jerman, yang mendesak warganya untuk berhenti menggunakan Internet Explorer sampai web browser andalam Microsoft ini diperbaiki.

“Penyebaran kodenya yang amat cepat harus diwaspadai,” jelas Kantor Federal pemerintah Jerman untuk Keamanan Informasi (BSI) yang dikutip Cnet.

BSI merekomendasikan bahwa untuk mengakses Internet, pengguna sebaiknya menggunakan browser Web alternatif sampai Microsoft meng-update keamanan mereka.

Ini merupakan sesuatu yang tidak biasa bagi pemerintah untuk secara tegas mendesak warganya berhenti menggunakan produk teknologi populer seperti Microsoft Explorer.

Namun, lubang pada keamanannya dapat membahayakan komputer pengguna IE, ketika mereka berselancar ke situs Web berbahaya.

Microsoft mengatakan bahwa mereka menyadari serangan itu dann telah mencoba untuk mengambil keuntungan dari kelemahan ini.

Pada Senin, Microsoft merilis sebuah patch yang disebut “Enhanced Mitigation Experience Toolkit” sampai update full siap.

Dalam sebuah pernyataan kepada Cnet, Yunsun Wee, Pemimpin Microsoft Trustworthy Computing, mengatakan bahwa sejauh ini, terjadi sejumlah serangan namun dalam jumlah yang sangat sedikit, dan bahwa sebagian besar pengguna Internet Explorer belum terpengaruh.

Dia mengatakan bahwa Microsoft berharap akan merilis update mereka dalam beberapa hari mendatang.

Wanita Ohio Tak Sadar Kawini Ayah Kandung

Posted: 20 Sep 2012 01:20 AM PDT

Cincin Kawin 1

Valerie Spruill dari Doylestown, Ohio, baru menyadari ia mengawini ayah kandungnya ketika melakukan tes DNA setelah suaminya meninggal dunia

Valerie Spruill (60), dari Doylestown, Ohio, Amerika Serikat (AS) membuat sebuah penemuan mengerikan saat melalui tes DNA setelah suaminya Percy meninggal dunia, sebuah fakta menggucangkan bahwa almarhum suaminya itu sebenarnya adalah ayah kandungnya.

Spruill, yang memiliki tiga anak dan delapan cucu, kini menceritakan kisahnya itu dalam upaya untuk menemukan saudara yang lain dari ayahnya.

“Ini perlu diberitahu, karena anak-anak perlu tahu dari mana mereka berasal. Dan aku tahu ini kenyataan yang menyakitkan, karena saya telah dihancurkan oleh ini.” tuturnya kepada Akron Beacon Journal.

Kebingungan ini dimulai karena dia awalnya dibesarkan oleh kakek-neneknya saat masih berusia 3 bulan.

Ibunya, Christine adalah salah satu ‘wanita malam’ dengan hidup bersama dengan ayahnya ketika Valerie berumur 15 tahun. Jumlah anak yang mereka miliki tidak jelas, namun sadar ia memiliki enam orang saudara laki-laki.

Ketika berusia sembilan tahun, dia terkejut ketika mengetahui bahwa Christine, yang meninggal pada tahun 1984, adalah ibunya, dan orang yang ia pria pikir sebagai ayahnya ternyata adalah kakeknya.

Dia tidak pernah diberitahu siapa ayah kandungnya, sampai kemudian Valerie bertemu Percy dan menikah dengan pria tersebut.

Percy, yang lahir di Mississippi, bekerja di Akron sebagai sopir truk dan petugas parkir.

Percy meninggal pada tahun 1998 setelah menderita sakit pada usianya yang ke-60, namun selama bertahun-tahun, ia telah mendengar rumor aneh tentang hubungan mereka.

Dia akhirnya mengetahui kebenaran tentang pernikahan nya dari sang paman setelah Percy meninggal, dan menegaskan hubungan darah mereka dengan menjalani tes DNA.

Valerie tidak tahu pasti bahwa Percy menyadari dia telah menikahi putri kandungnya sendiri, tapi Percy takut untuk mengatakan padanya.

