Twitter

Monday, December 12, 2011

RUMAH ANAK BANGSA

RUMAH ANAK BANGSA


THE MAGIC OF PUBLIC SPEAKING

Posted: 11 Dec 2011 11:36 PM PST

"Welcome to the the magic place, with the magic person  with magic of public speaking and you will see the magic change!"
 
Public speaking adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan menarik di depan sebuah grup atau komunitas. Why it'smagic?? Karena ketika anda mampu mengembangkan komunikasi yang lebih baik dan menyampaikannya dengan daya tarik yang mempesona dan efektif maka anda akan mengubah pemikiran seseorang. William James berpendapat bahwa jika anda mampu mengubah pemikiran seseorang maka anda akan mengubah hidupnya.
Kemampuan berbicara didepan publik ini memang tidak dimiliki oleh semua orang tapi bukan berarti tidak bisa. Jika anda memiliki kecerdasan linguistic maka itu akan mempermudah prosesnya. Namun faktanya banyak orang yang memiliki ide brilian dan opini cerdas bahkan wawasan luas ataupun produk unggulan namun bila anda tidak bisa menyampaikannya dengan menarik maka itu tidak akan menguntungkan. Apakah anda seorang leader,manager,resepsionis,sales,motivator, teacher atau bahkan seorang seller, if you can not tell, you can not sell. Jadi sangat vital sifatnya anda menguasai tehnik dalam public speaking. And get the magic, secara financial ataupun secara kualitas diri.
Sangatlah penting untuk mengetahui tujuan arah pembicaraan anda, namun memiliki kombinasi 5 hal ini sangatlah berpengaruh untuk menarik perhatian pendengar.
1.       To inform, pendengar ingin mengetahui banyak informasi dari materi anda.
2.       To convince, anda mampu meyakinkan bahwa informasi yang anda berikan adalah terbaik terujikualitas dan kredibilitasnya
3.       To perseuade, anda mampu menggerakan emosi mereka untuk pada akhirnya menerima ajakan anda dan memakai produk anda.
4.       To inspire, member semangat pada mereka untuk melakukan hal-hal yang baik.
5.       To entertain, untuk melibatkan perasaan mereka dengan kesenangan dan mendengar anda berbicara adalah hal yang menyenangkan , sehingga lepas penat dan kejenuhan.
Anda harus selalu ingat satu hal bahwa berbicara di depan publik sama halnya dengan pergi memancing. Anda akan  mengaitkan umpan pada apa yang ikan sukai bukan pada apa yang anda sukai. Perhatikan langkah magic berikut :
1.       Pilihlah topik atau tema yang tepat.
2.       Sampaikan dengan percaya diri tinggi, antusia, dan santai.
3.       Gunakan bahasa tubuh untuk meyakinkan pendengar, sertakan ekspresi wajah yang tepat untuk mengkomunikasikan materi anda. Perhatikan kualitas suara.
4.       Kuncilah pembicaraan anda dengan pesan yang kuat.
Semua materi diatas akan menguap begitu saja jika anda tidak berlatih serius. Maks, the more you practice, the more perfect you will be.
So, are you ready now? What time is it? It's time to show…!
 
Diskusi Rumah Anak Bangsa Edisi 26 November 2011
Di Global E Female
Pemateri :Dwi Indah Wahyuni  ( Miss Indah )
( The owner of The Daffodills, aktifis Indonesian Character awakening Forum, the spoken person of The Breaktrough team, dan aktifis forum diskusi Rumah Anak Bangsa )
Moderator : Iin Sholihin (Doekoen)
( Aktiifis forum diskusi Rumah Anak Bangsa, aktifis Forum Lingkar Studi Islam dan Kebudayaan Jakarta,penulis )

0 comments:

Post a Comment