Peneliti Temukan Bahwa Hiu Ternyata Buta Warna

Posted: 19 Sep 2012 11:47 PM PDT

Hiu adalah salah satu predator laut yang paling menakutkan, kemampuannya dalam membunuh mangsa telah menjadi inspirasi Hollywood untuk membuat film Jaws yang menggambarkan kebuasan hewan laut ini, serta menjadi objek penelitian para ilmuwan.

Namun, para peneliti telah menemukan bahwa Hiu sebenarnya mempunyai menglihatan yang buruk dan sebagian besar spesies hewan ini buta warna

Hammerhead shark  (Sphyrna lewini)

Sebagian besar spesies Hiu ternyata buta warna (Sphyrna lewini)

Penelitian yang diterbitkan dalam Royal Society Biology Letters terbaru, adalah studi yang pertama untuk menyelidiki dasar genetik dan tuning spektral dari sistem visual hiu. Manfaat studi ini bisa sangat besar, dan dapat membantu untuk menyelamatkan baik manusia maupun Hiu itu sendiri.

“Hasil dari studi ini akan membantu kita tidak hanya untuk memahami tekanan seleksi evolusi pada penglihatan hiu, tetapi juga dapat memberikan kunci untuk bagaimana kita mempengaruhi perilaku mereka,” kata Asisten Profesor Nathan Hart dari Institut Kelautan dan Sekolah Biologi Hewan UWA.

Hart mengatakan, Hiu mempunyai penglihatan yang tajam, tetapi dunia yang mereka lihat itu minim warna, dan muncul dalam warna abu-abu seperti yang kita lihat ketika menonton film hitam putih.

“Pengetahuan baru ini dapat digunakan untuk mengubah cara hiu bereaksi terhadap benda-benda tertentu. Contohnya yaitu merancang umpan pancing yang kurang menarik bagi hiu, untuk mengurangi kejadian penagkapan hiu.” tambahnya.

“Selain itu, penelitian ini juga dapat digunakan untuk mendesain peralatan seperti pakaian selam dan papan selancar untuk mengurangi risiko serangan hiu,” kata Asisten Profesor Hart.

Penelitian bersama ini dilakukan oleh para peneliti di University of Western Australia dan University of Queensland, yang melihat adaptasi visual dua spesies hiu wobbegong, yaitu Orectolobus maculatus dan Orectolobus ornatus, yang juga dikenal sebagai hiu karpet.

Hiu Wobbegongs menghabiskan sebagian besar waktu mereka di dasar laut dan merupakan jenis hewan yang berburu di malam hari, dengan menggunakan strategi diam dan menunggu mangsanya mendekat sebelum menyergapnya.

Penelitian ini menunjukkan bahwa sistem visual Hiu wobbegong hanya berisi satu kelas kerucut fotoreseptor.

Kerucut Fotoreseptor adalah sel-sel retina yang digunakan untuk melihat dalam kondisi cahaya terang, sedangkan batang fotoreseptor digunakan dalam cahaya redup.

Sistem saraf dapat membandingkan sinyal-sinyal untuk membedakan warna. Namun, jika hanya satu jenis kerucut yang ada, maka tidak ada kemungkinan warna pada penglihatan.

Hiu mungkin bukan satu-satunya penghuni air besar yang buta warna. Penelitian lain menunjukkan bahwa mamalia laut seperti paus, lumba-lumba dan anjing laut, tidak dapat mendeteksi warna dengan baik.

Sony Luncurkan Konsol PlayStation 3 Versi ‘Slim’

Posted: 19 Sep 2012 10:24 PM PDT

PlayStation 3 Slim 2

Konsol PlayStation 3 baru ini lebih 'Slim' dan mempunyai kapasitas memori yang lebih besar dibanding pendahulunya

Sony akan meluncurkan versi baru dari konsol game andalannya PlayStation 3, dan konsol ini akan lebih kecil dan ramping dari konsol PlayStation 3 sebelumnya, dan rencananya akan dirilis untuk pasar Natal tahun ini, menurut raksasa elektronik asal Jepang tersebut.

Konsol baru ini mempunyai ukuran setengah lebih kecil dari versi aslinya, yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2006, dan diharapkan menjadi yang terakhir sebelum perusahaan tersebut meluncurkan konsol baru mereka tahun depan.

Diketahui, Sony menghadapi persaingan yang ketat dari Apple dan pembuat konsol lainnya. Perusahaan itu juga akan menghadapi pertempuran dengan saingannya Nintendo, yang akan merilis konsol game baru mereka, Wii U, pada bulan depan, yang juga bertujuan untuk merebut pasar Natal yang amat menguntungkan.

PlayStation 3 yang baru, lebih dekat dengan ukuran sebuah laptop, dan menawarkan memori hard-drive sebesar 500 gigabita (GB) dan 250 GB, naik dari kapasitas sebelumnya yaitu 320 dan 160 GB.

Seperti yang dilansir Dailymail, konsol ini akan mulai dijual pada Jumat depan, dan dibanderol dengan harga 184,99 poundsterling untuk 120GB, dan 249,99 poundsterling untuk 500GB.

Sementara itu, untuk peluncuran global akan dimulai 25 September di Amerika Utara, di mana versi 250 GB akan dijual seharga 269 Dolar, dan versi 500GB akan dijual pada 30 Oktober dengan harga 299 Dolar.

Sony membukukan kerugian terburuk dalam 66 tahun sejarahnya, dimana konsol portabelnya yaitu PS Vita, juga berjuang keras dalam persaingan konsol handheld.

Sebelumnya Sony telah menurunkan target penjualan PS Vita untuk tahun fiskal ini hingga Maret 2013, menjadi 12 juta unit, turun dari 16 juta unit yang diberikan tiga bulan sebelumnya.

Hiroshi Kawano, yang mengepalai bisnis game Sony di Jepang, mengatakan fitur jaringan PlayStation 3 memungkinkan pengguna untuk menikmati jutaan lagu, karaoke di rumah dan membuat perpustakaan film.

“Bahkan setelah enam tahun, PlayStation 3 tidak kehilangan momentum dan terus memberikan hiburan rumah yang kuat,” katanya.

Agar Tidak Rusak Pemandangan, Pengemis Cina Dibuatkan Kandang

Posted: 19 Sep 2012 09:34 PM PDT

Kandang untuk pengemis di Cina

Para pengemis dipaksa untuk tinggal dalam kandang besi

Miris benar nasib pengemis di Cina, pasalnya mereka diperintahkan untuk tinggal dalam kandang yang terbuat dari jeruji besi atau dikeluarkan dalam sebuah festival agama di Cina Selatan.

Diketahui, panitia memberi para pengemis ultimatum yang mengatakan kehadiran mereka merusak pemandangan bagi para pengunjung pameran di kuil Nanchang, provinsi Jiangxi dan jika ingin mengemis maka mereka harus melakukannya dari dalam kandang kecil.

Kandang yang mirip kebun binatang ini amat kecil, sehingga orang dewasa tidak dapat berdiri jika masuk kedalamnya, dan meskipun bisa secara bebas keluar dari kandang, mereka akan segera diusir dari daerah festival dan harus meninggalkan kota jika mereka melakukannya.

Pameran tahunan ini merayakan hari suci agama dengan atraksi seperti pasar malam dan hiburan lainnya, dimana para peziarah dari seluruh Cina mengunjungi kuil ini.

Kunjungan ribuan orang inilah yang menjadi magnet bagi para pengemis untuk meminta sedekah dari para wisatawan.

“Tahun ini kami memutuskan tidak lagi menerima pengemis berkeliaran di mana-mana, mengganggu tamu kami dan merusak pemandangan bagi orang lain,” jelas salah satu penyelenggara sebelum menambahkan bahwa tidak ada yang memaksa mereka untuk mengemis dan para pengemis itu memasuk kedalam kandang secara sukarela.

Seperti yang dilansir Dailymail, pihak penyelenggara juga menambahkan bahwa beberapa tahun terakhir ini mereka memiliki peningkatan jumlah pengemis di festival, dan hal tersebut adalah hal yang sangat mengganggu bagi pengunjung.

“Mereka (Pengunjung) dilecehkan dan dibuat merasa tidak nyaman. Kami tidak punya pilihan selain untuk melarang mereka. Kami menemukan bahwa kandang adalah solusi yang baik untuk semua orang, dimana para pengunjung masih bisa memberi mereka sumbangan, tapi tidak diganggu dan diikuti selama menghadiri festival.” tambah mereka.

Para pengemis cukup nyaman di kandang mereka, dimana orang memberikan mereka makanan dan air sebagai hadiah.

Kandang untuk pengemis di Cina

Kandang besi ini sangat kecil sehingga orang dewasa tidak bisa berdiri didalamnya

Kandang ini telah membuat marah aktivis hak asasi manusia di Cina, yang telah mencap kandang tersebut sebagai “kebun binatang manusia”, dan mengatakan bahwa tindakan itu merupakan pelanggaran terhadap hak asasi manusia.

“Mereka memperlakukan mereka seperti binatang di kebun binatang. Ini adalah penghinaan publik.” tutur para aktivis.

“Saya merasa ngeri melihat orang-orang miskin berada dalam kandang. Sangat menyedihkan untuk melihat sesama manusia diperlakukan seperti binatang dalam kandang. Orang-orang ini layak mendapatkan perlakuan yang lebih baik.” tutur Lu Cheng, salah seorang pengunjung kuil.

Gadis 3 Tahun Diselamatkan dari Kematian Oleh Aplikasi iPhone

Posted: 19 Sep 2012 08:30 PM PDT

Aplikasi Meningitis iPhone

Sebuah screenshot dari gejala Meningitis dari aplikasi iPhone yang digunakan Claire untuk memeriksa gejala putrinya Hollie

Jika Claire Weeks menunggu satu jam lagi untuk memanggil ambulans untuk putrinya yang berusia 3 tahun, Hollie Weeks, gadis cilik itu mungkin tidak akan selamat, kata dokter.

Namun bukanlah naluri keibuan Claire yang menyelamatkan putrinya, tapi sebuah aplikasi iPhone “Tanda dan Gejala Meningitis” yang menyebabkan sang ibu asal Inggris itu menyadari betapa serius gejala yang timbul pada anaknya itu.

“Aku membuka aplikasi iPhone tentang gejala Meningitis karena ada sesuatu yang ganjil dan aku mempunyai firasat ridak baik.” tuturnya kepada TheSun.

“Aku melihat gejala sakit kepala, muntah dan leher kaku pada putriku, dan itu semua berada di daftar aplikasi, jadi saya memutuskan untuk langsung memanggil ambulans.” tambahnya.

Firasat Claire ini terbukti benar, setelah putrinya berada di rumah sakit, dokter mengatakan bahwa satu jam saja ia terlambat memanggil ambulans untuk Hollie, maka gadis cilik tersebut tidak akan bisa bertahan hidup.

Namun, pertempuran Hollie itu belum berakhir. Karena didiagnosis dengan meningitis, Hollie menderita stroke di sisi kanan tubuhnya dan kehilangan kemampuannya untuk berbicara. Dia menghabiskan beberapa minggu keluar masuk berbagai rumah sakit, dimana ia berjuang untuk mendapatkan kembali kemampuan bergerak dan berbicara nya.

Meningitis adalah infeksi yang biasanya terjadi pada anak-anak yang lebih muda dari 5 tahun, dan memiliki berbagai tingkat keparahan, dimana dalam kasus umum biasanya dapat sebuh tanpa pengobatan. Namun, dalam kasus yang parah, infeksi ini bisa menyebabkan kejang, kerusakan otak dan bahkan kematian, itulah sebabnya mengapa mencari perhatian medis segera sangat penting jika ada gejala Meningitis muncul pada anak.

Claire memakai aplikasi Meningitis iPhone setelah sebelumnya teman sekelas putrinya, yaitu Kelsey Smart (5) meninggal karena meningitis.

“Gadis kecil kami bisa mati, tapi apa yang kita pelajari dari kisah Kelsey sudah cukup untuk membuat saya bergegas membawa Hollie ke rumah sakit, yang menyelamatkan hidupnya,” kata Claire.

0 comments:

Post a Comment